Kampung Majapahit Mojokerto, Tempat Asyik Jalan-jalan untuk Weekend

Memang betul apabila negara Indonesia ini memiliki banyak sekali sejarah yang belum terpecahkan. Apabila Anda ingin berkunjung ke salah satu destinasi peninggalan masa kerajaan. Maka Kampung Majapahit dari kota Mojokerto bisa menjadi alternatifnya.

Sekilas Mengenai Kampung Majapahit Mojokerto

Sekilas Mengenai Kampung Majapahit Mojokerto
Source : https://cdn0-production-images-kly.akamaized.net/

Pastinya Anda pun juga sangat penasaran sekali bukan dengan bagaimana kisah dari kerajaan Majapahit zaman dahulu. Dengan demikian, destinasi berikut ini jangan pernah terlewatkan begitu saja.

Bacaan Lainnya

Karena ternyata memiliki banyak sekali nilai-nilai sejarah, yang tentu saja sangat mampu membantu para wisatawan untuk dapatkan wawasan baru. Sebab pastinya kebanyakan cerita tersebut masih banyak masyarakat belum tahu saat ini.

Para wisatawan hanya bisa melihat secara langsung bagaimana bukti-bukti sejarah dari kerajaan Majapahit dahulu. Melalui kampung tersebut, otomatis percaya jika zaman dahulu betul-betul sangat berjaya sekali kerajaannya.

Informasi Mengenai Kampung Majapahit 

Informasi Penting
Source : https://syakal.iainkediri.ac.id/

Bagi warga masyarakat luar kota Mojokerto pastinya akan berdecak kagum karena melihat secara langsung bagaimana peninggalan prasastinya. Jika mau ke sana bersama dengan rombongan keluarga ataupun teman-teman. Sepertinya harus mengetahui informasi penting berikut.

  • Alamat lengkap : Maha Vihara Majapahit, Bejijong, Kecamatan Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk : Tiga ribu rupiah per orang
  • Jam operasional : setiap hari 24 jam.

Apabila melihat dari harga tiket masuknya, tentu saja sangat terjangkau sekali. Akan tetapi, bisa jadi terdapat suatu perubahan dari setiap tahunnya. Kemungkinan pula biaya tersebut naik karena memang terdapat beberapa event ataupun untuk pengelolaan wisata yang jauh lebih bagus lagi.

Rute Perjalanan Menuju Kampung Majapahit

Rute Perjalanan
Source : https://berita.99.co/

Jarak menuju Kampung Majapahit apabila dari Alun-alun kota Mojokerto hanya menempuh sekitar 28-30 menit saja. Bagi para pelancong perhatikan rute perjalanan ini ya. Pastikanlah Anda mengambil jalur benar yaitu ke Jalan Majapahit.

Pastikan Anda telah melewati Man 2 Mojokerto dan SMAN 1 Sooko Mojokerto. Harus memasuki Jalan Raya Gemekan, setelah itu hanya perlu lurus saja mengikuti jalan dan tidak berbelok sama sekali.

Baca Juga : 40 Tempat Wisata di Kabupaten Mojokerto yang Hits dan Terbaru

Dari Jalan Raya Surabaya Madiun terdapat sebuah belokan yaitu menuju Jalan Candi Brahu. Masuk saja ke arah kanan, maka secara otomatis Anda pun sudah sampai ke kampung Majapahit. Cukup gampang sekali bukan untuk memahami rute perjalanannya.

Beragam Keunikan dari Destinasi Wisata 

Beragam Keunikan dari Destinasi Wisata Kampung Majapahit
Source : https://media.suara.com/

Bagi siapapun yang masih memiliki niatan menuju Kampung Majapahit dan belum terealisasi. Sepertinya harus mengetahui beberapa keunikan ataupun daya tariknya. Alhasil, maka semakin membuat pemasaran dan segera memutuskan ke sana saat liburan tiba.

Dengan demikian langsung saja ikuti seluruh penjelasan berikut:

1. Memiliki Patung Budha Tidur

Saat pertama kali mendatangi Kampung Majapahit pastinya akan menemukan salah satu Patung Budha tidur paling besar pada Asia. Apabila melihatnya lagi, memang sangat mirip sekali dengan yang ada di negara Vietnam.

Baca Juga : Wisata Candi Kesiman Mojokerto

Maka dari itu, apabila penasaran seperti apa patung Budha tidur tersebut bisa mendatangi Kota Mojokerto tepatnya pada Kampung Majapahit ini. Alhasil tak perlu lagi jauh-jauh terbang menuju negara lainnya.

2. Menikmati Wisata Edukasi Kesenian

Destinasi wisata yang satu ini mampu membuat banyak wisatawan melihat secara langsung Bagaimana kesenian. Karena ternyata bisa menyaksikan juga keterampilan istimewa dari warga lokal dalam hal mengolah bahan kuningan.

Tentu saja ini akan menjadi salah satu wisata terbaik yang tentunya tak akan pernah anda dapatkan pada destinasi lainnya. Maka dari itu, Kampung Majapahit cocok sekali Anda datangi bersama dengan anak-anak agar mampu menambah wawasannya.

3. Memiliki Museum Majapahit

Daya tarik lainnya dari destinasi satu ini ternyata memiliki museum Majapahit yang juga mempunyai sebutan sebagai Museum Trowulan. Terpakai untuk menyimpan berbagai macam artefak ataupun tumpuan arkeologi pada sekitaran Trowulan.

Menjadi salah satu lokasi bersejarah karena masih berkaitan dengan kerajaan. Pertama kali didirikan oleh Henri Maclaine Pont, merupakan seorang arkeolog dari Belanda. Lalu oleh Bupati Mojokerto membantu yang saat itu ialah Kanjeng Adipati Aryo Kromodjojo Adinegoro.

4. Banyak Sekali Artefak Bersejarah Peninggalan Majapahit

Artefak-artefak peninggalan dari masa Majapahit yang telah ditemukan pada Kawasan tersebut, lalu menyimpannya pada museum. Penyimpanan seperti ini tentu saja sangat berfungsi sekali untuk menjaganya agar tak hilang karena banyak orang tidak bertanggung jawab.

Nantinya surat pengunjung bisa langsung melihat bagaimana kondisi dari seluruh artefak tersebut dengan mata telanjang. Tentu saja membuat Anda berdecak kagum karena dalam masa modern ini masih bisa melihat bagaimana beberapa peninggalan dari masa kerajaan Majapahit.

5. Terdapat Candi Brahu

Kampung Majapahit ternyata juga memiliki candi brahu yang telah diperkirakan dibangun sebelum pemerintahan kerajaan tersebut. Memberi sejarah keberadaannya sudah ada ketika dipimpin oleh Hayam Wuruk. Yaitu kemungkinan muncul pada pemerintahan Raja Brawijaya I.

Mpu Sendok merupakan seseorang yang mendirikan Candi perahu tersebut, kemudian diperkirakan menjadi peninggalan Kerajaan Mataram Kuno. Berbeda dengan candi-candi lainnya, ternyata merupakan tempat sembahyang ataupun berdoa.

6. Memiliki Relief yang Cukup Unik

Relief sangat unik pada candi brahu ternyata menggambarkan sekretisme diantara agama Hindu dan Budha. Akan tetapi pada dasarnya untuk Candi ini punya struktur utama yang sebetulnya hampir mirip dengan temple lainnya pada area Jawa Timur.

Uniknya lagi adalah, ternyata pada Kampung Majapahit ini tidak memiliki satu candi. Karena di sekeliling brahu temple terdapat beberapa situs bersejarah. Yaitu seperti Candi Gentong, Candi Tengah bahkan sampai Candi Gedong.

7. Banyak Rumah Adat Majapahit

Daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh Kampung Majapahit ini ternyata memiliki banyak sekali deretan rumah adat. Dengan demikian mampu menambah suasana perkampungan pada masa kerajaan dahulu.

Baca Juga : Keindahan Candi Kedaton Kota Mojokerto

Ternyata rumah perkampungan adat Majapahit ini sendiri merupakan penginapan khusus bagi para wisatawan. Para warga menawarkannya untuk seluruh pelancong jika mau beristirahat pada area tersebut.

8. Memiliki Paket A Untuk Wisata

Apabila Anda ingin mendatangi destinasi wisata ini ternyata terdapat sebuah fasilitas yang memiliki nama paket A dengan harga Rp300.000 per orang. Nantinya jika mau mengambil tipe seperti ini tentunya bisa mendapatkan fasilitas menginap semalam dan satu kali makan.

Mengenai aktivitas yang dapat Anda lakukan ketika mengambil paket ini tentu saja yaitu mengunjungi patung Budha tidur. Setelah itu masuk ke dalam penjelasan Raden Wijaya atau Siti Inggil, menuju area candi dan melihat pertunjukan wayang kulit.

9. Terdapat Pilihan Paket Bagi Wisatawan

Para pelancong bisa menggunakan paket wisata B, dan sebetulnya hampir mirip dengan jenis sebelumnya. Namun yang menjadi pembeda adalah bisa mendapatkan pemandu ketika mengekspor destinasi wisata. Kemudian juga terdapat fasilitas sepeda santai.

Lalu para pengunjung juga dapat eksplorasi seni budaya, mendapatkan pengalaman untuk belajar membatik. Kemudian juga bisa mempelajari gamelan bahkan permainan tradisional. Bahkan untuk akhir kegiatan terakhir yaitu bisa diajak lihat ekonomi dasar pembuatan telur asin asap.

Demikian sekilas informasi mengenai destinasi wisata Kampung Majapahit dari kota Mojokerto yang tentu saja bisa menjadi list kunjungan bersama dengan keluarga. Memiliki harga terjangkau, pastinya mampu merefresh pikiran.