Unik dan Menarik, Inilah Tempat Wisata Museum D’Topeng di Kota Batu

Waktu liburan sudah datang, apakah Anda telah merencanakannya bersama keluarga? Jika bingung, mungkin Museum D’Topeng yang ada di Kota Batu bisa dijadikan sebagai rekomendasi. Di sini, keluarga dapat belajar mengenai hal baru yang dapat memberi pengalaman wisata menyenangkan.

Museum D’Topeng Kota Batu

Museum DTopeng
Source : https://www.reddoorz.com/

Museum D’Topeng bisa Anda jadikan sebagai rekomendasi untuk berlibur bersama keluarga. Di sini tersedia banyak area edukasi yang dapat mengajarkan pengunjung mengenai seni, sehingga cocok apabila ingin mengajak seluruh anggota keluarga terutama anak-anak agar mereka mendapat ilmu baru.

Adapun beberapa karya seni yang tersedia dan bisa pengunjung lihat di sini, seperti topeng, Al-Qur’an dengan usia 400 tahun lebih, patung pewayangan, serta masih banyak Lainnya. Selain itu, harga tiket masuk di tempat ini juga sangat terjangkau, jadi tidak akan menguras dompet Anda selama liburan.

Untuk akses ke tempat wisata ini sendiri tentunya sudah sangat bagus, jadi Anda tidak perlu khawatir lagi apabila ingin membawa kendaraan pribadi. Sekarang, tinggal menikmati liburan menyenangkan di Kota Batu khususnya di Museum D’Topeng ini.

Informasi Umum Museum D’Topeng

Museum DTopeng
Source : https://mongotrip.com/

Sebelum berlibur ke tempat ini, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu informasi penting mengenai Museum D’Topeng. Tujuannya adalah agar lebih bersiap-siap, sehingga tidak terjadi kendala nantinya. Informasi tersebut berkaitan dengan lokasi, jam buka, dan tike. Berikut ini daftar info-infonya!

  • Lokasi wisata: Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Desa Ngaglik, Kota Batu, Malang, Jawa Timur.
  • Jam buka: dari pukul 12.00 – 20.00 WIB.
  • Tiket: (Weekday dan Weekend)
  • Harga tiket masuk: Rp 25.000 (Weekday) dan Rp 30.000 (Weekend).
  • Harga tiket masuk Museum Angkut + Movie Star Studio: Rp50.000 (Weekday) dan Rp75.000 (Weekend).
  • Harga tiket masuk terusan Museum Angkut + Movie Star Studio & D’Topeng Kingdom: Rp60.000 (Weekday) dan Rp85.000 (Weekend).

Rute Perjalanan Museum D’Topeng

Rute Perjalanan Museum D’Topeng
Source : https://kabarinews.com/

Sebenarnya, rute perjalanan dari lokasi mana pun ke Museum ini cukup mudah. Apalagi sekarang sudah tersedia aplikasi Google Maps yang akan membantu perjalanan Anda kemanapun tanpa tersesat. Selain itu, akses jalannya juga sangat bagus, jadi tidak perlu khawatir mengenai kondisinya.

Namun, jika Anda ingin menggunakan angkutan umum, pastikan untuk menuju ke Terminal Batu terlebih dahulu. Selanjutnya, naiklah angkutan umum berwarna merah merah jingga dengan kode BNK. Nantinya, angkutan ini akan membawa penumpang secara langsung melewati Museum D’Topeng.

Pastikan juga barang bawaan Anda sudah terpenuhi dengan perlengkapan anggota keluarga, seperti obat-obatan dan lainnya. Tujuannya adalah agar nanti tidak terjadi kendala atau masalah selama liburan berlangsung.

Baca Juga : Coban Talun Tempat Wisata Dengan Nuansa Alam

Syarat Pengunjung Museum D’Topeng

Syarat Pengunjung Museum D’Topeng
Source : https://www.faisol.id/

Walaupun baru, museum ini juga sudah menjalankan syarat yang harus pengunjung penuhi jika ingin berkunjung ke tempat ini. Untuk itu, pastikan terlebih dahulu persediaan tersebut telah Anda siapkan jauh-jauh hari. Berikut ini daftar syarat-syarat kunjungannya!

  • Harus mematuhi protokol kesehatan 5 M.
  • Pengunjung wajib memiliki aplikasi PeduliLindungi di smartphone mereka sebagai bukti telah melakukan vaksinasi.
  • Pembelian tiket bisa pengunjung lakukan secara online atau melalui loket pembelian tiket secara langsung.
  • Di sini, Anda tidak diperkenankan membawa bekal, karena sudah tersedia area untuk makan dan minum. Kecuali makanan bayi dan khawatir tidak tersedia di tempat wisata

Fasilitas Museum D’Topeng

Fasilitas Museum D’Topeng
Source : https://pergiyuk.com/

Sebenarnya, Museum D’Topeng ini merupakan koleksi pribadi yang dimiliki oleh Elly Tumiwa dan suaminya yang bernama Reno Halsamer. Sudah bisa Anda pastikan alih fungsinya menjadi objek wisata ini masih cukup baru. Namun, pengunjung tidak perlu khawatir mengenai fasilitas di dalamnya.

Fasilitas di dalamnya sudah lengkap juga cukup bagi para pengunjung, seperti toilet, mushola, bahkan tempat untuk beristirahat serta rumah makan untuk melengkapi waktu Anda berjalan-jalan di dalam area Museum D’Topeng ini. Selain itu, kebersihan dan pelayanannya juga sangat terjamin.

Hal tersebut terjadi karena museum ini sudah memiliki taraf internasional, sehingga kenyamanan pengunjung menjadi prioritas utama staf di dalam tempat wisata. Bagi Anda yang berasal dari luar kota, bisa menginap di beberapa tempat penginapan di dekat wisata ini, jadi tidak perlu jauh-jauh mencari.

Daya Tarik Wahana Museum D’Topeng

Bagi para pecinta seni, mungkin ini bisa Anda masukkan ke dalam list tempat yang akan dikunjungi saat liburan. Di dalamnya berisi berbagai karya seni yang akan memenuhi rasa penasaran di dalam diri pengunjung. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, simak ulasan di bawah ini!

1. Berada di Satu Kawasan dengan Museum Angkut

Berada di Satu Kawasan dengan Museum Angkut
Source : https://www.reddoorz.com/

Jika ingin berkunjung ke tempat wisata lain setelah ke Museum D’Topeng, Anda tidak perlu lagi menggunakan transportasi pribadi maupun umum. Karena di kawasan ini masih ada Museum Angkut dan objek wisata lainnya yang pastinya akan memberikan kepuasan saat liburan bersama keluarga nantinya.

Di dalam Museum Angkut sendiri, banyak sekali zona yang tersedia, mulai dari kendaraan umum tradisional hingga modern, pesawat, dan juga edukasi untuk anak-anak. Selain itu, ada berbagai macam spot foto bisa Anda dapatkan agar bisa mengabadikan momen selama liburan.

Baca Juga : Taman Langit Kota Batu

2. 2000 Topeng di dalam Museum D’Topeng 

2000 Topeng
Source : https://www.rudihartoyo.com/

2000 topeng menjadi salah satu area yang harus Anda kunjungi jika berada di tempat wisata ini. Kemegahan topeng yang tertata secara rapi akan membuat pengunjung terpesona juga terkagum. Topeng-topeng tersebut juga berasal dari berbagai daerah di seantero Nusantara.

Keunikan lain pada topeng juga terlihat dari perbedaan desain dan tampilannya. Bagi Anda pecinta karya seni pasti tidak akan melewati kesempatan ini. Selain itu, ada juga artefak lain yang bisa pengunjung temui, seperti batik, keris, patung, dan masih banyak lainnya, pastinya tidak membosankan.

3. Berbagai Macam Artefak

Berbagai Macam Artefak
Source : https://www.reddoorz.com/

Pemilik Museum ini sudah mengumpulkan banyak barang-barang antik sejak 25 tahun lalu, sehingga tak heran jika koleksinya juga sangat banyak. Ada berbagai macam artefak cantik juga unik akan menemani waktu berkeliling pengunjung di area ini. Dijamin, wisatawan tidak merasa bosan sedikit pun.

Di sini, pengunjung bisa memenuhi rasa penasaran terhadap karya seni yang mungkin belum mereka ketahui. Apalagi wisata ini penuh dengan edukasi baru untuk menambah pengetahuan terhadap beberapa hal yang berasal dari Kalimantan, Sulawesi, Papua, Jawa Timur, dan juga NTB.

4. Barang Langka

Barang Langka
Source : https://travelwithemil.blogspot.com/

Di tempat ini, ada barang langka yang pastinya akan membuat pengunjung kagum saat melihatnya, yaitu Al-Qur’an berusia 400 tahun lebih. Di sini, pengunjung bisa belajar banyak hal mengenai warisan budaya Indonesia, serta mempelajari sejarah Islam yang berada di Indonesia terutamanya.

Ini akan menjadi pengalaman baru bagi para pengunjung muslim apabila mengetahui keberadaan peninggalan Al-Qur’an tersebut. Selain itu, daya tarik ini bisa meningkatkan rasa keimanan dalam diri agar bisa terus berada di jalan yang benar serta diridhoi oleh Tuhan yang Maha Esa.

Itu tadi ulasan lengkap mengenai tempat wisata Museum D’Topeng yang bisa Anda jadikan sebagai rekomendasi untuk pergi liburan bersama keluarga atau teman. Nikmati perjalanan menyenangkan  dengan pengalaman berwisata baru karena akan ada banyak ilmu dapat dipelajari.

Tinggalkan komentar