Spot Kece di Coban Lawe Ponorogo

Orang yang menyukai wahana perairan untuk berenang sangat pas jika mengunjungi salah satu wisata di kabupaten Ponorogo. Coban Lawe Curug atau air terjun yang masih asri dan belum banyak terekspos namun menyajikan keindahan memukau. Wisata ini mungkin masih asing terdengar.

Mengenal Coban Lawe

Mengenal Coban Lawe
Source : https://images.solopos.com/

Coban Lawe merupakan Curug yang berada pada daerah Ponorogo lebih tepatnya kecamatan pulung. Wisata belum banyak tersentuh tangan manusia sehingga suasana masih asri dan air begitu jernih. Aktivitas berenang menjadi hal bisa pengunjung lakukan saat datang dan berkunjung ke lokasi.

Bacaan Lainnya

Bebatuan besar turut menghiasi area Curug sehingga pengunjung harus selalu hati-hati dan berwaspada. Curah air hujan yang tinggi juga membuat permukaan sekitar menjadi licin sehingga tidak jarang pengunjung banyak terpeleset. Larangan berkunjung saat hujan juga harus Anda patuhi.

Tujuan berwisata untuk melepas penat setelah beraktivitas seharian sangat pas. Coban Lawe sendiri sangat ramah untuk kantong semua kalangan lantaran harga tiket tidak sampai Rp 10.000 per orang. Menikmati keindahan bisa menjadi alternatif refreshing dan menyegarkan pikiran saat sedang suntuk.

Kondisi Tempat Coban Lawe

Kondisi Tempat
Source : https://ponorogo.go.id/

Rute perjalanan menuju lokasi Curug dari pusat kota ponorogo hanya memakan waktu sekitar 40 menit. Jarak pusat kota dengan kecamatan pulung mungkin hanya memakan waktu 20 menit akan tetapi akses menuju lokasi cukup sulit. Jalan dari kota sudah beraspal dan halus.

Kondisi tempat sangat  asri dan belum begitu tersentuh oleh pembangunan sehingga fasilitas masih sederhana. Wahana yang bisa pengunjung coba hanya terdapat tiga jenis yakni spot foto, berenang dan kemah. Akses jalan susah membuat rasa lelah hilang setelah melihat keindahan Coban Lawe.

Jalan menuju air terjun hanya bisa menggunakan roda dua. Anda yang memakai mobil sebaiknya memanfaatkan permukiman warga sekitar untuk penitipan. Kondisi yang sederhana sebenarnya paling pas bagi seseorang tengah membutuhkan waktu luang sebagai penenang pikiran dan hati.

Informasi Penting Coban Lawe

Informasi Penting
Source : https://2.bp.blogspot.com/

Beragam himbauan dan juga arahan seringkali menjadi hal harus pengunjung patuhi sehingga liburan bisa bermanfaat. Hal yang tidak kalah penting yaitu informasi terkait operasional sehingga kunjungan bisa tepat. Berikut informasi penting terkait operasional dari wisata Curug Coban Lawe:

  • Alamat: Dsn. Krisik Ds. Pudak Kec. Pulung Kab. Ponorogo
  • Jam buka: Setiap hari selama 24 jam
  • Harga Tiket : Rp 5.000.00 per orang

Lokasi Wisata di Google Maps >> https://goo.gl/maps/c32E5SjqZfqhWJja9

Wahana dan Fasilitas Coban Lawe

Wahana dan Fasilitas
Source : http://assets.kompasiana.com/

Area yang belum banyak tersentuh tangan manusia membuat wisata dapat bermanfaat bagi para pengunjung dan warga sekitar. Wahana dan fasilitas membuat liburan dapat berjalan sesuai harapan dan keinginan. Berikut ini beberapa wahana yang tersedia pada wisata alam Coban Lawe:

1. Spot Foto

Wahana pertama kali yang wajib untuk pengunjung coba agar liburan  dapat berguna sebagai dokumentasi yaitu foto. Coban yang masih asri membuat hasil spot foto terlihat lebih menarik. Foto juga dapat bermanfaat sebagai postingan pada akun sosial media dan berguna untuk jejak digital.

Baca Juga : Tempat Wisata di Ponorogo

Pengambilan fotografi yang memanfaatkan nuansa alami membuat hasil jernih. Kualitas foto dengan pencahayaan maksimal mampu menghasilkan dokumentasi sesuai harapan. Spot foto berlatar belakang air terjun Coban Lawe memang seringkali menimbulkan keinginan oleh banyak orang.

2. Camping

Area sekitar Curug yang luas juga dapat berguna sebagai lahan camping para wisatawan. Camping menjadikan liburan lebih panjang tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan sebagai ongkos untuk menyewa layanan penginapan. Kegitan itu juga membuat Anda lebih dekat dengan alam.

Suasana asri dan sejuk bisa pengunjung rasakan selama mengikuti kegiatan camping bersama orang tersayang. Banyak orang dari kalangan remaja ataupun pelajar yang memanfaatkan lahan sekitar curug sebagai tempat untuk camping bersama teman sebaya saat liburan.

Daya Tarik Coban Lawe

Daya Tarik Coban Lawe
Source : https://sikidang.com/

Pengunjung yang datang untuk berwisata mayoritas mendapatkan informasi dari media sosial. Hal itu tidak terlepas dari daya tarik Coban Lawe yang terkenal dengan keindahan alami penuh pepohonan. Tidak hanya itu Coban Lawe menyimpan daya tarik dengan kualifikasi seperti di bawah ini:

1. Air Jernih

Aktivitas berenang tentu saja harus memperhatikan banyak hal salah satunya yaitu air. Anda yang sedang berenang pada Curug Coban Lawe tidak perlu khawatir terkait kenyamanan hal ini lantaran air jernih. Menariknya banyak wisatawan memilih untuk mengonsumsi air Curug saat sedang kehausan.

Baca Juga : Berlibur di Wisata Mloko Sewu Ponorogo

Kegiatan berenang pada air jernih tentu saja tidak menimbulkan beberapa efek samping seperti gatal-gatal dan iritasi. Mayoritas pengunjung yang belum mahir berenang memanfaatkan air jernih hanya sekedar merendam kaki ataupun tubuh.

2. Udara Sejuk

Banyak pikiran dan suasana hati sedang suntuk paling pas jika berkunjung pada Coban Lawe. Kondisi alam asri belum tersentuh tangan membuat udara sekitar terasa sejuk sepanjang hari. Udara sejuk terbukti mampu memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi semua orang.

Berdasarkan hasil penelitian menyebutkan bahwa menghirup udara segar dapat menimbulkan ketenangan jiwa bagi seseorang. Tidak hanya itu, udara sejuk bermanfaat bagus bagi kualitas oksigen yang Anda hirup.

3. Bersih

Kondisi masih sederhana dan belum tersentuh oleh tangan manusia membuat sampah jarang pengunjung temukan. Tempat bersih membuat pengunjung betah jika harus menghabiskan waktu liburan dengan jangka cukup panjang.

Kebersihan yang terdapat pada area curug mampu meminimalisir pencemaran tanah dan air sehingga keberadaan wisata tetap terjaga. Aktivitas penduduk jarang yang mengakibatkan terjadinya pencemaran di sekitar Coban Lawe. Pengunjung juga mendapat himbauan untuk menjaga  kebersihan

Aktivitas Pengunjung

Aktivitas Pengunjung
Source : https://1.bp.blogspot.com/

Keindahan Coban Lawe tidak hanya bisa pengunjung lihat namun juga dapat menunjang aktivitas. Beragam aktivitas menarik dan bermanfaat dapat berperan sebagai planing untuk mengisi waktu liburan. Berikut beberapa aktivitas yang bisa pengunjung lakukan selama berada di Coban Lawe:

1. Trekking

Kegiatan berjalan kaki dari lokasi start menuju Curug bermanfaat bagi pengunjung. Menyehatkan merupakan alasan paling mendominasi para pengunjung saat melakukan aktivitas tersebut. Aktivitas trekking yang melelahkan akan terbayar jika sudah melihat keindahan dari Curug Coban Lawe.

Baca Juga : Sejukkan Suasana Hati di Wisata Telaga Ngebel Ponorogo

2. Berenang

Air Curug yang jernih dan bersih membuat para wisatawan dapat memanfaatkan untuk renang. Renang selain mampu menghabiskan waktu liburan, berperan aktif dalam menjaga kesehatan tubuh seperti mengoptimalkan peredaran darah. Kegiatan renang menjadi olahraga  banyak penggemar.

3. Kemah

Lahan sekitar curug yang luas bisa bermanfaat untuk menunjang perkemahan satu camping. Pastikan sebelum berkemah membersihkan rumput liar terlebih dahulu. Membersihkan rumput liar bertujuan agar perkemahan berjalan lancar tanpa adanya gangguan serangga dan lintah.

4. Fotografi

Momen menyenangkan  memang paling pas jika terabadikan sebagai kenangan di masa mendatang. Fotografi yang bertemakan keindahan alami berupa Curug membuat hasil mampu menawan orang lain. Fotografi bermanfaat sebagai bentuk dokumentasi bahwa Anda pernah mengunjungi tempat itu.

Nah itulah sekilas informasi mengenai Curug asri milik kabupaten Ponorogo. Wisata alam menakjubkan menjadi ciri khas dari daerah tersebut. Tidak jarang wisatawan rela datang dari luar kota untuk menikmati wisata alami seperti Curug Coban Lawe.