Surabaya tidak hanya terkenal karena menjadi kota yang padat dan panas, namun juga sebagai aneka ragam tempat wisata menarik bagi masyarakat. Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi oleh wisatawan adalah Mangrove Tour Wonorejo yang menampilkan wisata alam hutan bakau nan asri.

Informasi Umum Mangrove Tour Wonorejo

Informasi Umum Mangrove Tour Wonorejo
Source: https://cdn2.tstatic.net/tribunjatimwiki/foto/bank/images/ekowisata-mangrove-wonorejo.jpg

 

Sebelum mengetahui informasi penting mengenai tempat wisata ini, Anda perlu tahu secara umumnya terlebih dahulu. Destinasi liburan ini mengkombinasikan tempat rekreasi dan edukasi kepada para wisatawan. Luas dari hutan bakau di sini sendiri sekitar 200 hektar.

Dengan luas tersebut, Anda bisa berkeliling cukup lama untuk menikmati keindahan hutan bakau yang ada di sekeliling tempat wisata. Di sini juga terdapat beragam spot foto instagramable yang akan membuat liburan menjadi tak terlupakan, apalagi jika berkunjung kesini bersama keluarga.

Untuk tempatnya sendiri sangatlah tertata rapi dan bersih, karena pemerintah menjaga dengan baik destinasi wisata ini. Sebagai pengunjung, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan menarik untuk mengisi waktu liburan agar tidak terlalu monoton serta menambah wawasan mengenai mangrove.

Jam Buka Mangrove Tour Wonorejo

Jam Buka Mangrove Tour Wonorejo
Source: https://bappedalitbang.surabaya.go.id/ecobis/upload/wisata/sejarah/detail_42_03.jpg

 

Sebelum berkunjung kesini, Anda perlu mengetahui kapan tempat wisata tersebut buka agar tidak terjadi kendala selama melakukan kunjungan nantinya. Apalagi sudah merencanakan semuanya sedari awal. Ekowisata ini buka dari pukul 08.00 hingga 15.00 WIB selama setiap hari.

Anda dapat berkunjung di pagi hari agar suasananya terasa lebih sejuk dan udara masih sangat bersih. Selain itu, bisa menikmati keindahan hijaunya hutan bakau sambil merasakan sejuknya angin sepoi-sepoi dari pantai.

Anda juga dapat melakukan kunjungan di sore hari untuk melihat suasana senja di mana langit secara  keseluruhan berwarna oranye cantik. Supaya bisa mengabadikan momen tersebut, jangan lupa membawa kamera atau smartphone untuk mengambil banyak gambar sebagai kenang-kenangan.

Harga Tiket Masuk Mangrove Tour Wonorejo

Harga Tiket Masuk Mangrove Tour Wonorejo
Source: https://sewabussurabaya.com/wp-content/uploads/2019/08/tiket-Hutan-Mangrove-Wonorejo.jpg

 

Informasi berikutnya yang perlu Anda ketahui berkaitan dengan HTM atau Harga Tiket Masuk yang harus dibayarkan jika ingin berkunjung ke tempat wisata ini. Sebenarnya, wisatawan tidak perlu membayar biaya masuk alias gratis. Jadi, tidak perlu lagi menyiapkan uang banyak untuk liburan.

Namun, jika ingin menikmati fasilitas lain agar liburan menjadi lebih seru dan menyenangkan, Anda bisa menaiki perahu dewasa dan anak-anak. Besaran biayanya tentu berbeda-beda. Perahu Dewasa dikenakan tarif sebesar Rp25.000, sedangkan anak-anak Rp15.000.

Jika tidak ingin menggunakan fasilitas tersebut, Anda bisa berkeliling di hutan bakau. Ini menjadi solusi terbaik liburan bersama keluarga di akhir pekan tanpa harus menghabiskan terlalu banyak biaya, bahkan bisa mengajak keluarga besar nantinya.

Fasilitas di Mangrove Tour Wonorejo

Fasilitas di Mangrove Tour Wonorejo
Source: https://3.bp.blogspot.com/-LA0OeYJcwKc/Vqwj5neFEVI/AAAAAAAAHoo/XMxgIFYQ8Sw/s640/3558561_20130502111616.jpg

 

Walaupun hanya kawasan ekowisata, tempat ini menyediakan fasilitas pendukung bagi wisatawan yang berkunjung. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi jika ingin menghabiskan waktu liburan akhir pekan di sini. Adapun beberapa fasilitas yang tersedia, seperti mushola, toilet, dan area parkir luas.

Tidak hanya itu saja, di sini terdapat beberapa kios makanan dan restoran yang menyediakan berbagai menu pilihan dengan cita rasa khas kota Surabaya. Untuk hanya sendiri sudah sangat terjangkau, jadi Anda tidak perlu khawatir lagi kalau ingin mengisi perut kosong di tempat ini.

Bukan hanya tersedia restoran saja, tempat ini juga menyediakan toko souvenir yang menjual oleh-oleh berupa kerajinan tangan warga sekitar, seperti sirup mangrove, batik mangrove, dan banyak lainnya. jadi, bisa membawa buah tangan tanpa harus berpindah tempat.

Daya Tarik Mangrove Tour Wonorejo

Daya Tarik Mangrove Tour Wonorejo
Source: https://asset.kompas.com/crops/5eRy7uqxKR0MIt59iXiCTpWsFr4=/0x0:6720×4480/750×500/data/photo/2022/02/18/620f20f9e33ad.jpg

 

Mengingat banyaknya pengunjung yang merekomendasikan tempat wisata ini, sudah pasti ada daya tarik sendiri yang membuat destinasi ini terkenal. Lalu, apa saja daya tarik tersebut? Bagi Anda yang ingin berkunjung, perlu mengetahui informasi ini secara lengkap!

1. Dermaga dan Wisata Perahu

Supaya liburan Anda ke tempat ini terasa lebih bermakna, coba manfaatkan fasilitas perahu untuk berkeliling hutan bakau menggunakan transportasi air tersebut. Perahu ini akan menempuh perjalanan sekitar 5 km dengan waktu tempuh selama 15 menit. Jangan lupa membawa kamera untuk menyimpan kenangan selama liburan.

Pemandangan selama menaiki perahu akan membuat Anda terpesona karena keindahannya. Bahkan, jika beruntung, pengunjung bisa menemukan beberapa satwa yang hidup di sekitar hutan bakau. Setelah selesai berkeliling, wisatawan akan turun di dermaga yang dekat dengan laut.

2. Ekosistem Bakau

Daya tarik kedua dari tempat wisata ini adalah ekosistem bakaunya. Seperti yang sudah Anda ketahui, eksistensi hutan bakau sangatlah penting sebagai pemasok terbanyak oksigen. Tak heran jika di semua penjuru perairan di Indonesia tanaman ini selalu ada karena dapat memberi manfaat besar bagi sekitarnya.

Anda bisa menikmati keindahan tanaman bakau sembari berkeliling melalui jembatan kayu. Tidak hanya itu, tempat ini juga cocok sebagai wadah edukasi bagi anak-anak, karena mereka dapat melihat 30 spesies binatang yang ada di sekitar hutan mangrove jika beruntung. Perlu diingat, semua satwa tersebut dilindungi, jadi jangan sampai membuat kegaduhan.

3. Jogging Track

Daya tarik berikutnya dengan adanya jogging track yang bisa Anda gunakan untuk olahraga jogging. Track ini terbuat dari kayu yang pastinya sudah sangat aman jika dilalui oleh wisatawan yang berolahraga di atasnya. Jadi, tidak perlu khawatir lagi kalau ingin olahraga sambil menikmati pemandangan.

Tidak hanya ditemani dengan pemandangan hijau di sekitar saja, selama jogging Anda juga akan mendengarkan kicauan burung yang ikut serta menemani. Dari pengalaman tersebut, sudah pasti liburan wisatawan tidak akan terasa menonton, bahkan terasa lebih bermakna karena pengalaman serunya banyak.

Alamat Menuju Mangrove Tour Wonorejo

Jika Anda berkeinginan untuk berkunjung ke sini, perlu mengetahui terlebih dahulu lokasi dari Mangrove Tour Wonorejo supaya tidak tersesat selama perjalanan. Ekowisata ini berada di Jl Raya Wonorejo No.1, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Aksesnya cukup mudah bagi pengendara roda dua atau empat. Namun, tetap pastikan kendaraan prima untuk menghindari kendala selama perjalanan.

Rute Menuju Mangrove Tour Wonorejo

Rute Menuju Mangrove Tour Wonorejo
Source: https://goo.gl/maps/FtvFwKd6VPpEs2XE8

 

Rute menuju tempat wisata ini sangatlah mudah bahkan bagi pengunjung yang dari luar kota. Anda bisa memanfaatkan keberadaan aplikasi Google Maps yang ada di smartphone untuk menentukan rute cepat dan akurat untuk meminimalisir terjadinya kendala seperti tersesat.

Anda juga bisa menggunakan fitur gps yang ada di dashboard mobil. Nantinya fitur tersebut akan menunjukkan rute menuju tempat wisata secara lengkap. Wisatawan juga dapat memanfaatkan keberadaan transportasi umum yang beroperasi di sekitar taman wisata.

Jika Anda bergerak dari pusat kota atau Tugu Pahlawan Surabaya, jarak tempuh menuju tempat wisata ini adalah 16.7 km dengan waktu tempuh sekitar 41 menit menggunakan kendaraan roda empat. Namun, waktu tersebut tergantung kondisi jalanan, jadi berbeda-beda setiap wisatawan.

Demikianlah informasi berkaitan dengan ekowisata Mangrove Tour Wonorejo sebagai tempat rekreasi dan menambah wawasan tentang tanaman bakau. Semoga artikel di atas dapat memberi informasi secara lengkap kepada pembaca mengenai tempat wisata tersebut.

Bagikan: