Kebun Kopi Karanganyar menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi para wisatawan baik dalam negeri maupun luar. Dengan bangunan bernuansa Belanda menjadikan tempat ini berbeda dengan wisata lain di Kabupaten Blitar.

Asal Mula Berdiri Kebun Kopi Karanganyar

Asal Mula Berdiri
Source : https://statik.tempo.co/

Ada sebuah pabrik yang merupakan peninggalan dari kolonialisme Belanda. Berada di ketinggian kurang lebih 800 mdpl membuat suasana yang ada di tempat ini sangat sejuk. Pada area pabrik akan didapati sebuah bangunan zaman Belanda dengan desain arsitektur Indische Empire dari abad 18 atu 19.

Desain bangunan Belanda yang menonjol dari penggunaan roof serta interiornya. Saat ini pabrik kopi dikelola oleh Herry Noegroho yang merupakan mantan Bupati Blitar. Setelah beberapa tahun perusahaan diberikan kepada para veteran bernama Denny Roeshadi dan diganti Namanya PT Harta Mulia.

Herry mengelola sebagai keturunan dari Denny yang sudah berganti generasi dan tetap melanjutkan pabrik. Tahun 1874 HJ Velsink membangun sebuah perkebunan serta usaha dengan nama Kultur Mij Karanganjar yang memproduksi kopi robusta dan cengkeh.

Lokasi dan Harga Tiket Kebun Kopi Karanganyar

Lokasi dan Harga Tiket Masuk
Source : https://awsimages.detik.net.id/

Perkebunan kopi terletak di Karanganyar bagian timur, Modangan, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Area perkebunan ini mencapai 250 hektar yang dikelilingi oleh tanaman kopi dan berada di lereng Gunung Kelud. Dengan produk unggulan berupa kopi robusta dan arabica.

Kebun kopi ini dibuka mulai dari jam 9 pagi hingga 5 sore. Untuk tiket masuk hanya perlu membayar sebesar 15 ribu dan dapat membeli kartu pos seharga 25 ribu untuk ditukarkan voucher berupa makanan atau minuman. Bagi pengunjung yang ingin berwisata menggunakan jasa tour guide.

Supaya bisa mengetahui sejarah yang ada pengunjung bisa bergabung dengan kelompok wisata lain. Parkir sepeda motor sekitar 3 ribu dengan tempat yang luas di depan tempat loket. Disini tetap harus menjaga kebersihan dan tidak merusak benda di dalam museum.

Rute Perjalanan Menuju Kebun Kopi Karanganyar

Rute Perjalanan Menuju Kebun Kopi Karanganyar
Source : https://i0.wp.com/

Jalur untuk sampau ke tempat kebun kopi karanganyar cukup mudah dan dapat dilewati oleh semua kendaraan baik roda dua maupun empat. Akses jalannya juga tidak terlalu sulit. Pengunjung bisa mengambil jalan menuju arah Candi Penataran.

Pada pertigaan penataran, belok kanan sampai ada perempatan Kantor Desa Modangan dan ambil jalan ke kiri. Ikuti petunjuk jalan hingga menemukan area perkebunan. Bagi para pecinta kopi sangat cocok mengunjungi tempat ini.

Selain memperkenalkan pembuatan sera sejarahnya, pabrik kopi ini juga menjual hasil produk olahannya berupa bubuk atau dalam biji kopi. Selama perjalanan ke perkebunan pengunjung akan menemukan berbagai wisata lain seperti Kampoeng Melon dan Arca Warak.

Tempat Menarik di Kebun Kopi Karanganyar

Tempat Menarik di Kebun Kopi Karanganyar
Source : https://awsimages.detik.net.id/

Perkebunan kopi Karanganyar memiliki berbagai spot menarik untuk digunakan oleh pengunjung. Pada area kebun dapat ditemukan berbagai bangunan dengan nuansa Belanda sehingga menimbulkan kesan estetik saat difoto. Berikut beberapa spot cantik antara lain:

1. Rumah Loji

Tempat ini menjadi rumah orang tua Bupati Blitar Herry Noegroho sebagai pemilik Kebun Kopi Karanganyar. Pengunjung akan ditemani oleh pemandu yang memberikan informasi sejarah serta asal mula perkebunan karanganyar hingga sekarang.

Edukasi seperti akan menambah pengetahuan mengenai perkembangan Blitar dari masa dahulu sampai saat ini. Maka dari itu wisata karanganyar tidak hanya menyajikan keindahan tempat namun disuguhkan akan kekayaan sejarah khususnya Kabupaten Blitar.

2. Berbagai Museum

Ada dua museum di dalam area perkebunan yaitu Purna Bakti dan Pusaka. Museum Purna Bakti berada di sebelah Onze Grootouders Cafe dan mirip dengan bangunan kantor Bupati. Dengan menyuguhkan ruangan kerja serta beberapa foto dan penghargaan yang diraih oleh Bupati Herry Noegroho.

Sedangkan Museum Pusaka berada di belakang Purna Bakti. Museum ini berisi peninggalan pusaka yang merupakan koleksi dari Herry Noegroho. Pengunjung akan merasakan suasana yang sakral saat memasuki museum. Peninggalan pusaka seperti keris yang didapat dari beberapa tokoh penting.

3. Pabrik Kopi

Pabrik Kopi
Source : https://i0.wp.com/

Di dalam area perkebunan telah lama berdiri sebuah pabrik kopi dari jaman Belanda. Maka dari itu masih ada beberapa peninggalan Belanda seperti tempat penjemuran kopi dan cengkeh, penggorengan dan pemilihan biji. Saat ini pabrik sudah tidak beroperasi kembali.

Namun hanya sebagai tempat penjemuran serta pemilihan biji kopi berkualitas. Ada beberapa mobil klasik yang sudah tua dan tidak terpakai berada di depan pabrik kopi. Di dalam pabrik terdapat banyak spot menarik namun memang sudah tidak difungsikan.

4. Spot Foto

Dengan pemandangan yang indah bernuansa klasik bergaya Belanda sangat cocok digunakan sebagai tempat berfoto. Semua sudut bangunan memiliki keunikannya masing-masing yang menjadi latar yang estetik. Bahkan ada banyak orang yang melakukan foto prewedding di tempat ini.

Kebun Kopi Karanganyar sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang suka berfoto dengan background ala Belanda. Serta bisa menikmati waktu di kafe yang ada. Di dalam kafe juga dibuat dengan nuansa klasik dan dipadukan sisi modern.

5. Tempat Santai

Ada berbagai macam kopi yang diproduksi disini. Pengunjung juga bisa menikmati kopi di kafe yang berada di dalam area kebun. Dengan suasana yang klasik sehingga memiliki perpaduan apik dengan bangunan Belanda membuat kafe ini cocok digunakan sebagai spot foto.

Saat hari Minggu aka nada live musik yang menampilkan lagu keroncong. Biasanya tempat ini digunakan sebagai prewedding atau sekedar hunting bagi para fotografer. Adapun dekorasi yang ada memunculkan nuansa jaman dahulu yang modern. Selain itu ada ruangan pengolahan kopi untuk edukasi pengunjung.

Aktivitas yang Ada di Wisata Kebun Kopi Karanganyar

Aktivitas yang Ada di Wisata Kebun Kopi Karanganyar
Source : https://img2.beritasatu.com/

Dari beberapa tempat yang ada, pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan lain di area perkebunan. Aktivitas disini akan membuat pengunjung ingin kembali. Keseruan bersama keluarga maupun teman bisa dinikmati disini. Berikut beberapa kegiatan yang ada di wisata Kebun Kopi Karanganyar, yaitu:

1. Bermain ATV

Perkebunan ini memiliki luas lebih dari 250 hektar penuh dengan tumbuhan kopi yang bisa ditempuh dengan berjalan. Namun untuk melihat pemandangan dengan lebih lua dapat melakukan sewa ATV Penyewaan ATV bisa digunakan dengan membayar 50 ribu untuk sekali putaran.

Pengunjung bisa berkeliling seraya menikmati pemandangan kebun dan pohon-pohon dengan santai. Dalam berkendara tetap berhati-hati karena jalan yang tidak rata serta banyaknya ranting pohon. Selain ATV ada juga kendaraan jeep yang bisa disewa dengan harga 100 ribu tiap orang.

2. Kegiatan Relawan Bagi Wisatawan

Selain menikmati pemandangan dan memperoleh pengetahuan seputar sejarah serta berdirinya kebun kopi, pengunjung dapat melakukan kegiatan relawan. Kegiatan ini merupakan program khusus bagi para wisatawan asing yang berkunjung ke kebun kopi.

Nantinya pengunjung ini akan diperkenalkan mulai dari proses pembibitan hingga menjadi kopi yang siap minum selama dua minggu. Banyak para wisatawan mancanegara yang ingin belajar tentang kopi di Indonesia dan juga bekerja sebagai karyawan di pabrik.

Demikian informasi mengenai wisata Kebun Kopi Karanganyar yang berada di Nglegok, Kabupaten Blitar. Bagi pengunjung yang menyukai kopi atau foto estetik maka tempat ini cocok untuk dikunjungi. Berbagai kegiatan menarik bisa dilakukan untuk melepas lelah dengan didukung udara yang sejuk.

Bagikan: