Gunung Prongos Trenggalek, Berwisata di Menara Pohon

Gunung Prongos Trenggalek adalah salah satu wisata yang cukup populer. Setiap pengunjung dapat menikmati keindahan alam dari atas ketinggian dengan sensasi berbeda. Ada banyak keindahan alam bisa terlihat dari lokasi tersebut sehingga sangat cocok bagi pecinta alam ketika ingin menghabiskan waktu luang.

Tentang Gunung Prongos Trenggalek

Gunung Prongos Trenggalek
Source: https://lh3.googleusercontent.com/p/AF1QipM_bJcRYuc1nb1zetWIYm2kQEZipOYyaUHoqdw=w768-h768-n-o-k-v1

Pada awalnya, Gunung Prongos merupakan bekas area pertambangan batu gamping. Akan tetapi, saat ini sudah tidak beroperasi lagi serta lebih terkenal dengan wisata alamnya. Anda dapat menikmati keindahan alam di sekitarnya dari atas ketinggian. Tentu saja cocok untuk menenangkan pikiran saat berlibur.

Bacaan Lainnya

Anda juga bisa melihat langsung hamparan hutan pinus yang sangat memanjakan mata. Terdapat pula pemukiman milik penduduk setempat sehingga menambah keindahan alamnya semakin lengkap. Setiap pengunjung dapat duduk bersantai sambil mengambil gambar dari atas ketinggian agar lebih seru.

Udara yang ada di sekitar juga sangat sejuk khas pegunungan. Pengunjung bisa berlama-lama di lokasi untuk melihat pemandangan alam sekitar Trenggalek dengan keindahan tiada duanya. Tidak hanya itu, rute menuju lokasinya pun cukup mudah Anda temukan sehingga tidak perlu khawatir kesulitan mencarinya.

Baca juga : Bukit Gembes Trenggalek, Wisata di Atas Menara Pohon

Lokasi Wisata Gunung Prongos Trenggalek

Temukan destinasi wisata alam ini di Kemiri, Bendoagung, Kecamatan Kampak, Kab. Trenggalek, Provinsi Jawa Timur. Lokasi wisatanya sendiri biasanya cukup ramai oleh para pengunjung. Baik itu di hari libur ataupun hari-hari biasanya. Hal ini karena tempatnya begitu indah dan mempesona untuk dinikmati.

Anda akan merasakan sensasi yang jauh berbeda dari aktivitas sehari-hari sebelumnya. Tidak heran jika sangat cocok mengisi waktu liburan untuk berkunjung ke gunung tersebut. Terlebih soal keindahan alamnya juga tidak ada duanya. Pengunjung bisa naik ke atas puncak untuk melihat pemandangan alam.

Penduduk lokal juga sangat ramah terhadap para wisatawan. Tempat wisata ini juga sudah sangat populer sehingga ada banyak orang ingin datang langsung ke lokasi kemudian menikmati keindahan alamnya. Ketinggian gunungnya sendiri sekitar 550 mdpl serta luasnya mencapai 100 meter persegi untuk dijelajahi.

Biaya Tiket Masuk Gunung Prongos Trenggalek

Gunung Prongos Trenggalek
Source: https://lh3.googleusercontent.com/p/AF1QipNeqsXQYrOzEU6gJEIlRDjFsKaumVVp7Xj_Wfs=w1080-h608-p-k-no-v0

Anda dapat berkunjung ke tempat wisata ini dengan harga tiket masuk yang masih sangat terjangkau. Yaitu hanya sekitar Rp 4.000 saja per orangnya. Kawasan tersebut juga buka setiap hari selama 24 jam sehingga pengunjung bisa datang kapan saja. Sangat cocok untuk bersantai karena lokasinya masih asri dan sejuk.

Destinasi wisata ini sendiri juga sudah lengkap dengan fasilitas umum. Tentu akan menambah rasa nyaman ketika ingin berlama-lama di lokasinya. Seperti adanya toilet, area parkir, kamar mandi, mushola, hingga rumah makan. Dengan begitu, tidak perlu khawatir jika sebelumnya tidak membawa bekal dari rumah.

Anda bisa berwisata sekaligus menikmati keindahan alam sambil membeli kuliner khas daerah setempat. Tentu menjadi salah satu destinasi wisata terbaik untuk keluarga. Pengunjung dapat berkunjung ke lokasi kapan saja mereka mau baik itu menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil maupun motor sesuai kebutuhan.

Berbagai Keseruan di Gunung Prongos Trenggalek

Gunung Prongos sebenarnya masih berada di tengah-tengah kawasan hutan milik perhutani. Lokasinya sendiri sangat cocok untuk Anda kunjungi saat musim liburan bersama orang-orang terdekat. Lantas, apa saja keseruannya yang bisa ditemukan di tempat wisata tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini:

1. Menikmati Pemandangan dari Atas Gunung

Gunung Prongos Trenggalek
Source: https://lh3.googleusercontent.com/p/AF1QipOImEqfUrcZ5r8gE0Gn3NLSEd-Z_6II52O7JmE=w768-h768-n-o-k-v1

Ada banyak daya tarik dan keseruan yang bisa Anda peroleh saat berkunjung ke Gunung Prongos. Begitu sampai ke puncaknya, pengunjung bisa langsung menikmati pemandangan alam dari atas pegunungan. Tentu saja hal ini sangat cocok menjadi pilihan apabila ingin berlibur bersama karena sangat seru.

Pemandangan alam di sekitarnya membentang luas dengan warna kehijauan. Anda bahkan bisa merasakan udara segar selama di lokasi. Tentu menjadi pemandangan paling mengagumkan. Pengunjung bahkan dapat menikmati keindahan tersebut sepuas mereka tanpa perlu khawatir mengeluarkan banyak biaya.

2. Naik ke Menara Pohon

Source: https://4.bp.blogspot.com/-p5Y1ok9XFdM/WBz1M-XEa9I/AAAAAAAAF_8/Jqp-YXhn3oICLXfI6HcpiFTcVTVCxvlJQCLcB/s1600/prongos.jpg

Destinasi wisata ini juga menyediakan fasilitas paling populer yaitu menara pohon. Para pengunjung dapat bergantian naik ke atas area tersebut untuk menikmati pemandangan alam di sekitarnya. Tentu bisa menjadi pengalaman paling menarik saat berlibur mengingat tidak semua pegunungan menyediakan spot ini.

Anda bisa langsung mengabadikan momen keindahan alam dari atas menara pohon tersebut. Hal ini dapat menjadi pengalaman berbeda saat ingin berlibur karena pengunjung bisa menikmati keindahan alam dari atas ketinggian secara langsung. Tentu memerlukan keberanian saat ingin mencapai bagian puncaknya.

3. Melihat Keindahan Pohon Pinus

Begitu sampai di menara pohon, Anda akan menjumpai banyak pemandangan alam mengagumkan. Wisata ini sendiri menyuguhkan keindahan pohon pinus di sekitarnya sehingga keindahannya sangat alami. Akan ada banyak pohon pinus yang tumbuh subur sehingga menambah kesegaran udara di tempat tersebut.

Kemudian di sekitar pohon pinus juga sudah terlihat tempat duduk. Tentu saja setiap pengunjung dapat menjadikannya sebagai lokasi istirahat. Selain itu, di tengah hutannya sendiri masih ada banyak primata liar. Seperti lutung ataupun kera tentu menambah indah pemandangan di wisata ini karena lokasinya memang asri.

4. Mengambil Gambar dari Atas Menara

Source: https://wisatalengkap.com/wp-content/uploads/2017/04/DSCN2685_Snapseed.jpg

Ketika sudah berada di menara pohon, sangat penting bagi Anda untuk mengabadikan momen tersebut. Spot wisata ini sendiri hanya aman dinaiki oleh dua orang pengunjung saja. Oleh sebab itu, pastikan menunggu giliran dengan pengunjung lainnya. Jika tiba gilirannya maka ambil gambar pemandangannya.

Anda bisa memanfaatkan kamera ataupun smartphone untuk mengabadikan momen indahnya pemandangan dari atas ketinggian tersebut. Setiap pengunjung tentu akan kagum melihat keindahan panorama alam tersebut. Tidak heran jika ada banyak wisatawan rela mengantri untuk naik ke atas.

5. Melihat Cekungan-cekungan Kecil Mirip Telaga

Anda juga bisa melihat pemandangan alam yang tidak kalah menarik lainnya. Yaitu cekungan-cekungan kecil mirip seperti telaga. Tentu saja akan menambah daya tarik tersendiri dari wisata tersebut sehingga sayang apabila melewatkannya. Keindahannya pun seperti tidak ada duanya.

Anda bisa mengabadikan momen setiap pemandangan menarik dari atas menara pohon. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa melakukan selfie di atas ketinggian dengan latar belakang sangat menawan. Akan tetapi, pastikan tetap berhati-hati saat berada di atas.

6. Menjelajahi Spot Wisata Gembok Harapan

Tidak hanya terdapat menara pohon yang menjadi daya tarik utamanya, destinasi wisata ini juga memiliki spot menarik lainnya yaitu Hope Lock yaitu gembok harapan. Anda akan menemukan gembok sudah terkunci rapat dengan harapan dari setiap pemiliknya. Tentu pengunjung bisa memasangnya pula.

Saat berkunjung ke wisata ini, jangan lupa untuk membawa bekal dari rumah masing-masing. Baik itu makanan ataupun minuman agar tidak kehausan ataupun kelaparan saat menjelajahi tempat wisata yang masih sangat alami dan mengagumkan satu ini. Pasalnya, lokasi tersebut belum menyediakan warung.

Baca juga : Pantai Ngadipuro Trenggalek, Berwisata di Kampung Nelayan

Itu dia destinasi wisata Gunung Prongos Trenggalek yang sangat menarik untuk Anda kunjungi. Biaya tiket masuknya sendiri sangat terjangkau dengan pemandangan alam begitu memukau. Sangat cocok untuk mengisi waktu luang karena daya tariknya begitu memanjakan mata karena lokasinya masih benar-benar alami.