Jalan-jalan Sore ke Gereja Protestan Indonesia Mojokerto

Mojokerto menjadi salah satu lokasi yang suka memiliki banyak tempat wisata. Salah satu objek rekreasi murah yaitu dengan berkunjung ke Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat. Kenapa tempat ibadah ini layak untuk dikunjungi?.

Objek Wisata Gereja Protestan Indonesia 

Objek Wisata Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat
Source : https://fastly.4sqi.net/

Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat, merupakan salah satu peninggalan dari sebuah gedung bersejarah. Alhasil ketika berkunjung ke Kota Mojokerto memang wajib sekalipun mendatangi tempat tersebut. Bisa melihat secara langsung bagaimana kondisi gerejanya.

Telah memiliki usia lebih dari satu abad, tentu membutuhkan pemandangan dari gereja tersebut buku tulis terlihat seperti zaman dahulu. Seluruh pengunjung bisa menikmati seluruh pemandangan tersebut sampai puas.

Punya sebutan nama lain yaitu Gereja Immanuel, membuatnya gampang sekali diingat oleh para masyarakat lokal. Memiliki bangunan berwarna coklat tua dengan bentuk kupu tarung dan simbol ini yang seperti bertumpuk.

Informasi Singkat Gereja Protestan Indonesia

Informasi Singkat Objek Wisata Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat
Source : https://radarmojokerto.jawapos.com/

Gereja Protestan Immanuel dari kota Mojokerto ini sebetulnya telah berdiri sejak tahun 1899 pada bulan Desember. Apabila bangunan tersebut pernah dipakai pada tahun 2000. Dengan demikian, untuk gedung sekarang memang bukanlah asli dan ada perubahannya.

Kemungkinan apabila masih betul-betul mampu memberikan pandangan kepada Anda bagaimana bangunan gereja yang sudah berdiri sejak puluhan tahun. Apabila anda mau ke sana tentu harus memahami beberapa informasinya.

  • Alamat lengkap : Jalan Ahmad Yani Nomor 1, pergelong, Purwo tengah Magersari Kota Mojokerto.
  • Waktu buka : Ibadah Sabtu dan Minggu, pukul 18.00
  • Harga tiket masuk : Gratis alias tanpa ponakan biaya

Sebetulnya selain permasalahan dari tiket masuk, kemungkinan seluruh pengunjung jika mau menghabiskan waktu di area gereja tersebut harus membayar sejumlah biaya parkir kendaraan. Nominalnya juga tak terlalu besar dan tentunya tidak mengeras kantong.

Rute Perjalanan Menuju Gereja Protestan Indonesia

Rute Perjalanan Menuju Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat
Source : https://lh5.googleusercontent.com/

Memutuskan untuk berkunjung ke Gereja Immanuel, maka pastikanlah Anda sudah mengetahui rute perjalanannya. Meskipun sudah berada pada Kota Mojokerto, ketika belum pernah menyusuri seluk beluk jalanannya bisa jadi malah kesasar.

Dengan demikian pastikanlah Anda mengikuti penjelasan ini ya. Seluruh pengunjung bisa memulai perjalanan dari kota Mojokerto. Setelah itu bisa mengambil arah menuju Jalan Gajah Mada dan hanya tinggal lurus saja.

Nantinya seluruh pengunjung akan menemukan perempatan. Setelah itu beloklah ke kiri menuju Jalan Taman Siswa, ikuti saja arahnya sampai menemukan perempatan lagi. Ambillah jalur kanan yakni Jalan Letkol Sumarjo kemudian ikuti jalanan tersebut sampai menemukan gerejanya.

Persyaratan ke Gereja Protestan Indonesia

Persyaratan Bagi Wisatawan yang Berkunjung
Source : https://jawatimuran.files.wordpress.com/

Salah satu akibat ketika seseorang tak bisa mematuhi peraturan, adalah memperoleh hukuman apabila pihak-pihak pengelola tak terima dengan tindakan tersebut. Dengan demikian, yang mau berkunjung ke tempat ibadah seperti ini perlu memahami hal-hal berikut:

1. Pastikan Membuang Sampah Pada Tempatnya

Ketika berkunjung ke tempat wisata apapun jadi bukan hanya ke Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat saja. Jika membawa makanan ringan segera membuangnya ke tempat sampah yang telah disediakan. Jangan sampai meninggalkannya begitu saja.

Karena itu juga akan membuat kondisi dari gereja kotor dan pastinya umat yang mau beribadah tak merasa nyaman. Sangat diharapkan kesadaran bagi seluruh wisatawan untuk mampu menjaga kebersihan. Kemudian secara otomatis juga membantu pihak pengelola.

2. Jangan Melakukan Tindakan Asusila

Ketika berkunjung ke suatu tempat apalagi itu merupakan lokasi beribadah. Maka jangan pernah melakukan tindakan asusila, karena saat ini memang banyak sekali orang-orang yang tak memperhatikan hal ini.

Tentu saja tindakan asosiasi seperti ini maka akan merugikan banyak orang. Pertama yaitu merugikan bagi pihak pengelola, membuat kotor tempat beribadah dan masih banyak lagi. Tujuan dari berwisata itu ingin melepaskan penat, jangan sampai melakukan tindakan yang tak beradab.

3. Menjaga Fasilitas yang Ada

Dalam destinasi wisata apapun biasanya pihak pengelola itu telah menyediakan berbagai macam fasilitas. Agar bisa menunjang kenyamanan, Maka terdapat sebuah anjuran ataupun aturan jika seluruh pengunjung tak boleh merusak fasilitas-fasilitas yang ada.

Apalagi jika itu merupakan fasilitas yang memang telah disiapkan secara khusus bagi seluruh pengunjung difabel. Pastikan memakai pelayanan tersebut semaksimal mungkin dan gunakan secara hati-hati.

Daftar Fasilitas Dalam Gereja Protestan Indonesia

Daftar Fasilitas
Source : http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/

Fasilitas-fasilitas yang ada dalam Gereja Immanuel Kota Mojokerto tentu saja lumayan lengkap untuk umat jika mau ibadah. Bahkan, para wisatawan apabila ingin berkunjung pun juga dapat menikmati seluruh fasilitas. Lalu apa saja? Inilah ulasannya:

1. Terdapat Lahan Parkir

Bagi siapa saja yang memutuskan untuk mendatangi Gereja Protestan Indonesia bagian barat, maka tidak perlu merasakan cemas. Karena dalam area tempat beribadah tersebut punya lahan parkir. Jadi, bisa memarkirkan transportasi seperti mobil, minibus bahkan sepeda motor.

Karena memiliki gerbang cukup tinggi alhasil akan jauh lebih aman. Apalagi para pengunjung pastinya ingin menelusuri seluruh bangunan dari gereja tersebut bukan. Dengan demikian, keamanan pun betul-betul terjamin.

2. Terdapat Kamar Mandi Atau Toilet

Sama dengan tempat beribadah lainnya, tentu saja Gereja Immanuel dari Kota Mojokerto ini telah menyediakan fasilitas kamar mandi ataupun toilet. Dengan demikian bagi seluruh pengunjung yang datang ke sana bisa menggunakan fasilitas itu jika memang dibutuhkan.

Karena biasanya untuk beberapa acara, orang-orang yang beribadah ke sana akan menghabiskan banyak waktu. Hasil keberadaan dari toilet ataupun kamar mandi betul-betul membantu keperluan. Kemudian tentu saja bisa terpakai oleh siapapun termasuk para wisatawa.

3. Banyak Sekali Bangku-bangku Untuk Umat Beribadah

Coba bayangkan saja jika Gereja Immanuel tersebut tidak memiliki bangku-bangku ataupun kursi mencukupi. Pastinya para jemaat ketika beribadah tentu tak akan merasa nyaman. Namun ternyata, pihak pengelola telah menyediakan banyak sekali sarana prasarana ini.

Bahkan pada area luar gereja saja juga terdapat beberapa bangku yang bisa digunakan oleh pengunjung beristirahat sejenak. Karena pastinya cukup capek apabila mengelilingi area gereja tersebut sebab cukup besar.

Beragam Daya Tarik Gereja Protestan Indonesia

Beragam Daya Tarik
Source : https://sekilasmedia.com/

Setelah mengetahui beragam fasilitas dan sekilas informasi mengenai Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat Kota Mojokerto. Maka tak akan lengkap rasanya jika belum memahami keunikannya. Kenapa bisa sampai banyak masyarakat lokal suka berkunjung ke sana.

1. Bangunan Prasejarah Era Belanda

Pihak pengelola mengatakan apabila bangunan dari gereja ini pada awalnya berfungsi menjadi gedung pemerintahan era Belanda. Kemudian dahulu kala masih sangat kecil sekali apabila membandingkannya dengan saat ini.

Dahulu, gereja tersebut hanya bisa menampung kurang lebih sekitar 30 jemaat saja. Namun, untuk saat ini setelah adanya pembaharuan dari bangunannya. Rupanya bisa memuat hingga ratusan orang saat beribadah.

2. Ada Bunker dalam Gereja

Peninggalan sejarah yang cukup membuat wisatawan terpukul adalah karena keberadaan kanker pada sudut sebelah barat laut bangunan gereja. Ketika melihatnya secara langsung memang seperti gundukan dengan bentuk mirip dengan setengah bola.

Bunker seperti ini memiliki lubang tepat pada bagian atasnya. Walaupun memiliki konstruksi yang betul-betul kokoh meskipun sudah ratusan tahun. Wisatawan tidak boleh masuk ke dalam karena jalanannya berisi pasir dan takutnya tidak akan ada oksigen.

3. Terdapat Kitab Injil Berusia Ratusan Tahun

Keunikan lainnya dari Gereja Protestan ini ternyata terdapat sebuah kitab Injil yang telah terpelihara sampai saat ini dengan usia ratusan tahun. Pertama kali dicetak pada tahun 1868 dan beratnya sekitar 3 sampai 4 kg.

Kemudian ternyata kita kecil tersebut tertulis dalam bahasa Belanda. Nantinya seluruh pengunjung bisa melihat secara langsung bagaimana bentuk dari kitab Injil tersebut. Tentunya ini merupakan salah satu wawasan ilmu yang tak akan pernah bisa Anda dapat dari bangku sekolah.

Dari ulasan seperti di atas, maka Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat ini menjadi tempat sangat recommended untuk dikunjungi para wisatawan yang sekaligus juga ingin beribadah ke sana. Namun perhatikan beberapa aturannya ya.

 

Tinggalkan komentar