Pantai Taman Kili-kili Trenggalek termasuk salah satu destinasi wisata yang paling menarik untuk Anda kunjungi. Hal ini karena lokasinya menjadi tempat budidaya berbagai jenis penyu langka sehingga pengunjung bisa mendapatkan pengalaman mengesankan dengan melewat hewan-hewan khas laut tersebut.

Sekilas Tentang Pantai Taman Kili-kili Trenggalek

Pantai Taman Kili-kili Trenggalek
Source: https://pantainesia.com/wp-content/uploads/2018/08/pantai-taman-kili2.jpg

Perlu Anda ketahui, bahwa Pantai Taman Kili-kili lokasinya cukup bersebelahan dengan Pantai Pelang. Tempatnya pun sangat cocok untuk dikunjungi karena ada banyak kegiatan seru di dalamnya. Wisatawan juga dapat menjadikannya lokasi terbaik saat ingin menikmati waktu liburan yang panjang bersama keluarga.

Tentu tidak lain karena tempat tersebut merupakan lokasi konservasi penyu. Tidak heran jika sangat cocok mengajak anak-anak melihat hewan tersebut secara langsung beserta telur-telurnya yang langka. Hal ini akan menjadi aktivitas sekaligus edukasi paling menarik sehingga dapat menambah banyak wawasan.

Baca juga : Pantai Pelang Trenggalek Wisata Paling Populer

Ada banyak jenis penyu yang dibudidayakan di pantai tersebut. Hal ini menjadi daya tarik utama bagi setiap pengunjung ketika datang ke lokasinya. Meski begitu, tempat wisatanya masih menyimpan keindahan alam mempesona sehingga jangan sampai ketinggalan menikmati area pantai dan lautannya karena sangat menawan.

Lokasi Pantai Taman Kili-kili Trenggalek

Pantai Taman Kili-kili dapat Anda kunjungi di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kab. Trenggalek, Provinsi Jawa Timur. Tentu bisa jadi pilihan paling menarik untuk berlibur karena wisatanya menyediakan keindahan pantai yang masih sangat alami dan asri. Akses menuju tempatnya pun terbilang cukup mudah.

Akan tetapi, pengunjung perlu berhati-hati saat menemukan jalan berkelok dan naik turun. Begitu sampai ke area pantai maka akan menikmati pemandangan laut menakjubkan dan menyegarkan mata. Tidak heran jika banyak wisatawan lokal maupun luar daerah menjadikannya sebagai tempat favorit berlibur.

Anda akan menikmati keindahan pantai yang sangat mempesona. Gulungan ombak yang bergerak juga sangat terlihat eksotis. Pantai ini juga memiliki hamparan pasir begitu luas sehingga cocok untuk menyegarkan pikiran. Jangan lupa berkunjung hingga sore harinya agar bisa menikmati indahnya sunset.

Harga Tiket Masuk Menuju Wisata Pantainya

Pantai Taman Kili-kili Trenggalek
Source: https://assets.ayobandung.com/crop/0x0:0x0/750×0/webp/photo/2023/04/02/Pantai-Taman-Kili-Kili-Trenggalek-2-1263495173.jpeg

Ketika sudah sampai ke lokasinya, Anda perlu membayar biaya tiket masuk terlebih dahulu. Jangan khawatir karena nominalnya sangat terjangkau untuk berbagai kalangan. Pasalnya, setiap pengunjung hanya perlu menyisihkan uang sekitar Rp 7.500 saja. Tentu tidak akan menghabiskan banyak budget.

Anda tetap dapat berlibur dengan lokasi dan aktivitas yang sangat menarik dengan biaya sangat hemat sekalipun. Tempat wisata ini sendiri buka setiap hari selama 24 jam penuh. Tidak heran jika pengunjung dapat datang kapan saja sesuai keinginan mereka baik di hari biasa ataupun saat waktu liburan telah tiba.

Tempat wisata ini memang sangat cocok menjadi pilihan terbaik untuk berlibur. Terdapat bukit-bukit cantik di sekitarnya serta tanaman pandang yang cukup disukai penyu apabila ingin bertelur di sekitarnya Anda bisa menikmati berbagai fasilitas lengkapnya seperti mushola, area parkir, warung makan, hingga toilet umum.

Cara Menuju Lokasi Wisata Pantai

Apabila Anda ingin berkunjung ke Pantai Taman Kili-kili, maka cara menuju ke lokasinya pun terbilang cukup mudah. Kawasan wisata ini sendiri terletak sekitar 75 km dari stasiun Tulungagung. Berawal dari stasiun tersebut, pengunjung dapat meneruskan perjalanan memakai kendaraan umum ataupun pribadi.

Agar cepat menuju ke lokasi wisatanya, maka pastikan Anda memanfaatkan bantuan Google Maps. Hal ini agar perjalanan ke pantai dapat mudah untuk ditelusuri. Terlebih jika berangkat menggunakan kendaraan milik sendiri. Kemudian apabila memakai kendaraan umum, maka pastikan turun di Desa Wonocoyo.

Yaitu lokasi dari Pantai Taman Kili-kili itu sendiri. Tentu sangat mudah menuju lokasi wisata pantainya. Anda bisa berlibur dengan menikmati keindahan alamnya yang masih sangat asri. Sekaligus melihat secara langsung penangkaran berbagai jenis penyu sehingga aktivitas di area wisata sangat menarik perhatian.

Aktivitas Menarik dan Seru di Pantai Taman Kili-kili Trenggalek

Pantai Taman Kili-kili Trenggalek
Source: https://1.bp.blogspot.com/-7zmoBpKk8oo/XXsr8QayqMI/AAAAAAAAD8M/64Pr_st0iucHaEixdwvB7Lhbtesx7UJYACLcBGAsYHQ/s1600/IMG_20190913_123712.jpg

Ada banyak aktivitas seru dan menarik yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke wisata ini. Pantai Taman Kili-kili sampai saat ini memang bisa jadi pilihan tepat untuk berlibur bersama keluarga ataupun orang-orang terdekat. Agar tidak ketinggalan, maka simak beberapa aktivitas selengkapnya di bawah ini:

1. Menikmati Keindahan Pantai yang Masih Alami

Pantai Taman Kili-kili termasuk destinasi yang cukup populer dengan keindahan wisatanya di Trenggalek. Tidak heran jika ada banyak orang ingin meluangkan waktunya hanya untuk melihat pesona pantai dengan ombaknya tersebut. Tentu akan sangat nyaman dan seru jika berlibur di lokasi tersebut secara rombongan.

Mengingat lokasi pantainya yang masih tergolong luas sehingga sangat nyaman saat berlibur. Keindahan pantainya pun terbilang cukup alami, asri, dan cukup segar. Terdapat tanaman pandan di sekitar pesisir pantainya serta area perbukitan di sekelilingnya tentu menambah pemandangan menarik saat melihatnya.

2. Bermain Air dan Berenang di Tepi Pantai

Source: https://4.bp.blogspot.com/-vqGiEjWoz68/VBGtc0QwVdI/AAAAAAAABDk/DfNF2X7tBaM/s1600/102_0187%2Bcopy.jpg

Agar tidak kalah seru, Anda bisa menikmati panorama alam yang sangat indah di pantai ini dengan cara berenang di tepi pantai. Ombaknya yang tidak terlalu besar membuat pengunjung bisa melepas penat dengan menyalurkan hobi mereka sekaligus menikmati kesegaran air laut secara langsung di lokasi tersebut.

Sampai saat ini sendiri lokasi wisata pantai tersebut masih menjadi favorit masyarakat sekitar. Anda juga bisa bermain pasir di tepi pantai bersama-sama dengan keluarga. Tentu menjadi destinasi wisata paling menarik karena keindahannya yang sangat luar biasa. Tersedia pula beberapa spot menarik untuk berfoto.

3. Melihat Indahnya Pemandangan Sunrise dan Sunset

Pantai Taman Kili-kili yang ada di Trenggalek ini juga sangat terkenal dengan keindahan sunset dan sunrisenya. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk datang dengan jam terbaik agar bisa melihatnya secara langsung. Tentu bisa jadi pengalaman terbaik dan mengesankan jika mampu menikmati pesona alam tersebut.

Jika Anda datang di siang hari, maka pastikan menunggu waktu sampai sore harinya agar lebih mudah untuk melihat sunset. Jangan lupa juga untuk mengabadikan momen tersebut dengan mengambil gambar menggunakan smartphone masing-masing sekaligus menjadi kenang-kenangan saat berlibur bersama.

4. Melihat Proses Budidaya Berbagai Jenis Penyu

Source: https://assets.ayobandung.com/crop/0x0:0x0/750×500/webp/photo/2023/04/02/Pantai-Taman-Kili-Kili-Trenggalek-801708448.jpeg

Hal yang tidak kalah menarik di pantai satu ini adalah pengunjung dapat melihat langsung budidaya penyu. Tentu bisa jadi salah satu edukasi menarik bagi keluarga khususnya anak-anak saat liburan. Kawasan sekitar pantainya sendiri memang termasuk lokasi konservasi penyu dengan luas cukup besar di Jawa Timur.

Tidak heran jika kawasan ini menjadi daya tarik utama saat datang ke lokasinya. Setidaknya, terdapat 7 spesies penyu dapat Anda temukan di pantai tersebut. Kemudian, di waktu sore harinya umumnya akan dilakukan pelepasan penyu sehingga jangan sampai ketinggalan untuk melihat prosesnya secara langsung.

Baca juga : 35 Tempat Wisata di Trenggalek yang Wajib Dikunjungi

Itu dia beberapa informasi lengkap dan menarik tentang Pantai Taman Kili-kili Trenggalek. Anda bisa menjadikannya pilihan ketika berlibur di Jawa Timur dengan kegiatan seru dan menyenangkan. Termasuk melihat banyak jenis penyu di area konservasinya secara langsung hingga menikmati keindahan alam pantainya.

Bagikan: