Pantai Coro Tulungagung – HTM, Lokasi dan Daya Tariknya

Mendengar daerah Tulungagung mungkin terdengar asing untuk sebagian orang dari luar Jawa TImur. Tulungagung adalah sebuah kabupaten di Jawa Timur dengan pantai alami dan indah, Pantai Coro. Siapa pun yang sedang berada di Tulungagung harus berlibur ke wisata pantai ini.

Daya Tarik Pantai Coro Tulungagung

Coro berarti kecoa dalam bahasa Indonesia, namun bukan berarti wisata pantai ini menjadi rumah bagi kecoa. Sebaliknya, pantai ini menyimpan jutaan wisata alam yang masih asli karena belum banyak tersentuh oleh manusia. Anda bisa melihat beberapa daya tarik Pantai Coro berikut ini.

Bacaan Lainnya

1. Pemandangan Khas Pantai Coro Tulungagung

source: https://astinsoekanto.com/wp-content/uploads/2018/10/Pantai-Coro-Tulungagung-11.jpg

Wisata pantai satu ini terkenal karena pemandangan pantainya yang indah dan berbeda dari pantai lainnya. Berlibur di Pantai Coro akan membuat Anda merasa segar kembali karena sudah refresh pikiran dari kepenatan. Pengunjung pun sekaligus bisa menikmati pemandangan Pantai Selatan Jawa.

Baca juga :  Pantai Klatak Tulungagung: Informasi Rute Perjalanan Hingga Tips Wisata

Lautnya yang biru dan terlihat masih jernih juga menjadi daya tarik utama dari Pantai Coro. Gradasi tiga lapis biru tua, putih dan hijau tosc ciri khas dari Pantai Coro tersebut. tidak heran apabila wisatawan memang berkunjung untuk melihat pemandangan gradasi warna tersebut.

2. Hamparan Pasir Putih yang Luas

 

Pantai Coro
Source: https://www.goodnewsfromindonesia.id/uploads/post/large-img-9796-e993598e3be298a0803129d1abd7578d.jpg

Daya tarik lain yang dirasa menarik oleh pengunjung Pantai Coro Tulungagung adalah hamparan pasirnya. Pantai berpasir putih bersih akan menjadi nilai khas tersendiri bagi wisatawan. Sebenarnya pantainya tidak terlalu luas, namun bisa membuat orang-orang menjadikannya sebagai pantai private.

Pasirnya terasa begitu halus, sehingga Anda pun bisa berjalan santai, bermain pasir, atau bermain di pantai berlama-lama tanpa rasa khawatir dengan kebersihan lingkungannya. Sangat sedikit sampah yang ada di sekitar pantai Coro karena tempat ini memang belum banyak terjamah oleh manusia.

3. Bebatuan dan Tepi Karang di Bibir Pantai

Pantai Coro
Source: https://www.pesisir.net/wp-content/uploads/2022/09/Pantai-Coro.jpg

Satu hal yang membuat pantai ini terasa berbeda dari yang lain adalah dikelilingi oleh bebatuan. Tebing-tebing yang menjorok ke air dan beberapa titik di bibir pantai akan menjadi pemandangan khas dari Pantai Coro yang lokasinya ada di Tulungagung ini. Anda pun bisa berlama-lama berlibur di sini.

Ombak pantai biasanya menghantam karang-karang di pinggiran pantai. Situasi seperti ini yang akan menciptakan objek menarik sehingga patut untuk Anda abadikan. Menariknya, setelah air surut, muncul beberapa bebatuan di tepian pantai yang bisa dilihat langsung pengunjung.

4. Pepohonan yang Masih Rindang

 

Source: https://www.itrip.id/wp-content/uploads/2020/11/Pantai-Coro-Tulungagung.jpg

Pantai Coro adalah salah satu wisata pantai yang terlihat masih memiliki alam yang asri dan subut. Hal ini terlihat  dari pepohonan yang rimbun sehingga akan memberikan suasana yang sejuk. Banyak pengunjung akhirnya menjadikannya sebagai tempat berteduh ketika matahari sedang terlalu terik.

Tidak seperti pantai lain dengan garis pantai yang luas dan landai, pantai ini sebenarnya dikelilingi oleh pohon-pohon di puncak tebing yang berbunga sehingga memberikan kesan yang berbeda. Suasana seperti ini akan membuat pengunjung betah dan tidak akan pernah mau meninggalkan kawasan pantai.

Lokasi, Rute Perjalanan, Jam Operasional dan HTM Pantai Coro Tulungagung 

Sebelum berkunjung, penting bagi Anda untuk mengetahui lokasi, rute perjalanan dan informasi lainnya khususnya jika berasal dari luar Tulungagung. Hal seperti ini bertujuan agar tidak kebingungan selama berada di perjalanan sehingga tidak memakan banyak waktu hanya karena tersesat.

1. Lokasi Pantai Coro Tulungagung

Source: https://www.google.com/maps/dir/Campurdarat,+Tulungagung+Regency,+East+Java/Pantai+Coro+Tulungagung,+Popoh,+Besole,+Kec.+Besuki,+Kabupaten+Tulungagung,+Jawa+Timur/@-8.2243769,111.8334151,12z/data=!4m13!4m12!1m5!1m1!1s0x2e78e0294b9e7989:0x317387220b370d80!2m2!1d111.8525463!2d-8.1651077!1m5!1m1!1s0x2e7921083e0d9511:0x2ec070af9ffb56b9!2m2!1d111.8155408!2d-8.2687118?entry=ttu

Pantai Coro adalah salah satu pantai wisata alam yang cukup populer berada di Kabupaten Tulungagung, lebih tepatnya di kecamatan Popoh Kecamatan Besuki Jawa Timur. Pengunjung dapat mengakses pantai indah ini dengan kendaraan roda dua atau empat karena akses jalannya lumayan mudah.

Selain itu, Anda pun bisa berkunjung ke wisata alam lainnya yang lokasinya memang masih berdekatan. Misalnya saja di Pantai Popoh yang menjadi wisata terkenal di Tulungagung. Tentu akan menjadi pengalaman liburan yang menyenangkan bagi pengunjung karena bisa sekaligus berlibur di 2 – 3 tempat.

2. Rute Perjalanan

Anda bisa memulai perjalanan dari pusat kota Tulungagung. Selanjutnya menuju ke daerah Boyolangu di sebelah barat daya. Kemudian dilanjutkan dengan melewati Daerah Pogoh. Ikuti saja petunjuk jalan untuk menuju ke Pantai Coro. Waktu tempuh biasanya akan memakan waktu selama 1 jam saja.

Walaupun cukup lama, namun pengunjung tidak akan pernah merasa bosan karena selama di perjalanan selalu disuguhkan dengan pemandangan menarik, seperti pepohonan rindang. Jadi tidak akan pernah kepanasan karena teriknya matahari. Berangkat di pagi hari jadi waktu paling tepat menuju Pantai Coro.

3. Harga Tiket Masuk Pantai Coro

Pengunjung Pantai Coro harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Anda pun tidak perlu khawatir karena masih tergolong sangat terjangkau. Anda hanya perlu membayar Rp 5 ribu saja per orangnya. Kabarnya, tarif tersebut pun sama baik di hari biasa maupun libur panjang sehingga tidak naik.

Sementara untuk tarif parkirnya, Anda bisa menyesuaikan dengan jenis kendaraan yang digunakan. Biasanya pada kendaraan bermotor, akan dikenakan sebesar Rp 5 ribu per kendaraan. Sedangkan jika menggunakan mobil maka perlu membayar Rp 10 ribu.

4. Jam Buka

Jam operasional di Pantai Coro ini juga tergolong sangat fleksibel. Artinya, Anda bisa datang kapan saja jika ingin menuju ke wisata pantai satu ini. Pihak pengelola memberlakukan jam operasional selama 24 jam sehingga memberikan keleluasaan bagi pengunjung yang sedang ingin berkunjung.

Hal ini juga didukung dengan akses jalan yang begitu mudah karena sudah dapat dijangkau menggunakan kendaraan roda empat. Anda bisa menaiki mobil untuk  berkunjung ke Pantai Coro. Artinya, dapat mengajak rombongan sekaligus tanpa perlu repot membawa banyak barang.

Aktivitas Seru di Pantai Coro Tulungagung

Pantai Coro
Source: https://sikidang.com/wp-content/uploads/Pantai-Coro-Tulungagung.jpg

Bagi sebagian besar orang yang akan berkunjung ke Pantai Tulungagung ini, mungkin akan merasa bingung dengan kegiatan apa saja yang bisa mereka lakukan. Pertama, Anda bisa dengan sepuasnya bermain pasir putih sebagai ciri khasnya. Pantai satu ini memiliki hamparan pasir begitu luas yang berbeda dari pantai lainnya.

Kedua, banyak pengunjung yang memanfaatkan angin di sekitaran Pantai Coro untuk menerbangkan layang-layang mereka. Mungkin hal ini sudah sangat jarang dilakukan oleh kebanyakan orang. Anda pun bisa mengingat permainan di masa kecil dengan memainkannya di pantai ini.

Tidak lupa juga untuk melepas dahaga dengan membeli es kelapa muda di penjual sekitar Pantai Coro. Tentu akan menjadi kegiatan liburan yang menyenangkan ketika Anda bisa menikmati segarnya air kelapa asli dari dekat pantai. Bahkan banyak anak kecil sering bermain di batuan karang karena ada berbagai hewan kecil.

Baca juga :  Pantai Gemah Tulungagung: Daya Tarik, HTM dan Rute Perjalanan

Itulah tadi sekilas informasi tentang liburan asyik di Pantai Coro. Tulungagung memang menyimpan banyak sekali wisata pantai mulai dari Pantai Sidem, Pantai Kedung Tumpang, Pantai Ngalur dan lain sebagainya. Cocok bagi Anda jika senang dengan wisata alam yang masih asri dan begitu alami