Nikmati Pemandian Air Panas Cangar Tikus Batu

Tempat wisata Pemandian Air Panas Cangar Tikus kota Batu banyak menarik perhatian wisatawan lokal hingga luar. Apalagi kawasan tersebut berada di hutan dengan ketinggian cukup lumayan, sehingga udaranya pun akan sangat sejuk. Keberadaan kolam air hangat ini bisa membuat tubuh lebih sehat dan rileks.

Pemandian Air Panas Cangar Tikus Batu

Pemandian Air Panas Cangar Tikus Batu
Source : https://tempatwisataseru.com/

Pemandian air panas ini berada di kota Batu dengan suhu yang relatif sejuk di sekitarnya. Jika wisatawan berkunjung ke kota ini, sangat dianjurkan untuk mengunjungi tempat wisata tersebut, karena dapat membantu merelaksasikan tubuh serta pikiran setelah melakukan banyak aktivitas melelahkan.

Lokasi tempat wisata ini berada di kaki gunung, sehingga tak heran jika udaranya sangat sejuk dan dingin. Lokasinya berjarak 20 km dari pusat kota Batu. Pengunjung dapat merasakan sensasi hangat saat berendam di kolam air sembari menikmati suasana asri nan alami dari tempat ini.

Selain itu, air di dalam kolam tersebut juga mengandung banyak khasiat yang akan membuat tubuh menjadi lebih sehat, karena mata airnya berasal dari pegunungan dan perut bumi. Ini bisa membuat liburan bersama keluarga, teman, maupun orang tersayang menjadi lebih bermakna dan tak terlupakan.

Informasi Penting Pemandian Air Panas Cangar Tikus

Informasi Penting Pemandian Air Panas Cangar Tikus
Source : https://radarmalang.jawapos.com/

Sebelum mengunjungi tempat wisata ini, Anda harus mengetahui beberapa informasi penting agar tidak terjadi kendala selama liburan datang. Berikut ini beragam informasi-informasi tersebut!

  • Lokasi wisata: Desa Sumber Brantas, Kec. Bumiaji, Kota Batu, JawaTimur.
  • Jam buka: Setiap hari, mulai dari pukul 08.00 – 15.00, Jum’at tutup.
  • Tiket masuk:
  • Tiket masuk tempat wisata: Rp16.500
  • Tiket masuk kolam/ jam: Rp100.000

Selain tiket tadi, Anda juga perlu menyediakan uang untuk membayar parkir, kendaraan roda dua harus membayar sekitar Rp3.000, sedangkan roda 4 Rp5.000. Jadi, jangan lupa membawa uang receh agar nanti pengelola tidak repot mencari kembalian.

Rute Perjalanan Pemandian Air Panas Cangar Tikus

Rute Perjalanan Pemandian Air Panas Cangar Tikus
Source : https://travelspromo.com/

Rute perjalanan menuju tempat ini sangat mudah karena akses jalannya sendiri sudah bagus. Ada dua jalur yang bisa pengunjung gunakan untuk sampai ke tempat ini. Pertama, memulai perjalanan dari arah Batu lalu ke Jurang Kuali, setelah itu menuju Sumber Brantas dan tibalah di Cangar.

Rute kedua yakni melalui Pacet, lalu ke Mojokerto, kemudian Kampus Sendi hingga tiba di kawasan Tahura Soerjo. Jika Anda merupakan pendatang baru, pasti sulit menuju tempat-tempat tersebut, sehingga sangat dianjurkan untuk menggunakan aplikasi Google Maps saja.

Syarat Pengunjung Pemandian Air Panas Cangar Tikus

Syarat Pengunjung Pemandian Air Panas Cangar Tikus
Source : https://travelspromo.com/

Sama seperti tempat wisata lain yang mengharuskan pengunjungnya memenuhi syarat-syarat tertentu sebelum memasuki area wisata, Anda juga perlu mematuhi persyaratan di Pemandian Air Panas Cangar Tikus ini. Berikut beberapa daftar persyaratan tersebut!

  • Wisatawan wajib telah melakukan vaksinasi dan memberikan bukti sertifikatnya melalui aplikasi PeduliLindungi.
  • Setiap masuk area tertentu, harus melakukan scan barcode di aplikasi tersebut.
  • Wisatawan juga sangat dianjurkan untuk tidak menggunakan perhiasan berbahan kaca.

Fasilitas di Pemandian Air Panas Cangar Tikus

Fasilitas
Source : https://www.tempatwisata.pro/

Untuk memenuhi kebutuhan pengunjung yang datang, tempat wisata ini menyediakan beberapa fasilitas pendukung yang akan membuat mereka betah dan tidak bosan melakukan kegiatan liburan. Fasilitas tersebut berkaitan dengan mushola, toilet, kamar bilas dengan air hangat cukup luas.

Jadi, Anda tidak perlu mengantri lagi apabila ingin membilas tubuh setelah mandi di kolam air hangat. Selain itu, di sini juga tersedia gazebo untuk pengunjung beristirahat ketika sudah berkegiatan di tempat liburan. Disamping itu, ada taman bermain bagi anak-anak supaya mereka tidak bosan.

Jika Anda merasa lapar saat liburan, tempat ini juga menyediakan beberapa jajaran kuliner yang dapat menggugah selera siapapun yang mencicipinya. Selain itu, ada tempat penjualan souvenir untuk pengunjung jadikan sebagai oleh-oleh setelah pulang dari tempat wisata.

Daya Tarik Pemandian Air Panas Cangar Tikus

Daya Tarik
Source : https://pariwisataku.com/

Tentu ada banyak daya tarik yang tempat wisata ini hadirkan kepada para pengunjungnya, sehingga tak heran jika setiap hari selalu ada wisatawan datang dalam jumlah cukup banyak. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke sini, ketahui dulu apa saja daya tarik tersebut. Berikut ulasan lengkapnya!

1. Merupakan Lokasi Bersejarah

Siapa sangka jika tempat ini merupakan sebuah lokasi bekas bersejarah yang merupakan saksi bisu dari peristiwa penjajahan Jepang kepada Indonesia pada zaman dahulu. Ini bisa Anda lihat dari banyaknya goa buatan yang berada di kawasan Taman Hutan Raya R.Soerjo ini.

Goa-goa tersebut dibuat pada tahun 1942 – 1945 yang merupakan masa pendudukan penjajah Jepang di Indonesia. Bahkan, Anda bisa melihat keberadaan goa tersebut di beberapa titik hutan selama melakukan perjalanan ke tempat ini. Ini dapat menjadi salah satu wadah edukasi bagi keluarga.

2. Memiliki Banyak Khasiat

Daya tarik selanjutnya dari tempat wisata ini yakni airnya yang mengandung banyak khasiat. Hal ini terjadi karena kolam air hangat tersebut berasal dari mata air panas alami yang langsung keluar dari perut bumi, sehingga tak heran jika suhunya relatif tinggi saat pengunjung mencoba berendam.

Namun, tidak perlu khawatir, kolam ini sudah tercampur dengan air bersuhu rendah, sehingga kondisinya menjadi lebih hangat. Di dalam air ini, terdapat kandungan belerang serta mineral yang berguna untuk menyembuhkan penyakit kulit. Meskipun begitu, warnanya tidak kuning dan tidak pekat, melainkan jernih.

3. Kehangatan Kolam di Tengah Udara Sejuk

Seperti yang Anda ketahui, kawasan wisata kota Batu terkenal karena hawa dinginnya yang sangat menyengat bagi orang baru. Tentu ini akan memberi sensasi berbeda saat berendam di dalam kolam air hangat tersebut, sebab perpaduan antara dua suhu di sekelilingnya akan membuat pengunjung segar.

Selain itu, karena berada di kawasan hutan hijau dan juga rimbun, Anda akan melihat beberapa hewan penghuni hutan asli, seperti monyet. Monyet-monyet ini tampak bergelantungan di atas pohon meskipun pengunjung terus berdatangan. Suasana ini tentu sangat asri dan menyenangkan bagi para wisatawan.

4. Mencoba Kuliner Khas Cangar

Bagi Anda pecinta kuliner, pasti tidak lengkap apabila liburan tidak mencicipi makanan khas di daerah tersebut. Di tempat wisata ini, pengunjung bisa mendapati banyak deretan penjual masakan khas dari Cangar, seperti tetel, tape ketan hitam, dan masih banyak lainnya.

Wisatawan juga dapat menikmati badhek di gazebo yang telah pengelola sediakan. Namun, perlu Anda ketahui bahwa badhek sebaiknya dinikmati oleh mereka yang tidak memiliki penyakit maag, karena ini adalah minuman dari air tape ketan hitam. Dari sini, pengunjung bisa memantau anak-anaknya dari jauh.

Itu tadi informasi lengkap berkaitan dengan tempat wisata Pemandian Air Panas Cangar Tikus yang akan membuat pengunjung merasa lebih rileks karena air hangatnya. Selain itu, ini juga menjadi destinasi yang harus dikunjungi bersama keluarga atau teman, sebab akan memberi sensasi liburan berbeda.

Tinggalkan komentar