Berekreasi Sambil Belajar di Ngukir Wisata Alam Kota Batu

Ngukir Wisata Alam kota Batu menambahkan deretan tempat wisata yang membangun konsep alam untuk membantu masyarakat lokal dan luar agar bisa melestarikannya. Ini juga menjadi tempat yang cocok jika ingin berlibur bersama keluarga karena dapat dijadikan sebagai wadah edukasi pertanian.

Ngukir Wisata Alam

Ngukir Wisata Alam
Source : https://sgp1.digitaloceanspaces.com/

Ngukir Wisata Alam adalah sebuah tempat wisata yang memiliki area sejuk dan juga sangat menyegarkan karena terletak di kota Batu. Tepatnya berada di tepian sungai. Ini cocok dijadikan sebagai tempat healing atau melepas penat setelah melakukan berbagai aktivitas padat sehari-harinya.

Selain itu, tempat ini juga identik dengan area hijau dengan pepohonan rindang di sekelilingnya. Pasti Anda akan betah berlama-lama berada di area ini karena semuanya tampak menyenangkan. Apalagi konsep tempat yang diambil berupa alam.

Untuk menikmati pemandangan lebih nyaman, pengelola setempat menyiapkan rumah yang terbuat dari pohon suren. Ini akan menjadi area wisata yang menarik dengan konsep natural dan juga modern. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan di tempat ini.

Informasi Mengenai Ngukir Wisata Alam

Informasi Mengenai Ngukir Wisata Alam
Source : https://www.javatravel.net/

Sebelum menuju ke tempat ini atau sedang merencanakannya, sebaiknya ketahui terlebih dahulu informasi penting mengenai destinasi wisata ini agar nanti tidak terjadi kendala. Untuk mengetahui lebih lanjutnya, simak ulasan di bawah ini dengan seksama!

  • Lokasi wisata: Dusun Ngukir, Desa Torongrejo, Kec. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur.
  • Jam buka: Setiap hari, 24 Jam.
  • Tiket masuk: Rp10.000

Harga tiket masuk tersebut tentunya bisa berubah sesuai dengan ketentuan dari pihak pengelola. Apalagi jika Anda ingin menikmati beberapa kegiatan memetik buah atau bercocok tanam. Pastinya akan ada tambahan biaya harus dibayarkan oleh wisatawan.

Rute Perjalanan Menuju Ngukir Wisata Alam

Rute Perjalanan
Source : https://www.itrip.id/

Untuk menuju tempat ini, Anda tidak perlu khawatir lagi karena sudah ada aplikasi canggih yang akan membantu perjalanan menjadi lebih mudah. Google Maps memberi bantuan kepada wisatawan dari manapun mereka berada atau memulai perjalanan.

Setelah sampai di pintu masuk tempat wisata, Anda harus berjalan sedikit lagi hingga sampai ke tempat ini. Untuk akses jalannya sendiri yakni bebatuan, namun tidak berbahaya apabila dilalui menggunakan motor asalkan berhati-hati.

Syarat Pengunjung Ngukir Wisata Alam

Syarat Pengunjung
Source : https://sgp1.digitaloceanspaces.com/

Sebenarnya tidak ada syarat khusus yang harus pengunjung penuhi, namun karena berada di tengah pandemi, ada beberapa persyaratan untuk menghindari dan melindungi wisatawan agar tidak terjangkit virus. Apalagi berada di keramaian. Berikut syarat-syarat yang harus Anda penuhi!

  • Pengunjung harus telah melakukan vaksinasi dengan menunjukkan sertifikat vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi.
  • Selama berada di tempat wisata, pengunjung harus melaksanakan protokol kesehatan 5 M dengan baik.
  • Jangan lupa membawa perlengkapan pribadi seperti obat-obatan pribadi dan baju ganti agar tidak terjadi kendala selama liburan.
  • Karena berada di alam, pengunjung harus menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarang serta menjaga kelestarian alam.

Fasilitas di Ngukir Wisata Alam

Fasilitas di Ngukir Wisata Alam
Source : https://media.suara.com/

Agar pengunjung merasa nyaman berlama-lama atau menghabiskan waktu liburnya di tempat wisata ini, pengelola sudah menyediakan beberapa fasilitas pendukung yang akan membuat liburan menjadi lebih menyenangkan. Fasilitas tersebut berupa rumah dari kayu untuk beristirahat.

Anda bisa beristirahat di rumah-rumah tersebut sembari menikmati pemandangan yang ada di sekeliling tempat wisata dan mengobrol santai bersama keluarga. Selain itu, ada banyak spot foto cantik yang akan membuat tampilan akun sosial media menjadi lebih cantik serta estetik.

Bahkan, di sini juga terdapat ayunan yang akan membuat waktu bersantai menjadi lebih nyaman sembari mendengarkan gemericik air berasal dari sungai dekat tempat wisata.

Kegiatan Ngukir Wisata Alam

Kegiatan Ngukir Wisata Alam
Source : https://sgp1.digitaloceanspaces.com/

Ada banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan apabila berkunjung atau menghabiskan waktu liburan di tempat ini, mulai dari menikmati pemandangan hingga belajar mengenai pertanian. Berikut ini deretan-deretan aktivitas tersebut!

1. Berswafoto

Berlibur tidak akan lengkap jika tidak mengabadikan setiap momen melalui foto. Di tempat ini, terdapat banyak spot foto yang bisa Anda jadikan sebagai latar belakang untuk mengambil gambar cantik dan estetik. Seperti cincin besar dari jerami, ayunan, pemandangan pertanian, dan masih banyak lainnya.

Selain itu, swafoto bisa dilakukan di tepian sungai supaya hasilnya indah juga menawan. Anda dapat mengunggah foto-foto itu ke akun sosial media untuk mempercantik tampilan feed. Selain itu, semua spot di tempat ini juga sangat bagus. Jadi, wisatawan tidak perlu bingung mengambil gambar di manapun.

2. Menikmati Pemandangan

Kegiatan paling utama yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini adalah menikmati pemandangan. Hijaunya hamparan sawah dan deretan pegunungan akan membuat pikiran serta mata menjadi lebih segar, sehingga siap kembali melakukan aktivitas di kemudian hari.

Apabila beruntung, Anda akan melihat olahraga rafting melalui jalur sungai yang ada. Ini bisa menjadi pengalaman liburan menyenangkan dan tentunya tak terlupakan. Apalagi jika berlibur bersama keluarga, dapat bersantai sembari menyesap hangatnya kopi di tengah dinginnya suasana kota Batu.

3. Belajar Tentang Pertanian

Seperti diketahui, tempat ini membangun wisata dengan tema edukasi karena dulunya adalah sebuah lahan perhatian dari warga. Di sini, wisatawan dapat belajar mengenai bidang tersebut melalui buah-buahan yang tersedia. Oleh karena itu, tempat ini sangat cocok bagi mereka yang suka berkebun.

Selain itu, Anda juga akan menemukan cara tepat bagaimana menanam pohon-pohon tersebut agar bisa tumbuh dengan baik. Jika lelah, dapat beristirahat di gubuk yang telah pengelola sediakan untuk para wisatawan sambil merasakan sejuknya angin di sekitar tempat wisata tersebut.

4. Bercocok Tanam

Karena tempat ini dulunya merupakan sebuah lahan pertanian, Anda bisa belajar cara bercocok tanam yang baik. Biasanya, di tempat wisata lain, pengunjung boleh memetik buah yang ada. Namun, di sini mereka dapat belajar menanam berbagai jenis buah-buahan yang memang tumbuh di sini.

Buah-buahan tersebut seperti strawberry, durian, sawo hutan, cepeda, dan masih banyak lainnya. Setiap buah memiliki lahan berbeda-beda yang berada di sisi belakang. Jadi, wisatawan dapat memetik serta menanam buah secara tenang tanpa mengganggu pengunjung lainnya.

5. Camping

Di sini, Anda bisa menikmati suasana malam di tepi sungai atau di tengah lahan sembari mendengarkan kicauan burung dan suasana kota Batu yang sejuk cukup lama. Caranya adalah dengan bercamping atau membangun tenda. Tidak perlu repot lagi mencari lahan rata untuk camping.

Pengunjung bisa membangun tenda di lahan yang sudah pengelola sediakan. Pengelola disini berusaha sebaik mungkin memberikan pelayanan kepada para wisatawan agar mereka betah berlama-lama berada di alam. Selain itu, membantu meningkatkan trafik pengunjung ke tempat tersebut.

Itu tadi informasi berkaitan dengan tempat liburan Ngukir Wisata Alam di kota Batu yang bisa Anda jadikan sebagai solusi ketika waktu liburan sudah datang. Selain itu, menikmati waktu libur bersama keluarga dapat menjadi alternatif agar rekreasi menjadi lebih menyenangkan dan juga seru.

 

Tinggalkan komentar