Wisata Alam Hutan Bambu di Surabaya

Surabaya terkenal menjadi sebuah kota yang padat akan aktivitas masyarakat dan gedung-gedung tingginya. Namun, siapa sangka jika tempat ini mampu menyediakan sebuah wisata alam hutan bambu yang sangat terkenal karena suasana asrinya serta dapat menawarkan keindahan alam di sekitarnya.

Informasi Umum Hutan Bambu

Informasi Umum Hutan Bambu
Source: https://www.pegipegi.com/travel/wp-content/uploads/2017/10/alamat-taman-sakura-keputih-surabaya.jpg

 

Bacaan Lainnya

Jika Anda suka berkunjung ke tempat wisata yang berhubungan dengan alam, mungkin Hutan Bambu dapat menjadi alternatif menghabiskan waktu libur sambil healing sejena merelaksasikan rasa penat. Selain itu, tempat ini juga memiliki pesona tersendiri yang mampu memikat pengunjung karena keindahannya.

Tak heran jika banyak penduduk menjadikannya sebagai tempat healing paling nyaman dan memberikan reward kepada diri sendiri setelah melakukan aktivitas pada dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu saja, destinasi ini juga menyimpan banyak spot foto instagramable yang cocok bagi pengunjung.

Anda bisa menghasilkan gambar yang memukau saat mengunggahnya di akun sosial media. Selain itu, di sini juga sudah terdapat beberapa fasilitas memadai yang akan membuat pengunjung merasa lebih nyaman berlama-lama menghabiskan waktu liburannya karena dapat melakukan berbagai kegiatan.

Jam Buka Hutan Bambu

Jam Buka Hutan Bambu
Source: https://bappedalitbang.surabaya.go.id/ecobis/upload/wisata/sejarah/detail_45_01.jpg

 

Untuk berkunjung ke tempat wisata ini, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu kapan jam operasionalnya agar tidak terjadi kendala selama melakukan kunjungan. Hutan bambu sendiri buka selama 24 jam, jadi wisatawan dapat berkunjung kapan saja.

Walaupun begitu, kebanyakan wisatawan melakukan kunjungan di pagi hingga sore hari saja. Mengapa demikian? Karena suasananya sangat asri di pagi hari dan cocok bagi mereka yang mencari ketenangan di sudut kota Surabaya. Sedangkan di sore hari, mereka dapat melihat keindahan sunset.

Cahaya matahari di sore hari terlihat masuk ke celah-celah bambu yang akan membuat suasana di sekitar tempat tersebut terasa lebih nyaman. Oleh karena itu, sebelum berkunjung sebaiknya tentukan waktu kunjungan secara tepat terlebih dahulu bersama keluarga agar liburan terasa lancar.

Harga Tiket Masuk Hutan Bambu

Harga Tiket Masuk Hutan Bambu
Source: https://blog.bookingtogo.com/wp-content/uploads/2021/09/hutan-bambu-surabaya.jpg

 

Sebelum pergi liburan, kebanyakan orang akan mengakumulasikan keperluan biaya yang mungkin saja akan mereka keluarkan, baik itu mengenai harga tiket masuk atau kebutuhan lainnya. jika ingin berkunjung ke sini, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk biaya tiket masuk alias gratis.

Bagi pengunjung yang datang dari manapun tidak perlu membayar tiket untuk menikmati keindahan wisata alam hutan bambu ini. Sekarang, Anda bisa mengajak seluruh anggota keluarga pergi liburan bersama-sama tanpa harus khawatir akan menghabiskan biaya banyak dan membuat kantong kering.

Anda hanya perlu membawa uang untuk membayar biaya parkir kendaraan saja agar kendaraan tetap aman selama berkegiatan di tempat wisata ini. Sedangkan besaran retribusi parkir tersebut berbeda-beda sesuai dengan jenis kendaraan yang pengunjung bawa, seperti mobil, motor, bus, dan lain-lain.

Fasilitas di Hutan Bambu

Fasilitas di Hutan Bambu
Source: https://blog.bookingtogo.com/wp-content/uploads/2021/09/wisata-hutan-bambu-surabaya.jpg

 

Walaupun berada di kawasan hutan, Anda juga bisa menemukan beberapa fasilitas memadai yang akan mendukung aktivitas selama berkegiatan liburan di tempat wisata ini. Fasilitas-fasilitas tersebut seperti toilet, lahan parkir, spot foto menarik, taman bermain anak-anak, dan masih banyak lainnya.

Semua bisa Anda nikmati secara cuma-cuma karena tidak perlu membayar biaya sepeserpun. Walaupun begitu, jangan lupa untuk membawa kebutuhan pribadi, seperti obat-obatan, perbekalan, dan lain sebagainya agar tidak terjadi kendala selama  berlibur bersama keluarga nantinya.

Daya Tarik Hutan Bambu

Daya Tarik Hutan Bambu
Source: https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2017/04/26/3f5d779b-0e9a-4e33-b698-429acff413aa_43.jpg?w=700&q=90

 

Ketenarannya tentu tidak lepas dari daya tarik yang tempat wisata ini miliki, sehingga banyak orang mulai melakukan kunjungan untuk menghabiskan waktu liburan mereka dan menjauhkan diri sejenak dari keramaian kota. Bagi Anda yang ingin berkunjung kesini, ketahui informasi mengenai daya tarik tersebut!

1. Keasrian Kebun Bambu

Seperti yang sudah Anda ketahui, tempat ini banyak menarik perhatian wisatawan lokal maupun luar karena keasriannya. Mengingat di Surabaya sendiri sangat jarang bisa mereka temukan wisata alam yang masih terjadi keindahan dan panoramanya yang cocok untuk menenangkan pikiran sejenak.

Bambu-bambu yang ada di hutan ini ditanam secara rapi dan berjajar memanjang. Secara tidak langsung, jejeran bambu tersebut membentuk lorong yang akan memberi jalan kepada pengunjung. Selain itu, suasananya akan terasa lebih indah saat daun-daun kering berguguran saat tertiup angin.

2. Spot Foto Aesthetic

Di sini terdapat spot foto aesthetic yang akan membuat hasil gambar terlihat seperti sedang berada di luar negeri. Rimbunnya bambu yang tinggi menjulang terlihat sangat cantik apalagi jika cahaya matahari masuk melalui celah-celah pohon tersebut. Anda bisa berjalan di jalan tengahnya untuk memperoleh hasil foto yang cantik.

Hijaunya pohon juga membuat foto bersama keluarga terlihat lebih menarik. Tak heran jika tempat ini seringkali menjadi destinasi hunting foto alam rekomendasi di Surabaya. Oleh karena itu, kalau berkunjung kesini, jangan lupa untuk membawa kamera agar hasilnya bisa lebih bagus dan juga estetik.

3. Taman Harmoni

Selanjutnya ada taman harmoni yang akan membuat waktu sore hari Anda terasa lebih nyaman karena lokasinya dipenuhi oleh bambu. Jarak antara taman ini dengan hutan bambu sendiri tidak terlalu jauh, jadi wisatawan dalam melakukan kunjungan dengan hanya berjalan kaki saja.

Luas dari taman ini juga lumayan, yakni sekitar 8.6 hektar. Untuk bisa ke tempat ini, Anda juga tidak perlu membayar biaya banyak. Di sini, wisatawan dapat beristirahat sejenak setelah penat berjalan-jalan mengelilingi hutan dan memberikan akses kepada anak-anak menikmati wahana yang ada.

Alamat Menuju Hutan Bambu

Informasi berikutnya berkaitan dengan alamat menuju Hutan Bambu. Jika Anda adalah pengunjung baru atau baru saja berkunjung ke Kota Surabaya, maka perlu mengetahui alamatnya secara lengkap. Tempat wisata ini berlokasi di Jl. Raya Marina Asri, Keputih, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya.

Keberadaannya berada di pusat taman rekreasi, sehingga mudah bagi wisatawan untuk berkunjung menggunakan kendaraan pribadi atau memanfaatkan keberadaan transportasi umum menuju tempat ini. Selain itu, akses jalannya juga sudah sangat bagus dan tetap pastikan kondisi kendaraan prima.

Rute Menuju Hutan Bambu

Rute Menuju Hutan Bambu
Source: https://goo.gl/maps/NVwzBZMLubuFdowt6

 

Rute lengkap menuju hutan bambu jika Anda bergerak dari pusat kota atau Tugu Pahlawan Surabaya, hanya perlu berjalan lurus hingga menemukan Grand City Mall Surabaya. Setelah itu, jalan lurus lagi sampai ke Galaxy Mall, lalu ke Hartono Kertajaya Indah, dan belok kiri menuju Hutan Bambu.

Jika khawatir tersesat selama perjalanan, Anda bisa memanfaatkan keberadaan aplikasi Google Maps yang ada di ponsel atau fitur mobil. Caranya sangat mudah, tinggal atur lokasi sekarang dan tujuan. Nantinya akan muncul rute tercepat supaya wisatawan cepat sampai ke tempat wisata.

Untuk jarak tempuh ke tempat wisata ini, Anda hanya memerlukan waktu sekitar 35 menit dengan jarak 12.2 km. Waktu tempuh tersebut menyesuaikan dengan kondisi jalan pada saat itu, apakah terjadi kemacetan atau tidak. Jadi, dapat berubah-ubah tergantung kondisinya.

Itu tadi informasi berkaitan dengan wisata alam hutan bambu yang bisa Anda jadikan sebagai tempat healing dengan nuansa lebih menyegarkan dan tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak jika ingin berkunjung kesini. Semoga artikel di atas dapat memberi gambaran secara jelas kepada pembaca.