Pantai Cengkrong Trenggalek, Lokasi Liburan Seru

Saat berlibur ke Jawa Timur, lokasi wisata yang paling patut untuk Anda kunjungi adalah Pantai Cengkrong Trenggalek. Ada banyak daya tarik dan kegiatan seru bisa pengunjung nikmati. Dengan begitu, tidak hanya menawarkan keindahan pemandangan pantai saja sehingga liburan semakin menyenangkan.

Alamat Pantai Cengkrong Trenggalek

Bacaan Lainnya

Anda dapat berkunjung ke Pantai Cengkrong dengan alamat di Desa Karanggandu, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek, Provinsi Jawa Timur. Lokasinya sendiri masih tergolong sebagai pantai selatan dari Pulau Jawa. Akan tetapi karakter ombaknya tergolong tidak terlalu besar.

Dengan begitu, setiap pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan seru tanpa perlu khawatir. Hal ini bahkan menjadi daya tarik utama dari tempat wisata tersebut. Pantainya sendiri memiliki pasir berwarna putih kecoklatan. Anda akan mendapatkan pesona keindahan eksotis saat berada di lokasinya.

Baca juga : Hutan Mangrove Cengkrong Trenggalek, Jelajahi Keindahan Wisata Alam

Sampai saat ini sendiri, Pantai Cengkrong merupakan pilihan wisata yang sangat cocok untuk berlibur sambil bersantai bersama orang-orang terdekat. Tersedia kawasan hutan mangrove alami sehingga pengunjung bisa menikmati keindahannya tanpa khawatir bosan berada di pantai saja.

Daya Tarik Pantai Cengkrong Trenggalek

Pantai Cengkrong Trenggalek
Source: https://sikidang.com/wp-content/uploads/Pantai-Cengkrong-Trenggalek.jpg

Ada banyak daya tarik yang ditawarkan saat Anda berkunjung ke Pantai Cengkrong Trenggalek. Tempat wisata ini sendiri buka setiap hari selama 24 jam penuh dengan rute perjalanan menuju lokasi cukup mudah. Oleh sebab itu, jangan sampai ketinggalan menyimak apa saja keseruannya di bawah ini:

1. Memiliki Ombak yang Tenang

Pantai Cengkrong sebenarnya memiliki lokasi di sebuah teluk. Tidak heran jika ombak yang ada terbilang cukup tenang di sepanjang areanya. Terlebih, Anda juga akan menemukan pasir putih dan pohon kelapa di sepanjang mata memandang tentu berlibur di tempat ini semakin terasa nyaman.

Pengunjung dapat duduk santai untuk menikmati keindahan alam dengan udara yang begitu segar dan alami. Anda dapat menikmati suasana alamnya bersama keluarga maupun sahabat. Ketika ingin bermain air di tepi pantai juga tidak perlu khawatir atau takut.

2. Menjelajahi Hutan Mangrove

Pantai Cengkrong Trenggalek
Source: https://cdn.idntimes.com/content-images/community/2021/12/img-20211227-wa0022-28598b7784be39d2a0e7a69c686d02c1-2f1f85ac44202c374ddeb0d62e4e88d3.jpg

Ketika sudah sampai di Pantai Cengkrong, maka pastikan Anda menjelajahi hutan mangrovenya. Lokasinya sendiri tidak terlalu jauh bahkan sampai saat ini masih menjadi lokasi favorit dari setiap pengunjung yang berdatangan. Oleh sebab itu, jangan sampai ketinggalan menikmatinya.

Anda bisa mengabadikan momen di tengah hutan mangrove yang cukup rindang dan sejuk tersebut dengan berfoto bersama. Pengunjung juga dapat menjadikannya sebagai tempat edukasi. Apabila beruntung, maka bisa saja mengikuti proses penanaman pohon mangrove di sekitarnya.

3. Menikmati Jembatan Galau

Pantai Cengkrong Trenggalek
Source: https://cdns.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2016/07/27/37315/1200×600-jembatan-galau-di-tengah-hutan-mangrove-trenggalek-160727t.jpg

Daya tarik yang dapat Anda nikmati lainnya adalah Jembatan Galau. Yakni sebuah jembatan di daerah Pantai Cengkrong. Saat berada di tempat tersebut, setiap pengunjung dapat menikmati suasana hutan bakau mempesona sehingga terlihat sangat indah dan menarik.

Tidak perlu khawatir apabila ingin melewati jembatannya karena bangunan tersebut cukup kokoh. Pembangunannya sudah memakai kayu kokoh dan tahan lama meskipun terkena air laut. Pengunjung juga bisa beristirahat di gazebo yang tersedia sekitar 100 meter dari area jembatan.

4. Spot Favorit Menikmati Sunrise

Pantai Cengkrong termasuk salah satu lokasi rekomendasi untuk menikmati keindahan sunrise. Oleh karena itu, jangan sampai ketinggalan untuk melihat keindahan matahari terbit secara perlahan. Tepatnya di balik perbukitan yang ada di sekitarnya. Tentu hal ini bisa jadi pengalaman paling mengesankan.

Jangan lupa untuk mengabadikan momen indah tersebut dengan latar belakang bibir pantai menawan. Tentu saja sangat direkomendasikan bagi pemburu sunrise. Agar mendapatkan pemandangan rekomendasinya maka pastikan berada di jembatan jalur lintas bagian selatan.

5. Lokasinya Dekat dengan Pantai Lain

Source: https://cdn.idntimes.com/content-images/community/2021/12/img-20211227-wa0025-28598b7784be39d2a0e7a69c686d02c1-43e47dec6040e11d3b23880fc873fac1.jpg

Daya tarik lainnya dari pantai ini yaitu lokasinya terbilang cukup dekat dengan beberapa pantai lainnya. Tentu Anda juga bisa menjadikannya pilihan apabila ingin menambah pengalaman dan keseruan saat berlibur. Terlebih kebanyakan memang masih berada di jalur yang sama.

Tentu tidak ada salahnya apabila ingin mengunjunginya juga. Seperti Pantai Ngrembang, Pantai Prigi, dan masih banyak lagi lainnya. Adapun jarak Pantai Cengkrong dengan beberapa pantai lainnya tidak mencapai sekitar 10 km. Apabila masih memiliki banyak waktu maka tidak ada salahnya berkunjung.

6. Berkemah/Camping

Anda juga bisa merasakan sensasi liburan dengan lebih seru karena setiap pengunjung bisa mendirikan area perkemahan atau camping di  tempat ini. Cukup dirikan tenda di sekitar bibir pantainya sehingga menikmati suasana keindahan alam akan terasa sangat berkesan.

Pengunjung dapat lebih puas menikmati keindahan alam berupa laut lepas dengan pesona di sekitarnya yang tidak kalah menarik. Sangat cocok apabila ingin berlama-lama di lokasi tersebut. Terlebih fasilitas pantainya juga sudah tersedia cukup lengkap.

7. Bermain ATV Hingga Banana Boat

Supaya tidak kalah seru, jangan lupa untuk menikmati keindahan lautannya dengan bermain banana boat. Anda juga bisa menyusuri keindahan pantai dengan bermain ATV. Tentu saja aktivitas tersebut sangat menyenangkan terlebih jika melakukannya bersama teman-teman ataupun keluarga.

Pengunjung bahkan dapat menyewa kapal milik nelayan apabila ingin merasakan langsung seperti apa sensasi berlayar di tengah-tengah lautan luas. Tentu bisa jadi pengalaman rekomendasi yang tidak terlupakan mengingat pantai ini memiliki ombak tidak terlalu besar.

Harga Tiket Masuk dan Rute Menuju Lokasi

Source: https://sikidang.com/wp-content/uploads/Jam-Buka-Pantai-Cengkrong.jpg

Sebelum berkunjung ke lokasi, pastikan memahami dahulu berapa kisaran harga tiket masuknya. Terlebih tempat wisata ini menyediakan keindahan alam dan aktivitas seru sehingga sangat sayang jika melewatkannya. Agar lebih jelas, di bawah ini informasi lengkapnya:

1. HTM

Anda hanya perlu membayar tiket masuk sekitar Rp 8.000 saja per orangnya untuk berkunjung ke pantai ini. Tentu harga tersebut sangat terjangkau mengingat ada banyak kegiatan seru dapat pengunjung lakukan saat berlibur. Terlebih wisata ini juga buka setiap hari sehingga jangan khawatir tutup.

Tempat tersebut juga sudah menyediakan fasilitas lengkap untuk setiap pengunjung menikmati wisatanya. Mulai dari area parkir kendaraan, café, toilet, mushola, warung makan, gazebo, area camping, spot foto, dan berbagai lokasi menarik lainnya. Tersedia pula beberapa hotel dan villa dekat pantai tersebut jika ingin menginap.

2. Rute Menuju Lokasi

Apabila Anda berkunjung dari pusat kota, maka pastikan berjalan ke arah timur melalui Jl. Raya Trenggalek – Tulungagung. Setelah itu masuk ke arah Durenan kemudian ke selatan menuju Kec. Bandung. Lanjutkan perjalanan sampai melihat persimpangan besar lalu beralih ke kanan sampai ke Kec. Watulimo.

Selanjutnya, Anda dapat mengambil jalan ke arah kanan lewat Jalur Lintas Selatan Pantai Damas. Lakukan perjalanan hingga beberapa meter. Setelah itu temukan Jembatan Damas maka sebelumnya ada tulisan Pantai Cengkrong sehingga sudah tiba ke lokasinya. Tentu rute lokasi tersebut sangat mudah ditemui.

Baca juga : Pantai Damas Trenggalek, Nikmati Liburan Alami

Itu tadi informasi mengenai daya tarik Pantai Cengkrong Trenggalek. Tentu tempat wisata ini bisa jadi pilihan rekomendasi apabila ingin berlibur bersama keluarga atau orang terdekat lainnya. Ada banyak aktivitas seru dan menyenangkan bisa pengunjung nikmati sehingga liburan tidak akan lagi membosankan.