Rasa cinta terhadap alam memang harus ditumbuhkan sejak dini. Menjaga alam juga mesti dilakukan secara terus menerus. Untuk mewujudkan hal tersebut, kunjungilah Eco Green Park yang ada di kota wisata Batu sembari menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau teman.

Eco Green Park

Eco Green Park
Source : https://tugumalang.id/

Terdapat 35 atraksi edukasi di Eco Green Park. Bahkan, orang akan menemukan mengapa sangat penting untuk menjaga keseimbangan lingkungan. Selain itu, seperti yang disarankan oleh tagline mereka “bersenang-senang dan belajar”, orang-orang akan bersenang-senang di sini.

Eco Green Park juga memiliki kebun binatang, dengan sebagian besar hewannya adalah burung. Elang jawa, burung merak jawa, dan kendaraan adalah salah satu penghuni yang tidak biasa di eco-park. Beberapa lahir di negara asing. Flamingo, burung nasar, dan burung merak India adalah contohnya.

Pada 2017, taman tersebut menyambut penguin Humboldt dari Prancis. Ini menjadi tempat wisata paling menyenangkan yang akan Anda rasakan selama liburan bersama keluarga maupun teman. Nikmati berbagai wahana seru di dalamnya sambil belajar mengenai hal baru dan juga alam.

Baca Juga : 33 Pilihan Tempat Wisata di Kota Batu Jawa Timur yang Kece Abis!

Informasi Umum Eco Green Park

Informasi Umum Eco Green Park
Source : https://www.puteramentari.com/

Sebelum melakukan kunjungan ke tempat ini, sebaiknya Anda ketahui beberapa informasi umum mengenai tempat wisata ini berkaitan dengan lokasi wisata, jam buka, dan besaran harga tiketnya. Berikut ini ulasan lengkap mengenai hal tersebut!

  • Lokasi wisata: Jl. Oro-oro Ombo No.9A, Desa Temas, Kota Batu, Jawa Timur.
  • Jam buka: mulai dari pukul 08.30 – 16.30 WIB
  • Tiket:
  • Senin – Kamis Rp50.000/orang
  • Jum’at – Minggu dan hari libur Rp65.000/orang

Lokasi Wisata di Google Maps >> https://goo.gl/maps/MhHyUCEkRQSJDNsq8

Rute Perjalanan Eco Green Park

Rute Perjalanan Eco Green Park
Source : https://gotripina.com/

Rute perjalanan yang akan Anda tempuh sama seperti halnya jika ingin ke Jatim Park 2 karena tempat wisata ini masih berada di satu kawasan. Jika menggunakan kendaraan umum dari pusat Kota Malang, wisatawan bisa menuju ke Terminal Arjosari terlebih dahulu.

Baca Juga : Rumah Terbalik Batu

Setelah itu, naiklah angkutan lain hingga sampai ke Terminal Landungsari. Setelah itu, naik angkot dengan kode BL. Nantinya sopir angkot akan  mengantarkan Anda langsung ke kawasan tempat wisata Jatim Park 2. Di sinilah perjalanan dimulai ke Eco Green Park.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, bisa mengikuti petunjuk jalan yang sudah tersedia di beberapa titik. Untuk menghindari  salah rute, Anda bisa meminta bantuan dari aplikasi Google Maps.

Syarat Pengunjung Eco Green Park

Syarat Pengunjung Eco Green Park
Source : https://s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/

Sebelum berkunjung ke tempat wisata ini, Anda harus mematuhi beberapa syarat yang pengelola berikan. Tujuannya adalah agar liburan menjadi lebih nyaman, aman, dan juga menyenangkan. Berikut ini daftar-daftar persyaratan yang harus pengunjung penuhi, yakni:

  • Pengunjung wajib mematuhi protokol kesehatan 5 M selama berada di area tempat wisata.
  • Pengunjung harus memiliki aplikasi PeduliLindungi di ponsel sebagai bukti telah melakukan vaksinasi.
  • Anak-anak berusia di bawah 12 tahun boleh melakukan kunjungan apabila orang tuanya sudah melakukan vaksinasi dosis pertama.

Untuk mengetahui persyaratan lain secara detail, Anda bisa mengunjungi situs resmi dari Eco Green Park di website maupun di sosial media.

Fasilitas Eco Green Park

Fasilitas
Source : https://media.suara.com/

Untuk memfasilitasi liburan pengunjung selama berada di area tempat wisata, Eco Green Park menyediakan beberapa fasilitas, seperti shuttle car/train, e-bike station, food court, minimarket, pasar hewan, mushola, dan juga smoking area.

Bagi Anda yang lelah berjalan kaki mengelilingi area ini, sebaiknya menyewa sepeda atau menaiki shuttle car atau train. Di sini pengunjung akan dimanjakan dengan sekeliling area tersebut. Jadi, sudah pasti liburan menyenangkan dan tidak akan membosankan.

Wahana Eco Green Park

Wahana
Source : https://cdn.nativeindonesia.com/

Di tempat wisata ini, Anda akan menemukan banyak sekali wahana edukatif dan juga menarik bagi keluarga. Selain itu, pengemasan setiap areanya terlaksana dengan baik, jadi tidak membosankan untuk pengunjung. Sebenarnya, di sini ada lebih dari 5 wahana tersedia, namun di bawah ini disebutkan 5 saja!

1. Water Outbound

Wisata paling menyenangkan mungkin bermain air. Wahana ini sering dicari ketika hendak berlibur ke suatu tempat. Fasilitas di dalamnya berupa ember tumpah yang siap mengguyur pengunjung di bawahnya. Bukan hanya bermain air biasa, Anda akan belajar mengenai banyak hal di dalamnya.

Baca Juga : Museum Satwa Kota Batu

Anda bisa mengetahui energi potensial yang air hasilkan. Ini merupakan tempat bermain yang sesuai bagi anak-anak karena mereka dapat belajar pengetahuan baru dengan cara menyenangkan. Selain itu, penyampaian informasi atau ilmu juga terlaksana secara baik, sehingga mudah memahami.

2. Recycle

Selanjutnya yakni area recycle atau daur ulang. Sesuai dengan namanya, di sini Anda akan mengetahui beberapa barang-barang menggunakan sampah yang melalui proses daur ulang. Pengunjung bisa meningkatkan kemampuan kreatifnya saat melihat berbagai barang hasil recycle di tempat ini.

Ini merupakan langkah tepat untuk menggunakan bahan-bahan tak terpakai menjadi sesuatu yang bermanfaat serta memiliki nilai guna tinggi. Selain itu, recycle juga akan membantu mengurangi jumlah sampah plastik di sekitar Anda. Dengan cara ini, semua orang bisa ikut serta dalam melestarikan alam.

3. World of Parrot

Wahana bagi para pecinta burung dengan berbagai jenis burung yang berasal dari Benua Asia hingga Afrika. Beraneka ragam warna dari burung-burung tersebut akan membuat pengunjung atau siapapun yang melihatnya terpukau juga terpana, sehingga menimbulkan rasa cinta terhadap hewan satu ini.

Di sini, Anda juga bisa berfoto dengan berbagai jenis burung yang menghuni area ini. Untuk jumlah sendiri, area ini menampung lebih dari 50 spesies Burung Beo dari berbagai belahan dunia. Mengobrol, mengamati, dan mengagumi mereka akan menumbuhkan rasa cinta dalam diri terhadap hewan tersebut.

4. Exotic White Peacock

Apakah Anda penggemar kartun Kungfu Panda? Mungkin sudah pernah melihat kecantikan merak putih di dalam kartun tersebut. Di area ini, pengunjung bisa melihat sekumpulan merak putih yang bisa terbilang langka di dunia. Kecantikannya mampu membuat wisatawan terpukau bahkan terkagum kagum.

Selain itu, ini akan memberi pengalaman baru, karena tidak mungkin Anda menemukannya secara langsung di habitat aslinya. Burung merak ini sendiri berasal dari wilayah India dan juga Srilangka. Dengan mengamatinya secara langsung akan membantu menimbulkan rasa cinta terhadap unggas ini.

5. Eco Journey

Eco journey menjadi spot terbaik yang akan membawa Anda ke berbagai situasi di alam, mulai dari kerusakan yang manusia sebabkan terhadap alam itu sendiri, dan juga gambaran-gambaran nyata mengenai kondisi lingkungan di sekitar serta bumi secara langsung dengan tampilan tertata.

Ini bisa menjadi salah satu wadah atau alat untuk meningkatkan kecintaan diri terhadap alam. Selain itu, Anda akan mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru mengenai cara tepat melakukan perawatan terhadap alam dengan baik. Dari sini, perlu diingat bahwa alam bersih menjadi kewajiban setiap orang.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai informasi tempat wisata Eco Green Park yang bisa Anda jadikan sebagai wadah untuk mengenal dan mencintai alam di sekitar. Di sini juga menjadi salah satu destinasi menyenangkan yang harus keluarga hadiri, karena banyak area edukasi tersedia.

Bagikan: