Saksi Sejarah Goa Embultuk Blitar

Goa Embultuk memberikan suasana unik dengan kesegaran air yang ada di dalam goa serta pemandangan bebatuan. Adanya stalaktit dan stalagmit semakin memperindah bagian dalam goa. Banyak spot menarik selama berada disini. Wisata menantang karena kondisi gelap tanpa penerangan.

Pesona Goa Embultuk

Pesona Goa Embultuk
Source : https://ksmtour.com/

Keindahan alam satu ini memberikan kesan yang berbeda bagi para pengunjung. Goa Embultuk memiliki sejarah serta berbagai kegiatan yang ekstrim. Dengan air sungai yang ada di dalam goa serta terdapat batuan runcing. Pengunjung akan merasakan sensasi tantangan masuk ke dalam goa.

Bacaan Lainnya

1. Adanya Stalaktit dan Stalagmit

Perbedaan wisata ini dengan goa lain yaitu memiliki keindahan berupa stalaktit dan stalagmit di dalamnya. Stalaktit merupakan batuan yang ada di atas gua dengan bentuk runcing ke bawah. Sedangkan stalagmit batuan runcing yang ada di dasar gua.

Untuk sampai ke dalam goa pengunjung harus menggunakan lampu petromak karena cahaya yang ada sangat minim. Maka dari itu perlu untuk menyewa guide agar perjalanan di dalam goa tetap aman. Ada banyak bebatuan yang harus dilewati dan cukup licin.

2. Sungai Bawah Tanah

Saat masuk ke dalam goa, pengunjung harus melewati air sungai yang cukup tinggi. Bagi pengunjung yang tidak bisa berenang dapat menggunakan pelampung untuk menjaga keamanan. Banyaknya air seperti sebuah kolam. Pengunjung harus melalui jalan berair ini dengan jarak sekitar 1,5 km.

Bahkan ada air yang dalam sehingga mengharuskan untuk menyelam. Pastinya baju akan menjadi basah dan kotor. Maka dari itu perlu memakai pakaian yang sesuai dengan kondisi wisata. Tempat ini cocok bagi pengunjung yang menyukai tantangan dan hal ekstrim.

3. Batu Selendang

Sebelum keluar dari goa, pengunjung akan melewati Batu Selendang. Batu ini memiliki keunikan jika dipukul atau terkena cipratan air akan mengeluarkan bunyi. Bentuknya seperti selendang yang menjuntai ke bawah menjadi alasan batu ini memiliki nama tersebut.

Pada area batu ini memiliki tempat yang luas dan lebar. Banyak wisatawan yang mengabadikan momen mereka disini dengan berfoto. Tempat ini memberikan keleluasaan bagi pengunjung untuk beristirahat. Namun tetap harus berhati-hati memegang kamera karena masih terdapat genangan air.

Sejarah G30S di Goa Embultuk

Sejarah G30S di Goa Embultuk
Source : https://cdn2.tstatic.net/

Goa Embultuk memiliki sejarah saat PKI melarikan diri ke Blitar. PKI bersembunyi di dalam goa ini untuk menghindari kejaran ABRI dan masyarakat. Saat itu ada banyak kader PKI yang sedang diincar oleh pasukan Letnan Jenderal TNI Witarmin sebagai kapten PETA tahun 1942.

Pada waktu itu lokasi yang masih sulit membuat Goa Embultuk menjadi sarang dari PKI. Tahun 1983 Goa Embultuk menjadi tempat wisata yang diresmikan oleh Kepala Desa Tumpak Kepuh, Bapak Tugiman dan menjadi penemunya.

Dengan adanya goa ini semakin meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Pengunjung masih bisa melihat kelelawar berkeliaran di dalam goa. Untuk masuk menyusuri bagian dalam hingga keluar dari goa membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

Lokasi dan Tiket Masuk

Lokasi dan Tiket Masuk
Source : https://mblitar.net/

Tempat wisata Goa Embultuk berada di Desa Tumpak Kepuh, Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar. Tinggi gua ini kurang lebih 3 meter dengan stalagmite sepanjang 1,5 km. Untuk menuju ke tempat ini membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam dari pusat kota.

Pengunjung tidak perlu membayar tiket untuk masuk ke dalam Goa Embultuk alias gratis. Buka mulai pukul 8 pagi hingga 4 sore setiap harinya. Namun perlu menggunakan jasa guide untuk mengarahkan perjalan menuju lokasi dan memberitahukan berbagai hal terkait goa kepada pengunjung dengan mudah.

Ada beberapa lokasi yang tidak bisa dimasuki karena cukup ekstrim dan sulit untuk dilalui. Adanya guide membantu pengunjung memilih jalan yang aman dan tempat bagus untuk berfoto. Sayangnya wisata ini masih belum mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah.

Rute Menuju ke Goa Embultuk

Rute Menuju ke lokasi
Source : https://jelajahblitar.com/

Rute perjalanan menuju ke Goa Embultuk cukup mudah dan bisa dijangkau dengan kendaraan roda empat dan dua. Biasanya tempat ini ramai pengunjung saat hari libur sekolah. Perlu adanya persiapan saat berada di tempat ini karena akan merasakan adrenalin melewati berbagai tantangan dalam goa.

Dari pusat kota Goa Embultuk memiliki jarak kurang lebih 35 km. Pengunjung bisa mengambil arah ke Pantai Tambakrejo. Setelah itu akan ada papan petunjuk ke arah Goa Embultuk. Selama perjalanan pengunjung akan menemui banyak wisata lain seperti Pantai Pangi.

Sampai di perempatan balai desa Tumpak Kepuh dapat mengambil jalur ke kanan. Nantinya akan terlihat parkiran Goa Embultuk dan membayar sekitar 5 ribu per kendaraan. Sepanjang perjalanan, pengunjung dapat menikmati berbagai keindahan berupa pohon yang hijau dan udara segar pedesaan.

Aktivitas Selama di Goa Embultuk

Aktivitas Selama di Goa
Source : https://cdn-2.tstatic.net/

Goa Embultuk memiliki aktivitas yang cukup menantang karena masih belum ada peralatan memadai hanya sebatas pelampung. Akses menuju ke dalam goa juga tidak terlalu mudah. Pengunjung harus siap basah dengan peralatan seadanya. Berikut yang bisa pengunjung lakukan saat berada di goa ini, yaitu:

1. Kegiatan Menantang

Wisata ini menjadi satu-satunya goa di Blitar yang memiliki stalaktit dan stalagmit. Maka dari itu banyak wisatawan yang ingin melihat secara langsung dan menikmati keindahan goa ini. Saat memasuki area, pengunjung akan menemukan pesona dalam goa dengan genangan air sungai yang cukup dalam.

Oleh karena itu, penting untuk menyewa jasa guide bisa membayar 50 ribu tiap rombongan. Biasanya satu rombongan berisi 7 orang. Tidak banyak fasilitas yang bisa dinikmati karena memang tempat ini masih dikelola oleh masyarakat setempat belum ada bantuan dari pemerintah.

2. Bermain Air

Saat masuk ke dalam goa pengunjung akan langsung berjumpa dengan air sungai. Sepanjang goa penuh dengan genangan air sehingga pengunjung akan basah kuyup. Ada berbagai ketinggian air yang mengharuskan pengunjung menggunakan pelampung agar tetap aman.

Pengunjung perlu memakai pakaian dan alas kaki yang tepat agar tidak membahayakan keselamatan. Bebatuan yang cukup licin karena genangan air dan lumut. Tempat ini masih memiliki kelelawar yang sedang hinggap di atas goa atau terbang berkeliaran.

Tips Berkunjung ke Goa Embultuk

Tips Berkunjung
Source : https://awsimages.detik.net.id/

Berkunjung ke Goa Embultuk dengan menempuh perjalanan yang jauh pasti memiliki ekspektasi akan menyenangkan. Namun hal ini tidak bisa tercapai jika persiapan kurang, baik dari segi fisik, kesehatan, dan peralatan. Maka dari itu perlunya mempersiapkan diri menikmati wisata yang menantang ini.

Goa Embultuk memiliki daya tarik sendiri bagi tempat wisata yang ada di Blitar. Keindahan alam yang tiada habisnya membuat pengunjung semakin betah dan belajar hal baru. Berikut beberapa tips bagi pengunjung saat akan berwisata ke Goa Embultuk, antara lain:

  • Memakai sandal gunung untuk menjaga kaki agar tidak luka karena batuan yang tajam
  • Membawa betadine atau obat untuk berjaga-jaga jika terluka karena gesekan batu

Demikian informasi seputar Goa Embultuk yang menarik untuk dikunjungi. Bagi pengunjung yang menyukai kegiatan menantang bisa datang ke goa ini. Namun perlu waspada akan bebatuan tajam sepanjang menyusuri goa.