Pantai Peh Pulo Raja Ampat dari Blitar

Julukan yang disematkan pada pantai ini bukan tanpa arti. Keindahan Pantai Peh Pulo menggambarkan banyaknya pulau karang yang tersebar di sekitarnya. Pengunjung bisa menikmati dan mengabadikan pesona dari atas bukit untuk melihat secara jelas dan nyata dengan berfoto.

Pesona Pantai Peh Pulo

Pesona Pantai Peh Pulo
Source : https://jelajahblitar.com/

Pantai peh pulo memberikan sejuta keindahan bahkan dijuluki sebagai Raja Ampat dari Blitar. Berada di tempat yang tersembunyi memberikan suasana berbeda dari pantai lainnya. Pemandangan yang ada di sekitar pantai ini bisa memikat pengunjung untuk tidak melupakan keindahannya.

Bacaan Lainnya

1. Hidden Paradise

Sebelum dijadikan sebagai objek wisata, dulu pantai ini hanya sebagai lahan biasa bagi nelayan lokal. Maka dari itu suasananya masih sangat asri dan alami, belum tercemar dengan berbagai kegiatan.  Pantai ini masih sepi pengunjung sehingga memberikan ketenangan.

Disertai deburan ombak yang besar karena berada di garis pantai wilayah selatan dan berhubungan langsung dengan Samudera Hindia. Air laut yang memiliki warna biru dipadukan dengan pasir putih halus dan bersih membuat pengunjung bisa bersantai dan bermain.

2. Dikelilingi Bukit

Jalan yang ada di lokasi ini bisa dibilang masih sulit. Banyaknya jalan berlubang, tanah lumpur, dan pasir menghambat perjalanan menuju ke pantai. Terlebih saat hujan jalan akan semakin becek sehingga tidak bisa dilewati. Pengunjung diharuskan berjalan untuk masuk area pantai.

Saat hampir tiba ke tempat ini pengunjung akan melewati bukit yang sangat indah. Namun semakin mendekati area sekitar pantai akan ada banyak jalan tidak layak untuk dilewati. Meskipun kendaraan empat bisa masuk, ukuran jalan sangat pas, tidak bisa dilalui kendaraan lain dari arah berlawanan.

Lokasi dan Tiket Masuk

Lokasi dan Tiket Masuk
Source : https://travelspromo.com/

Pantai ini terletak di Dusun Peh Pulo, Desa Sumbersih, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar. Untuk menuju ke lokasi ini bisa melewati Lodoyo dengan waktu sekitar satu jam dari pusat kota. Lokasi pantai cukup jauh dari pusat kota dengan jalur yang tidak bersahabat.

Tiket masuk ke wisata ini hanya ditarik 5 ribu sudah bisa menikmati keindahan pantai selama apapun. Dibuka setiap hari selama 24 jam sehingga membuat pengunjung bisa datang kapan saja. Pantai ini merupakan salah satu wisata tersembunyi akan pemandangan yang menakjubkan.

Meskipun terbuka dari pagi hingga malam namun karena akses jalan yang buruk membuat pengunjung tidak disarankan datang saat matahari terbenam. Disini masih minim cahaya sehingga akan membahayakan keselamatan pengunjung.

Rute Perjalanan Menuju ke Pantai Peh Pulo

Rute Perjalanan Menuju ke Pantai Peh Pulo
Source : https://travelspromo.com/

Rute menuju tempat ini cukup membingungkan karena sedikit papan petunjuk yang mengarahkan ke arah pantai. Maka pengunjung bisa mengikuti jalan ke Pantai Serang. Setelah itu mengarah ke Panggungrejo menuju Sumbersih. Nanti mulai ada palang petunjuk ke Pantai Peh Pulo.

Akses jalan yang masih tidak begitu mulus akan menyulitkan kendaraan beroda empat untuk sampai ke pantai ini. Pengunjung hanya bisa melalui Pantai Pasir Putih yang terletak di Barat tempai ini. Bahkan roda dua juga tidak bisa memasuki kawasan pantai jadi harus berjalan kaki selama beberapa meter.

Jarak tempuh ke pantai ini sekitar 44 km dari Kota Blitar. Alasan Pantai Peh Pulo mendapat julukan “Miniatur Raja Ampat” karena di sekitarnya terdapat banyak pulau karang. Apabila pengunjung melihat ke sisi kanan dan kiri akan mendapati bukit serta area parkir khusus bagi perahu nelayan.

Kegiatan Selama Berada di Pantai Peh Pulo

Kegiatan Selama Berada di Pantai Peh Pulo
Source : https://www.tempatwisata.pro/

Dengan berbagai pesona yang ada di Pantai Peh Pulo ditambah jarak perjalanan yang panjang pasti ingin menikmati keindahan secara maksimal. Agar tidak kecewa maka pengunjung bisa melakukan aktivitas menyenangkan selama disini. Berikut beberapaa kegiatan menyenangkan selama disini yaitu:

1. Camping

Suasana yang indah dan asri membuat pengunjung betah berlama-lama disini. Pantai ini sering dipakai sebagai lokasi camping karena memiliki pasir yang datar dan lembut sehingga aman duduk atau tiduran di atasnya. Pengunjung juga bisa menikmati sunset sera menunggu munculnya sunrises.

Pemandangan tersebut tidak dapat tergantikan. Lokasi yang masih sangat sepi membuat minimnya cahaya lampu sehingga bintang-bintang terlihat jelas dan terang. Pasti banyak pengunjung yang mengira tempat ini sebagai Raja Ampat.

2. Pendakian ke Bukit

Pendakian ke Bukit
Source : https://emqm5ap7a3x.exactdn.com/

Dikelilingi oleh banyaknya bukit yang memiliki pepohonan rindang memberikan kesegaran alami bagi pengunjung. Dari atas keindahan pantai akan terlihat dengan jelas semua sudutnya. Tanpa perlu memerlukan besudah-sunah naik bisa mengubah keindahan akan pantai ini.

Pengunjung bisa melakukan foto karena banyak spot foto yang masih belum terjamah oleh manusia. Jalan menuju ke bukit tidak membutuhkan waktu yang lama dan pengunjung bisa melihat semua keindahan pantai dari atas.

3. Diving dan Snorkeling

Keindahan pantai ini terdapat pada terumbu karangnya. Pengunjung bisa melakukan aktivitas diving. Ada banyak ikan dan biota laut dengan berbagai warna yang menambah kecantikan bawah laut. Pantai yang masih jauh dari kontaminasi memberikan pemandangan bawah laut yang tidak bisa dilewatkan.

Bagi pengunjung yang ingin diving atau snorkeling bisa membawa peralatan sendiri. Hal ini kerena masih belum ada yang menyewakan peralatan diving. Namun untuk melakukan kegiatan ini disarankan tidak pada saat ombak sedang besar karena akan berbahaya. Bisa bermain di bibir pantai saja.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Berkunjung 

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Berkunjung ke Pantai Peh Pulo
Source : https://mytrip123.com/

Saat berkunjung di Pantai Peh Pulo pengunjung akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang tidak dapat ditemukan dimanapun. Pantai ini berada di tempat yang belum banyak terjamah oleh berbagai aktivitas. Sehingga semua hal yang ada disini masih terjaga kealamiannya.

Jarak pantai yang cukup jauh serta sulitnya medan untuk bisa menuju ke pantai ini pasti tidak ingin merasakan kecewa dan tidak puas. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menikmati semua keindahan di pantai ini. Maka dari itu pengunjung bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Dapat bermain air seperti berenang namun tetap berhati-hati saat berada di laut
  • Datang pada saat musin kemarau atau cuaca sedang cerah untuk menghindari jalan berlumpur dan licin
  • Membawa baju ganti setelah bermain air
  • Tidak pergi saat cuaca sedang buruk karena bisa membuat ombak menjadi lebih tinggi dari biasanya
  • Hindari bermain air saat ombak tinggi karena berbahaya bagi keselamatan
  • Mendirikan tenda atau sekedar menggelar tikar untuk bersantai
  • Datang ke pantai pada pagi atau sore hari untuk memaksimalkan keindahan
  • Membawa peralatan untuk olahraga seperti bola, diving, dan sebagainya
  • Mengabadikan semua momen dalam foto di setiap titik yang ada
  • Membawa makanan dan minuman dari rumah karena tidak bisa menjamin setiap hari warung sekitar pantai akan buka
  • Tetap menjaga kebersihan di Pantai Peh Pulo agar tetap indah dan jernih
  • Tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola

Demikian informasi mengenai keindahan Pantai Peh Pulo yang menjadi salah satu ikon menarik bagi para wisatawan. Pesona seperti Raja Ampat membuat Blitar memiliki kemungkinan untuk meningkatkan pariwisata melalui branding yang lebih baik lagi.