Gronjong Wariti, Tempat Wisata Penolong Ekonomi Warga Saat Pandemi

Di saat pandemi melanda republik ini, hampir semua kegiatan ekonomi masyarakat lumpuh. Namun hal ini tidak terlalu berdampak ke warga sekitar Gronjong Wariti, karena tertolong oleh kegiatan wisata yaitu dengan datangnya para wisatawan lokal di sekitar lokasi.

Tempat Wisata Gronjong Wariti
Tempat Wisata Gronjong Wariti

Letak

Gronjong Wariti terletak di Desa Mejono, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri. Letaknya cukup dekat dengan Kampung Inggris Pare, kurang lebih 10 kilometer ke arah barat.

Lokasi : https://goo.gl/maps/JaxKUWMA9gToQTWP7

Karena dekat inilah tidak sedikit pula anak-anak yang kursus di Pare Kediri ini datang ke tempat wisata gronjong wariti ini, selain ke tempat wisata lokal Pare lainnya seperti Goa Surowono dan Wisata Gunung Kelud Kediri.

Arti Kata Gronjong Wariti

Di sepanjang aliran sungai, Gronjong-gronjong terbentang di sepanjang kanan kiri aliran sungai untuk melindungi aliran sungai dari longsornya tanah sekitar.

Gronjong menurut KBBI berasal dari kata geronjong yang berarti pagar pembatas sungai yang terbuat dari bambu dan diisi dengan batu. Sedangkan wariti berasal dari bahasa sanskerta berarti penghidupan, artinya setelah semua tertata rapi dan  bersih, akan menjadi sumber penghidupan.

Pemberian nama tambahan Wariti ini diberikan oleh Sekretaris Desa Mejono Bapak Abdul Mujito, dan kemudian tempat ini dikenal dengan nama Gronjong Wariti hingga sekarang.

Sejarah Berdirinya Wisata Gronjong Wariti

Sejarah
Sejarah Gronjong Wariti

Gronjong Wariti sebelumnya adalah sebuah sungai mati dan bau. Selain itu, di sepanjang sungai ini juga terkenal sebagai tempat yang angker. Karena hal-hal itulah penduduk sekitar tidak ingin berlama-lama berada ditempat itu.

Namun hal itu berubah 180 derajat, saat salah satu warganya yang bernama Riyadi berinisiatif mengajak beberapa orang untuk membersihkan sungai dengan alasan kebersihan lingkungan.

Awalnya ditertawakan dan dicemooh, namun setelah sungai mulai terlihat bersih, barulah penduduk sekitar mulai peduli dengan menyumbang makanan-makanan kecil dan saling membantu proses pembersihannya.

Hingga di suatu titik, mereka tidak hanya sekedar membersihkannya, tetapi juga menghias daerah aliran sungai Gronjong Wariti itu dan mendirikan banyak wahana tempat bermain. Kemudian berdirilah sebuah tempat wisata lokal baru yang ikonik, yang menjadi tumpuan ekonomi warga sekitarnya.

Banyak Wahana Hiburan

Area wisata Gronjong Wariti terbentang di sepanjang aliran sungai kurang lebih 1,5 km, dan obyek wisata utamanya rata-rata selalu berhubungan dengan air. Maka dari itulah ikonik sebagai wisata air dan ramai diperbincangkan di media sosial, sebelum ataupun saat pandemi.

Tempat ini menjadi unggulan yang dibanggakan oleh penduduk setempat. Banyak sekali hiburan murah yang tersedia di tempat ini, mulai dari warung-warung yang menyajikan jajan pasar tradisional, tempat karaoke sederhana, kolam renang anak, kolam renang dewasa, mandi bola, dan ada kolam ikan terapi yang tiketnya sangat ramah di kantong.

Selain itu, wahana hiburan lainnya yang banyak diminati oleh pengunjung antara lain: perahu wisata, balon air, kereta kebun, flying fox, sepeda air, tubing, rafting mini, naik kuda asli, odong-odong, balap mobil remote, rumah balon, perahu mesin, ATV, bandulan mesra dan berbagai macam permainan anak-anak seru lainnya.

Pengunjung Datang Setiap Hari

Sejak awal didirikan, tempat wisata ini banyak sekali dikunjungi oleh masyarakat sekitar dan mendapatkan tempat tersendiri di hati warga Kabupaten Kediri. 

Tiketnya masuknya gratis dan banyak sekali wahana hiburan yang ramah kantong, menjadi alasan untuk para warga untuk datang kesana sekedar untuk melepas lelah atau ngopi di bawah rindangnya pohon bambu di sekitar lokasi sambil bernyanyi.

Di saat tempat wisata-wisata lain seperti di Bali dan Lombok banyak yang tutup terimbas oleh pandemi dikarenakan menggantungkan kunjungan wisatawan mancanegara dan luar daerah, wisata lokal Gronjong Wariti ini tetap bertahan dan selalu ramai dikunjungi orang sekitar.

Terlebih lagi saat adanya penyekatan saat liburan hari raya idul fitri dan liburan Nataru (Natal Tahun Baru) 2020-2021, banyak penduduk sekitar yang mendatangi tempat ini bersama keluarga.

Suasana Tempat Wisata Saat Pandemi

Suasana Gronjong Wariti
Suasana Gronjong Wariti Saat Pandemi

Di saat pandemi covid19, di Gronjong Wariti tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat sesuai anjuran pemerintah. Penjagaan jarak dan pemakaian masker pun diwajibkan di tempat ini.  Perangkat desa kompak untuk berjaga dan selalu mengingatkan pengunjung yang hadir di sini.

Tempat wisata ini buka setiap hari, mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB.

Demikian informasi tempat wisata Kediri ini, semoga bermanfaat.

5/5 - (5 votes)

Tinggalkan komentar