Keindahan Wisata Konservasi Penangkaran Rusa Maliran Blitar

Tempat wisata konservasi ini menjadi salah satu tempat menarik karena terdapat rusa yang dilindungi. Ada dua penangkaran rusa di Indonesia yaitu Blitar dan Bogor. Maka dari itu pengunjung tidak perlu pergi jauh ke Bogor untuk melihat rusa karena di Blitar juga ada Penangkaran Rusa Maliran yang menarik.

Sejarah Perkembangan Penangkaran Rusa Maliran

Sejarah Perkembangan Penangkaran Rusa Maliran
Source : https://dolanyok.com/

Pada awalnya penangkaran ini merupakan kawasan hutan pangkas dan persemaian yang dikelola oleh Dinas Perkebunan dan Perhutanan Kabupaten Blitar. Namun seiring dengan berkembangnya populasi rusa yang ada di tempat tersebut membuatnya menjadi objek wisata.

Bacaan Lainnya

Perawatan rusa tidak terlalu sulit karena hewan ini makan langsung dari rumput di sekitar area. Pada tahun 2000-an tempat ini perlahan mulai sepi karena tidak ada yang menarik selain rusa. Maka dari itu pihak pengelola melakukan perbaikan dan inovasi dengan landmark Maliran Deer Feeding.

Dari situlah banyak pengunjung yang mulai tertarik untuk datang kesana menikmati memberi makan rusa dan bermain dengan bebas. Ada banyak tempat yang cocok bagi anak-anak maupun orang dewasa bersenang-senang dengan fasilitas di dalam area penangkaran.

Pesona Penangkaran Rusa Maliran

Pesona Penangkaran Rusa Maliran
Source : https://ksmtour.com/

Saat ini Penangkaran Rusa masuk dalam kawasan perhutani RPH Sumberingin namun karena dari dulu dikenal dengan Alas Maliran. Hal ini menjadikan wisata bernama Penangkaran Rusa Maliran dan bukan Jatilengger. Rusa yang ada disini sudah lebih dari 200 ekor dan jinak jadi pengunjung tidak perlu takut.

Pengunjung bisa memberi makan dengan kangkung atau rumput yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Suasana di tempat ini sangat asri dan segar karena banyak pohon-pohon yang rindang sehingga menghalau dari panas sinar matahari.

Pemerintah berupaya untuk melestarikan hewan sehingga membangun Alas Maliran sebagai tempat konservasi. Biasanya pengunjung berfoto bahkan bermain bersama rusa. Kegiatan yang ada di penangkaran cocok untuk edukasi bagi anak sekolah dengan outbound sebagai pelengkap keseruannya.

Lokasi dan Tiket Masuk

Lokasi dan Tiket Masuk
Source : https://awsimages.detik.net.id/

Penangkaran Rusa Maliran secara administratif berada di Jatianom, Jatilengger, Ponggok Kabupaten Blitar. Tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata bagi keluarga dan teman. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan disini seperti mengenal rusa, outbound, berfoto dan lain-lain.

Adapun luas dari area ini sekitar 8 hektar dan kurang lebih ada 72 jenis rusa yang bisa pengunjung lihat. Kawasan penangkaran masuk dalam hutan lindung untuk menjaga habitat flora dan fauna yang ada disana. Maka dari itu pengunjung juga perlu menjaga kebersihan tempat.

Tiket masuk di penangkaran ini seharga 5 ribu per orang. Saat masuk ke tempat penangkaran akan langsung disuguhkan dengan rusa yang berada di dalam pagar kawat yang tinggi. Untuk memberi makan pada rusa secara dekat bisa dengan masuk ke tempat penangkaran.

Rute Tercepat Menuju ke Penangkaran Rusa 

Rute Tercepat Menuju ke lokasi
Source : https://phinemo.com/

Akses jalan menuju Penangkaran Rusa Maliran tidak terlalu jauh dari pusat kota sekitar 8 km. Jalanan utama beraspal dan bisa dilewati oleh kendaraan roda dua maupun empat. Dari pusat kota pengunjung bisa ke arah Barat sampai terlihat Monumen Tugurante dan belok ke kanan.

Setelah itu ikuti jalan hingga melewati tikungan dan pengunjung akan sampai di gapura Wana Wisata Penangkaran Rusa Maliran pada sebelah kanan. Biaya parkir mulai dari 3 ribu hingga 5 ribu saja. pengunjung bisa datang mulai dari jam 8 pagi hingga 5 sore.

Wisata penangkaran buka setiap hari dan sangat ramai apabila weekend atau libur sekolah. Tempat parkir yang luas bisa menampung puluhan mobil dan motor. Semua jenis permainan terbuat dari kayu sehingga ramah lingkungan dan terasa menyatu dengan alam.

Kegiatan Selama Berada di Wisata Edukasi 

Kegiatan Selama Berada di Wisata
Source : https://i0.wp.com/

Penangkaran Rusa Maliran ini juga dinamakan dengan Wana Wisata Sumberingin karena berada di area perhutani Sumberingin. Disini pengunjung bisa menikmati berbagai macam kegiatan yang ada di dalam area. Pemandangan dan suasana yang tenang dengan berbagai pohon sangat pas untuk bersantai.

1. Memberi Makan Rusa

Ada berbagai jenis rusa yang ada di penangkaran ini. Pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas bersama rusa seperti memberi makan, mengelus, memegang dan berfoto. Rusa-rusa yang ada di tempat ini sudah jinak dan akan menghampiri jika diberikan makanan.

Apabila pengunjung ingin membeli makan bisa dengan membeli melalui pihak pengelola atau membawa dari rumah. Makanan rusa bisa dibeli dengan harga 2 ribu tiap ikatnya. Biasanya hewan ini memakan kacang panjang dan kangkung segar.

2. Mencoba Berbagai Permainan

Tempat wisata penangkaran juga memiliki berbagai permainan yang bernama Kesambi Trees Park. Permainan ini berupa outbound bagi anak-anak untuk menikmati waktunya. Wahana yang ada terbuat dari kayu yang kokoh sehingga aman digunakan oleh banyak orang.

Untuk pengunjung dewasa bisa bermain dengan ayunan yang ada di sekitar outbound. Area yang ada disini sangat luas sehingga anak-anak bisa bermain atau berlarian dengan aman. Bahkan pengunjung bisa membawa bola untuk bermain voli atau permainan lainnya.

3. Mengabadikan Momen

Bagi pengunjung yang menyukai kegiatan berfoto maka tempat ini sangat cocok untuk mendapatkan latar dengan nuansa alam. Pihak pengelola memberikan berbagai spot foto yang indah untuk ditaruh di feed media sosial. Ada tempat seperti outbound dan tempat duduk estetik yang terbuat dari kayu.

Pengunjung juga bisa mendokumentasikan momen dengan rusa saat memberi makan atau mengelus mereka. Biasanya tempat ini digunakan sebagai foto prewedding sehingga seperti di alam bebas dengan menggunakan latar belakang rusa yang sedang berkeliaran.

Tips Mengunjungi Penangkaran Rusa Maliran

Tips Mengunjungi Penangkaran Rusa Maliran
Source : https://www.tempatwisata.pro/

Saat mengunjungi Penangkaran Rusa Maliran ada baiknya pengunjung memperhatikan beberapa hal agar bisa menikmati wisata secara maksimal dan menyenangkan. Waktu liburan bisa dimanfaatkan dengan belajar seputar konservasi rusa dan bersantai bersama keluarga.

Di sekitar tempat ini juga ada warung makan jadi pengunjung tidak perlu membawa makanan untuk meringankan barang bawaan. Pengunjung juga bisa melakukan piknik atau mengadakan acara seperti senam, pertemuan, wedding, dan sebagainya. Berikut tips untuk berkunjung ke penangkaran, yaitu:

  • Membawa kamera untuk mengabadikan momen
  • Hindari berkunjung saat hujan karena tanah menjadi berlumpur dan tidak ada tempat untuk berteduh
  • Membawa makanan dan minuman sendiri apabila ingin mengadakan piknik
  • Buang sampah pada tempatnya untuk menjaga kebersihan tempat
  • Apabila bermain dengan rusa perlakukan dengan baik
  • Jika rusa merasa tersakiti maka mereka akan menyerang pengunjung
  • Bagi yang membawa anak, para orang tua patut mengawasi agar tetap aman
  • Datang pada pagi hari untuk menikmati kesegaran udara dan tidak terlalu panas
  • Apabila ingin memberi makan rusa maka bisa membawa dari rumah
  • Bawa makanan rusa sesuai dengan peraturan seperti kangkung atau sayuran yang baik bagi mereka
  • Menjaga fasilitas yang ada di area penangkaran

Demikian informasi mengenai Penangkaran Rusa Maliran yang memiliki banyak manfaat dan area luas untuk bermain. Pengunjung bisa melihat rusa dari jarak dekat bahkan memegangnya. Tidak perlu takut karena ada pengawasan dari pihak pengelola sehingga aman.