Menambah Wawasan dengan Liburan ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

Pelabuhan Tanjung Perak merupakan pelabuhan terbesar dan tersibuk kedua yang ada di Indonesia. Lokasinya berada di kota Surabaya serta menjadi tempat di masa aktivitas penyeberangan masyarakat terpadat di kota ini. Anda bisa menjadikannya sebagai destinasi liburan bersama keluarga di akhir pekan.

Informasi Umum Pelabuhan Tanjung Perak

Informasi Umum Pelabuhan Tanjung Perak
Source: https://img.okezone.com/content/2019/03/16/519/2030812/balada-pelabuhan-tanjung-perak-sejarah-dan-kejayaan-KXpEDVA0Hm.jpg

 

Bacaan Lainnya

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai pelabuhan ini, Anda perlu tahu terlebih dahulu informasinya secara umum. Tanjung Perak sendiri memiliki layanan penyeberangan dari laut yang menggunakan kapal dengan bantuan terminal penumpang yang telah tersedia untuk memudahkan masyarakat.

Untuk fasilitasnya sendiri sudah sangat memadai, sehingga tak heran banyak orang memilih memakai kapal di pelabuhan ini untuk kebutuhan menyebrang. Tidak hanya itu saja, pelabuhan ini juga memiliki North Quay yang berguna sebagai pelabuhan kapal-kapal pesiar mewah luar negeri jika ingin transit ke kota Surabaya.

Bahkan, tak sedikit orang menjadikannya sebagai tempat liburan untuk menghilangkan penat sejenak karena lokasinya sangat nyaman dan juga strategis. Selain itu, mereka bisa melihat pemandangan indah laut lepas sembari menikmati berbagai fasilitas serta layanan memukau yang tersedia.

Jam Buka Pelabuhan Tanjung Perak

Jam Buka Pelabuhan Tanjung Perak
Source: https://images.bisnis.com/posts/2021/04/25/1385893/snq.jpg

 

Jika Anda berkeinginan melakukan perjalanan laut atau ingin melihat aktivitas lalu lalang kapal di tempat ini, maka perlu mengetahui terlebih dahulu jam berapa pelabuhan tersebut beroperasi. Sebenarnya, tanjung perak sendiri memiliki jam operasional selama 24 jam.

Mengapa demikian? Karena pelabuhan tersebut memang selalu melayani kapal-kapal yang terus berdatangan. Selain itu, memudahkan para penumpang turun atau naik dari kapal. Jadi, Anda dapat melakukan kunjungan kapanpun bersama keluarga.

Namun, supaya lebih nyaman, sebaiknya lakukan kunjungan di pagi, sore, atau malam hari. Tujuannya adalah agar cuaca tidak terlalu terik dan mengganggu aktivitas. Selain itu, udara di pagi, sore, dan malam hari terasa lebih nyaman karena angin sepoi-sepoi dari laut lebih sejuk menerpa wajah.

Harga Tiket Masuk Pelabuhan Tanjung Perak

Harga Tiket Masuk Pelabuhan Tanjung Perak
Source: https://www.majalahdermaga.co.id/images/20171116-142429_11.jpg

 

Jika Anda ingin menaiki kapal yang ada di pelabuhan ini, maka perlu mengetahui terlebih dahulu besaran harga tiketnya. Adapun beberapa informasi berkaitan dengan rute yang dapat penumpang tempuh, seperti Surabaya-Banjarmasin Rp275.000, Surabaya-Kumai Rp235.000, dan lain sebagainya.

Namun, jika hanya ingin menikmati pemandangan kapal-kapal yang berlabuh dan mendapatkan fasilitas liburan dengan baik, Anda bisa berkunjung ke SNQ atau Surabaya North Quay yang jaraknya tidak terlalu jauh. Mungkin hanya 1 menit dengan jarak tempuh sekitar 83 menit.

Anda bisa berjalan kaki menuju tempat ini. Kalau berkunjung kesini, wisatawan akan dikenakan biaya tiket masuk karena merupakan kawasan wisata. Besaran tiket masuknya yakni Rp10.000, biaya parkir mobil Rp7.500 dan motor Rp5.000. SNQ selalu ramai pengunjung apalagi saat akhir pekan atau liburan.

Fasilitas di Pelabuhan Tanjung Perak

Fasilitas di Pelabuhan Tanjung Perak
Source: https://sigap88.com/wp-content/uploads/2022/11/IMG-20221112-WA0003.jpg

 

Untuk fasilitas yang tersedia di pelabuhan Tanjung Perak ini sudah sangat banyak dan mendukung para penumpang yang ingin menaiki kapal. Adapun beberapa fasilitas-fasilitas yang dapat Anda gunakan apabila menggunakan jasa pelabuhan ini, seperti kantin, ruang tunggu, ruang menyusui, dan lain-lain.

Sedangkan jika Anda ke Surabaya North Quay, fasilitas pendukungnya berupa café, jembatan, toilet, mushola, dan masih banyak lainnya. Wisatawan dapat bersantai sambil menyantap hidangan lezat di kafe lantai dua yang langsung menghadap ke laut. Tentu ini akan menjadi pengalaman tak terlupakan selama liburan.

Selain itu, jangan lupa membawa kebutuhan pribadi jika Anda ingin melakukan perjalanan jauh menggunakan kapal, misalnya seperti obat-obatan, alat-alat beribadah, pakaian, dan lain sebagainya. Dengan begitu, tidak akan terjadi kendala selama melakukan perjalanan tersebut.

Daya Tarik Pelabuhan Tanjung Perak

Daya Tarik Pelabuhan Tanjung Perak
Source: https://media-cdn.tripadvisor.com/media/photo-s/0b/79/26/78/icon-snq.jpg

 

Ada beragam keindahan yang bisa Anda lihat di pelabuhan ini, mulai dari keberadaan kapalnya, spot foto, hingga panorama laut lepas yang sangat cantik. Ini akan membuat liburan menjadi lebih bermakna apalagi menghabiskan waktu tersebut bersama keluarga tercinta. Berikut daya tarik mengenai pelabuhan tersebut!

1. Melihat Kapal Beroperasi

Daya tarik utama yang mampu menarik rasa penasaran masyarakat atau wisatawan berkunjung kesini adalah keberadaan kapal-kapal yang beroperasi. Mengingat pelabuhan ini merupakan tempat pelabuhan terbesar dan tersibuk di Indonesia. Selain itu, pengunjung dapat mengetahui kapal beroperasi.

Tentu ini akan menjadi pengalaman tersendiri bagi wisatawan, terutama mereka yang membawa anak-anak. Mereka bisa belajar mengenai kapal dan bagaimana mereka beroperasi. Untuk melihat kapal-kapal pesiar mewah, wisatawan hanya perlu berpindah ke SNQ saja, di sana sudah ada tempat khususnya.

2. Keindahan Sunset Laut Lepas

Pelabuhan ini juga seringkali dijadikan sebagai tempat healing atau menghilangkan sejenak rasa penat setelah beraktivitas padat sehari-harinya. Apalagi jika berkunjung di sore hari, keindahan matahari terbenam yang akan menghipnotis pengunjung dengan panoramanya membuat tempat ini terasa nyaman.

Hamparan lautan lepas yang luas dengan angin sepoi-sepoi yang sejuk secara cepat akan membuat pikiran kembali segar. Jadi, tak heran jika banyak orang menjadikan tempat ini untuk menghabiskan waktu liburan akhir pekan bersama orang tersayang, seperti keluarga, pasangan, atau teman.

3. Spot Foto Menarik

Pelabuhan ini menjadi salah satu tempat hunting foto menarik dan aesthetic oleh para pengunjung. Ada banyak sekali spot-spot foto instagramable yang siap mempercantik tampilan akun sosial media Anda. Jadi, jika berkunjung kesini, jangan lupa membawa kamera agar puas mengambil gambar.

Untuk mendapatkan pemandangan yang lebih cantik, Anda bisa berkunjung ke SNQ. Di lantai dua, ada padang rumput yang menghadap ke laut serta kafe bergaya classic yang juga cocok dijadikan sebagai latar belakang pengambilan gambar. Dapatkan semua kenangan bersama keluarga atau teman di sini.

Alamat Menuju Pelabuhan Tanjung Perak

Dari informasi di atas, jika Anda berkeinginan untuk berkunjung kesini, maka perlu mengetahui terlebih dahulu lokasi tepatnya. Pelabuhan Tanjung Perak sendiri berada di Jalan Jamrud Utara, Kelurahan Perak Utara, Kecamatan Cantian, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Anda bisa mengakses jalan menuju tempat wisata ini menggunakan kendaraan pribadi roda dua atau empat. Selain itu, dapat juga memanfaatkan keberadaan transportasi umum angkot, mengingat tempat ini setiap harinya memiliki banyak penumpang.

Rute Menuju Pelabuhan Tanjung Perak

Rute Menuju Pelabuhan Tanjung Perak
Source: https://goo.gl/maps/T5TzQzLP4mzvSs2w8

 

Seperti yang sudah Anda ketahui, tempat ini mudah untuk diakses. Selain itu, bagi para pengunjung baru yang berasal dari luar kota pun tidak akan kesulitan karena kepopulerannya. Namun, agar tidak tersesat, bisa menggunakan aplikasi Google Maps yang ada di smartphone.

Nantinya, Anda hanya perlu mengikuti rute yang ada di aplikasi tersebut. Tidak hanya itu, dapat juga menggunakan fitur gps yang ada di mobil. Cara kerjanya juga sama seperti Google Maps tadi. Sekarang, perjalanan akan lebih mudah karena adanya perkembangan teknologi seperti ini.

Untuk bisa ke tempat ini, Anda perlu melakukan perjalanan sejauh 6.4 km dengan waktu tempuh 14 menit menggunakan kendaraan pribadi. Sedangkan menggunakan transportasi umum waktu tempuhnya sekitar 37 menit dari terminal.

Itu tadi informasi berkaitan dengan liburan ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Jadikan momen liburan lebih bermakna dengan mengunjungi tempat wisata populer yang ada di Indonesia. Semoga artikel di atas dapat memberi gambaran secara luas kepada pembaca.