Mengenal Hewan di Museum Satwa Kota Batu

Mungkin akan sulit bagi Anda untuk mengetahui bagaimana bentuk hewan purba yang ada di zaman dahulu, namun tenang saja. Kini semua orang bisa mengetahuinya melalui replika yang tersedia di tempat wisata Museum Satwa di Kota Batu.

Museum Satwa

Museum Satwa
Source : https://cdn.nativeindonesia.com/

Museum satwa merupakan sebuah museum yang memiliki taraf internasional dan memiliki koleksi satwa lengkap dari zaman purba hingga saat ini. Ini merupakan pengalaman luar biasa karena Anda dan keluarga bisa mempelajari berbagai jenis hewan lintas generasi dengan baik.

Bacaan Lainnya

Ukuran satwa di dalamnya pun bermacam-macam, mulai dari hewan terkecil hingga yang paling besar, baik di darat, laut, hingga udara. Rasa  penasaran Anda akan terbayarkan setelah melihat beberapa koleksi cantik dari tempat ini. Jadi, sudah pasti tidak akan rugi ketika berlibur ke sini.

Selain itu, bukan hanya bisa melihat berbagai jenis satwa yang ada di berbagai dunia, Anda juga dapat melakukan beberapa aktivitas menarik di setiap areanya. Tentu hal ini akan memberi kenangan mengesankan saat liburan apalagi jika membawa keluarga bersama.

Baca Juga : 33 Pilihan Tempat Wisata di Kota Batu Jawa Timur yang Kece Abis!

Informasi Umum Museum Satwa

Informasi Umum Museum Satwa
Source : https://i2.wp.com/

Sebelum melakukan rekreasi ke tempat ini, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu beberapa informasi mengenai lokasi wisata, jam buka, dan juga besaran harga tiketnya agar tidak terjadi kendala nantinya. Berikut ini daftar informasi-informasi tersebut!

  • Lokasi wisata: Jl. Oro-oro Ombo No.9A, Desa Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.
  • Jam buka: mulai dari pukul 09.00 – 18.00 WIB pada hari Senin-Jumat. Sedangkan pada akhir pekan dan hari libur buka pukul 10.00 – 18.00 WIB.
  • Tiket: Rp30.000/orang

Anda bisa melakukan pemesanan tiket melalui online atau loket di tempat wisata secara langsung. Anak yang memiliki tinggi di atas 85 cm harus mempunyai tiket sendiri. Selain itu, anak berusia di bawah 12 tahun boleh memasuki area wisata apabila orang tua telah melakukan vaksinasi.

Lokasi Wisata di Google Maps >> https://goo.gl/maps/z2cxXX8xmvGJGHFo7

Rute Perjalanan Museum Satwa

Rute Perjalanan Museum Satwa
Source : https://cdn.nativeindonesia.com/

Rute perjalanan ke tempat ini sebenarnya tidak terlalu sulit, selain itu aksesnya juga sangat mudah. Jika Anda bergerak atau memulai perjalanan dari kota Malang, maka membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menit hingga sampai ke kota wisata Batu.

Jika menggunakan angkutan umum dari Terminal Batu, Anda harus menempuh jarak sekitar 2 km saja. Sedangkan kalau bergerak dari pusat kota Batu, maka waktu tempuhnya hanya sekitar 20 menit. Ini tergantung pada kondisi jalan, apakah ada kemacetan atau tidak.

Syarat Pengunjung Museum Satwa

Syarat Pengunjung Museum Satwa
Source : https://i0.wp.com/

Sebelum mengunjungi tempat ini, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu mengenai syarat-syarat yang harus pengunjung penuhi. Berikut ini beberapa syarat-syarat berkunjung, yakni!

  • Pengunjung harus mematuhi dan melaksanakan prokes atau protokol kesehatan 5 M selama berada di area tempat wisata untuk mencegah adanya penyebaran penyakit covid.
  • Pengunjung wajib memiliki aplikasi PeduliLindungi di smartphone mereka sebagai bukti telah melakukan vaksinasi.

Untuk mengetahui informasi syarat-syarat lainnya dan lebih lengkap, sebaiknya hubungi langsung situs official Museum Satwa.

Fasilitas Museum Satwa

Fasilitas
Source : https://bacamalang.com/

Untuk menunjang kebutuhan pengunjung atau wisatawan yang berada di area tempat wisata, pengelola menyediakan banyak sekali fasilitas umum bagi mereka. Mulai dari mushola agar pengunjung lebih mudah beribadah, toilet, food court supaya bisa berwisata sambil berkuliner, dan area parkir luas.

Baca Juga : Eco Green Park Kota Batu

Ketika berlibur di sini, pasti Anda akan merasa nyaman dan aman dengan berbagai fasilitas yang tersedia. Selain itu, perut juga tidak terasa kosong atau lapar karena banyak makanan khas Jawa Timur di area Food Court. Siaplah menggoyang lidah karena cita rasanya yang sangat khas.

Daya Tarik Museum Satwa

Daya Tarik
Source : https://cdn.nativeindonesia.com/

Hal yang mungkin menjadi salah satu kesukaan banyak orang saat mengunjungi tempat ini karena daya tariknya. Ada beberapa spot yang mampu memberikan kesan tersendiri bagi para pengunjung. Jadi, tak heran jika wisatawan terus berdatangan dari waktu ke waktu. Berikut macam-macam daya tarik tersebut!

1. Sangkar Raksasa

Daya tarik pertama yang akan menyambut Anda saat memasuki area ini adalah Sangkar Raksasa. Penampilannya seperti tempat burung dengan ukuran fantastis. Mungkin pengunjung takjub ketika melihat sebesar apa sangkat itu nantinya.

Bukan hanya penampilannya saja yang menarik minat para pengunjung, namun juga hiasan mengelilingi tempat burung tersebut juga membuat siapapun terpukau. Bahkan, saking besarnya, sangkat ini menjadi salah satu yang terbesar di seluruh dunia.

2. Koleksi Satwa

Koleksi satwa menjadi daya tarik tersendiri yang mampu menarik minat para pengunjung. Ada banyak sekali jenis hewan ada di dalam area ini. Namun, perlu Anda ketahui terlebih dahulu kalau hewan-hewan tersebut hanyalah replika dan tidak hidup, jadi pengunjung tidak perlu takut ketika mengelilingi area ini.

Selain itu, penampakan nyatanya akan membuat Anda merasa senang sebab lingkungannya terlihat seperti habitat aslinya. Ini merupakan hewan yang sudah melalui proses pengawetan, sehingga penampilannya pun memberi kesan nyata. Adapun beberapa kelompok hewan, seperti predator, unggas, binatang air, kupu-kupu, dan juga reptil.

3. Area Edukatif

Bagi Anda yang berlibur bersama keluarga pasti cocok jika mengunjungi area edukatif ini. Adapun beberapa spot penting dapat dilihat dan dijumpai di tempat ini, seperti area pementasan Mayapada dan juga observasi. Di sini, wisatawan akan mengenal banyak hal serta pengetahuan baru secara langsung.

Di sini, wisatawan bisa mengenal berbagai jenis organ tubuh dari hewan mulai dari yang kecil seperti tikus dan katak hingga beberapa satwa lainnya. Mungkin materi ini sudah Anda dapatkan di sekolah, namun kesan belajar sambil berekreasi tentunya memberikan dampak berbeda ketika berkunjung.

4. Area Hewan Purba

Area selanjutnya yang pasti tak kalah menarik dari spot-spot sebelumnya yakni area hewan purba. Serunya belajar hal baru dan penampakan hewan yang tidak pernah diketahui dikemas dalam tampilan baik juga berkualitas. Walaupun satwa purba digambarkan menyeramkan namun di sini tidak.

Baca Juga : Batu Secret Zoo Kota Batu

Anda bisa melihat berbagai jenis hewan purba seperti Apatosaurus, Tyrannosaurus, Stegosaurus, serta juga Mammoth. Selain hewan-hewan tadi, di sini juga ada beberapa reptile raksasa, yaitu ular dengan ukuran yang luar biasa besar. Saat masuk ke tempat ini, pasti pengunjung akan takjub dan terpukau.

5. Desain Modern

Pengemasan area dan lokasi yang modern tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Semua isinya tertata secara baik dengan sajian serta tentunya modern. Selain itu, efek visual menyajikan tampilan kekinian dan kesan terbaik bagi mereka yang melihatnya.

Selain itu, ada beberapa film yang dikemas secara modern mengikuti perkembangan zaman. Isi dari film tersebut juga sangat edukatif dan akan memberi ilmu baru bagi para pengunjung. Ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengetahui dunia satwa lebih lanjut serta detail.

Itu tadi informasi lengkap berkaitan dengan tempat wisata Museum Satwa yang bisa Anda gunakan sebagai wadah edukasi untuk mengenal banyak hewan purba dan sekarang. Nikmati liburan bersama keluarga dengan mengukir pengalaman serta kenangan baru yang sangat berharga.