Keindahan Alam Coban Putri Kota Batu

Bertambah satu lagi objek wisata yang dapat Anda kunjungi ketika berkunjung ke kota Batu, yakni Coban Putri. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam dan kejernihan air yang mengalir dari atas air terjun. Ditambah lagi dengan suasana sejuk di sekitarnya bisa membuat pikiran menjadi lebih segar.

Coban Putri

Coban Putri
Source : https://dynamic-media-cdn.tripadvisor.com/

Coban Putri adalah sebuah tempat wisata yang keunikan utamanya berupa air terjun. Objek wisata ini cukup populer di kalangan masyarakat lokal hingga luar karena keindahan pemandangan di sekitarnya serta hawa sejuknya.

Di sini, wisatawan bisa melihat dua buah air terjun dengan ketinggian 15 hingga 20 m. Lokasi tempat wisata ini berada di kawasan Gunung Panderman dari 1000 mdpl. Pemandangan indah tebing batu akan menyambut pengunjung yang datang, apalagi keberadaan tebing ini menambah kesan lebih estetik.

Selain itu, Anda juga bisa berenang atau berendam di kolam air terjun dengan aman karena tidak terlalu dalam. Di tempat ini banyak sekali spot foto menarik yang akan membuat penampilan feed akun Instagram menjadi cantik.

Informasi Mengenai Coban Putri

Informasi Mengenai Coban Putri
Source : https://dolanyok.com/

Ketika ingin berwisata ke tempat ini, Anda harus mengetahui beberapa informasi penting mengenai tempat wisata ini agar nanti tidak terjadi kendala selama mengunjunginya. Berikut deretan informasi-informasi tersebut!

  • Lokasi wisata: Dusun Krajan, Desa Tlekung, Kec. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur.
  • Jam buka: Setiap hari, mulai dari 09.00 – 17.00 WIB.
  • Tiket masuk:
  • Tiket masuk: Rp10.000
  • Sewa Jeep Offroad: Rp35.000
  • Spot foto Gardu Pandang: Rp10.000

Selain biaya tadi, Anda juga perlu menyiapkan uang tambahan untuk membayar parkir. Parkir kendaraan beroda dua dikenakan biaya sebesar Rp3.000, sedangkan roda empat Rp5.000. Perlu wisatawan ketahui juga kalau harga tiket yang tertulis di atas bisa berubah tergantung ketentuan dari pengelola wisata.

Rute Perjalan Menuju Coban Putri

Rute Perjalan
Source : https://www.pesisir.net/

Tempat ini dekat dengan kawasan wisata lain, sehingga akan memudahkan wisatawan menemukannya.  Jika memulai perjalanan dari kota Batu, Anda bisa menempuh jarak 5 km dengan estimasi waktu sekitar 15 menit melalui Jalan Oro-Oro Ombo.

Setelah itu, Anda akan melewati tempat wisata BNS atau Batu Night Spectacular. Dari situ, tempat wisata ini sudah sangat dekat. Jika masih bingung, wisatawan dapat memanfaatkan keberadaan aplikasi Google Maps sebagai penanda arah agar perjalanan lebih nyaman dan juga tidak mudah tersesat.

Syarat Pengunjung Coban Putri

Syarat Pengunjung
Source : https://www.pesisir.net/

Ada beberapa syarat yang harus pengunjung penuhi jika berkunjung ke tempat wisata ini. Berikut ulasan lengkap mengenai hal tersebut!

  • Pengunjung bisa membawa bekal makanan, P3K, baju ganti, dan kamera untuk berfoto.
  • Selalu berhati-hati apabila mengunjungi tempat wisata alam dan pastikan untuk menjaga kebersihan tempat tersebut.
  • Karena berada di keramaian, pengunjung wajib mematuhi protokol kesehatan 5 M selama berada di area wisata guna menghindari penyebaran virus.

Fasilitas di Coban Putri

Fasilitas di Coban Putri
Source : https://cdn.nativeindonesia.com/

Untuk memenuhi kebutuhan pengunjung yang datang ke tempat wisata ini, pengelola sudah menyediakan beberapa fasilitas agar wisatawan lebih nyaman menghabiskan waktu liburannya. Fasilitas-fasilitas tersebut berupa tempat parkir luas guna memudahkan pengunjung memarkirkan kendaraannya.

Selain itu, ada juga warung wisata agar perut tidak kosong saat beraktivitas di area wisata ini. Disamping itu, ada juga berbagai spot foto menarik untuk mempercantik tampilan akun sosial media. Fasilitas lainnya berupa toilet, mushola, akses jalan yang sudah sangat baik, serta wahana lainnya.

Jika berkunjung kesini, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas yang tentunya akan sangat seru. Pastinya, liburan dapat menjadi pengalaman tak terlupakan karena kegiatannya tidak monoton. Selain itu, tiket masuknya juga sangat terjangkau, sehingga cocok kalau ingin membawa rombongan.

Kegiatan di Coban Putri

Kegiatan di Coban Putri
Source : https://i2.wp.com/

Terdapat banyak kegiatan yang bisa Anda coba di tempat wisata ini. Mulai dari menikmati keindahan alam di sekitar tempat wisata hingga berenang merasakan kesejukan air terjunnya. Daripada bingung, simak beberapa ulasan mengenai aktivitas-aktivitas tersebut, yakni!

1. Berenang

Air jernih, kolam dengan kedalaman dangkal, dan tentunya segar menjadi tempat yang cocok untuk berenang sambil menikmati kesejukan airnya. Tubuh akan merasa segar kembali setelah berendam atau bermain air di kolam air terjun ini. Semua kepenatan setelah melakukan perjalanan bisa hilang.

Bahkan, saking bersihnya, air terjun ini bisa diminum oleh pengunjung. Kesegarannya akan langsung meluncur ke tenggorokan dan mengurangi rasa kehausan Anda setelah berjalan lumayan jauh untuk mencapai tempat ini. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya berkunjung kesini bersama keluarga atau teman.

2. Bersantai

Saat sedang berada di alam, kegiatan yang harus Anda lakukan adalah bersantai. Di tempat ini, wisatawan bisa bersantai sembari menikmati keindahan alam di sekitarnya dengan melihat jajaran pohon pinus yang akan menambah kesejukan tempat ini.

Apalagi sambil mendengarkan suara air yang terjun ke kolam. Selain itu, Anda juga bisa mendengar kicauan burung yang ikut bernyanyi karena keasrian tempat ini. Ini merupakan objek wisata yang harus semua orang kunjungi untuk dapat merelaksasikan pikiran dari segala kepenatan.

3. Outbound

Pengelola benar-benar membuat tempat wisata ini nyaman dengan menyediakan banyak sekali fasilitas untuk pengunjung melakukan berbagai kegiatan selama liburan. Di sini, Anda bisa beraktivitas outbound seperti rock climbing. Bagi mereka yang suka dengan olahraga ini patut mencobanya.

Anda akan mencoba sensasi baru menaiki tebing batu lalu terjun ke bawah dengan peralatan yang sudah sangat aman dan lengkap. Selain itu, pengelola juga menyediakan wahana flying fox jika ingin melihat pemandangan di sekitar tempat wisata lebih jelas karena rutenya cukup panjang.

4. Camping

Supaya bisa menikmati suasana alam di sekitar tempat wisata, Anda dapat mendirikan tenda camping. Tidak perlu repot mencari tanah datar membangun tenda, karena pihak pengelola sudah menyediakan area tertentu agar wisatawan dapat bermalam di tempat ini sembari mendengarkan gemericik air terjun.

Kegiatan tersebut akan semakin menyenangkan apabila Anda menikmatinya bersama keluarga maupun teman sambil menyalakan api unggun dan mengobrol santai. Suasana alam menjadi lebih terasa apabila ditemani dengan secangkir kopi hangat serta alunan lagu yang tenang.

5. Berswafoto

Pemandangan indah tempat ini akan sia-sia jika Anda tidak menyimpan setiap spotnya di dalam smartphone dalam bentuk foto. Wisatawan bisa menemukan berbagai area instagramable yang dapat dijadikan sebagai latar belakang untuk mengambil gambar cantik dan juga estetik.

Mulai dari pemandangan hutan pinus, air terjun, dan kolam air jernih. Selain itu, pengelola juga menyediakan spot foto khusus bagi pengunjung, berupa jembatan bambu, bendungan, serta ayunan kembar. Semua ini akan membuat tampilan feed akun sosial media cantik juga menarik.

Demikianlah ulasan lengkap yang perlu Anda ketahui mengenai tempat wisata alam Coban Putri di kota Batu. Ketika berkunjung dan ingin bermain air, sebaiknya jangan lupa untuk membawa baju ganti agar mudah saat ingin berenang nantinya dan liburan pun akan menjadi lebih menyenangkan.

Tinggalkan komentar