Kunjungan Religi di Gua Maria Fatima Ponorogo

Kabupaten Ponorogo merupakan salah satu daerah yang tidak hanya kaya akan keindahan alam sekitar namun juga kebudayaan. Menariknya banyak destinasi wisata yang menggabungkan keindahan alam dengan kebudayaan salah satunya yaitu gua Maria Fatima Ponorogo.

Sejarah Singkat Gua Maria Fatima

Sejarah Singkat
Source : https://awsimages.detik.net.id/

Gua Maria terkenal mulai 1998 dan selalu mengalami perbaikan oleh masyarakat sekitar. Bangunan gua sendiri berhasil berdiri atas bantuan dari umat Jamaat Gereja melalui iuran persembahan. Akses jalan hingga parkiran juga merupakan hasil iuran dari Jamaat Gereja dan masyarakat.

Bacaan Lainnya

Masyarakat  juga turut  memberikan kontribusi dalam melakukan perbaikan sehingga area plaza ataupun tempat ibadah terlihat lebih tersetruktur dan rapi. Letaknya yang berada di area pegunungan membuat gua terasa sejuk dan asri bahkan segar meskipun musim kemarau panjang telah tiba.

Selengkapnya >> Rekomendasi Tempat Wisata di Ponorogo Yang Lagi Hits 2023

Tahun 2002 pariwisata mengalami pembangunan secara besar-besaran hasil kontribusi dari masyarakat dan Jamaat Kristen. Pembangunan masyarakat lakukan dengan cara gotong-royong sehingga cepat selesai. Menariknya saat ini sudah tersedia beragam fasilitas dan sarana mewadahi.

Akses Menuju Lokasi Gua Maria Fatima

Akses Menuju Lokasi Gua Maria Fatima
Source : https://ponorogo.go.id/

Pengunjung yang datang dari arah pusat kota kabupaten Ponorogo hanya akan menempuh jarak sekitar 32 kilometer atau setara dengan 30 menit. Anda yang berasal dari arah ngebel, Madiun dan Dolopo harus memakan waktu kurang lebih sekitar 1 jam. Kecepatan mempengaruhi jarak tempuh.

Wisatawan yang akan datang dan mengunjungi gua Maria Fatima ternyata memiliki banyak tujuan mulai dari ziarah atau sekedar jalan-jalan saja. Tiba di lokasi pertama kali membuat Anda dapat melihat patung Maria setinggi 5 meter. Luasnya sekitar 3.000 meter dan menampung 3.000 jamaat

Akses jalan yang mudah dan rute dapat terdeteksi melalui google map membuat pengunjung tidak hanya berasal dari umat kristiani. Kemudahan akses jalan tentu saja akibat peran serta pemerintah setempat dalam mengembangkan kenyamanan dan kualitas kehidupan penduduk daerah tersebut.

Infomasi Umum Gua Maria Fatima

Infomasi Umum Gua Maria Fatima
Source : https://elzhito.files.wordpress.com/

Umat kristiani yang datang untuk beribadah biasanya akan mengajak sanak saudara sehingga terlihat lebih ramai. Kunjungan itu juga bermanfaat bagi warga sekitar. Anda yang ingin mengunjungi gua Maria harus mengetahui sekilas informasi dengan kualifikasi sebagai berikut ini:

  • Alamat: DS. Klepu Kec. Sooko Kab. Ponorogo
  • Jam buka: Setiap hari selama 24 jam
  • Harga tiket: Gratis

Lokasi Wisata di Google Maps >> https://goo.gl/maps/MxGHsEsx69gqiDu39

Fakta Unik Gua Maria Fatima

Fakta Unik
Source : https://awsimages.detik.net.id/

Wisatawan rela datang dari jarak ribuan kilometer untuk meyaksikan keindahan alam dan keunikan pariwisata itu. Alasan yang paling banyak orang keluarkan yaitu fakta  unik tidak terdapat pada tempat lain. Keunikan gua Maria Fatima Ponorogo meliputi beberapa hal dengan kualifikasi seperti:

1. Patung Fatima Setinggi 5 Meter

Tiba pertama kali di lokasi pengunjung dapat menyaksikan bentangan patung lumayan tinggi. Aktivitas beribadah sekitar patung seperti berdoa memohon Keberkahan masih sering pengunjung lakukan. Menariknya patung ini menjadi ikon pariwisata religi umat kristiani khas Ponorogo.

Baca Juga : Keunikan Masjid Tegal Sari Ponorogo

Keberadaan pariwisata religi ini kerap kali mendatang beberapa wisatawan dari mancanegara dengan tujuan ibadah dan mengambil pemotretan. Jamaat yang datang mayoritas beserta rombongan keluarga, sahabat, dan sebagainya. Rata-rata kunjungan untuk ibadah akan ramai jika hari Minggu.

2. Keramaian Menjelang Natal

Bulan Desember kebanyakan para jamaat akan sibuk melakukan aktivitas ibadah di gereja. Menjelang natal selesai kebanyakan jamaat memutuskan untuk berliburan dengan berbagai macam tujuan salah satunya yaitu gua Maria. Keberkahan bulan natal ternyata turut penduduk sekitar rasakan.

Padatnya penduduk menjelang natal atau sesudah membuat warga bisa memanfaatkan untuk berbisnis mulai dari jualan produk hingga layanan jasa. Momen ini tentu saja bermanfaat bagi semua orang terlebih umat kristiani. Momen Natal menang kerap mendatangkan banyak rezeki di tempat ini.

3. Sumber Air Berkhasiat

Gua Maria di dalamnya terdapat sumber mata air yang terus mengalir meskipun sedang terjadi musim kemarau berkepanjangan. Air dapat bermanfaat bagi warga sekitar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti minum. Tidak hanya itu, sumber air juga memberikan khasiat.

Kebanyakan jamaat akan membawa sumber air itu untuk oleh-oleh pulang. Menariknya sumber air yang katanya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit menjadi hal wajib untuk pengunjung dapatkan jika berwisata di gua Maria. Pengambilan air biasanya memanfaatkan galon atau botol.

4. 14 Titik Pemberhentian

Jamaat Kristen yang datang untuk mengunjungi wisata gua Maria akan mendapatkan banyak pelajaran dan cerita sejarah. Menariknya di dalam lokasi terdapat 14 Titik Pemberhentian yang nantinya membuat pengunjung bisa mendapatkan penjelasan tentang kisah perjalanan hidup Yesus.

Keberadaan 14 Titik membuat Jamaat bisa mengetahui sejarah singkat tentang berjalanan tuhan dan menambah ketaqwaan. Wisatawan yang berkunjung kerap memanfaatkan adanya 14 Titik tersebut untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya sehingga berperan penting bagi ilmu pengetahuan.

5. Menambah Ekonomi Warga Sekitar

Kepadatan pengunjung menjelang natal atau sesudahnya membuat warga turut merasakan banyak manfaat. Pelayanan jasa dan penawaran produk tertentu mampu berguna sebagai penunjang kebutuhan hidup warga setempat. Beragam pernak-pernik bisa Anda jadikan sebagai buah tangan.

Warga sekitar juga banyak yang menawarkan beragam layanan jasa sehingga membuat momen liburan semakin lengkap. Pelayanan yang masyarakat sekitar berikan cukup ramah sehingga membuat wisatawan selalu betah dan ingin terus mengunjungi gua terlebih saat liburan tiba.

6. Menampung Wisatawan dalam Jumlah Banyak

Kemudahan akses jalan menuju lokasi membuat kunjungan dapat semua orang lakukan. Menariknya hampir semua wisatawan datang bersama rombongan terlebih saat liburan panjang seperti natal dan tahun baru.

Fakta unik terkait tempat ini laitu luas lahan mencapai 3.000 meter sehingga bisa menampung Wisatawan juga Jamaat dalam jumlah lebih dari 1.000 orang. Tidak ada tiket masuk membuat liburan terasa lebih hemat pengeluaran.

Kegiatan di Gua Maria Fatima

Kegiatan di Gua Maria Fatima
Source : https://akcdn.detik.net.id/

Penjelasan sebelumnya telah membahas bahwa pengunjung tidak hanya berasal dari umat kristiani namun juga pemeluk keyakinan lainnya. Kegiatan yang pengunjung lakukan juga bermacam-macam sesuai kebutuhan dan keinginan. Berikut kegiatan yang dapat Anda lakukan di gua Maria:

1. Beribadah

Kegiatan beribadah menjadi tujuan utama wisatawan khususnya umat kristiani untuk mengunjungi lokasi pariwisata berupa gua Maria Fatima. Tempat ibadah telah memiliki desain menarik dengan area luas sehingga bisa menampung banyak Jamaat Kristiani. 3.000 jamaat bisa tertampung di sini.

Baca Juga : Kolam Beji Sirah Ponorogo

2. Mengunjungi Sumber Air Berkhasiat

Wisatawan yang bukan berasal dari umat kristiani mayoritas datang hanya untuk mendapatkan sumber air berkhasiat. Hal ini memang kerap terjadi mengingat wisata terbuka untuk umum tanpa perlu membayar biaya sepeserpun. Hampir semua pengunjung akan membawa pulang air tersebut.

3. Peneliti

Mahasiswa dari luar daerah juga kerap memanfaatkan keberadaan pariwisata sebagai salah satu tempat untuk melakukan penelitian. Penelitian dapat menghasilkan data akurat beserta sumber alami sehingga hasil sesuai harapan. Penelitian yang mahasiswa lakukan juga memanfaatkan warga sekitar

4. Fotografi

Pemandangan alam yang indah dan menawan membuat siapa saja pasti akan jatuh cinta akan pesona gua Maria. Tidak jarang para wisatawan akan melakukan beberapa pemotretan agar bisa menghasilkan dokumentasi sesuai harapan.

Momen liburan sekaligus bertambahnya ilmu pengetahuan bisa Anda lakukan dalam sekali kunjungan. Menariknya banyak wisatawan berasal dari daerah luar jangkauan seperti Jawa tengah, barat Kalimantan dan sebagainya lantaran pesona keindahan gua Maria Fatima.