Menikmati Pemandangan Alam di Flower Garden

Kota Batu memang terkenal dengan keindahan alamnya yang sangat memukau dan juga asri. Selain itu, suasana alam di sana juga sangat sejuk, sehingga cocok bagi Anda yang ingin melepas penat sejenak. Salah satu objek wisata terkenal di Kota ini adalah Flower Garden atau taman bunga.

Flower Garden Kota Batu

Taman wisata populer yang berhiaskan taman bunga nan cantik menjadi daya tarik beberapa pengunjung dari luar kota. Objek wisata ini memiliki nama Flower Garden yang berlokasi di Coban Rais. Awal mulanya tempat ini merupakan sebuah wisata air terjun terkenal di Kota Batu.

Bacaan Lainnya

Nama Coban sendiri memiliki arti air terjun, sedangkan Rais adalah nama yang berasal dari salah satu warga sekitar. Di sekelilingnya terdapat area hijau nan asri yang menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap orang. Tak heran jika tempat ini semakin terkenal sebagai destinasi wisata asri dan menenangkan.

Banyak orang ke Flower Garden ini untuk bersantai dan menikmati waktu liburan bersama keluarga atau teman. Perlu Anda ketahui juga, tempat ini berada di kawasan milik Perhutani, di lereng Gunung Panderman. Inilah mengapa destinasi wisata ini terlihat sangat hijau, sejuk, dan juga nyaman.

Informasi Umum Flower Garden

Sebelum mengunjungi tempat wisata ini, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu beberapa informasi umum di dalamnya. Tujuannya adalah agar nanti tidak kebingungan jika sudah sampai di objek wisata tersebut. Berikut daftar informasinya!

  • Lokasi wisata: Jln. Jalur Lingkar Barat No. 8, Desa Oro-Oro Ombo, Kehutanan, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65151.
  • Jam buka: Dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.
  • Paket tiket masuk:
  • Tiket masuk regular BFG + Perhutani: Rp37.500
  • Tiket masuk hemat: Rp62.500
  • Tiket masuk spesial: Rp87.500
  • Tiket masuk all spots: Rp112.500
  • Outbound fun games: mulai dari Rp130.000
  • Prewedding: Rp500.000

Rute dari Kota Batu ke Tempat Wisata Flower Garden

Rutenya mulai dari Stasiun Malang Kota Baru, kemudian berjalan kaki hingga 120 meter ke Jalan Trunojoyo. Setelah itu, Anda bisa menaiki angkutan kota dengan kode AJH/AJG atau AMH ke Jalan Raden Tumenggung Suryo 4.

Selanjutnya, Anda harus menaiki angkutan kota lagi, kodenya CKL ke Jalan Tlogosari. Lalu, beralih ke angkutan kota dengan kode KL dan turun di Jalan Raya Dadaprejo. Untuk bisa sampai ke tempat wisata, pengunjung perlu berjalan kaki sejauh 1,5 km atau menggunakan ojek yang tersedia di sekitar lokasi.

Baca Juga : Tempat Wisata di Kota Batu

Syarat Pengunjung Flower Garden

Sama halnya seperti tempat wisata lainnya, Flower Garden Kota Batu ini juga memiliki beberapa persyaratan yang harus pengunjung penuhi sebelum masuk ke objek wisata tersebut. Untuk ketentuan persyaratannya, simak daftarnya di bawah ini!

  • Tiket masuk berlaku untuk usia 2 tahun ke atas.
  • Semua pengunjung harus sudah melaksanakan vaksinasi guna mencegah terjadinya penyebaran penyakit.
  • Untuk bisa masuk, pastikan Anda sudah memiliki aplikasi PeduliLindungi di ponsel.
  • Mematuhi protocol kesehatan yang sudah ada.
  • Anak-anak boleh melakukan kunjungan ke BFG.

Semua persyaratan itu harus Anda penuhi agar tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan selama berkunjung ke tempat wisata tersebut nantinya. Selain itu, pastikan juga semua perlengkapan pribadi sudah terpenuhi dengan baik agar kebutuhan anggota liburan tidak mengalami kendala.

Lokasi Wisata di Google Maps >> https://goo.gl/maps/JpCX7C7GrAsPGeWi7

Fasilitas Flower Garden

Untuk fasilitas di dalam tempat wisata ini sudah cukup memadai dan memenuhi kebutuhan pengunjung. Mulai dari mushola, toilet umum, hingga lahan parkir yang luas. Namun, musholanya sendiri hanya bisa memuat satu shaf saja. Jadi, sudah dipastikan keberadaannya tidak terlalu luas.

Untuk bisa beribadah di mushola tersebut, pengunjung harus berganti-gantian satu sama lain. Selain itu, di tempat wisata ini juga tersedia Machate Café bagi Anda yang ingin berkuliner santai sambil menikmati pemandangan hutan pinus di sekelilingnya. Harga makanan dan minuman di café ini juga terjangkau.

Wahana di Flower Garden

Agar liburan menjadi lebih menyenangkan, tempat wisata ini juga menyediakan beberapa wahana yang bisa Anda coba. Semuanya sudah sangat aman, jadi tidak perlu khawatir apabila ingin mencoba setiap wahana di sini. Untuk mengetahui informasi tersebut lebih lanjut, simak ulasan di bawah ini!

1. Bergelayut di Hammock

https://instagram.com/batuflowergarden.cobanrais/
https://instagram.com/batuflowergarden.cobanrais/

 

Hammock adalah ayunan seperti tempat tidur untuk bersantai yang dikaitkan pada dua pohon. Ini menjadi salah satu wahana unggulan yang banyak memiliki peminat, karena Anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan hutan pinus di bawahnya. Pasti tidak ingin melewatkan momen ini, bukan?

Anda bisa mengambil foto sebagai kenang-kenangan. Selain itu, ada beberapa jenis hammock yang tersedia di tempat ini, yaitu Spider Hammock, Flying Hammock, Hammock Garden, dan Hammock Tower. Untuk bisa menikmati wahana ini, pengunjung perlu membayar sebesar Rp20.000.

Baca Juga : Wisata Jatim Park 2 Kota Batu

2. Ayunan Ekstrim

https://instagram.com/batuflowergarden.cobanrais/
https://instagram.com/batuflowergarden.cobanrais/

 

Untuk menguji keberanian, Anda bisa mencoba wahana ayunan ekstrim ini. Pengunjung bisa merasakan ketegangan yang cukup besar ketika menaiki ayunan jenis ini. Ketika sudah duduk, mereka akan melihat pemandangan hutan pinus di bawahnya secara langsung.

Bagi mereka yang takut ketinggian, mungkin wahana ini tidak terlalu cocok. Untuk bisa menaiki wahana ini, Anda hanya perlu membayar biaya sebesar Rp10.000. Walaupun murah, pengunjung tidak perlu khawatir mengenai keamanannya, karena sudah tersedia sabuk pengaman agar lebih aman.

3. Gardu Pandang

https://instagram.com/batuflowergarden.cobanrais/
https://instagram.com/batuflowergarden.cobanrais/

 

Wahana selanjutnya yakni Gardu Pandang. Pengunjung bisa menaiki bermacam jenis gardu pandang di tempat ini. Sangat cocok apabila Anda ingin menikmati keindahan alam Kota Batu dari atas. Ini akan menjadi pengalaman liburan menyenangkan dengan momen yang pastinya bermakna.

Di tempat ini, pengunjung juga bisa mengambil foto untuk dijadikan sebagai momen saat liburan. Background pemandangan akan membuat hasil jepretan menjadi lebih indah dengan view alam asri. Agar foto terlihat lebih bagus, Anda dapat menggunakan jasa fotografer dengan membayar harga sebesar Rp10.000/file foto.

Baca Juga : Ngukir Wisata Alam Kota Batu

4. Sky Bike

https://instagram.com/batuflowergarden.cobanrais/
https://instagram.com/batuflowergarden.cobanrais/

 

Bersepeda di jalan datar sudah biasa, bagaimana jika bersepeda di atas “langit”? Mungkin ini akan menjadi pengalaman tak terlupakan selama berlibur ke tempat  ini. Di wahana ini, pengunjung akan mendapat sensasi menaiki sepeda dari ketinggian dengan pemandangan alam asri di sekelilingnya.

Pengunjung juga tidak usah khawatir jatuh dari sepeda, karena alat ini sudah menyediakan sabuk pengaman dengan tingkat keamanan yang cukup tinggi. Jadi, cukup nikmati saja selama berada di atas ketinggian tersebut.

5. Area Gowes Mini

https://instagram.com/batuflowergarden.cobanrais/
https://instagram.com/batuflowergarden.cobanrais/

 

Bagi Anda yang membawa anak-anak ke tempat wisata ini, namun tidak bisa menikmati wahana ekstrim di atas dengan mereka, jangan khawatir. Anak-anak tidak akan bosan karena di tempat ini sudah tersedia area gowes mini.

Area ini dapat membantu dalam melatih ketangkasan dan kemampuan anak dalam bersepeda dengan baik. Ini bisa menjadi pengalaman seru bagi mereka, sehingga liburan tersebut tidak akan membosankan, selama orang tua dan anak menikmati setiap wahana yang tersedia.

Itu tadi informasi lengkap mengenai tempat wisata Flower Garden di Kota Batu yang bisa Anda jadikan sebagai solusi berlibur santai bersama keluarga atau teman. Jangan lupa untuk membawa berbagai perlengkapan pribadi, seperti obat-obatan, dll, agar nanti tidak terjadi masalah saat liburan