Pantai Pasetran Gondo Mayit dikenal dengan namanya yang unik dan identik akan hal mistis. Berada dekat dengan Pantai Tambakrejo memberikan keindahan alam yang hampir sama berupa air biru dan pasir putih di sekelilingnya.

Awal Mula Penamaan Pantai Pasetran Gondo Mayit

Awal Mula Penamaan Pantai Pasetran Gondo Mayit
Source : https://awsimages.detik.net.id/

Objek wisata yang memiliki nama unik yaitu Pantai Gondo Mayit. Pantai ini memiliki arti bau mayat. Asal mula nama pantai ini tidak jelas karena ada beberapa versi. Ada yang menyebutkan bahwa dulu ditemukan banyak mayat di sekitar pantai sehingga memiliki aroma tidak sedap.

Hanya dengan mendengar namanya saja ada hal yang mistis di dalamnya. Setelah berada di lokasi pantai tidak ada bau mayat malah tercium aroma dupa yang terletak di sekitar makam. Jadi ada sebuah pasetran di pantai ini semacam petilasan yang dihuni oleh Adnan.

Masyarakat meyakini Adnan memiliki kekuatan untuk melakukan komunikasi dengan penguasa pantai selatan sehingga membuat paseban 4 meter persegi. Diketahui tokoh ini sering melakukan semedi hingga ajal menjemputnya. Masyarakat masih menjaga ritual untuk mengabulkan hajat dan penyakit.

Daya Tarik Pantai Pasetran Gondo Mayit

Daya Tarik Pantai Pasetran Gondo Mayit
Source : https://travelspromo.com/

Tidak seperti namanya yang menyeramkan, pantai ini memiliki keindahan alam menakjubkan. Pantai ini masih tidak terlalu banyak pengunjung sehingga menghadirkan suasana yang asri dan tenang. Sangat cocok bagi pengunjung yang ingin merasakan pantai pribadi.

Air laut yang ada di pantai ini masih sangat terjaga kebersihannya. Lengkap dengan deburan ombak yang tinggi dan memanjang di sekitar bibir pantai. Biasanya para surfer akan mencoba keganasan ombak ini atau sekedar melakukan kegiatan lain.

Karena tidak banyak orang yang datang terkadang pengunjung menemukan bulu babi atau beberapa karang yang indah. Selain itu bagi pengunjung yang ingin melihat tempat pasetran maka dapat menyebrang dengan naik ke atas bukit atau menggunakan perahu agar lebih cepat.

Lokasi dan Tiket Masuk

Lokasi dan Tiket Masuk
Source : https://i0.wp.com/

Akses jalan menuju lokasi ini dapat dilewati oleh berbagai kendaraan seperti motor dan mobil. Parkiran yang ada di pantai ini berada dekat dengan lokasi sehingga memudahkan pengunjung untuk tidak berjalan jauh menuju ke kendaraan. Untuk tiket masuk ke pantai ini senilai 5 hingga 10 ribu ribu.

Kawasan pantai Gondo Mayit buka setiap hari selama 24 jam sehingga pengunjung bisa menikmati sunrise hingga sunset yang indah. Pasir yang ada di pantai ini memiliki tekstur lembut lengkap dengan perpaduan air biru jernih sangat cocok menenangkan pikiran.

Terletak di sebelah Pantai Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar yang hanya dipisahkan oleh bukit. Bukit ini memiliki tinggi kurang lebih 25 meter yang bisa melihat pesona alam kedua pantai. Apabila ingin naik perahu menuju ke lokasi pasetran bisa menyewa dengan harga sekitar 6 ribu.

Rute Menuju Pantai Pasetran Gondo Mayit

Rute Menuju Pantai Pasetran Gondo Mayit
Source : https://jelajahblitar.com/

Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke pantai ini dari pusat kota sekitar satu jam perjalanan. Adapun akses jalan yang ditempuh berliuk-liuk dan masih ada beberapa rusak. Namun kerusakan tidak terlalu parah sehingga masih bisa dilewati.

Untuk sampai ke tempat ini bisa melewati Kademangan atau Tulungagung hingga melewati jembatan dan ambil kiri. Pengunjung bisa mengikuti arah menuju Pantai Tambakrejo dan sampai ada tulisan di papan Pantai Gondo Mayit. Setelah itu belok kiri untuk masuk ke kampung hingga menemukan gapura.

Apabila pengunjung berada di Pantai Tambakrejo maka dapat melihat pemandangan Gondo Mayit dari sisi atas bukit. Cara ini sangat bagus untuk melihat secara nyata keindahan kedua pantai secara bersamaan. Keduanya memiliki kesamaan berupa air biru jernih dan pasirnya yang putih.

Aktivitas Selama di Pantai Pasetran Gondo Mayit

Aktivitas Selama di sana
Source : https://i0.wp.com/

Saat berada di Pantai Pasetran Gondo Mayit selain menikmati lautan yang masih sepi dan belum terkontaminasi oleh apapun, pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan. Tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi semua yang ada di pantai ini. Berikut berbagai aktivitas menarik selama di pantai ini:

1. Pendakian

Pengunjung yang menyukai tantangan bisa melakukan pendakian di are bukit sekitar pantai. Bukit ini terhubung dengan Pantai Tambakrejo. Apabila ingin mengunjungi Pantai Tambakrejo namun tidak mau menggunakan kendaraan maka bisa melewati bukit ini.

Medan yang ada tidak terlalu sulit atau curam jadi masih aman untuk dilewati oleh pengunjung. Pengunjung akan lebih menikmati suasana pantai dari keduanya secara indah. Saat berada di atas akan ada makam dari penjaga pantai. Suasana yang tenang dan asri serta memanjakan mata ada disini.

2. Bermain

Kegiatan wajib selama di pantai pasti bermain air. Dengan pasir yang lembut tidak akan menyakiti kaki pengunjung dengan karang-karang tajam. Kebersihan pantai ini sangat terjaga sehingga masih terlihat alami. Namun ombak yang tidak menentu sesuai cuaca membuat pengunjung harus berhati-hati.

Utamakan keselamatan dengan bermain air hanya di bibir pantai saja tidak masuk terlalu dalam. Keseruan lain dengan bermain pasir pantai. Saat siang hari cuaca di pantai ini sangat panas dan terik sehingga membuat kulit langsung terbakar jika tidak menggunakan pelindung berupa topi atau sunblock.

3. Kulineran

Di setiap pantai makanan merupakan hal wajib karena pengunjung akan mendapatkan ikan segar hasil tangkapan nelayan langsung. Ada banyak warung makan yang menjual aneka olahan seafood atau jajan mulai dari harga 15 ribu per porsinya.

Minuman yang disajikan juga bermacam-macam seperti kelapa muda, the, kopi dan lain-lain. Pengunjung bisa menikmati suasana pantai sambil menyantap makanan. Dengan begitu semakin menambah nafsu makan. Selain itu pengunjung bisa mengabadikan momen dengan berfoto.

4. Camping

Dibuka selama 24 jam dan merupakan pantai yang tergolong sepi membuatnya cocok dijadikan tempat camping. Pengunjung bisa menikmati sunset dan sunrise muncul dari tengah laut. Namun jika tidak memiliki peralatan camping, pihak pantai akan menyewakan kepada pengunjung.

Dengan tarif seharga 60 ribu untuk satu buah tenda selama satu hari. Warung yang ada di sekitar juga masih buka sehingga tidak perlu takut jika makanan habis. Saat suasana menjelang sore air akan surut dan pengunjung diperbolehkan berenang hingga batas tertentu.

Peningkatan Perekonomian di Pantai Gondo Mayit

Peningkatan Perekonomian
Source : https://ticmpu.id/

Banyaknya foto yang beredar di media sosial membuat keberadaan pantai ini semakin dikenal oleh masyarakat luas. Dengan begitu mulai berdatangan wisatawan untuk melihat dan menikmati keindahan pantai ini. Hal ini menjadi batu loncatan yang bagus bagi pemerintah daerah dan masyarakat sekitar.

Terlebih dengan adanya pembangunan Jalur Lintas Selatan atau JLS untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya wilayah pantai. Tahapan pembangunan mulai dari pembenahan jalan sehingga pengunjung tidak kesulitan menuju ke lokasi pantai juga meningkatkan minat orang untuk datang.

Adanya peluang tersebut memberikan dampak positif bagi keberlangsungan UMKM yang ada di sekitar pantai. Apabila pengunjung semakin meningkat maka pendapatan akan bertambah. Ini sepadan dengan kebersihan yang selalu dijaga oleh masyarakat.

Demikian informasi mengenai Pantai Pasetran Gondo Mayit yang bisa dikunjungi kapan saja. Pengunjung dapat melepaskan lelah dengan menikmati kesejukan pantai pada pagi dan sore hari. Saat datang ke pantai ini tetap jaga kebersihan.

Bagikan: