Tulungagung memang tidak pernah habis dengan wisata pantainya. Anda pun bisa menjajali satu per satu mulai dari yang paling selatan hingga ke utara atau pun sebaliknya. Salah satunya adalah Pantai Sioro. Keunikannya yakni wisata alam ini menjadi  ikon spektakuler dari Desa Ngrejo Kab. Tulungagung.

Sejarah Pantai Sioro

Pantai Sioro
Source: https://www.pantainesia.com/wp-content/uploads/2018/08/pantai-sioro-1248×703.jpg

 

Pantai Sioro sebenarnya termasuk ke dalam pantai di Tulungagung yang belum begitu populer sehingga Anda pun masih bisa bersantai tanpa banyak pengunjung. Selain itu, tidak ada legenda atau cerita sejarah mengenai wisata alam satu ini. Kondisinya pun juga cukup bersih dengan warna pantai putih.

Di pantai ini, Anda bisa melihat sebuah batu besar yang bentuknya menyerupai pulau. Lokasinya berada di bagian tengah pantai. Tidak heran apabila batu ini menjadi salah satu ciri khas dari wisata alam tersebut. Mengingat bahwa jarang sekali menyaksikan ada pantai dengan bebatuan berukuran besar.

Baca juga : Pantai Gerangan Tulungagung: Pesona Keindahan Khas Desa Ngrejo

Berlibur ke Pantai Sioro pun menjadi opsi yang paling cocok bisa Anda lakukan bersama keluarga, kerabat, teman maupun pasangan. Khususnya jika memiliki jiwa petualang karena memiliki medan perjalanan lumayan ekstrim. Selama menuju ke pantai ini, Anda pun akan disuguhkan dengan pemandangan alam.

Pemandangan Khas Pantai Sioro, Ikon Desa Ngrejo Tulungagung

Source: https://pantainesia.com/wp-content/uploads/2021/02/Pantai-Sioro-Tanggung-Gunung.jpg

 

Desa Ngrejo pun menjadi salah satu daerah yang berimbas dengan masa pandemi di masa itu. Selepas peristiwa tersebut, pemerintah desa pun akhirnya mulai mengembangkan potensi wisata. Salah satunya yakni di Pantai Sioro. Bahkan saat ini sudah menjadi ikon dari Desa Ngrejo meski belum maksimal.

Pantai Sioro mempunyai keunikan tersendiri yakni memiliki banyak sekali hewan kelelawar mendiami Pulau Songkalong. Pemerintah setempat pun mengakui jika pantai ini justru terasa seperti pantai pribadi. Hal ini karena masih belum ada pemukiman warga dan suasana pantai masih sangat asri.

Pemandangan dari Pantai Sioro pun bisa Anda katakan seperti pantai di Bali. Sebelum pandemi, wisata ini masih ramai oleh pengunjung. Namun kali ini terkendala oleh akses jalan sehingga belum begitu memadai untuk memberikan fasilitas yang cukup bagi pengunjung.

Informasi Umum Tentang Pantai Sioro

Pantai Sioro
Source: https://sikidang.com/wp-content/uploads/Spot-Wisata-di-Pantai-Sioro.jpg

Bagi Anda yang tertarik untuk berkunjung ke Pantai Sioro, maka ada beberapa informasi penting di bawah ini dapat disimak terlebih dahulu. Khususnya bagi pengunjung dari luar Tulungagung, tentunya wajib memahami rute perjalanan mereka dulu agar tidak tersesat selama di perjalanan karena cukup ekstrim.

1. Harga Tiket Masuk

Meskipun berada di area pegunungan, namun Pantai Sioro sudah dikelola secara langsung oleh pihak pengelola yakni Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis. Dengan begitu, mereka pun sudah memberlakukan tiket masuk. Anda hanya perlu membayar tarif sebesar Rp 5 ribu saja per orang.

Jangan lupa untuk mempersiapkan biaya parkir karena seakan-akan bisa ditarik di luar  harga tiket masuk. Penarikan ini juga pada umumnya akan diberlakukan ketika pengunjung sedang ramai khususnya di hari libur panjang. Jadi tetap bawa uang lebih untuk jaga-jaga.

2. Lokasi Wisata

Pantai Sioro ini berlokasi di Desa Ngrejo, Kec. Tanggung Gunung, Kab. Tulungagung Jawa Timur. Lokasinya memang berada di kawasan pegunungan sehingga akses jalan menuju ke tujuan wisata masih berupa jalan tanah. Bahkan hanya tersedia satu jalan beton saja.

Dengan begitu, Anda harus membawa kendaraan pribadi khususnya menggunakan sepeda motor karena akan lebih mudah menuju ke Pantai Sioro. Sebenarnya perjalanannya terasa sangat cocok jika wisatawan suka dengan jiwa petualang. Tidak sedikit dari mereka membawa mobil off road untuk memudahkan.

3. Rute Perjalanan Wisata

Rute perjalanan untuk menuju ke Pantai Sioro bisa Anda mulai dari Tulungagung ke Campurdarat. Jika sudah sampai, maka tinggal belok saja mengikuti petunjuk arah ke Pantai Popoh yakni di arah Tanggung Gunung. Ikuti saja jalan tersebut hingga 5 kilometer hingga sampai di Desa Ngrejo.

Anda akan menemukan sebuah pertigaan, belok kanan ke Desa Ngrejo. Jika sudah sampai, bisa bertanya ke warga setempat mengenai jalan menuju ke Pantai Sioro. Rute perjalanan lainnya dapat Anda pilih dengan berangkat dari terminal Gayatri kemudian menuju ke Campurjanggrang – Campur darat.

Objek Wisata Pantai Sioro

Source: https://pantainesia.com/wp-content/uploads/2021/02/Pantai-Sioro-Tulungagung.jpg

Informasi yang tidak kalah pentingnya untuk Anda ketahui adalah apa saja objek wisata yang tersedia di Pantai Sioro. Tentunya hal ini penting bagi seluruh wisatawan ketika mereka tidak mengetahui daya tarik dari wisata alam tersebut. Mulai dari pemandangan khas Pantai Sioro hingga mendirikan tenda.

1. Pemandangan Khas Pantai Sioro

Pantai Sioro mempunyai pemandangan alam yang sangat mempesona. Dengan warna air jernih tentunya bisa menyejukkan mata hingga pandangan Anda selama berada di sini. Lengkap dengan awan putih dan juga langit biru yang sangat cerah.

Ditambah lagi dengan barisan tebing-tebing di sekeliling pantai. Anda pun bisa mengabadikan momen bersama keluarga untuk menjadikannya sebagai latar belakang foto. Tidak lupa juga kumpulan batu karang warna hijau berhasil menambah pemandangan khas Pantai Sioro terlihat lebih elok dan asri.

2. Berfoto dengan Pemandangan Pantai

Jika berada di Pantai Sioro dengan pemandangan yang super menakjubkan, tentu akan sia-sia jika Anda tidak mengabadikannya. Jangan lupa untuk memanfaatkan momen ini dengan berfoto sepuasnya dimana belakangnya adalah pemandangan alam.

Selain itu, Anda pun bisa mengambil foto tepat di bibir pantai. Pasalnya lokasi ini menjadi spot paling disukai oleh pengunjung. Mereka akan mendapatkan beberapa objek wisata alam khas dari Pantai Sioro mulai dari hamparan pasir putih yang luas, batuan karang hingga barisan tebing di sekitarnya.

3. Bermain Pasir dan Air

Bagi semua pengunjung pantai dimanapun tujuan Anda, tentu akan terasa sangat mengasyikkan jika Anda bisa bermain pasir sekaligus air. Terlebih jika suasananya masih bersih karena  belum banyak terjamah oleh wisatawan seperti kebanyakan pantai yang ada di Indonesia.

Kurang puas rasanya apabila Anda tidak bermain pasir dan air. laut. Namun tetap saja, perhatikan tempat bermain di sekitar bibir pantai. Jangan terlalu berada di tengah laut karena kondisi ombak di Pantai Sioro memang tidak bisa diprediksi.

4. Mendirikan Tenda

Terakhir, Anda bisa mencoba untuk mendirikan tenda di sekitaran Pantai Sioro. Sampai saat ini, kegiatan bermalam di pantai hanya banyak dilakukan oleh warga setempat saja. Mereka sering kali melakukannya di dekat kebun warga sehingga tidak begitu dekat dengan area pantai .

Meski tidak berada di bibir pantai, namun tempat ini menjadi wisata alam yang cukup aman untuk Anda kunjungi. Alasannya agar tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan. Misalnya saja terseret oleh ombak karena gelombang sedang pasang.

Baca juga :  Wisata Alam di Pantai Puger Jember

Pantai Sioro adalah salah satu pantai yang masih sangat asri di Tulungagung. Apabila Anda tertarik untuk berkunjung ke pantai layaknya milik pribadi, maka wisata alam satu ini cocok untuk dikunjungi. Bahkan saat ini pemerintah setempat sudah mulai mengembangkan akses jalan dan fasilitas di area wisata.

 

Bagikan: