Kampung Inggris Pare
Beranda Tempat Wisata Gua Lowo Trenggalek Terpanjang di Asia Tenggara

Gua Lowo Trenggalek Terpanjang di Asia Tenggara

Gua Lowo Trenggalek merupakan salah satu destinasi wisata paling populer untuk Anda kunjungi. Tentu bisa jadi pilihan terbaik ketika berlibur selain pantai. Keberadaannya sendiri termasuk sebagai gua paling panjang yang ada di Asia Tenggara. Adapun keunikannya yaitu memiliki banyak kelelawar di dalamnya.

Lokasi Wisata Gua Lowo Trenggalek

Anda bisa mengunjungi wisata Gua Lowo dengan alamat di Desa Watuagung, Kecamatan Watulimo, Kab. Trenggalek, Provinsi Jawa Timur. Pengunjung dapat mengunjunginya kapan saja karena tempat ini buka setiap harinya. Akan tetapi, pastikan datang tepat waktu karena tidak buka selama 24 jam penuh.

Untuk jam operasionalnya sendiri mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan 17.00 WIB sore. Anda dapat berkunjung bersama keluarga termasuk anak-anak. Kemudian lihat langsung seperti apa keindahan guanya yang masih sangat alami. Tentu lokasinya sangat tepat menjadi pilihan karena cukup mempesona.

Baca juga : Gua Ngerit Trenggalek Menikmati Wisata Bebatuan Alam

Setiap pengunjung juga bisa menikmati fasilitas lengkap di dalamnya termasuk taman bermain untuk anak-anak. Tidak perlu khawatir pula ketika ingin datang ke lokasi. Pasalnya, rute perjalanan yang perlu Anda tempuh cukup mudah. Dengan begitu dapat membawa kendaraan pribadi baik mobil maupun motor.

Rute Menuju Lokasi Wisata Gua Lowo

Gua Lowo Trenggalek
Source: https://ksmtour.com/media/images/articles24/goa-lowo-trenggalek-jawa-timur.jpg

Saat ingin berkunjung ke Gua Lowo, maka Anda bisa melewati ruas jalan utamanya. Yakni searah dengan wisata Pantai Pasir Putih dan Pantai Prigi. Terlebih sudah ada banyak papan penunjuk di kawasan jalan sehingga cukup mudah untuk menemukan lokasinya. Setidaknya terdapat 3 jalur ke arah wisata ini.

Anda dapat melewatinya melalui Jalan Raya Bandung – Progo dengan jarak tempuh sekitar 35 km saja. Selain itu, setiap pengunjung juga bisa datang ke lokasi lewat Jalan Raya Boyolangu  serta Jalan Raya Bandung. Adapun jarak yang diperlukan hanya sekitar 35,7 km saja sehingga tidak terlalu jauh.

Untuk alternatif ke Gua Lowo lainnya, Anda bisa melalui Jalan Kimangun Sakoro serta Jalan Raya Bandung. Umumnya rute ini memerlukan jarak tempuh menuju lokasi sekitar 37 km. Adapun rute paling dekat yaitu Jalan Raya Bandung – Progo dengan kisaran waktu sekitar 57 menit saja menuju Gua Lowo.

Ukuran Wisata Gua Lowo Trenggalek

Gua Lowo Trenggalek
Source: https://pusatdapodik.com/wp-content/uploads/2023/03/1679306496_413_Goa-Lowo-Destinasi-Wisata-Alam-Populer-di-Trenggalek.jpg

Wisata Gua Lowo memiliki ukuran sangat panjang. Bahkan menjadi yang terpanjang di Asia Tenggara saat ini. Untuk lebarnya sendiri mencapai 50 meter. Adapun ketinggiannya cukup bervariasi. Ada yang 20 sampai dengan 50 meter sehingga sangat unik dan menarik untuk melihatnya langsung dari dalam.

Apabila Anda ingin menikmati seperti apa bagian dalamnya, maka sudah ada jembatan sepanjang 859 meter. Tentu saja setiap pengunjung dapat melaluinya agar lebih aman berjalan di dalam gua. Selain itu, dari mulut sampai ujung guanya juga memiliki 12 ruangan dengan ukuran cukup besar.

Hal ini menjadi daya tarik utama saat berwisata ke tempat tersebut. Pengunjung juga bisa melihat keindahan lampu sorot warna-warna. Adapun letaknya di sela-sela bebatuan sehingga akan menambah kesan unik di dalam gua. Selain itu, ada banyak kelelawar hidup bergelantungan di dinding guanya.

Harga Tiket Masuk Menuju Wisata

Gua Lowo Trenggalek
Source: https://www.nativeindonesia.com/foto/2023/03/berswafoto-di-goa-lowo.jpg

Untuk berkunjung ke Gua Lowo, Anda tidak perlu menguras kantong terlalu banyak. Pasalnya, setiap pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sekitar Rp 10.000 saja per orangnya. Tentu bisa jadi rekomendasi terbaik saat berlibur karena harga tiket masuknya tergolong terjangkau di semua kalangan.

Gua Lowo sendiri ditemukan oleh warga setempat yaitu Mbah Lomedjo tepatnya di tahun 1931. Pada awal penemuannya, kawasan tersebut masih diselimuti oleh hutan yang luas dan lebat. Tidak hanya itu ada banyak hewan buas bersarang sebagai tempat tinggal di guanya sehingga sangat berbahaya.

Kemudian, pada tahun 1984 lokasinya sudah dibuka sebagai tempat wisata bagi masyarakat. Adapun mitos yang berkembang di kalangan warganya yaitu Gua Lowo menjadi salah satu lokasi bagi raja-raja bersemayam. Tentu menjadi destinasi wisata paling untuk sehingga jangan terlewat untuk mengunjunginya.

Aktivitas Menarik di Gua Lowo Trenggalek

Saat berkunjung ke Gua Lowo yang ada di Trenggalek, ada banyak aktivitas menarik dapat Anda lakukan. Tempat wisata ini memang menawarkan keindahan gua yang sangat mengagumkan. Ukurannya pun terbilang sangat panjang. Oleh sebab itu, langsung saja simak ulasannya di bawah ini:

1. Melihat Keindahan Gua secara Langsung

 

Source: https://1.bp.blogspot.com/-_V1Mn-gFXQE/WBrzEg4bgSI/AAAAAAAAFrQ/eTn2JTUuS5YlZyUrTpLt3_oUYT5Vd7pZQCLcB/s1600/lowo1.jpg

Setiap pengunjung nantinya dapat menikmati keindahan gua begitu masuk ke dalamnya. Tentu akan merasa sangat takjub dengan panorama tersebut. Mengingat tampilan gua memiliki ruang-ruang luas. Untuk ketinggian langit-langitnya sendiri juga cukup tinggi sekitar 20-50 meter. Ada banyak juga kelelawar di dalamnya.

Anda dapat melihat langsung keindahan gua dari dalam dengan lebar mencapai 50 meter. Saat memasukinya, maka akan menikmati panorama dinding gua yang memiliki bentuk berbeda-beda. Oleh sebab itu, jangan sampai ketinggalan untuk mengabadikan momen tersebut dengan mengambil gambar.

2. Menikmati Keindahan Berbagai Jenis Patung di dalamnya

Saat ingin masuk ke gua, pengunjung perlu melewati jembatan yang sudah disediakan. Jembatan ini membelah sungai di sebelah gua sehingga lebih mudah mengakses lokasinya. Saat sudah masuk, Anda akan melihat berbagai patung. Seperti Patung Ratu Lowo, Patung Lowo Gada, dan Patung Lowo Cakra.

Masyarakat setempat pun percaya bahwa patung yang ada tersebut merupakan simbol dari keseluruhan ratu kelelawar yang hidup di dalam gua. Sedangkan Patung Lowo Gada dan Patung Lowo Cakra menggambarkan patih dan panglima dari sang ratu itu sendiri. Tentu bisa jadi daya tarik utama pengunjung.

3. Melihat Bebatuan Unik di dalam Gua

Source: https://bacaini.id/wp-content/uploads/2021/06/Goa-Lowo-Trenggalek.jpg

Selama berada di perjalanan menelusuri gua, Anda juga akan disambut dengan indahnya bebatuan. Tentu pemandangan tersebut akan terlihat sangat eksotis karena bentuk batunya cukup beraneka ragam. Terlebih bentuknya kebanyakan menyerupai seperti benda hidup maupun hewan.

Contohnya saja ketika sudah sampai di arah pintu masuk. Pengunjung akan merasa takjub begitu melihat batu yang mirip sekali dengan kura-kura. Selain itu, beberapa batu lainnya juga menyerupai sepasang kaki, sangkar, hingga singa sehingga wisata ini sangat menarik untuk Anda jelajahi bersama keluarga.

4. Bersantai di Taman Bermain Anak

Tempat wisata gua ini juga cocok untuk Anda jadikan lokasi liburan bersama anak-anak. Pasalnya, pengunjung dapat menjumpai area taman bermain khusus bagi si kecil. Tentu bisa merasakan langsung suasana di sekitar gua dengan udara yang sangat asri dan sejuk. Oleh sebab itu, jangan ragu berlibur kesini.

Lokasi tamannya sendiri cukup rindang karena sekelilingnya ada banyak pepohonan. Tempatnya juga cukup nyaman dan bersih sehingga sangat cocok menjadi lokasi bersantai setelah menjelajahi area gua. Jangan lupa juga mengabadikan momen bersama keluarga saat berada di taman bermain anak ini.

Baca juga : 35 Tempat Wisata di Trenggalek yang Wajib Dikunjungi

Itu tadi informasi lengkap mengenai destinasi wisata Gua Lowo Trenggalek. Tempat ini dapat menjadi pilihan terbaik apabila Anda ingin berlibur bersama keluarga. Lokasinya bahkan sudah sangat populer sehingga para pengunjung bisa melihat langsung seperti apa keindahan dan panorama gua di dalamnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan