Gunung Kendil dan Keeksotisannya

Memutuskan untuk menghabiskan waktu liburan ke daerah pegunungan, adalah salah satu pilihan terbaik. Karena memang mempertimbangkan kesejukan dari udaranya. Terdapat salah satu tempat paling recommended yaitu Gunung Kendil dari Kabupaten Madiun.

Sekilas Informasi Tentang Gunung Kendil

Sekilas Informasi Tentang Gunung Kendil
Source : https://direktoripariwisata.id/

Banyak orang yang menyebutnya sebagai Santa Monica dari los angeles, karena memang keindahannya tak ada tandingannya. Salah satu wisata Gunung paling favorit, dan tentunya ini merupakan alasan kenapa banyak pengunjungnya.

Gunung Kendil ini sendiri berada pada Desa Pilangrejo, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun. Namun sebelum itu pastikanlah Anda telah mempersiapkan beberapa hal dengan mengetahui informasi umumnya. Misal seperti jam operasional, harga tiket dan fasilitasnya.

Jam Buka Hingga Biaya Masuk Gunung Kendil

Jam Buka Hingga Biaya Masuk Gunung Kendil
Source : https://gayahidup.dreamers.id/

Setelah mengetahui alamat lengkap dari gunung Kendil Madiun tersebut. Maka sebelum berkunjung ke sana memastikan terlebih dahulu jam operasional bahkan sampai biaya masuknya. Sebetulnya untuk waktu buka dari destinasi wisata ini adalah pukul 05.00 pagi hingga 17.00 sore.

Lalu berapa banyak biaya yang perlu dikeluarkan oleh pengunjung? Sebetulnya untuk masalah tiket masuknya sendiri memang gratis. Tapi ketika Anda ingin menikmati beberapa Wahana pada area gunung Kendil tentu harus membayar.

Sedangkan untuk jumlahnya sendiri bervariasi, misalnya saja untuk kolam renang per orangnya adalah Rp10.000. namun, jika ingin ke bagian kolam biayanya cukup mahal yaitu sekitar Rp25.000. Dengan demikian perlu siapkan budget mencukupi.

Rute Tercepat Menuju Gunung Kendil Dari Kota Madiun

Rute Tercepat Menuju Gunung Kendil Dari Kota Madiun
Source : https://lingkarmadiun.pikiran-rakyat.com/

Pertama-tama dari alun-alun kota Madiun Anda harus mengambil jalur ke Jalan Mastrip. Baru setelah itu Anda perlu mengikuti arus sampai masuk ke area JL. Setia Budi. Kemudian mengikuti jalan lurus hingga menemukan pertigaan dan beloklah ke kiri. Lalu Anda akan melewati MIN Madiun.

Dari arah tersebut nantinya Anda hanya lurus saja mengikuti jalannya, hingga masuk ke JL. Raya Manggut. Terus kemudi kendaraan sampai memasuki Jln. Kapten Tendean dan belok ke Jln. Jayus, setelahnya Anda hanya perlu ikuti jalan besar sampai temukan kantor Desa Pilangrejo.

Anda terus saja sampai masuk ke Jln. Gn. Kendil dan ikuti jalan lurus sampai menemukan lokasi objek wisatanya. Lumayan mudah bukan? Apalagi jaraknya dari pusat kota ternyata hanya 16 hingga 20 menit saja.

Baca Juga : 28 Pilihan Tempat Wisata di Kabupaten Madiun

Daya Tarik Dari Gunung Kendil Madiun

Daya Tarik Dari Gunung Kendil Madiun
Source : https://lapangan-gunung-kendil.business.site/

Sedangkan keunikan yang dimiliki oleh Gunung Kendil Madiun Ini memang selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong. Jika sebelumnya belum pernah mengetahui informasi ini, sepertinya harus mengikuti seluruh penjelasan berikut.

1. Terdapat Area Tebing Dan Bagus Untuk Berfoto Ria

Pada Gunung Kendil ini memang ada area tebingnya, sehingga setiap wisatawan bisa menaikinya untuk melihat suasana pada sekitar lokasi tersebut. Namun pastikan untuk lebih berhati-hati ya karena biasanya ketika musim-musim tiba pasti jalannya licin.

Ketika sudah sampai tebing, secara otomatis Anda bisa mendapatkan spot foto yang terbaik. Ini juga alasan kenapa banyak para pengunjung suka sekali menaiki area tebing tersebut. Dengan demikian dapat pengunjung upload pada sosmed.

2. Bisa Melihat Matahari Terbenam

Ketika anda mau melihat bagaimana pemandangan pada sore hari maka pastinya mendapatkan ke eksotisan dari matahari terbenam. Biasanya warna kemerahan dari langit sudah muncul ketika telah memasuki jam 5 sore.

Baca Juga : Taman Rekreasi Wisata Umbul di Madiun

Umumnya untuk keunikan satu ini memang paling banyak dicari oleh pengunjung. Terlebih lagi untuk orang-orang yang memang berasal dari perkotaan. Karena pastinya sangat sulit sekali untuk melihat pemandangan matahari terbenam.

3. Sering Sebagai Lokasi Off-road

Offroad sendiri merupakan sebuah kegiatan mengemudi ataupun mengendarai kendaraan pada permukaan jalan yang tidak beraspal. Contohnya saja seperti pasir, banyak kerikil, dasar dari sungai, sangat berlumpur dan memiliki medan sulit lainnya.

Apabila Anda ingin melakukan kegiatan seperti ini maka bersama dengan rombongan bisa menuju lokasi Gunung Kendil tersebut. Karena cukup luas, tentunya akan sangat aman apalagi dengan pemandangan menakjubkannya otomatis jadi nilai plus tersendiri.

4. Memiliki Tiga Tipe Kolam Renang

Keunikan lain yang dimiliki oleh gunung Kendil ini ternyata memiliki sekitar tiga tipe kolam renang meskipun tidak luas. Yakni khusus untuk balita, anak SD bahkan sampai orang dewasa. Bahkan ternyata juga terdapat area kolam dan berfugsi untuk terapi kesehatan.

Biasanya untuk bisa masuk ke dalam wahana kolam renang ini perlu membayar sejumlah biaya untuk pembelian tiketnya. Seperti penjelasan sebelumnya, apabila ingin masuk ke area kolam renang biasa dan area terapi kesehatan maka tarifnya akan berbeda.

5. Memiliki Area Pendopo

Karena ketika siang hari tiba, mataharinya cukup terik tentunya membuat para pengunjung sering merasa kepanasan. Namun pada lokasi Gunung Kidul tersebut terdapat area khusus pendopo yang bisa pengunjung pakai untuk berteduh.

Karena cukup luas, alhasil beberapa pengunjung bisa langsung masuk ke area pendopo tersebut untuk duduk santai dan menghindari teriknya panas matahari. Bahkan juga bisa menjadi tempat terbaik untuk menikmati bekal makanan yang telah wisatawan bawa dari rumah.

Fasilitas Untuk Gunung Kendil Madiun

Fasilitas Untuk Gunung Kendil Madiun
Source : https://travel.kompas.com/

Setelah memperhatikan beberapa daya tarik yang dimiliki oleh Gunung Kendil Madiun tersebut. Maka pastinya Anda pun juga penasaran sebetulnya apa saja fasilitas pada destinasi wisata tersebut. Dengan demikian para pengunjung juga akan merasakan kenyamanan ketika datang ke sana.

Baca Juga : Indahnya Wisata Hutan Pinus Nongko Ijo

1. Memiliki Area Kolam Pemancingan

Bagi beberapa orang yang memang sangat suka sekali dengan kegiatan memancing, maka dapat masuk ke Wahana area tersebut. Walaupun tidak terlalu luas, namun pastinya mampu memuaskan rasa penasaran apakah memang betul-betul bisa menangkap ikan atau tidak.

Namun sepertinya ketika Anda mau berkunjung ke area kolam pemancingan ini harus membayar beberapa ribu rupiah untuk tiketnya. Kemudian tak perlu cemas karena memang untuk tarifnya sendiri tak terlalu mahal.

2. Terdapat Mushola untuk Pengunjung Muslim

Karena memiliki area cukup jauh dengan beberapa fasilitas umum. Maka pihak pengelola sendiri juga telah membangun mushola. Dengan demikian para pengunjung yang beragama Islam tak merasa cemas jika sudah waktunya sholat.

Walaupun sebetulnya masalah ini memang punya ukuran tak terlalu besar. Namun, masih sangat cukup sekali untuk memenuhi kenyamanan dari setiap pengunjung yang datang. Dengan demikian, hanya perlu bawa peralatan ibadah saja.

3. Punya Kantin

Beberapa pengunjung yang berasal dari luar kota biasanya akan lebih mudah kehabisan bekal makanan. Namun hal tersebut tidak perlu membuat Anda cemas karena sebetulnya terdapat kantin makanan dan minuman.

Dengan demikian, Anda tak perlu merasa cemas kelaparan dan haus saat berwisata pada Gunung Kendil Madiun ini. Harganya pun tidak jauh berbeda dengan warung pada umumnya.

4. Toilet dan Ada Area Bumi Perkemahan

Lalu toilet pada area ini juga tersedia, walau tak banyak namun pastinya mampu menjadi sarana terbaik bagi semua pengunjung. Jadi, tak akan merasa kebingungan atau harus keluar area Gunung Kendil jika mau kencing atau bab.

Bagi beberapa orang jika mau menginap, bisa gunakan area bumi perkemahan. Dengan membawa alat kemah sendiri, Anda bisa dengan bebas menginap pada area tersebut. Apalagi dengan prasarana yang sudah lengkap ini.

Demikian sekilas informasi tentang destinasi wisata Gunung Kendil Madiun. Karena memiliki pemandangan yang bagus, maka jangan pernah melewatkannya ya. Apalagi, Anda tak akan keluarkan banyak biaya.

 

Tinggalkan komentar