Tempat Wisata Kusuma Agrowisata di Kota Batu

Kota Batu terkenal dengan penghasil buah-buahan terutama apel. Bagi mereka yang berkunjung ke tempat ini, pasti ingin merasakan sensasi memetik buah tersebut. Untuk bisa mewujudkannya, kunjungi objek wisata bernama Kusuma Agrowisata yang dapat memenuhi rasa penasaran Anda.

Kusuma Agrowisata Kota Batu

Kusuma Agrowisata
Source : https://liburanyuk.co.id/

Kusuma Agrowisata Malang adalah sebuah kebun agrowisata yang berada di Jalan Abdul Gani di Batu Malang. Tempat ini terletak di lereng Pegunungan Panderman pada ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut dan mencakup area seluas sekitar 70 hektar.

Destinasi agrowisata ini terkenal dengan wisata petik apelnya. Namun, Anda bisa memetik berbagai jenis buah selain apel. Buah jeruk, jambu biji, buah naga, stroberi, dan beraneka ragam sayuran hidroponik adalah contohnya. Buah ini bisa dipetik dan dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk tiket masuk. Traveler cukup membayar Rp 10.000 untuk satu orang. Namun, jika ingin memetik berbagai jenis buah, Anda harus menambah biaya lagi. Ketentuan harga tersebut akan dijelaskan di bawah ini secara lengkap.

Informasi Umum Kusuma Agrowisata

Kusuma Agrowisata
Source : https://indonesiatraveler.id/

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini, ketahui terlebih dahulu mengenai informasi pentingnya agar tidak ada kesalahan saat berkunjung. Berikut daftar informasi-informasi tersebut!

  • Lokasi wisata: Jl. Abdul Gani Atas, Desa Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65311.
  • Jam buka: dari pukul 07.00 – 18.00 WIB/ setiap hari.
  • Tiket:
  • Harga tiket masuk ayo petik jambu: Rp25.000
  • Harga tiket masuk ayok petik jeruk: Rp35.000
  • Harga tiket masuk ayok petik apel: Rp60.000
  • Harga tiket masuk ayok petik naga: Rp60.000
  • Harga tiket masuk ayok petik strawberry: Rp75.000

Tiket itu sudah termasuk petik buah yang Anda inginkan, makan sepuasnya, beberapa olahan buah, dan juga akses masuk wahana waterpark bagi wisatawan yang ingin bermain air. Untuk biaya adventure game, pengunjung harus membayar biaya tambahan sesuai permainan yang mereka pilih.

Baca Juga : 33 Tempat Wisata di Kota Batu Paling Keren

Rute Perjalanan Kusuma Agrowisata

Rute Perjalanan Kusuma Agrowisata
Source : https://www.travelloratour.com/

Rute perjalanan untuk ke destinasi wisata ini sebenarnya tidak terlalu susah. Apalagi sekarang sudah ada aplikasi Google Maps yang akan membantu perjalanan Anda semakin lancar. Tinggal arahkan Google Maps ke Kawasan Wisata Kusuma Agro saja lalu ikuti petunjuknya.

Jika Anda melewati tol Karangploso, telusuri jalan keluar tol tersebut, karena tempat wisata ini tidak berada jauh dari lokasi exit tol. Wisatawan akan menempuh jarak sekitar 30 km dari exit tol.

Syarat Pengunjung Kusuma Agrowisata

Syarat Pengunjung Kusuma Agrowisata
Source : https://radarmalang.jawapos.com/

Sama halnya dengan tempat wisata lain, di sini Anda juga harus mematuhi syarat-syarat yang berlaku agar tidak terjadi masalah saat berlibur di objek wisata ini. Berikut daftar  syarat-syaratnya!

  • Pengunjung wajib mematuhi protokol kesehatan 5 M.
  • Memiliki aplikasi PeduliLindungi atau sertifikat vaksin sebagai bukti sudah melakukan vaksinasi.
  • Memilih tiket sesuai dengan keinginan. Dari awal masuk lahan parkir, Anda bisa memberitahu satpam apa yang Anda ingin lakukan di tempat wisata ini, karena jika pengunjung ingin menginap, area parkirnya berbeda.

Fasilitas Kusuma Agrowisata

Fasilitas Kusuma Agrowisata
Source : https://www.traveloka.com/

Untuk mendukung aktivitas pengunjung di area tempat wisata. fasilitas Kusuma Agrowisata Batu sangat baik, dengan toilet umum, tempat parkir, mushola, dan sebagainya. Selain itu, tempat ini menawarkan penginapan bagi pengunjung yang memilih untuk menginap atau berasal dari luar kota.

Penginapan yang terkenal dengan nama Kusuma Agrowisata Resort and Convention Hotel ini terdiri dari hotel dan villa. Jika menginap di hotel, Anda akan mendapatkan tiket gratis ke kawasan wisata panen buah serta waterpark. Ini menjadi keuntungan tersendiri karena tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.

Ini akan menjadi liburan yang tak terlupakan dengan pengalaman baru. Bawa keluarga atau teman bersama untuk berwisata ke tempat ini. Nikmati suasana sejuknya agar bisa merelaksasikan pikiran dari pekerjaan sehari-hari.

Baca Juga : Pilihan Rekreasi Terbaik di Jatim Park 3

Wahana Kusuma Agrowisata

Bukan hanya penuh dengan kebun buah-buahan, tempat wisata ini juga menyediakan wahana bermain yang tak kalah menariknya. Jika Anda ingin mengunjungi objek wisata ini, ketahui terlebih dahulu mengenai wahana-wahana yang tersedia di dalamnya!

1. Waterpark

Waterpark
Source : https://www.mesikapw.com/

Wahana pertama, yakni waterpark. Tempat ini sudah menjadi salah satu wahana menarik di Kusuma Agrowisata Malang. Banyak pengunjung menjadikannya sebagai destinasi favorit saat berkunjung ke objek wisata ini karena suasana sejuk. Waterpark ini cocok untuk anak-anak yang senang bermain air.

Kusuma Agrowisata Waterpark menawarkan berbagai wahana air, antara lain Racer Slide, Body Slide, Pemandian Anak, Pemandian Air Hangat, Kolam Arus, dan Family Slide. Ini sangat mendukung cuaca di sekitarnya. Pasti sangat menyenangkan jika berenang sambil menikmati pemandangan di sekelilingnya.

2. Kolam Apel

Kolam Apel
Source : https://travel.detik.com/

Kolam apel, sebenarnya wahana ini tidak memiliki arti seperti namanya. Bukan berarti Anda akan berenang di kolam yang penuh apel. Di sini, anak-anak wisatawan bisa bermain dan berenang, karena kolam ini memang khusus untuk anak-anak dengan fasilitas cukup banyak.

Adapun beberapa fasilitas di kolam apel ini, seperti pancuran air, ember tumpah, dan juga perosotan mini. Selain itu, kola mini juga tidak terlalu dalam, sehingga akan sangat aman bagi anak-anak yang ingin bermain. Di sekeliling kolam, bisa melihat banyak patung menyerupai bentuk buah dengan desain lucu.

Baca Juga : Pilihan Permainan Paling Menyenangkan ya di Jatim Park 1 Aja

3. Kolam Buah Naga

Kolam Buah Naga
Source : https://m.merdeka.com/

Selanjutnya, yakni kolam buah naga. Ini merupakan sebuah kolam arus yang bisa Anda gunakan untuk bersantai sembari menikmati waktu liburan dengan nyaman. Di sini juga tersedia ban pelampung agar wisatawan lebih mudah mengikuti arus di kolam sambil santai.

Untuk kedalaman kolamnya sendiri yakni sekitar 1 meter, sehingga cocok bagi orang dewasa. Sedangkan rutenya sendiri berada mengelilingi kolam apel. Ini akan memberi pengalaman bermain air yang baru dan menyenangkan tentunya.

4. Kolam Kopi

Kolam Kopi
Source : https://malangvoice.com/

Cuaca dingin di Kota Batu, sebaiknya dinetralkan dengan hal-hal yang hangat seperti di kolam kopi ini. Ini merupakan sebuah wahana kolam dangkal yang berisi air hangat. Dijamin, aktivitas Anda saat bermain di air akan terasa lebih menyenangkan. Bahkan, air hangat ini bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Untuk wisatawan yang tidak membawa baju renang atau perlengkapan lain, tidak perlu khawatir karena tempat wisata ini sudah menyediakan penyewaan peralatan renang agar aktivitas bermain air menjadi mudah. Selain itu, fasilitas di sini juga sangat memadai, pengunjung dijamin tidak akan cepat bosan.

5. Wahana Seluncuran

Wahana Seluncuran
Source : https://www.hargatiket.net/

Jika belum puas dengan wahana tadi, Anda bisa mencoba seluncuran yang tersedia di tempat wisata ini. Wahana tersebut berbentuk jeruk dengan dua seluncuran racer slide sangat cocok untuk dijadikan sebagai objek balapan bersama teman.

Kemudian, ada wahana jambu yang memiliki perosotan body slide berkelok-kelok. Kedua wahana tadi bermuara di kolam dengan kedalaman 1-1,5 meter. Jadi, cocok untuk dinikmati oleh pengunjung dewasa dan remaja. Selain itu, ada wahana lain bisa Anda gunakan agar kegiatan bermain air lebih asyik.

Itu tadi informasi lengkap yang bisa Anda ketahui berkaitan dengan tempat wisata Kusuma Agrowisata. Memberi pengalaman liburan baru kepada anak-anak sembari memperkenalkan berbagai jenis buah-buahan menjadi salah satu alternatif agar mereka mampu belajar hal baru di luar pendidikan formal.

Tinggalkan komentar