Wisata Edukasi Museum Gubug Wayang Mojokerto

Jika mau habiskan waktu liburan, terdapat sebuah wisata edukasi dengan nama Museum Gubug Wayang Mojokerto. Lokasinya pun juga tak terlalu jauh dari alun-alun. Tentunya membuat siapapun mereka tertarik untuk menguranginya.

Sekilas Tentang Museum Gubug Wayang

Sekilas Tentang Museum Gubug Wayang Mojokerto
Source : https://gubug-wayang.com/

Museum Gubug Wayang Mojokerto didirikan oleh Yansen Project Indonesia karena merupakan wujud rasa peduli mereka terhadap seni dan budaya. Alhasil mampu memberikan semangat bagi kawula muda untuk menjaga beserta melestarikan kebudayaan dalam negeri.

Koleksi dalam Museum tersebut juga lumayan banyak yaitu meliputi dari berbagai macam wayang. Kemudian juga terdapat pusaka asli Indonesia, alat musik tradisional, topeng dan lain sebagainya. Pembangunannya sendiri dengan tujuan agar masyarakat jauh lebih mengenal seni Indonesia.

Bisa dibilang menjadi salah satu pilar seni dan juga budaya Indonesia dengan menghadirkan berbagai macam keragaman Nusantara. Kemunculan museum tersebut pastinya punya peranan penting untuk membangun pendidikan karakter dari anak-anak muda.

Informasi Menuju Museum Gubug Wayang 

Informasi Menuju Museum Gubug Wayang Mojokerto
Source : https://1.bp.blogspot.com/

Apabila Anda memutuskan untuk berkunjung ke Mojokerto, maka jangan pernah melewatkan museum gubuk wayang ini ya. Termasuk ke dalam salah satu wisata edukasi kekinian, menjadikan banyak kaum milenial tertarik berkunjung ke sana.

  • Alamat lengkap : Jalan RA Kartini No. 23, Kelurahan Kauman, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto.
  • Harga tiket masuk : Bagi pelajar sekitar Rp25.000, untuk umum Rp30.000.
  • Jam operasional :Buka pada selesai sampai Minggu, pukul 09.00-17.00 Waktu Indonesia Barat.

Destinasi wisata seperti ini memang sangat terkenal nyaman. Mampu menyediakan banyak spot foto menarik dan tentunya cocok sekali dengan selera anak-anak muda saat ini. Apalagi ternyata juga terdapat tour guide yang mampu menjelaskan berbagai macam hal.

Rute Perjalanan Menuju Museum Gubug Wayang 

Rute Perjalanan Menuju Museum Gubug Wayang Mojokerto
Source : https://cdn.idntimes.com/

Mengenai rute perjalanan menuju Museum Gubug Wayang Mojokerto sebetulnya sangat mudah sekali Anda pahami. Meskipun untuk pemula yang belum pernah datang ke kawasan tersebut. Nantinya seluruh pengunjung hanya perlu ikuti segala macam rutenya agar tak kesasar.

Jika keberangkatan Anda dari pusat kota, maka bisa mengambil arah ke Jalan Gajah Mada. Kemudian apabila sudah menemukan perempatan yang dekat dengan Kue Balok Parikesit Mojokerto. Harus segera belok ke Jalan Residence Pamuji.

Nantinya seluruh pengunjung hanya tinggal lurus saja sampai masuk ke Jalan J.A Suprapto. Setelah itu barulah ke kanan ke Jalan Brawijaya. Kemudian akan ada belokan arah Jalan Kartini, maka Anda pun sudah bisa melihat destinasi edukasi Museum Gubug Wayang.

Beberapa Tips Saat Berlibur ke Museum 

Beberapa Tips Saat Berlibur Ke Museum Gubug Wayang Mojokerto
Source : https://1.bp.blogspot.com/

Ketika memutuskan untuk berkunjung ke salah satu destinasi wisata, apalagi itu merupakan museum edukasi. Tentunya, perlu memperhatikan beberapa tips agar tak mendapatkan masalah. Karena rekreasi itu ingin melepaskan penat bukan.

  • Contohnya saja, saat berlibur menuju museum jangan pernah mengotori destinasi wisatanya. Inilah kenapa terdapat beberapa peraturan jika para pengunjung tak boleh membawa makanan masuk. Boleh saja memakan bekal tapi berada di luar area museumnya.
  • Kemudian pastikanlah untuk tak berlarian pada destinasi museum wayang. Karena banyak sekali barang-barang kesenian dan budaya. Jadi takutnya tersenggol dan malah merusaknya, hal seperti ini perlu diperhatikan oleh para orang tua jika membawa anak kecil.
  • Ketika memutuskan berkunjung bersama rombongan maka alangkah baiknya membagi beberapa kelompok. Agar, saat jalan-jalan di dalam museum tak tersesat dan bisa keluar dari area tersebut secara bersamaan.
  • Jangan pernah merusak fasilitas yang ada di sana. Karena pelayanan tersebut merupakan penunjang tambahan dari seluruh wisatawan.
  • Jika berangkat dari luar kota, pastikanlah telah mempersiapkan diri. Contohnya seperti membawa pakaian ganti, peralatan mandi dan tubuh harus fit.
  • Jika ingin jauh lebih hemat lebih baik melakukan pembekalan dari rumah. Yaitu dengan membawa nasi, sayur-sayuran dan lauk pauk agar bisa dimakan saat istirahat perjalanan.

Beragam Fasilitas Dalam Museum Gubug Wayang

Beragam Fasilitas
Source : https://1.bp.blogspot.com/

Fasilitas-fasilitas dari destinasi wisata ini sendiri terbilang cukup menarik. Mungkin sebagian orang jika hanya melihat-lihat saja pasti tak akan memahami asal dari koleksi wayang, peralatan musik dan lain sebagainya.

Namun, pihak pengelola sendiri telah menyediakan para pemandu. Nantinya mereka ini memiliki tugas untuk menjelaskan berbagai macam wayang-wayang dan peninggalan seni tersebut. Dengan demikian tak perlu lagi cemas akan hal itu.

Memiliki lahan parkir yang sangat luas jadinya seluruh pengunjung bisa memarkirkan kendaraan mereka secara leluasa. Kemudian, karena menghabiskan banyak waktu pada area museum tentu pihak pengelola pun menyediakan toilet umum.

Beberapa Daya Tarik Museum Gubug Wayang

Beberapa Daya Tarik
Source : https://assets.promediateknologi.com/

Setelah memahami beberapa informasi di atas, sebetulnya untuk museum edukasi ini memiliki daya tarik tersendiri. Karena tentu saja, hal tersebut juga menjadi salah satu teknik dalam menarik banyak pengunjung. Dengan demikian, bisa langsung ikuti struktur penjelasan berikut:

1. Menjadi Kebanggaan Dari Warga Mojokerto

Daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh museum gubug wayang tersebut adalah merupakan kebanggaan dari masyarakat Mojokerto. Seluruh koleksi wayang dari berbagai macam daerah betul-betul tertata dengan rapi. Bahkan juga ada keterangan lengkap dari masing-masing tipe koleksinya.

Uniknya lagi adalah bangunan dari museum tersebut memang betul-betul menarik dan cocok sekali menjadi spot foto. Awal peresmiannya sendiri dilakukan oleh seorang seniman terkenal dari tanah air yaitu Drs Suyadi yang lebih terkenal sebagai Pak Raden.

2. Memiliki Koleksi yang Sangat Lengkap

Apabila melihat dari tiket masuknya yang dibanderol sekitar Rp30.000 per orang. Nominal tersebut cukup sepadan apabila Anda membandingkannya dengan koleksi-koleksi dalam museum tersebut. Seluruh pengunjung pun bisa mengumpulkan banyak sekali informasi lengkap.

Misalnya saja dari seni ataupun budaya kawasan barat hingga ke timur Nusantara. Karena pastinya pada beberapa daerah itu memiliki jenis topeng, wayang kulit berbeda-beda. Alhasil mampu menambah wawasan.

3. Terdapat Patung Wayang di Pintu Masuk

Saat masuk ke area gerbang, maka seluruh pengunjung akan melihat patung wayang. Bahkan langsung disuguhkan dengan pemandangan seperti auditorium terbuka namun punya ukuran mini. Sering menjadi lokasi untuk pentas seni dalam menyambut tamu undangan.

Perlu sekali Anda pahami ya, para wisatawan ini wajib untuk mengenakan alas kaki seperti sandal. Sasaran tersebut juga telah dipersiapkan oleh pihak pengelola. Kebijakan seperti ini guna untuk bisa menjaga kebersihan area museum tersebut.

4. Seperangkat Gamelan Lengkap

Sebetulnya bukan hanya wayang saja, namun museum ini juga telah memiliki beberapa jumlah koleksi gamelan. Karena menjadi salah satu alat musik tradisional tentu saja tak akan ketinggalan menjadi salah satu barang pameran pada museum tersebut.

Uniknya lagi adalah ternyata koleksi senjata tradisional pun juga mudah Anda temui. Contohnya seperti keris dan juga tombak. Semuanya tercatat dengan rapi dan menyesuaikan dengan masing-masing jenisnya.

5. Koleksi Wayang Tokoh Dunia

Kemudian keunikan lain yang bisa Anda temui adalah ternyata koleksi dari wayangnya itu terbilang banyak sekali. Bahkan sampai ada beberapa jenis penataannya pada bagian lantai serta sengaja mendesainnya berjenjang sampai menyentuh langit-langit.

Tentu saja dengan biaya tiket yang sangat terjangkau, Anda bisa sepuasnya menikmati keindahan koleksi-koleksi sendiri dan budaya dari negara Indonesia. Hal tersebut juga sangat cocok sekali jika menjadi salah satu tempat rekreasi untuk anak sekolahan.

Itulah sekilas tentang bagaimana keunikan dan keseruan ketika berkunjung ke Museum Gubug waya Wayangng Mojokerto. Pastikanlah Anda telah mempersiapkan diri untuk datang ke lokasi rekreasi tersebut.

Tinggalkan komentar