Wisata Asik untuk Camping di Hutan Pinus Loji Blitar

Kabupaten Blitar memiliki berbagai pemandangan alam yang sangat indah. Salah satu wisata populer untuk kegiatan camping dan piknik yaitu Hutan Pinus Loji. Selain itu dengan nuansa alam yang menyejukkan membuat pengunjung merasakan ketenangan sehingga dapat bersantai dengan nyaman.

Keindahan Alam Hutan Pinus Loji

Keindahan Alam Hutan Pinus Loji
Source : https://awsimages.detik.net.id/

Hutan Pinus Loji menjadi salah satu wisata yang menghadirkan keindahan alam dengan suasana sejuk. Ada banyak pohon pinus yang tersebar di beberapa tempat sehingga menjadikan wisata ini sangat rindang. Di samping hutan pinus terdapat sungai yang menjadi aliran lahar saat Gunung Kelud meletus.

Bacaan Lainnya

Berada pada ketinggian sekitar 680 dpl menjadikan tempat ini sangat nyaman untuk bersantai bersama keluarga atau teman. Bagi pengunjung yang suka berfoto dengan nuansa alam asri dan hijau maka tempat ini bisa menjadi pilihan tepat untuk background. Penataan pohon pinus yang rapi dan bersih.

Pada mulanya hutan ini digunakan sebagai track untuk mendaki ke Gunung Kelud namun saat ini telah dibangun menjadi tempat wisata yang indah. Ada berbagai hal yang bisa pengunjung lakukan seperti piknik, camping, berfoto, dan masih banyak lagi.

Lokasi dan Tiket Masuk

Lokasi dan Tiket Masuk
Source : https://faktualnews.co/

Tempat wisata Hutan Pinus Loji berada di Desa Tulungrejo, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan 5 ribu untuk tiket masuk. Tidak perlu khawatir untuk datang kapanpun, karena wisata ini buka selama 24 jam.

Berada di lereng Gunung Kelud memberikan suasana tenang dan udara yang segar karena banyak pohon hijau di sekelilingnya. Dengan berjalan-jalan akan melepas lelah setelah beraktivitas seharian. Pemandangan alam akan memberikan efek menenangkan pikiran.

Hutan Pinus Loji memiliki area yang sangat luas sehingga bisa bermain atau berlarian dengan nyaman. Ada banyak warung sehingga pengunjung tidak perlu khawatir jika tidak membawa makanan. Bahkan sudah dibangun sebuah kafe untuk menikmati waktu bersantai sambil ngopi.

Rute Menuju ke Hutan Pinus yang Aman

Rute Menuju ke Hutan Pinus yang Aman
Source : https://jelajahblitar.com/

Apabila dari Kota Blitar maka bisa menuju ke arah Wlingi hingga melewati perkebunan Bantara sampai masuk pada jalur pendakian di Gunung Tulungrejo. Wisata hutan pinus loji berada di dekat basecamp dan memiliki akses yang mudah untuk sampai ke sana.

Jalur menuju ke lokasi wisata ini sudah diaspal sehingga bisa dilewati semua kendaraan baik roda dua maupun empat. Medan jalan juga tidak terlalu sulit hanya ada beberapa jalan rusak atau berlubang. Hanya memerlukan waktu satu jam dari pusat kota.

Area tempat parkir yang luas atau bisa ditaruh di samping tenda. Tentu parkir harus dengan rapi meskipun berada di dalam hutan. Dari lokasi Hutan Pinus Loji bisa mengunjungi wisata lain yaitu Rambut Monte yang ditempuh dalam waktu 10 menit.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Wisata Hutan Pinus Loji

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Wisata Hutan Pinus Loji
Source : https://risetcdn.jatimtimes.com/

Di Hutan Pinus Loji pengunjung bisa menikmati pemandangan sekaligus melakukan berbagai aktivitas menyenangkan bersama orang terkasih. Dengan tanah yang datar serta berada di alam banyak orang mendirikan tenda atau piknik. Ada yang bersantai dengan tenang sambil menikmati udara di hutan.

1. Piknik dan Camping

Piknik dan Camping
Source : https://cdn.idntimes.com/

Wisata ini sangat cocok dijadikan tempat camping karena berada di area terbuka dengan suasana hutan. Pemandangan alam yang ada juga menambah keindahan bagi aktivitas piknik. Pohon-pohon yang memberikan kesejukan sehingga tidak terasa panas saat melakukan berbagai kegiatan.

Bersantai di depan tenda atau sekedar tiduran saat piknik membuat pikiran menjadi tenang. Pengunjung bisa membawa peralatan camping dan piknik sendiri beserta peralatan makan seperti untuk grill. Ada area khusus camping yang biasanya digunakan bagi pendaki untuk beristirahat.

2. Kegiatan Memasak

Wisata ini dibuka selama 24 jam sehingga bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana malam hari dengan berkumpul bersama teman. Agar lebih lengkap suasana kebersamaan bisa membuat api unggun atau membakar makanan yang telah ditusuk menggunakan tusukan sate.

Umumnya pengunjuk suka melakukan grill dengan membawa peralatan sendiri berupa kompor, sayur, daging dan lain-lain. Hal ini menjadi aktivitas menyenangkan untuk mempererat rasa pertemanan. Pengunjung juga bisa memasak sembari mendengarkan musik agar menambah keseruan.

3. Bersantai

Biasanya di alam terbuka pengunjung akan kesulitan untuk mengerjakan sesuatu seperti pekerjaan dengan laptop atau bersantai minum kopi. Di Hutan Pinus Loji semua bisa dilakukan karena ada tempat kafe yang estetik. Dengan mengusung konsep nature space memberikan suasana santai dan nyaman.

Ditambah dengan pemandangan alam semakin membuat pengunjung betah berada di tempat wisata ini. Ada beragam menu mulai dari minuman kopi hingga non kopi serta makanan yang enak dengan harga terjangkau. Ini cocok bagi pengunjung yang ingin nongkrong dengan nuansa alam.

4. Tempat Berfoto

Hutan Pinus Loji sangat cocok untuk dijadikan area berfoto. Bahkan bisa digunakan sebagai latar foto prewedding yang indah. Banyak spot menarik dan estetik untuk diabadikan menggunakan kamera. Terlebih foto tersebut diupload di akun media sosial yang membuat wisata ini semakin dikenal.

Dengan banyaknya orang yang mengetahui tempat ini maka akan membantu meningkatkan perekonomian serta pembangunan desa di Blitar. Ditambah ada kafe serta area camping bagi pengunjung yang tidak dapat ditemukan dimanapun.

5. Melakukan Pendakian

Keberadaan Hutan Pinus Loji sebelum menjadi tempat wisata merupakan jalur pendakian ke Gunung Kelud. Meskipun telah berbeda fungsi namun jalur pendakian masih digunakan. Biasanya pendaki yang baru saja turun dari Gunung Kelud akan melewati hutan ini.

Perjalanan pendakian dari Hutan Pinus Loji ke pos 3 memerlukan waktu sekitar 2 jam. Setelah itu dilanjutkan menuju ke kawah gunung dengan waktu 90 menit. Proses pendaftaran bisa ditemukan pada pusat informasi yang berada di dekat loket masuk.

Tips Menikmati Berwisata di Hutan Pinus Loji

Tips Menikmati Berwisata di Hutan Pinus Loji
Source : https://risetcdn.jatimtimes.com/

Bagi pengunjung yang ingin berlibur ke Hutan Pinus Loji, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat berada disana. Tempat ini merupakan area umum yang menjadi wisata alam. Hal ini membuat pengunjung menjaga kebersihan yang ada.

Dengan berbagai keindahan serta kemudahan akses membuat wisata ini semakin populer terutama di hari libur pengunjung akan semakin ramai. Maka dari itu untuk menikmati aktivitas di tempat ini dengan maksimal dapat memperhatikan tips berikut ini:

  • Pastikan membawa semua peralatan untuk piknik atau camping sesuai kebutuhan
  • Membawa plastik sampah sendiri untuk berjaga-jaga apabila letak tempat sampah jauh
  • Datang saat musim kemarau untuk menghindari tanah becek akibat hujan
  • Apabila tanah becek maka piknik atau camping Anda akan terganggu dan tidak bisa menikmati
  • Datang ke Hutan Pinus Loji selain di waktu libur sekolah atau nasional
  • Menjaga barang berharga terlebih saat melakukan camping
  • Melakukan pendaftaran untuk mendaki ke Gunung Kelud agar terjaga keamanan karena sudah terdata
  • Bawa kamera untuk mengabadikan momen

Demikian informasi mengenai Hutan Pinus Loji yang menjadi wisata pilihan untuk menghilangkan lelah dari semua aktivitas. Dengan udara dan suasana yang sejuk bisa membantu menenangkan pikiran. Wisata ini direkomendasikan saat liburan bersama keluarga dan teman.