Menjelajah Alam di Kedung Sewu Jombang

Kedung Sewu Jombang menjadi destinasi Wisata alam yang recommended menghabiskan waktu liburan. Pesona alamnya siap menghipnotis siapa saya yang datang berkunjung. Apalagi jika pergi bersama keluarga, tentu semakin mengesankan.

Mengenai Kedung Sewu Jombang

Source : https://cdn.nativeindonesia.com
Source : https://cdn.nativeindonesia.com

Jombang adalah wilayah yang patut dipertimbangkan potensi wisata alamnya. Pasalnya banyak wisata tersembunyi yang belum tersentuh pembangunan sekalipun. Hal itu membuat masyarakat juga kurang tahu mengenai obyek wisata indah di Jombang.

Bacaan Lainnya

Salah satunya adalah Kedung Sewu. Bosan dengan liburan ke pantai, taman atau pegunungan? Ada tempat epik baru yang menawarkan fenomena alam unik dan menarik untuk dijelajahi lebih dalam. Selain itu, Kedung Sewu juga dapat menjadi tempat piknik keluarga.

Obyek yang satu ini memang belum seterkenal, Air Terjun Tretes. Meski begitu lokasinya yang berada di kawasan perhutani tetap layak Anda kunjungi. Terutama untuk wisatawan yang mencari spot unik anti mainstream yang masih alami dan sepi.

Arti Nama Kedung Sewu

Source : https://assets.pikiran-rakyat.com
Source : https://assets.pikiran-rakyat.com

Nama Kedung Sewu bukan hanya sebutan asal belaka. Dalam bahasa Indonesia artinya adalah seribu kedung. Di tempat ini Anda akan menemukan cekungan dari batuan karts yang jumlahnya cukup banyak. Karena itulah, wisata tersebut bernama Kedung Sewu.

Aliran air yang terus menerus, kelamaan membuat lubang di batuan karts. Bahkan cekungan tersebut ada yang menimbulkan air melaju turun seperti air terjun mini. Bahasa sederhananya ada “grajagan”. Airnya bening menampakkan dasar sungai yang penuh bebatuan alam.

Wisata yang masuk wilayah perhutani ini dikelilingi oleh hutan hijau. Tentunya membuat pemandangan menjadi semakin indah. Suara gemericik air dari hulu ke hilir memberikan sensasi berbeda. Apalagi jika langit sedang cerah, makin epik kesannya.

Apa Saja yang Ada di Kedung Sewu

Source : https://sikidang.com
Source : https://sikidang.com

Kedung Sewu memang masuk dalam kategori wisata baru. Mungkin hal itu pula yang menyebabkan banyak masyarakat belum kenal dengan obyek satu ini. Padahal panorama alamnya sungguh liar biasa. Ini dia hal menarik di Kedung Sewu.

1. Suasananya Asri

Hal paling krusial saat berwisata di alam adalah suasana. Mereka yang datang ke tempat seperti pegunungan, hutan, maupun destinasi sepi lainnya sepertinya mencari ketenangan. Di Kedung Sewu, pengunjung akan mendapatkan itu.

Karena belum terlalu populer, wisata ini masih tergolong sepi pengunjung. Itulah kenapa menyegarkan pikiran dengan datang ke tempat ini adalah yang terbaik. Suasanya masih begitu alami dan asri. Di sekeliling hanya nampak pepohonan yang menyegarkan mata.

2. Tempatnya Aliran Airnya Panjang dan Luas

Seperi penjelasan sebelumnya bahwa destinasi wisata tersebut terbentuk secara tidak sengaja. Mulanya, tempat ini hanya berupa sungai pada umumnya. Namun batuan besar yang terlalu lama dilewati air mengikis secara perlahan.

Menciptakan banyak kubangan sampai saat ini. Meski begitu areanya luas dan panjang sehingga pengunjung bisa lebih sesuasa menepali satu dari tempat indah di Jombang ini.

3. Berenang dan Mandi di Wilayah Kedung

Ada banyak aktivitas yang dapat mengunjung lakukan saat berada di area wisata ini. Beberapa diantaranya tentu langsung berinteraksi dengan tubuh seperti berenang maupun mandi. Airnya begitu sevar dan jernih membuat pegal-pegal menghilang seketika.

Anda bisa duduk di di lokasi air jatuh atau menuju ke kedung dan berendam di sana. Kendati demikian pastikan untuk menyiapkan baju ganti agar tidak kedinginan seusai mengguyur badan dengan air yang jernih.

4. Memancing di Kedung Sewu

Source : https://1.bp.blogspot.com
Source : https://1.bp.blogspot.com

Selanjutnya ada memancing. Bagi penggemar aktivitas satu ini tentu datang ke Kedung Sewu adalah langkah tepat. Karena termasuk dalam kawasan air sungai, tidak heran ada banyak ikan air tawar berenang kesana kemari. Pastinya pengunjung harus membawa alat pancingnya sendiri.

Memancing di tengah hutan akan memberikan sensasi tersendiri. Apalagi dengan suasana sejuk dari hembusan angin yang menerpa pepohonan. Gemericik air juga menambah indah suasana yang ada di sana. Selain berwisata Anda bisa mendapatkan ikan untuk dibakar di tempat.

5. Hunting Foto Keren

Hal yang tidak boleh ketinggalan saat pergi ke tempat anti mainstream adalah berfoto. Dengan begitu moment tersebut akan terus teringat sampai kapanpun. Selain itu, saat Anda share ke media sosial secara tidak langsung ikut mempromosikan Kedung Sewu sebagai destinasi wisata pilihan.

Pengunjung bisa hunting foto keren di tengah hamparan pepohonan hijau. Supaya lebih epik, Anda dapat membawa drone atau tongsis agar menampakkan beberapa kedung dari ketinggian. Puas berfoto, jalan-jalan di sekitar untuk menikmati keindahan alam juga bagus.

6. Piknik Sederhana Bersama Keluarga

Alam adalah tempat indah yang Allah ciptakan sebagai sarana syukur dan mengagungkan-Nya. Adanya Kedung Sewu, tidak lain adalah untuk manusia nikmati. Baik itu pemandangan maupun ikan-ikan di dalam airnya. Tempat ini juga bisa menjadi lokasi piknik bersama keluarga.

Bawalah bekal seadanya dengan tikar sebagai alas duduk. Cari tempat yang tepat dan tidak jauh dari kedung agar suara relaksasi airnya masih bisa terdengar. Tentunya aktivitas ini sangat memorable bagi anak-anak yang sebagian besar menyukai aktivitas di alam.

Harga Tiket Masuk Wisata Kedung Sewu

Source : https://kominfo.jatimprov.go.id
Source : https://kominfo.jatimprov.go.id

Berkunjung ke Kedung Sewu Jombang tidak akan membuat kantong kebobolan. Pasalnya pengunjung bisa keluar masuk tanpa terkena biaya kunjungan. Iya, di sini gratis dan terbuka 24 jam. Nikmati pesona alam yang ada sepuasnya, selama apapun.

Pasalnya Kedung Sewu sendiri masih sangat alami sebab belum mendapat perhatian dari pihak terkait. Padahal apabila ada pengembangan, bukan tidak mungkin ia akan menjadi wisata populer baru di Jombang. Alamnya yang indah memberikan kesan tersendiri.

Ajak teman ataupun keluarga mengunjungi dan eksplor daerah ini. Sebab obyek menari Jombang ini buka setiap hari selama 24 jam. Meski begitu akan lebih baik jika Anda berkunjung tidak sampai malam kecuali karena camping. Sebab banyak binatang malam yang mungkin mengganggu.

Alamat dan Rute Menuju Kedung Sewu

Source : https://lh3.googleusercontent.com
Source : https://lh3.googleusercontent.com

Apabila melihat Kedung Sewu dari atas, Anda akan melihat banyak lubang di bebatuan karts. Fenomena ini menghiasi aliran air sepanjang bebatuan tersebut. Lalu di sisi kanan dan kiri penuh dengan pepohonan. Bagaimana tidak, area ini memang masuk kawasan perhutani.

Airnya jernih dan segar. Untuk sampai di sana Anda perlu pergi ke Area Perhutani, Kabuh, Jombang. Untuk sampai di sana memang membutuhkan usaha ekstra. Apalagi kendaraan roda empat masih belum memungkinkan untuk masuk kawasan hutan. Sebagai gantinya gunakan motor.

Medan jalan masih tergolong sulit untuk Anda lewati. Kondisinya begitu terjal dan berkelok-kelok. Dari pusat kota, Anda mungkin memerlukan waktu sekitar 50 menit untuk menuju wisata tersebut. Namun lelah tersebut akan hilang saat sampai di Kedung Sewu.

Destinasi wisata ini memang terdiri dari beberapa air terjun kecil, namun ada yang paling menonjol yaitu kedung dengan ketinggian 15 meter. Wisata alam ini recommended bagi penyuka petualangan.

Itulah wisata alam Kedung Sewu Jombang yang patut diperhitungkan. Bisa masuk secara gratis, buka 24 jam. Saat berjalan-jalan di bagian kedung, harap berhati-hati sebab batuannya cukup licin. Bagaimana, tertarik untuk berkunjung kesini?