Sensasi Renang di Pemandian Air Panas Tirto Husada Ponorogo

Ponorogo sangat terkenal sebagai daerah yang memiliki banyak destinasi wisata baik buatan maupun alam. Pemandian air Panas Tirto menjadi salah satu destinasi wisata yang selalu ramai pengunjung, sebab banyak manfaat yang bisa wisatawan dapatkan ketika mengunjungi tempat tersebut.

Mengenal Pemandian Air Panas Tirto Husada

Mengenal Lebih Jauh Pemandian Air Panas Ponorogo
Source : https://images.solopos.com/

Destinasi wisata alam yang terdapat di Ponorogo cukup unik, yakni airnya memiliki suhu panas hingga mencapai 35 derajat celsius. Pengunjung yang berenang ataupun berendam ke air panas Ponorogo, bisa merasakan berbagai macam manfaat.

Bacaan Lainnya

Masyarakat sekitar mempercayai adanya mitos terkait air yang bisa menyembuhkan beberapa macam penyakit. Mitos ini terus berkembang hingga terdengar oleh masyarakat luas, sehingga tidak heran jika banyak pengunjung berdatangan baik untuk berenang maupun terapi.

Mitos yang berkembang pada kalangan masyarakat, terbukti benar adanya. Lokasi wisata selalu ramai pengunjung, sebab memiliki daya tarik yang cukup kuat. Pengunjung juga bisa berenang sambil menikmati keindahan alam yang terdapat pada lokasi kolam air panas.

Pemandian Air Panas Tirto Husada Mulai Populer

Mulai Populer
Source : https://awsimages.detik.net.id/

Wisata yang berupa pemandian air panas berdiri sejak tahun 2014. Masyarakat sekitar yang mempercayai air kolam dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Fenomena alam ini mulai terdengar ke berbagai lapisan masyarakat hingga ke luar daerah.

Sosial media juga memiliki peran yang sangat besar dalam mempopulerkan wisata tersebut. Masyarakat sekitar juga memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan pemandian air panas tirto  ke berbagai daerah, sehingga tidak heran jika pengunjung terus bertambah.

Bak mandi yang tersedia dalam kolam juga dapat pengunjung manfaatkan untuk mandi atau berendam. Pihak pengelola juga menyediakan kran yang berisi aliran dingin, tujuannya agar pengunjung dapat menyesuaikan suhu air. Bak yang tersedia juga memiliki skat untuk pembatas.

Informasi Pemandian Air Panas Tirto Husada

Informasi Tambahan
Source : https://nbudie.files.wordpress.com/

Pengunjung luar daerah biasanya akan kebingungan untuk menemukan destinasi wisata alam tersebut. Lokasi wisata yang cukup tersembunyi, menjadi alasan banyak pengunjung kesulitan mencari pemandian air panas tersebut. Berikut beberapa informasi penting terkait lokasi wisata:

  • Alamat: Ds.Wagir Lor, Kec.Ngebel, Kab.Ponorogo
  • Jam Operasional: Buka setiap hari selama 24 jam
  • Harga tiket : Rp 10.000

Lokasi Wisata di Google Maps >> https://goo.gl/maps/ScnVtA6aECeDGmr29

Rute MPemandian Air Panas Tirto Husada

Rute Menuju Lokasi Pemandian Air Panas
Source : https://kominfo.jatimprov.go.id/

Jarak pemandian air panas Tirto Husada dari pusat kota sekitar 25 km. Pengunjung perlu menempuh waktu sekitar 1 jam dari kota Ponorogo, namun jalur menuju lokasi cukup mudah sehingga aman. Beragam manfaat yang terdapat pada pemandian air panas menjadi alasan umum pengunjung mendatangi wisata tersebut.

Tarif masuk menuju pemandian air panas yang cukup terjangkau, membuat banyak pengunjung tertarik terhadap wisata ini. Beragam fasilitas juga bisa pengunjung gunakan saat mandi maupun berendam ke air panas. Pengunjung juga dapat berenang saat liburan ke wisata tersebut.

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Wisata di Ponorogo Yang Lagi Hits 2023

Pengunjung juga bisa menggunakan kendaraan pribadi, sebab aksesnya cukup mendukung. Fasilitas yang terdapat pada tempat wisata dapat pengunjung dapatkan tanpa harus membayar lagi. Menariknya pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam Ngebel sambil berenang.

Khasiat Berendam di Pemandian Air Panas

Khasiat Berendam di Pemandian Air Panas
Source : https://imgcdn.solopos.com/

Beragam manfaat bisa pengunjung dapatkan ketika mengunjungi wisata pemandian air panas. Pengunjung yang berasal dari luar kota biasanya mengunjungi wisata untuk liburan ataupun terapi alami. Berikut khasiat berendam di pemandian air panas :

  • Mengeluarkan racun dari dalam tubuh
  • Mengatasi penyakit gatal, insomnia, sakit kepala, serta menurunkan kadar kolesterol
  • Mengobati luka infeksi pada tubuh
  • Menghilangkan jerawat
  • Mengurangi stress

Daya Tarik Pemandian Air Panas Tirto Husada

Daya Tarik Pemandian Air Panas
Source : https://cdn-2.tstatic.net/

Pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan pemandangan sekitar pariwisata tentu tidak luput dari hal menarik tertentu. Daya tarik pemandian air panas membuat jumlah pengunjung selalu mengalami peningkatan terlebih saat menjelang hari libur. Daya tarik itu meliputi hal berikut:

1. Suasana Masih Asri

Terletak di bawah kaki gunung Wilis membuat pariwisata masih memiliki udara sejuk dan dingin sehingga membuat wisatawan lebih rileks. Banyaknya pepohonan rindang menyebabkan pariwisata tetap asri meskipun sedang musim kemarau panjang. Hamparan sawah juga bisa Anda lihat.

Baca Juga : Wisata Air Terjun Widodaren Ponorogo

Sawah milik warga sekitar wisata membuat pengunjung tidak jenuh jika memandang sepanjang hari. Suasana masih asri juga turut menyebabkan udara semakin sejuk dan dingin. Menariknya hampir semua wisatawan akan memanfaatkan suasana sejuk tersebut untuk menenangkan pikiran sejenak.

2. Menyembuhkan Beberapa Penyakit

Anggapan mampu sembuhkan berbagai macam penyakit menjadikan jumlah pengunjung semakin banyak. Kandungan air dalam kolam membuat terapi beberapa penyakit berjalan lancar. Berdasarkan beberapa penelitian air panas mampu menjadikan pikiran seseorang lebih tenang dan rileks.

Ketegangan dan pikiran berkecamuk akan sedikit berkurang jika berendam di pemandian air panas Tirto. Kegiatan berendam dapat sekedar kaki atau sambil berenang sesuai dengan keinginan masing-masing pengunjung. Air juga terjamin bersih sehingga tidak menimbulkan efek samping.

3. Banyak Kolam

Anda yang memutuskan untuk menghabiskan momen liburan dengan berkunjung di pemandian air panas akan menjumpai banyak kolam sesuai tingkat suhu. Kedalaman kolam juga bisa pengunjung rasakan mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Pembagian kolam berdasarkan tingkat kepanasan. Mayoritas pengunjung yang ingin melakukan terapi untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit akan memanfaatkan kolam dengan suhu tinggi. Keberadaan kolam mampu menjadikan kegiatan liburan semakin berjalan lancar.

4. Wahana Air Banyak

Mengunjungi wisata pemandian air panas membuat wisatawan dapat melihat berbagai macam wahana. Wahana air terdapat 3 jenis yang dapat Anda manfaatkan sesuai kebutuhan dan keinginan. Variasi  wahana pertama yakni kolam pemandian dengan model bak-bak berjumlah banyak.

Model kedua yaitu kolam renang dengan air biasa yang mampu Anda manfaatkan untuk aktivitas olahraga. Air pada kolam renang cukup dingin sehingga paling pas menemani olahraga saat siang hari. Jenis wahana ke tiga yaitu kolam pemandian yang terletak di tepi sungai area pariwisata.

5. Area Bermain Anak

Wisatawan yang datang dan membawa anak memang paling pas dan cocok lantaran sarana sangat mewadahi. Area bermain anak terdapat berbagai macam jenis permainan seperti ayunan, prosotan, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Wisata Pengrajin Topeng Desa Carat Ponorogo

Area itu berguna sebagai salah satu sarana menunjang aktivitas dan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Mayoritas pengunjung yang membawa anak akan betah terlebih jenis permainan beragam. Nominal Rp 10.000 membuat Anda dapat menikmati wisata secara keseluruhan.

6. Spot Foto Menarik

Rumah pohon yang menghiasi area kolam dapat bermanfaat untuk melakukan pengambilan gambar secara maksimal.  Spot foto yang bisa pengunjung perolehan mampu menghasilkan dokumentasi andalan. Pengambilan fotografi tentu saja memanfaatkan adanya rumah pohon di sekitar area.

Daya tarik berupa spot foto mampu mendatangkan para YouTubers untuk mengambil video dengan tujuan pembuatan konten. Pembuatan konten dengan latar belakang pemandian air panas akan terlihat lebih cerah dan memukau pemirsa yang menyaksikan.

Nah itulah beberapa informasi penting terkait pariwisata khas ngebel yang terkenal mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti rematik dan gatal. Menariknya hampir semua wisatawan akan turut mengajak keluarga besar jika mengunjungi destinasi pemandian air panas Tirto.