Coban Talun : Wisata dengan Nuansa Alam Alami

Berlibur merupakan kebutuhan manusia yang harus dijalankan saat hari libur tiba. Di Indonesia sendiri sudah banyak tempat wisata bisa Anda kunjungi bersama keluarga, salah satunya adalah Coban Talun. Mungkin beberapa orang masih asing dengan nama ini, objek wisata ini berada di Kota Batu.

Coban Talun Kota Batu

Coban Talun
Source : https://www.wisatainfo.com/

Siapa yang tidak ingin ke Kota Batu? Hampir semua orang dari berbagai daerah ingin mengunjungi kota sejuk ini. Di sini, ada berbagai destinasi wisata untuk Anda para pecinta travelling dan berbagai aktivitas menarik di setiap objek wisatanya. Salah satunya yang sangat terkenal kali ini adalah Coban Talun.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai tempat wisata ini, alangkah baiknya Anda mengetahui arti dari pemberian nama tersebut. Coban sendiri memiliki arti ‘air terjun’, sedangkan talun adalah salah satu nama orang di desa sekitar tempat wisata yang menemukannya.

Sesuai dengan namanya, sudah pasti objek utama dari tempat wisata ini adalah air terjun. Selain itu, pemandangan di sekitar objek wisata ini juga memukau, pasti akan menambah keindahan dan kenyamanan saat berlibur. Anda dan keluarga pasti menikmati kunjungan ke sini.

Informasi Penting Coban Talun

Coban Talun
Source : https://nahwatravel.co.id/

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat ini, pastikan untuk mengetahui beberapa informasi penting berkaitan dengan lokasi wisata, jam buka, dan juga tiketnya. Berikut daftar informasi-informasi tersebut, yakni:

  • Lokasi wisata: Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Kab. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.
  • Jam operasional: mulai dari pukul 07.00 – 17.00/ setiap hari.
  • Tiket:
  • Tiket masuk biasa: Rp12.000
  • Tiket masuk dan akses ke wahana: Rp25.000

Rute Perjalanan Coban Talun

Rute Perjalanan Coban Talun
Source : https://www.alonesia.com/

Akses ke tempat ini memang sedikit sulit karena masih belum terjamah dan terkenal oleh banyak orang, Anda perlu menempuh jarak sekitar 15 km dengan berjalan kaki. Jika lelah, biasanya aka nada ojek yang menawarkan para wisatawan untuk bisa sampai ke Coban Talun ini.

Jika takut tersesat, Anda bisa melihat alur perjalanan melalui aplikasi Google Maps. Tinggal tujukan ke Coban Talun, nantinya muncul rute tercepat untuk mencapai destinasi wisata tersebut. Jadi, tidak perlu khawatir lagi nanti selama perjalanan.

Baca Juga : 33 Pilihan Tempat Wisata yang Ada di Kota Batu

Syarat Pengunjung Coban Talun

Syarat Pengunjung Coban Talun
Source : https://regional.kompas.com/

Syarat-syarat bagi pengunjung sebelum mereka masuk ke area wisata, yakni:

  • Pengunjung harus menjalani prokes atau protokol kesehatan 5 M.
  • Pengunjung wajib memiliki sertifikat vaksin atau aplikasi PeduliLindungi di smartphone mereka sebagai bukti telah melaksanakan vaksinasi.

Fasilitas Coban Talun

Fasilitas Coban Talun
Source : http://www.wisataoke.com/

Keadaan sekitar Coban Talun memang sangat asri dan masih terjaga dengan baik kealamiannya. Oleh karena itu, pihak dari tempat wisata ini terus menerus menjaga kebersihannya. Untuk mendukung hal itu, mereka menyediakan berbagai fasilitas agar pengunjung atau wisatawan merasa lebih nyaman.

Fasilitas tersebut meliputi area parkir yang luas sehingga mampu menampung lebih banyak kendaraan pengunjung, mushola untuk pengunjung muslim yang ingin beribadah, kantin sebagai tempat berwisata kuliner, dan juga balai dengan multifungsi.

Wahana Coban Talun

Tentu ada banyak daya tarik yang tempat wisata ini berikan kepada para wisatawan atau pengunjungnya. Mulai dari hijaunya pemandangan hutan pinus, suasana sejuk, dan masih banyak lainnya. Bagi Anda yang ingin ke tempat ini dan membutuhkan gambaran mengenai tempatnya, berikut ulasan lengkapnya!

1. Penginapan Bagi Mereka yang Ingin Menginap

Penginapan Bagi Mereka yang Ingin Menginap
Source : https://ngadem.com/

Bagi pengunjung yang berasal dari luar kota, pastinya lelah kalau harus pp atau pulang pergi setelah liburan. Jika ingin merasakan suasana sejuk di tempat ini sedikit lebih lama, mungkin Anda bisa menyewa penginapan yang tersedia dengan harga tentunya bersahabat dan tidak menguras kantong.

Penginapan ini juga sangat bagus, bahkan bisa memberi sensasi berada di alam. Ini akan membantu Anda merelaksasikan pikiran sebelum harus kembali ke hiruk pikuk perkotaan dan pekerjaan. Jadi, jangan lupa untuk memanfaatkan kesempatan ini, apalagi jika berlibur bersama keluarga maupun teman.

Baca Juga : Lihat Semua Pemandangan Kota Baru? Yuk, Pergi ke Taman Langit

2. Keindahan Coban Talun

Keindahan Coban Talun
Source : https://www.go-jeep.id/

Coban Talun merupakan objek wisata yang masih diawasi secara ketat oleh pihak penyedia dan juga warga sekitar. Kebersihan dan keindahannya juga terawat dengan baik. Tak heran jika keindahan dari panorama air terjun ini mampu menarik minat banyak orang untuk berkunjung menghabiskan waktu libur.

Anda bisa melihat air jernih dengan intensitas kucuran air yang besar. Selain itu, di sekeliling tempat wisata pemandangannya juga sangat indah, karena hijaunya pohon pinus akan menemani liburan pengunjung. Ini menjadi tempat tepat untuk menghabiskan waktu liburan menyenangkan.

3. Wahana Apache

Wahana Apache
Source : https://ksmtour.com/

Selanjutnya yakni Wahana Apache. Sesuai dengan namanya, wahana ini mengambil sebuah inspirasi dari budaya Indian suku Apache. Bahkan, keberadaan rumah Indian ini lengkap dengan tambahan pernak-pernik yang bisa menimbulkan kesan nyata bagi siapapun orang melihatnya.

Karena tampilannya yang unik, banyak orang menjadikannya sebagai latar belakang pada foto mereka, bukan hanya kalangan remaja saja, namun cocok bagi segala umur. Jika berkunjung kesini, jangan lupa untuk mampir ke area eksotis tersebut. Pasti ini akan menjadi pengalaman liburan baru bagi keluarga.

Baca Juga : Pilihan Wisata Keluarga Terbaik, Taman Selecta Jawabannya!

4. Taman Bunga Warna Warni

Taman Bunga Warna Warni
Source : https://pergiyuk.com/

Bagi para pecinta bunga, mungkin spot ini dapat Anda jadikan sebagai solusi. Coban Talun juga menyediakan taman bunga yang terdiri dari berbagai jenis bunga warna warni. Area ini cukup luas, jadi pengunjung lebih leluasa melihat lihat berbagai jenis bunga di sini tanpa harus khawatir berdesakan.

Bagi Anda yang suka berfoto dengan tampilan estetik, ini adalah tempat sesuai. Spot foto di area ini juga bisa dijadikan sebagai latar belakang alami dengan tingkat keeksotisan tinggi. Bahkan, saking bagusnya, banyak model melakukan pemotretan di area ini. Dijamin, feed Instagram akan terlihat lebih cantik.

5. Area Menikmati Suasana

Area Menikmati Suasana
Source : https://www.tourdejava.net/

Berekreasi memang menjadi salah satu ajang untuk menjalin silaturahmi dengan keluarga agar bisa menimbulkan kasih sayang satu sama lain. Di sini banyak sekali area bersantai supaya para pengunjung dapat bercengkrama bersama kerabat sembari menikmati indahnya Kota Batu.

Selain itu, udara yang sejuk akan membantu Anda merasa lebih nyaman. Menyediakan kopi hangat, sedikit perbincangan, menjadi momen paling membahagiakan saat liburan. Mungkin ini bisa menjadi pengalaman baru saat liburan karena momen momen kebersamaan tersebut tidak terlupakan.

6. Area Foto

Area Foto
Source : http://www.wisataoke.com/

Pecinta foto atau pemburu foto pasti tidak akan melewatkan berbagai area foto yang tersedia di tempat ini. Ada banyak spot foto cantik dan juga instagramable yang bisa pengunjung unggah di laman sosial medianya. Latar belakang keindahan Coban Talun dapat membuat tampilan Instagram lebih estetik.

Salah satu spot foto yang memiliki banyak peminat adalah aliran sungai dari air terjun. Ada juga area bebatuan yang bisa Anda gunakan untuk mengambil foto. Semuanya akan memberi kesan lebih alami, asri, bagus, dan juga indah. Walaupun pengunjung tidak ahli dalam mengambil foto.

Demikianlah informasi mengenai tempat wisata Coban Talun di Kota Batu yang bisa Anda jadikan tempat rekreasi bersama keluarga maupun teman. Nikmati berbagai wahana dan aktivitas di dalamnya untuk membantu merelaksasikan pikiran selama liburan. Jangan lupa juga sediakan perlengkapan sesuai kebutuhan.

Tinggalkan komentar