Pantai Damas Trenggalek, Nikmati Liburan Alami

Salah satu tempat wisata yang sangat menarik untuk Anda kunjungi di Jawa Timur adalah Pantai Damas Trenggalek. Tersedia keindahan alam dengan panjang garis pantai mencapai 2 km. Tidak heran jika akan merasa sangat puas menikmati pesonanya. Sangat cocok berkunjung ketika waktu liburan tiba.

Informasi Umum tentang Pantai Damas

Pantai Damas Trenggalek
Source: https://assets.ayobandung.com/crop/0x0:0x0/750×500/webp/photo/2023/03/11/WhatsApp-Image-2023-03-11-at-052907-4101665718.jpeg

 

Bacaan Lainnya

Baca juga :  Pantai Cengkrong Trenggalek, Lokasi Liburan Seru

Pantai Damas termasuk salah satu tempat wisata yang ramai oleh pengunjung. Baik itu di hari libur ataupun hari-hari biasanya. Hal ini tidak lain karena pesona keindahannya memang menakjubkan. Oleh sebab itu, pastikan mengunjunginya saat berada di Kota Trenggalek. Berikut informasi selengkapnya:

1. Lokasi

Anda dapat menemukan Pantai Damas di Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo, Kab. Trenggalek, Jawa Timur. Wisata tersebut memiliki banyak daya tarik sehingga sangat tepat menjadi pilihan ketika ingin mengisi waktu liburan bersama orang-orang terdekat.

Keindahannya bahkan dapat Anda lihat baik dari jarak dekat maupun jauh. Terlebih lokasinya juga tidak sulit untuk pengunjung cari. Cukup manfaatkan saja Google Maps untuk melihat rute menuju lokasinya apabila masih bingung alamatnya.

2. Jam Operasional

Wisata yang ada di Kota Trenggalek satu ini wajib untuk Anda kunjungi. Pasalnya, pengunjung dapat datang ke lokasi kapan saja karena memiliki jam operasional setiap hari selama 24 jam. Saat sudah sampai ke tempatnya maka akan terlihat keindahan alam menyejukkan mata.

Kawasan tersebut berada di sebelah selatan Kota Trenggalek. Lokasinya pun sudah cukup terkenal di daerah sekitar dengan sepanjang pantainya sudah memiliki tempat parkir sehingga aman untuk berlibur. Anda bisa berkunjung ke tempatnya baik di siang, pagi, ataupun malam hari.

3. Harga Tiket Masuk

Pantai Damas Trenggalek
Source: https://www.nativeindonesia.com/foto/2023/03/pasir-putih-pantai-damas.jpg

Walaupun dapat Anda kunjungi selama 24 jam penuh, setiap pengunjung tetap perlu membayar biaya tiket masuknya. Akan tetapi, tidak perlu khawatir karena terbilang sangat terjangkau daripada tempat-tempat wisata lainnya. Yakni hanya sekitar Rp 5.000 saja per orangnya.

Anda bisa datang secara rombongan agar berlibur ke Pantai Damas terasa lebih menyenangkan. Ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda nikmati. Oleh sebab itu, jangan lewatkan untuk mengajak teman ataupun keluarga agar aktivitas liburan semakin seru.

4. Fasilitas

Pantai Damas termasuk salah satu wisata yang sudah menyediakan fasilitas lengkap. Tidak heran jika akan menambah betah saat berada di lokasi walau dalam waktu lama sekalipun. Pasalnya, setiap pengunjung bisa mendapatkan pelayanan terbaik.

Baik itu area parkir kendaraan, kamar mandi atau toilet, mushola, rumah makan, gazebo, dan lainnya. Tidak hanya itu, lokasi wisata pantai tersebut juga cukup dekat dengan beberapa hotel, villa maupun penginapan. Tentu sangat cocok jika ingin bermalam di sekitarnya tanpa perlu pergi terlalu jauh.

5. Rute Menuju Lokasi

Pantai Damas Trenggalek
Source: https://putratravel.net/wp-content/uploads/2018/11/Akses-Lokasi-Pantai-Damas.jpg

Jika ingin berkunjung ke Pantai Damas, Anda bisa berpatokan dengan Alun-alun Trenggalek. Pengunjung setidaknya memerlukan jarak tempuh sekitar 48 km. Berawal dari Kecamatan Watulimo kemudian menuju SMPN 1 Kec. Watulimo ke arah pertigaan lurus.

Pastikan mengambil ke arah kanan begitu sampai di pertigaan. Langsung saja masuk ke Desa Karanggandu lalu perlu menempuh jarak sekitar 3 km agar mencapai ke kawasan pantainya. Perjalanan ini umumnya hanya akan memakan waktu sekitar 1 jam 20 menit saja.

6. Transportasi Menuju Lokasi

Apabila wisatawan berasal dari luar kota, maka tidak perlu khawatir soal transportasinya. Pasalnya, setiap pengunjung masih bisa memanfaatkan beberapa jenis kendaraan agar sampai ke Pantai Damas. Mulai dari kendaraan pribadi baik itu berupa motor maupun mobil.

Selain itu, bisa juga memanfaatkan kendaraan umum untuk berhenti di terminal seperti bus. Setelah itu, pastikan memakai ojek atau jenis kendaraan pribadi serupa agar sampai ke lokasi pantai. Dengan begitu, pengunjung dapat segera menikmati pesona keindahannya.

7. Kegiatan Seru di Pantai Damas

Source: https://trenggalek.memontum.com/wp-content/uploads/sites/52/2020/10/Keindahan-Pantai-Damas.jpg

Saat sudah sampai ke Pantai Damas Kota Trenggalek, maka jangan lewatkan untuk melakukan berbagai aktivitas seru. Pasalnya, selain memiliki pemandangan alam yang mempesona setiap pengunjung juga bisa melakukan beragam kegiatan menyenangkan saat berlibur di tempat ini.

Seperti berenang, berjemur, memancing, bermain air, bermain pasir, berfoto bersama keluarga, bermain bola, bermain voli, serta camping. Hal ini karena area pantainya terbilang cukup luas. Tidak jarang Anda juga bisa melihat langsung para nelayan yang sedang menangkap ikan.

8. Tempat Wisata di Sekitarnya

Trenggalek memang bisa menjadi lokasi yang cocok untuk liburan. Pasalnya, ada banyak lokasi pantai tersedia dengan keindahan alamnya masing-masing. Terlebih di dekat Pantai Damas sendiri masih ada beberapa destinasi wisata lainya.

Mulai dari Goa Lowo Trenggalek, Pantai Cengkrong, Banyu Nget Trenggalek, Pantai Prigi, hingga Pantai Karanggongso. Tentu bisa jadi pilihan menarik apabila Anda ingin meneruskan liburan di sekitar kota satu ini bersama keluarga atau orang terdekat lainnya.

Beragam Daya Tarik Pantai Damas Trenggalek

Source: https://thumb.viva.id/vivajatim/1265×711/2022/11/26/638179e012fbf-salah-satu-lokasi-pantai-damas-trenggalek_jatim.jpg

Pantai Damas memang bisa jadi pilihan menarik apabila ingin berlibur bersama keluarga. Terlebih rute menuju lokasinya tidak terlalu sulit dengan berbagai spot keindahan menarik untuk Anda telusuri. Agar lebih jelas, simak berbagai daya tariknya berikut:

1. Pemandangan Pantai yang Eksotis

Daya tarik dari Pantai Damas tidak lain yaitu pemandangan pantainya yang masih sangat alami dan eksotis. Tentu tidak sulit menemukan keindahan di sekitar Kota Trenggalek tersebut. Anda juga akan disambut dengan suasana tenang dan menyegarkan.

Terlebih, ukuran ombaknya pun tidak terlalu besar dengan lokasi pantai yang cukup luas. Tidak heran jika sangat puas apabila ingin berlibur dan menikmati suasana pantai bersama dengan keluarga atau orang terdekat lainnya. Anda bisa bermain air ataupun bermain pasir sepuasnya.

2. Pohon Cemara yang Rindang

Saat berada di Pantai Damas, maka setiap pengunjung dapat menikmati keindahan pohon cemara yang cukup rindang. Anda bahkan bisa menemukannya di sepanjang lokasi pantai tersebut. Lokasinya sendiri cukup bersih dengan area sejuk dan luas. Tentu sangat cocok untuk melakukan berbagai kegiatan seru.

Baik itu memancing, berenang, berjemur, atau bahkan bermain air. Anda juga bisa menemukan gazebo di sekitar pinggir pantai untuk bersantai bersama keluarga. Tentu akan sangat terasa nyaman menikmati keindahan lautan di sekitarnya. Tidak heran jika sampai saat ini wisata tersebut masih menjadi favorit pengunjung.

3. Hamparan Pasir Putih Alami

Daya tarik lainnya yang ingin banyak nikmati adalah hamparan pasir putih yang masih bersih dan alami. Anda juga bisa menemukan pemandangan pohon kelapa di sekitarnya sehingga menambah suasana pantai terasa sangat menyegarkan. Untuk menikmatinya, maka pastikan memilih lokasinya dahulu.

Pastikan mengambil arah ke kanan di jalan masuk. Kemudian terus lurus saja dengan jarak sekitar 700 meter. Tentu akan melihat hamparan pasir putih menarik di sepanjang mata memandang. Anda dapat menggelar tikar di bagian bibir pantainya agar bisa menikmati keindahan alam tersebut lebih lama.

Baca juga : 35 Tempat Wisata di Trenggalek yang Wajib Dikunjungi

Itu tadi beberapa keindahan dan daya tarik yang ada di Pantai Damas Trenggalek. Tentu bisa jadi pilihan terbaik apabila ingin mengajak keluarga atau bahkan anak-anak berlibur ke lokasinya. Mengingat pesona alamnya masih sangat terjaga dan alami untuk dinikmati.