Wisata Pantai Serang Kabupaten Blitar Kaya akan Budaya

Blitar memiliki desa yang dianugerahi sebagai Desa Wisata yaitu Pantai Serang. Desa ini memiliki pantai yang indah dengan berbagai pelestarian kebudayaan. Ada banyak rangkaian festival yang berguna sebagai media branding bagi para wisatawan untuk berkunjung ke pantai selatan di Blitar.

Pesona Pantai Serang

Pesona Pantai Serang
Source : https://asset.kompas.com/

Pesona keindahan alam tidak pernah ada habisnya terlebih di Indonesia yang terkenal sebagai negara kepulauan. Ada berbagai macam pantai yang tersebar dengan indahnya dan memiliki keunikan masing-masing. Salah satu wisata yang sering disebut sebagai Kuta dari Blitar adalah Pantai Serang.

Bacaan Lainnya

Wisata ini menjadi ikon kebanggaan Blitar dan masuk dalam 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021. Keindahan pantai Serang sangat lengkap dengan pesona sunset yang bisa didapatkan saat bulan Oktober hingga Februari. Di sekitar pantai terdapat Goa Kedungkrombang dan Goa Grontol.

Setiap tahunnya pantai ini akan mengadakan berbagai kegiatan rutin seperti larung sesaji pada 1 Suro menurut penanggalan Jawa. Pantai ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia sehingga pengunjung dilarang berenang. Terlebih saat ombak sangat tinggi.

Kegiatan Menarik di Pantai Serang

Kegiatan Menarik di Pantai Serang
Source : https://dynamic-media-cdn.tripadvisor.com/

Pada wisata pantai pasti memiliki berbagai macam kegiatan selain bermain air. Seperti pantai Serang yang terdapat banyak kegiatan menarik seperti camping, olahraga, dan spot untuk berfoto. Adapun beberapa aktivitas yang bisa dilakukan selama berada di Pantai Serang, antara lain:

1. Aktivitas Camping

Camping menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan untuk menikmati keindahan pantai saat sunrise dan sunset. Biasanya orang-orang akan membawa tenda sendiri dari rumah dan didirikan di sekitar bibir pantai. Ada juga yang sekedar piknik dengan menggelar tikar.

Pasir yang ada di pantai ini sangat halus sehingga nyaman untuk bersantai di atasnya. Suasana yang rindang karena banyak pohon cemara. Meskipun pengunjung datang pada siang hari, sinar matahari tidak akan terlalu menyengat. Untuk makan, warung akan buka sampai malam jadi tidak perlu khawatir.

2. Kegiatan Sport

Kegiatan Sport
Source : https://asset.kompas.com/

Di Pantai Serang ini terdapat kegiatan berkendara menggunakan ATV untuk berkeliling menyusuri pinggir pantai. Pengunjung bisa menikmati udara pantai yang sejuk dan serunya bermain dengan ATV. Bagi yang menyukai kegiatan olahraga dapat mencoba hal ini.

Selain itu ada kegiatan berselancar yang akan dipandu oleh ahlinya. Kegiatan ini memerlukan reservasi terlebih dahulu. Sayangnya kegiatan ini sudah jarang dilakukan. Untuk menaiki ATV pengguna hanya membayar sebesar 50 hingga 60 ribu selama satu jam.

3. Spot Foto

Banyak pengunjung yang datang ke pantai untuk melihat keindahan sunset. Salah satu spot sunset terbaik ada di Pantai Serang. Hal ini karena pantai ini menyajikan panorama laut yang luas sehingga saat matahari terbenam akan terlihat dengan jelas.

Spot menarik lainnya berada di sekeliling pantai yaitu bukit karang. Akses jalan untuk sampai ke bukit tersebut tidak terlalu sulit. Pengunjung bisa menikmati keindahan secara menyeluruh dari atas. Maka dari itu pastikan membawa kamera untuk mengabadikan momen tersebut.

Jalur ke Lokasi Pantai Serang

Jalur ke Lokasi Pantai Serang
Source : https://travelspromo.com/

Akses untuk menuju ke Pantai Serang dari pusat kota membutuhkan waktu satu jam. Jalur yang dilewati sudah beraspal sehingga bisa digunakan oleh mobil atau motor. Namun tidak semua kondisi jalan mulus karena ada pada daerah perbukitan. Jadi ada jalan yang naik turun dan rusak.

Perjalanan tidak akan terasa jauh karena di kanan dan kiri akan disuguhi pemandangan berupa sawah, pohon dan udara yang sejuk. Rute ke wisata ini bisa melewati Kanigoro ke arah Lodoyo. Setelah sampai di perempatan, pengunjung bisa mengambil jalur kiri menuju Panggungrejo.

Nantinya akan terlihat papan petunjuk jalan ke arah Pantai Serang. Pengunjung perlu berhati-hati karena ada banyak tikungan dan perempatan. Apabila kebingungan bisa menggunakan Google Maps atau menanyakan pada warga sekitar. Harga tiket masuk wisata ini sekitar 5 ribu.

Budaya Setiap Tahun di Pantai Serang

Budaya Setiap Tahun di Pantai Serang
Source : https://www.garispantai.com/

Pantai Serang bukan hanya terkenal akan keindahan tempatnya namun juga warisan budaya yang masih terus dilestarikan setiap tahunnya. Budaya ini menjadikan Pantai Serang banyak dikunjungi dan masuk dalam ADWI 2021. Berikut beberapa acara kebudayaan yang diselenggarakan di Pantai Serang:

1. Serang Culture Festival

Acara ini diselenggarakan setiap bulan September hingga Oktober yang menjadi rangkaian acara festival lain. Biasanya dalam rangkaian akan diadakan lomba seperti festival layang-layang, barong, pelepasan tukik dan sebagainya.

Dalam kegiatan di Pantai Serang ini dapat diikuti oleh semua masyarakat. Ini menjadi salah satu cara yang digunakan pemerintah untuk membangun pariwisata Blitar. Serang Culture Festival sudah dilakukan selama lebih dari lima kali dan akan terus menjadi agenda rutin.

2. Serang Barong Festival

Kegiatan ini menjadi acara terakhir dan penutup dari Serang Culture Festival. Diikuti oleh puluhan tim pembarong dari beberapa daerah seperti Kediri dan Malang untuk ikut mengisi acara dengan meriah. Festival ini dapat dilihat oleh semua usia sambal menikmati suasana pantai.

Dengan adanya acara di Pantai Serang ini akan membantu melestarikan budaya di Indonesia. Acara Barong juga turut menjadi ajang promosi budaya dengan kearifan lokalnya serta meningkatkan potensi wisata pada daerah pesisir pantai selatan di Blitar.

3. Pelepasan Tukik

Pelepasan Tukik
Source : https://cdn.timesmedia.co.id/

Kegiatan pelepasan tukik menjadi salah satu event yang digemari oleh pengunjung. Biasanya dilakukan setiap tiga bulan sekali dengan tujuan untuk mengembangkan konservasi penyu di laut selatan. Penyu yang berumur dua hingga tiga bulan akan dilepaskan pada sore hari.

Hal ini dilakukan oleh pemerintah desa setempat karena banyak warga yang masih memperjualbelikan telur penyu. Maka dari itu melalui inisiatif tersebut dibuat tempat konservasi untuk menjaga habitatnya. Adanya kegiatan ini sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat.

4. Larung Sesaji

Kegiatan ini dilakukan sebagai rasa syukur dari para nelayan di sekitar pantai kepada Tuhan Yang Maha Esa. Acara ini selalu dilakukan pada tanggal satu Suro dan bisa dihadiri oleh berbagai pengunjung. Hal ini menjadi kegiatan rutin tiap tahun untuk meningkatkan potensi wisata.

Pengunjung Pantai Serang yang ingin melihat acara ini bisa membayar sejumlah 3 ribu sebagai tiket masuk. Dalam acara yang sakral, warga sekitar mengenakan pakaian khas jawa. Terdapat tumpeng agung yang memiliki tinggi 1,5 meter serta dikelilingi oleh hasil bumi seperti ubi, jagung, pisang, dan sebagainya.

5. Festival Layang-Layang

Festival ini menjadi salah satu rangkaian acara Serang Culture Festival yang dilaksanakan pada pagi hari sekitar jam 9. Banyak orang dari berbagai daerah menjadi peserta untuk memperebutkan Piala Bupati Blitar. Layang-layang peserta yang bisa diterbangkan diantaranya gapangan, combat kite dan train naga.

Ada lebih dari 400 peserta yang hadir mulai dari Blitar Raya, Kediri, Malang, Tulungagung, dan masih banyak lagi. Pelaksanaan kegiatan terinspirasi dari festival layang-layang Bali sebagai daya tarik bagi para wisatawan.

Demikian informasi mengenai keindahan Pantai Serang yang ada di Kabupaten Blitar. Pengunjung yang senang menikmati aktivitas kebudayaan dan edukasi dapat berkunjung ke pantai ini. Pantai ini menawarkan banyak warisan budaya dan konservasi penyu.