Mau Lihat Keindahan Gunung Wilis Madiun?

Mau coba mendaki tapi masih pemula, tak perlu cemas Gunung Wilis pada kabupaten Madiun masalah solusinya. Jadi, pastikan Anda lakukan persiapan dengan baik ya. Kemudian bisa dijamin sekali akan menjadi momen tak terlupakan.

Ulasan Singkat Tentang Gunung Wilis

Ulasan Singkat Tentang Gunung Wilis
Source : https://1.bp.blogspot.com/

Wisata Gunung Wilis memang tidak kalah pamornya dengan berbagai macam destinasi lainnya. Nantinya seluruh pengunjung bisa mendaki bahkan berkemah dengan satu tim tanpa adanya batasan waktu. Selama perbekalan betul-betul telah tersedia dengan baik.

Apalagi, ternyata Gunung Wilis ini sudah menjadi salah satu tempat paling oke menjadi trek pendakian. Karena telah tersedia pos-pos untuk lokasi peristirahatan. Dengan kondisi pepohonan masih sangat rindang tentu saja merupakan pilihan paling tepat untuk kaum milenial.

Alamat lengkap dari destinasi wisata ini yaitu berada pada Desa Kare, Kabupaten Madiun, provinsi Jawa Timur. Lokasinya pun juga sangat mudah sekali pengunjung temukan tidak meskipun untuk orang-orang yang sebelumnya belum pernah mendatangi tempat tersebut.

Bagaimana Rute Menuju Gunung Wilis ?

Rute Menuju Gunung
Source : https://backpackerjakarta.com/

Bagi seluruh wisatawan yang memutuskan untuk naik Gunung Wilis pada masa liburan tiba. Maka perlu memperhatikan rute agar bisa menuju lokasinya. Biasanya untuk ancer-ancernya itu akan mulai berjalan dari kota Madiun.

Nantinya dari alun-alun kota Madiun bisa mengambil arah ke Jalan Tanjung Raya, selanjutnya akan terus berjalan hingga mencapai Jalan Raya Dungus. Ikuti saja arah jalannya hingga melewati jalan raya Kandangan. Apabila sudah melihat Pasar Gondosuli bisa berbelok ke arah Balai Desa Kare.

Dari balai desa tersebut Anda hanya perlu mengikuti alur jalan sampai betul-betul menemukan Desa Kare. Kemudian proses pendakian akan dimulai pada desa tersebut. Namun sampai disarankan sekali untuk menggunakan Google Maps agar jauh lebih akurat.

Biaya Masuk dan Jam Operasional dari Wisata 

Biaya Masuk dan Jam Operasional
Source : https://1.bp.blogspot.com/

Biasanya untuk orang-orang yang suka mendaki lebih suka melakukan pendakian dengan memulainya pada malam hari. Agar nantinya, bisa menikmati matahari muncul saat pagi. Itulah kenapa Gunung Wilis dari Kabupaten Madiun ini telah buka selama 24 jam.

Sedangkan untuk biaya masuknya mungkin berkisar antara 20 hingga 30 ribu. Ternyata itu merupakan sebuah harga untuk pendaftaran, dan sangat umum sekali bagi beberapa gunung-gunung lainnya.

Dengan demikian, seluruh pengunjung perlu sekali mempersiapkan nominal uang di antara Rp50.000 sampai Rp100.000. Karena berfungsi sebagai pegangan, jika saja ada tambahan. Dengan demikian, pastikan selalu mempersiapkan hal-hal paling dibutuhkan.

Keindahan dan Keunikan Wisata Gunung Wilis 

Keindahan dan Keunikan Wisata Gunung Wilis Madiun
Source : https://3.bp.blogspot.com/

Merupakan salah satu destinasi wisata tak akan pernah sepi oleh pengunjung. Tentu membuat Anda bertanya-tanya apa yang jadi keunikan dari keindahan Gunung Wilis dari Kabupaten Madiun ini? Tentu sudah sangat penasaran bukan? Dengan demikian langsung saja ikuti penjelasan berikut:

1. Dapat Menjelajah Gunung

Bagi para pemula, mendaki gunung mungkin sangat sangat berat sekali dilakukan. Alhasil perlu mencari tempat pendakian dengan medan tak terlalu sulit dan juga tidak tinggi. Salah satunya adalah Gunung Wilis dari Kabupaten Madiun.

Dengan menjelajahi gunung tersebut fomal secara otomatis Anda pun bisa melihat bagaimana keindahan dari areal tersebut. Apalagi termasuk ke dalam salah satu pegunungan dengan akses jalur pendakian terbaik.

2. Menjadi Gunung Nonaktif

Gunung Wilis ini termasuk ke dalam salah satu pegunungan yang cukup aman bagi para pemula. Karena rupanya berstatus nonaktif, apalagi ketinggiannya hanya 2169 m saja pada atas permukaan laut. Biasanya untuk satu malam bagi pemula sudah cukup dan bisa mencapai puncak lebih cepat.

Biasanya, dengan ketinggian tersebut akan membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 5 jam. Namun apabila memang para pemula belum pernah melakukan kegiatan mendaki, biasanya akan lebih dari 5 jam. Sebab, pastinya sering sekali berhenti untuk istirahat.

3. Masuk ke Dalam Golongan Gunung Perawan

Perlu Anda ketahui meskipun menjadi salah satu gunung yang masih tergolong rawan bahkan tidak ada jalur pendakian resmi. Namun ternyata keberadaannya masih masuk ke dalam milik perum perhutani. Alhasil, kondisi dari hutannya cukup rimba bahkan bisa menemukan satwa liar.

Namun, dengan kondisi inilah yang membuat banyak para pendaki lebih tertarik untuk mendatangi Gunung Wilis dari Kabupaten Madiun. Namun, pastikanlah melakukan pendaftaran sebelum mendaki ya agar bisa terpantau oleh pihak pengelolanya.

Beragam Fasilitas dari Gunung Wilis Madiun

Beragam Fasilitas dari Gunung Wilis Madiun
Source : https://pacitanku.com/

Karena termasuk ke dalam salah satu gunung y masih perawan maka tentu saja fasilitas-fasilitas pada lokasi tidak akan selengkap seperti beberapa pegunungan yang sudah punya jalur pendakian. Dengan demikian, alangkah baiknya tahu terlebih dahulu apa saja fasilitasnya.

1. Area Parkir

Setiap pengunjung yang datang ke Gunung Wilis, tentu saja tidak akan bisa membawa kendaraan mereka sampai ke puncak. Dengan demikian, pihak dari pengelola pun juga menyediakan area untuk bisa menyimpan transportasi.

Contohnya saja yaitu menyimpan kendaraan pada rumah-rumah warga yang ada tepat di bawah Gunung Wilis. Biasanya mereka memang sudah melakukan kerjasama dan akan diberikan sejumlah uang karena telah menjaga transportasi para setiap pengunjung.

2. Ada Fasilitas Pos Peristirahatan

Kemudian, setiap gunung pasti memiliki pos peristirahatan seperti halnya Gunung Wilis ini. Meskipun jalur pendakiannya masih baru, intinya pemerintah sendiri telah membuat jalanan untuk mendaki agar jauh lebih gampang.

Pos-pos istirahat tersebut terbagi menjadi beberapa area, jadi nantinya seluruh pengunjung bisa mengistirahatkan tubuh. Dengan demikian bisa mengumpulkan tenaga lagi agar bisa berjalan menuju puncak gunung.

3. Menyediakan Toilet

Toilet yang telah disediakan pada Gunung Wilis sendiri juga tak sebanyak pada destinasi wisata lain. Mungkin hanya satu saja, karena memang akan cukup sulit sekali Jika Membangun fasilitas ini pada area Puncak Gunung.

Namun yang pasti, dengan adanya keberadaan fasilitas tersebut betul-betul sangat membantu para pendaki jika ingin buang air kecil. Kemudian juga bisa digunakan menjadi tempat jika ingin ganti pakaian dan lain sebagainya.

Beberapa Tips Saat Mendaki Gunung

Beberapa Tips Saat Mendaki
Source : https://4.bp.blogspot.com/

Bagi para pemula, biasanya akan merasa kebingungan jika saja harus mempersiapkan berbagai macam hal dalam pendakian titik sedangkan sebelumnya tidak pernah melakukan hal-hal seperti itu. Dengan demikian Anda bisa ikuti seluruh tips berikut ini:

  • Pertama-tama hal yang perlu Anda persiapkan adalah dengan membawa kebutuhan makan ataupun minum. Pastikanlah mengecek dalam proses pendakian menuju Gunung Wilis perlu membawa perbekalan seberapa banyak.
  • Jangan lupakan untuk membawa jaket tebal. Karena pastinya pada daerah pegunungan memiliki kondisi suasana cukup dingin. Alhasil perlu membawa sekitar jaket tebal.
  • Persiapan lain yang perlu dilakukan yaitu dengan membawa perlengkapan sabun, sikat gigi, pasta gigi dan juga tisu basah.
  • Beberapa hari sebelum proses pendakian alangkah baiknya melakukan olahraga terlebih dahulu. Agar tubuh menjadi lebih fit dan tak mudah lelah.

Itulah segelas informasi tentang destinasi wisata pendakian Gunung Wilis dari Kabupaten Madiun. Jika Anda mau mencobanya, pastikanlah mengikuti seluruh tips-tips sebelumnya. Agar perjalanan tak ada kendala sama sekali.

Tinggalkan komentar