Berkunjung ke Kawasan Klenteng Hok Siang Kiong Mojokerto

Terdapat rekomendasi untuk menghabiskan masa liburan dengan santai ke Kota Mojokerto. Yaitu dengan mendatangi Klenteng Hok Siang Kiong. Lokasinya sendiri coklat lumayan strategis dan sering dikunjungi oleh masyarakat sekitarnya.

Seperti Apa Klenteng Hok Siang Kiong Ini?

Seperti Apa Klenteng Hok Siang Kiong Ini?
Source : https://jawatimuran.files.wordpress.com/

Jika Anda belum tahu dengan detail apa sebetulnya klenteng, merupakan tempat beribadah Tri Dharma. Kemudian sebutan tersebut merupakan nama sederhana bagi rumah untuk bersembahyang orang-orang Tionghoa dengan menganut agama Buddha Dharma.

Penyebutan dari klenteng ini tentu saja ada asal mulanya. Namun apabila melihat dari etimologi sebetulnya punya arti sebagai bunyi bel atau genta. Karena pada setiap kegiatan sembahyang orang Tionghoa akan selalu menggunakan lonceng dengan bunyi teng-teng.

Klenteng Hok Siang Kiong dari kota Mojokerto ini merupakan salah satu tempat beribadah dari umat Tionghoa yang cukup terkenal di sana. Selain itu, para wisatawan juga bisa sekali berkunjung dan melihat secara langsung bagaimana suasana dan desain dari tempat beribadah tersebut.

Informasi Sekilas Klenteng Hok Siang Kiong

Informasi Sekilas Mengenai Klenteng Hok Siang Kiong
Source : https://api.jatimnet.com/

Sebelum Anda memutuskan untuk berkunjung ke sana maka alangkah baiknya memahami terlebih dahulu informasi dari klenteng Hok Siang Kiong. Dengan demikian seluruh pengunjung juga bisa berangkat dengan menyesuaikan dari info tersebut.

  • Alamat lengkap : Jalan PB Sudirman nomor 1, Mergelo, Sentanan, Kecamatan Magersari Kota Mojokerto.
  • Biaya tiket masuk : Gratis tanpa pungutan biaya.
  • Hari buka : Setiap hari dibuka untuk umum.
  • Jam operasional : Pukul 06.00-21.00 Waktu Indonesia Barat.

Namun, perlu sekali untuk Anda pahami mungkin saja akan ada perubahan dari waktu operasionalnya. Karena biasanya akan ada beberapa event ataupun acara khusus. Seluruh pengunjung hanya bisa memasuki klenteng saat acaranya telah selesai.

Rute Perjalanan Klenteng Hok Siang Kiong

Rute Perjalanan Menuju
Source : https://i0.wp.com/

Seluruh pengunjung, setelah mengetahui informasi sekilas tentang klenteng tersebut. Maka harus memahami pula rute perjalanannya. Kenapa demikian? Karena hal tersebut mampu meminimalisir terjadinya salah jalan. Sebab, tentunya akan menghabiskan banyak waktu jika sampai kesasar.

Nantinya awal keberangkatan bisa Anda mulai dari pusat Kota Mojokerto, lalu ambil arah menuju Jalan Gajahmada. Jika sudah, maka akan menemukan perempatan dan pilihlah belok ke kiri yakni ambil rute Jalan Residen Pamuji.

Seluruh pengunjung hanya tinggal lurus saja sampai menemukan belokan yang masuk ke Jalan PB Sudirman. Nantinya akan langsung menemukan dan melihat tempat beribadah orang Tionghoa yaitu Klenteng Hok Siang Kiong.

Tips Berkunjung ke Klenteng

Tips Berkunjung
Source : https://cdn-2.tstatic.net/

Jika Anda tertarik untuk memasuki area kelenteng maka perlu sekali memperhatikan beberapa peraturan. Para pembaca bisa menyimak tips berikut ini, dengan demikian seluruh tindakan pun bisa sesuaikan dan tak akan menyinggung umat ataupun pengelola tempat beribadah itu.

1. Utamakan Tidak Terlalu Ramai

Ketika anda berkunjung ke salah satu tempat beribadah umat, maka pastikanlah selalu menjaga sikap. Salah satunya yaitu tidak terlalu ramai atau setidaknya jika memang ingin berbicara kepada teman gunakan volume kecil.

Seperti ini memiliki tujuan agar para pengunjung yang juga melakukan ibadah tidak terganggu dengan suara. Alhasil otomatis kehusukan mereka ketika sembahyang pun betul-betul terjaga dengan baik.

2. Gunakan Pakaian Yang Sopan

Sedangkan untuk tips selanjutnya yaitu memastikan jika menggunakan pakaian sopan. Meskipun peraturan seperti ini tak tertulis, namun seluruh pengunjung perlu memahaminya dengan baik. Coba bayangkan saja jika Anda datang ke tempat sembahyang agama lain.

Namun menggunakan baju tak sopan tentunya bisa membuat para pengunjung lainnya tak nyaman. Dengan demikian, alangkah baiknya menggunakan baju berlengan panjang ataupun celana dan rok yang tidak terlalu pendek.

3. Jangan Membawa Makanan Ke Dalam Klenteng

Sebetulnya untuk tips seperti ini memang tak tertulis pada peraturan ketika memasuki tempat beribadah klenteng. Namun alangkah baiknya seluruh pengunjung menahan diri untuk tidak membawa makanan. Karena ditakutkan mampu mengotori tempat beribadah.

Karena Anda merupakan orang yang mendatangi tempat tersebut, maka tentunya perlu berhati-hati dalam bertindak. Alhasil, setiap pengelola ataupun jemaat saat tengah sembahyang pun juga nyaman dengan kunjungan tersebut.

Beragam Fasilitas di Klenteng Hok Siang Kiong

Beragam Fasilitas Di Klenteng Hok Siang Kiong
Source : https://beritajatim.com/

Masalah fasilitas memang sudah tidak bisa diganggu gugat. Kenyamanan dari setiap pengunjung tentu menjadi prioritas utama setiap pengelola tempat beribadah. Karena pastinya mereka juga sangat membutuhkannya jika melakukan sembahyang dalam kurun waktu lama.

Fasilitas pertama yang bisa Anda dapatkan ketika memutuskan berkunjung ke klenteng Hok Siang Kiong adalah lahan parkirnya lumayan luas. Jadinya seluruh wisatawan bisa memarkirkan kendaraan mereka dengan mudah.

Tentunya ini cukup menguntungkan karena tak akan merasa cemas. Lain halnya ketika Anda memarkirkan kendaraan tersebut pada area pinggir jalan. Sebab pastinya, cukup berbahaya dan bisa mengundang tindak kejahatan. Apalagi pegelola juga sediakan security berpengalaman.

Beberapa Keunikan Klenteng Hok Siang Kiong

Beberapa Keunikan Dari Klenteng Hok Siang Kiong Mojokerto
Source : http://direktoripariwisata.id/

Keunikan-keunikan yang dimiliki oleh Klenteng Hok Siang Kiong memang betul-betul mampu menarik banyak pengunjung. Tentunya sangat penasaran sekali apa saja daya tariknya bukan? Maka berikut ini merupakan penjelasannya:

1. Memiliki Desain Eksterior yang Memukau

Posisi bangunan dari klenteng ini memang merapat menuju sisi selatan. Sedangkan pada halaman depannya betul-betul luas. Punya gapura megah dengan motif warna merah, dan terbagi menjadi beberapa bagian yaitu depan, samping dan ada di dekat pos sisi timur.

Uniknya lagi adalah pada dinding halaman entah itu sisi Timur ataupun Barat memiliki lukisan panorama alam serta tanaman bunga. Secara umum sebetulnya akan menjadi empat gedung. Lokasi peribadatan Budha dan Konghucu.

2. Sudah Lama Berdiri

Bangunan klenteng ini telah berdiri sejak tahun 1823 pada masa penjajahan kolonial Belanda. Sebetulnya dulu memiliki lokasi pada sentanan kidul yang saat ini sudah menjadi Jalan kapten Piere Tendean. Kemudian telah berpindah menuju Jalan Panglima Sudirman nomor 1 di tahun 1874.

Pada awalnya, bangunan ini berada pada halaman sisi Selatan, yang mana ternyata selama ini telah terpakai menjadi ruang altar Kwan Im Hud Co. Kemudian tepatnya pada tahun 1906 terdapat pembangunan gedung baru oleh letnan Ong An Thay.

3. Banyak Makanan Tersedia

Keunikan lainnya yang dimiliki oleh klenteng ini ternyata menyediakan banyak sekali makanan. Alhasil seluruh pengunjung bisa membelinya untuk mencoba bagaimana rasa dari masakan khas masyarakat tionghoa.

Tentunya untuk harganya sendiri juga masih tergolong terjangkau, dan otomatis bisa menjawab rasa penasaran bagaimana rasa masakannya. Merupakan tempat terbaik untuk jalan-jalan santai bersama dengan keluarga dan si kecil.

4. Selalu Ramai Saat Tahun Baru Imlek

Ketika Anda ingin merasakan euforia keseruan Tahun Baru Imlek maka bisa berkunjung ke klenteng ini karena bisa menemukan banyak sekali penjual makanan. Bahkan mereka juga mengadakan acara dan bisa dilihat oleh para pengunjung.

Karena suasana cukup ramai saat Tahun Baru Imlek, pastikanlah untuk lebih berhati-hati dan menjaga tas. Apalagi jika berisi dompet berisi uang, kartu penting dan lainnya. Karena memang lumayan cukup rawan akan pencopetan ataupun tidak kriminal lainnya.

Demikian sekilas informasi tentang bagaimana keseruan berkunjung ke Klenteng Hok Siang Kiong dari Kota Mojokerto. Ketika memutuskan berkunjung ke sana pastikanlah Anda mengikuti tips-tipsnya ya.

Tinggalkan komentar