Coban Rais Kota Batu dengan Air Terjun yang Indah

Kota Batu memang terkenal dengan keindahan alamnya yang dapat menarik minat banyak wisatawan lokal hingga luar. Mulai dari wisata bahari, hingga buatannya. Salah satunya adalah Coban Rais yang merupakan tempat wisata berupa air terjun cantik di kawasan pegunungan.

Mengenal Wisata Coban Rais

Mengenal Wisata Coban Rais
Source : https://www.pesisir.net/

Coban Rais adalah sebuah kawasan wisata alami berupa air terjun cantik dengan ketinggian sekitar 20 meter. Pemandangan di sekitarnya juga asri karena berada di daerah perbukitan di lereng Gunung Panderman. Aliran airnya tidak terlalu deras namun mampu membantu Anda merelaksasikan pikiran.

Panorama pegunungan juga terlihat indah dengan udara sejuk alami yang akan membuat pikiran supaya lebih segar. Selain itu, Anda juga harus menyebrangi 14 sungai sepanjang perjalanan. Rute tersebut tidak akan membuat wisatawan bosan karena ini dapat menjadi pengalaman liburan baru bagi mereka.

Bukan hanya menampilkan keeksotisan keindahan alamnya, air terjun ini juga menyediakan berbagai spot foto instagramable yang keren dan juga unik, sehingga cocok apabila Anda mengunggahnya di lama akun sosial media. Selain itu, terdapat beragam fasilitas menarik agar liburan lebih seru.

Informasi Umum Tentang Coban Rais

Informasi Umum Tentang Coban Rais
Source : https://www.pesisir.net/

Jika Anda berkeinginan untuk mengunjungi tempat wisata ini, harus mengetahui terlebih dahulu beberapa informasi pentingnya berkaitan dengan lokasi wisata, jam buka, dan tiket masuk. Berikut ulasan lengkap mengenai hal tersebut!

  • Lokasi wisata: Jalur Lingkar Barat No.8, Desa Oro-oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.
  • Jam buka: Setiap hari, dari pukul 07.00 – 15.00 WIB.
  • Tiket wisata: Rp12.500

Jangan lupa untuk membawa tambahan uang jika ingin memarkirkan kendaraan di lahan parkir yang sudah pengelola sediakan.

Rute Perjalanan ke Coban Rais

Rute Perjalanan
Source : https://www.akulily.com/

Untuk ke tempat ini, Anda tidak perlu bingung. Jarak tempuh dari pusat kota Malang sekitar 18,5 km dengan estimasi waktu sekitar 60 menit. Selama perjalanan, wisatawan akan menemukan banyak petunjuk jalan yang akan membawa pengunjung ke tempat wisata ini.

Setelah melewati alun-alun kota Batu, Anda mengambil arah ke tempat wisata BNS, lalu melewati lokasi Museum Angkut. Setelah sampai di pertigaan jalan di BNS, pengunjung bisa belok kanan dan mengikuti saja arahnya menuju Dresel. Lalu, mencari lokasi Stasiun Batu TV.

Dari sini, Anda bisa masuk ke kawasan wisata lalu membayar tiket masuk sesuai dengan ketentuan. Selanjutnya, perjalanan harus dilanjutkan hingga sampai di air terjun. Waktu tempuhnya sekitar 1 jam an sesuai dengan kondisi jalannya.

Fasilitas di Coban Rais

Fasilitas
Source : https://www.travelz.xyz/

Supaya pengunjung menikmati waktu liburannya selama berada di tempat wisata ini, pengelola menyediakan beberapa fasilitas pendukung, mulai dari toilet, warung, area parkir yang cukup luas, sehingga wisatawan lebih leluasa memarkirkan kendaraannya.

Selain itu, Anda juga bisa membeli oleh-oleh serta makanan khas yang berasal dari Jawa Timur yang berada di sekitar pintu masuk. Disamping itu, ada banyak hidangan penggugah selera dengan rempah-rempah yang kuat, seperti bakso malang, rawon, dan masih banyak lainnya.

Wahana di Coban Rais

Wahana
Source : https://www.hargatiket.net/

Terdapat banyak daya tarik cantik yang akan membuat liburan Anda menjadi lebih menyenangkan dan seru. Apalagi ditemani dengan keindahan alam di sekitar tempat wisata. Rasa penat setelah melakukan aktivitas bisa hilang seketika. Berikut ini beberapa daya tarik dan wahana di objek wisata ini!

1. Menikmati Pemandangan

Karena akses jalannya yang sedikit sulit, belum banyak orang tahu keberadaan tempat wisata ini. Jadi, sudah pasti keadaan objek wisata ini masih sangat asri dan terjaga dengan baik. Anda bisa menikmati pemandangan berupa bukit gumuk. Bahkan, dari ketinggian, wisatawan dapat melihat view kota Malang.

Selain itu, pemandangan air terjun akan membuat Anda menjadi lebih rileks dengan curahan air setinggi 20 meter ini. Di sampingnya juga terdapat tebing bercorak unik dan cantik, sehingga cocok untuk pengunjung jadikan sebagai spot foto dengan latar belakang estetik.

2. Trekking Santai

Trekking adalah kegiatan olahraga yang dapat memberikan banyak manfaat kepada semua orang. Akses jalan menuju tempat wisata atau coban rais ini harus ditempuh cukup lama karena kondisi jalannya yang menantang, sehingga cocok untuk sebagai rute berlibur sambil berpetualang.

Dari pintu masuk pembelian tiket, Anda membutuhkan waktu sekitar 1 jam dengan menyusuri perbukitan serta sungai di sepanjang perjalanan. Suasana alam ini akan membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan, karena pengunjung bisa menikmati pemandangan indah serta hawa sejuk.

3. Spot Foto

Keindahan alamnya tak henti-hentinya membuat banyak pengunjung terpukau. Banyak sekali spot foto cantik untuk memperindah tampilan akun sosial Anda. Latar belakang air terjun, pepohonan, membuat hasil gambar menjadi lebih indah dan juga estetik.

Salah satu spot foto yang banyak menarik minat pengunjung adalah spot foto bertuliskan “I Love U”. Ini merupakan ikon dari tempat wisata ini. Area ini dapat menjadi spot romantis bagi pasangan suami istri apabila berkunjung ke tempat tersebut sembari menikmati sensasi udara sejuk khas dari pegunungan.

4. Bermain Air

Selain menikmati keindahan air terjun di tempat ini, Anda juga bisa merasakan kesegaran air secara langsung. Karena letaknya yang berada di kota Batu, tentu kondisi airnya sedikit lebih dingin daripada tempat lain. Pengunjung dapat berenang di kolam air alami dari curahan air terjun tersebut.

Kondisi airnya juga sangat jernih dan menyegarkan. Bagi wisatawan yang tidak tahan dingin, sebaiknya jangan berenang di dalamnya karena khawatir nanti sakit. Namun, Anda tetap bisa menikmati keindahannya di sekitar kolam. Area ini juga dapat dijadikan sebagai spot foto cantik.

5. Sepeda Udara

Bagi Anda pecinta aktivitas yang memacu adrenalin di atas ketinggian, mungkin area sepeda udara ini bisa dijadikan sebagai solusi. Pengunjung bisa merasakan sensasi baru mengayuh sepeda di atas ketinggian sembari menikmati keindahan alam perbukitan di bawah wahana ini.

Jika tidak cukup berani untuk menaiki sepeda ini sendirian, Anda bisa mengajak pasangan, keluarga, atau teman untuk mengayuhnya secara berdampingan. Ini juga menjadi spot foto menarik yang banyak pengunjung gemari karena akan memberi kesan berbeda saat berada di ketinggian.

6. Hujan Salju

Wahana selanjutnya yang tak kalah menarik adalah hujan salju. Walaupun berada di kawasan hutan hujan tropis, tempat ini mampu memberikan area khusus dengan tema putih “bersalju”. Anda dapat merasakan sensasi sedang berada di luar negeri bermusim dingin.

Di spot foto ini juga terdapat rumah Eskimo yang lengkap dengan pekarangan penuh tumpukan salju. Kawasan ini akan membuat liburan Anda menjadi pengalaman tak terlupakan. Supaya suasana musim dinginnya lebih terasa, pengelola menyediakan topi pelindung dan juga kaos tangan tebal.

Demikianlah ulasan lengkap berkaitan dengan tempat wisata Coban Rais yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga saat masa liburan datang. Pengunjung dapat menikmati berbagai wahana yang tidak dapat ditemukan di tempat lain sembari merasakan kesejukan dari hawa kota Batu, Malang.

 

Tinggalkan komentar