Kampung Inggris Pare
Beranda Tempat Wisata Wisata Alam Perkebunan Teh Gunung Gambir Jember

Wisata Alam Perkebunan Teh Gunung Gambir Jember

Jember tidak hanya menghadirkan keindahan wisata buatan namun juga alam seperti Perkebunan Teh Gunung Gambir. Destinasi ini juga menjadi kebanggaan masyarakat Jember karena mampu menghadirkan pesona alam yang tidak biasa di tempat tersebut.

Perkebunan Teh Gunung Gambir

Perkebunan Teh Gunung Gambir
Source: https://www.topwisata.info/wp-content/uploads/2019/03/kebun2Bteh2Bgunung2Bgambir.jpg

 

Perkebunan Teh Gunung Gambir adalah salah satu destinasi wisata unggulan yang ada di Kota Jember. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini merupakan sebuah perkebunan tanaman teh. Hijau dan asrinya tempat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung lokal maupun luar.

Untuk bisa sampai ke tempat wisata ini, Anda harus menempuh jarak sekitar 48 km dari pusat kota Jember. Sedangkan aksesnya sendiri sudah sangat mudah. Pengunjung dapat menggunakan berbagai jenis kendaraan pribadi, roda dua maupun roda empat.

Baca juga : Liburan? Yuk, Kunjungi 43 Tempat Wisata di Kabupaten Jember!

Pengunjung bisa mengunjungi tempat ini untuk menghabiskan waktu libur bersama keluarga. Untuk fasilitasnya sendiri sudah sangat memadai, bahkan ada banyak spot foto bagus guna mempercantik laman sosial media Anda.

Jam Buka Perkebunan Teh Gunung Gambir

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika berlibur ke tempat wisata ini adalah mengenai jam bukanya. Tidak perlu khawatir untuk menyesuaikan jadwal kegiatan setiap harinya agar dapat mengunjungi perkebunan tersebut. Pasalnya, tempat ini buka selama 24 jam penuh setiap harinya.

Namun, disarankan untuk berkunjung di pagi dan sore hari. Tujuannya adalah agar udara tetap fresh serta kondisi matahari tidak terlalu terik, mengingat tempat wisata ini ada di ruang terbuka. Jika berkunjung di siang hari, siap-siap membawa topi supaya tidak terlalu silau juga kepanasan.

Harga Tiket Masuk Perkebunan Teh Gunung Gambir

Harga tiket masuk ke tempat wisata ini tidak terlalu mahal, Anda hanya perlu membayar biaya sebesar Rp10.000/orang. Dengan harga sekian, pengunjung sudah bisa menikmati berbagai fasilitas yang telah tersedia dengan nyaman.

Selain itu, ada tambahan biaya lain yang mungkin harus pengunjung keluarkan, yakni parkir. parkir mobil dikenakan biaya sebesar Rp5.000, sedangkan motor Rp2.000. Sebaiknya sediakan uang receh agar tidak kesulitan menunggu kembalian dari penjaga parkir.

Fasilitas di Perkebunan Teh Gunung Gambir

Fasilitas di Wisata Gunung Gambir
Source: https://travelspromo.com/wp-content/uploads/2021/11/Jembatan-Layang-Klobungan.-Foto-Gmap-mas-joko-tresno-e1636525357439.jpg

 

Untuk mendukung kegiatan liburan pengunjung, tempat wisata ini menyediakan beberapa fasilitas memukau, seperti tea walk, spot foto menarik, gazebo, dan penginapan. Selain itu, ada juga area parkir yang cukup luas untuk mempermudah kendaraan wisatawan parkir.

Jika Anda ingin berlama-lama menikmati keindahan perkebunan ini, sebaiknya menyewa penginapan. Di pagi hari, pengunjung akan merasakan kesegaran udara dari perkebunan tersebut. Kegiatan tersebut dapat dijadikan sebagai solusi untuk merelaksasikan tubuh sebelum beraktivitas kembali.

Selain itu, siapkan juga keperluan pribadi seperti minuman, makanan ringan, obat-obatan, dan lain sebagainya. Jika berniatan untuk makan di tempat wisata ini, pastikan untuk membawa sampahnya agar kondisi perkebunan tidak kotor serta tetap bersih. Ini merupakan hal penting yang harus pengunjung lakukan.

Apa Yang Bisa Dilakukan di Perkebunan Teh Gunung Gambir?

Tidak hanya menikmati keindahan alam perkebunan saja, di tempat ini, pengunjung bisa melakukan banyak kegiatan menyenangkan untuk mengisi waktu liburan agar lebih bermakna. Untuk mengetahui informasi mengenai hal tersebut secara lengkap, simak ulasannya di bawah ini!

1. Berfoto di Spot Instagramable

Berfoto di Spot Instagramable
Source: https://memorandum.co.id/wp-content/uploads/2022/09/IMG_20220924_120750.jpg

 

Saat liburan, tak lengkap jika tidak menyimpan banyak momen kebersamaan dengan cara mengambil gambar bersama keluarga. Di sini terdapat banyak sekali spot foto menarik dan tentunya instagramable, seperti latar belakang perkebunan teh yang luas, tea walk, tea star, dan gazebo.

Tempat-tempat ini akan membuat tampilan foto Anda menjadi lebih menarik dan tentunya cantik, sehingga sangat cocok apabila mengunggahnya di laman akun sosial media. Apalagi jika mengambil gambar di waktu yang tepat agar pencahayaan lebih mendukung hasil gambar.

2. Menikmati Pemandangan

Menikmati Pemandangan
Source: https://www.pinhome.id/info-area/wp-content/uploads/2018/03/2021-06-15.jpg

 

Pemandangan asri di tempat wisata ini tidak perlu diragukan lagi. Anda bisa melihat jejeran perbukitan hijau yang akan membuat mata kembali segar. Selain tu, udara sejuk yang menerpa wajah juga bisa menenangkan pikiran. Tak heran banyak orang menjadikannya sebagai tempat healing terbaik.

Jika berkunjung kesini, sebaiknya di pagi dan sore hari. Di pagi hari, Anda bisa merasakan udara sejuk yang masih sangat segar terasa di kulit. Di sore hari, pengunjung dapat melihat keindahan langit senja di antara perbukitan yang berjejer. Ini akan menjadi momen tak terlupakan selama liburan.

3. Belajar Mengenai Teh

Tidak hanya dijadikan sebagai tempat liburan menikmati keindahan alam perkebunan saja, di sini Anda juga bisa belajar mengenai teh. Teh adalah tanaman yang digunakan sebagai bahan pembuat minuman yang banyak memiliki khasiat bagi tubuh.

Di sini, Anda juga bisa mengetahui bagaimana contohnya teh yang suda siap panen dan yang belum. Tempat ini cocok dijadikan sebagai wadah edukasi bagi anak-anak agar mereka mendapatkan ilmu baru selama liburan tidak hanya menikmati keindahan alamnya saja.

4. Menyusuri Perkebunan

Menyusuri Perkebunan
Source: https://www.pinhome.id/info-area/wp-content/uploads/2022/06/2021-12-19-1.jpg

 

Pengelola tempat wisata ini sudah menyediakan fasilitas berupa tea walk sepanjang perkebunan yang bisa Anda gunakan. Selama berjalan di atas fasilitas tersebut, pengunjung bisa melihat hamparan perkebunan teh hijau yang sangat asri dan cantik.

Kapan lagi bisa menikmati pengalaman indah tersebut jika tidak di Perkebunan Teh Gunung Gambir? Anda dapat membawa keluarga atau teman untuk bersama-sama merasakan keindahan alam dari perkebunan ini. Pastikan agar datang di pagi atau sore hari agar cuaca tidak terlalu terik.

Alamat Menuju Perkebunan Teh Gunung Gambir

Destinasi wisata perkebunan teh ini terletak di Desa Gelang, Kecamatan Sumber Baru, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Untuk mencapai ke sini, pengunjung tidak perlu bingung lagi, karena tempat wisata tersebut sangat populer, sehingga banyak masyarakat mengenal keberadaannya.

Anda juga dapat menikmati perjalanan yang santai tanpa khawatir mengenai kondisi jalan menuju tempat wisata tersebut karena terjamin sudah sangat bagus. Jadi, berkendara selama liburan bisa menjadi lebih baik berkat fasilitas ini.

Rute Menuju Perkebunan Teh Gunung Gambir

Rute Menuju Perkebunan Teh Gunung Gambir
Source: https://goo.gl/maps/C3D37ZE5V8BufKXt7

 

Untuk bisa sampai ke tempat wisata ini, Anda harus tahu terlebih dahulu akses menuju destinasi tersebut agar nanti tidak kesulitan atau tersesat. Rute menuju Perkebunan Teh Gunung Gambir sendiri membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam lebih tergantung pada kondisi jalannya.

Sedangkan untuk aksesnya sendiri sudah tidak perlu diragukan lagi karena jalanannya sudah beraspal semuanya. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat. Jadi, tidak usah khawatir lagi selama berkendara dari pusat kota Jember hingga ke tempat wisata ini.

Jika Anda masih kesulitan mengenai rutenya karena merupakan pengunjung baru, coba gunakan aplikasi Google Maps. Manfaatkan keberadaan platform ini untuk memberitahu rute tercepat serta terbaik yang harus kendaraan tempuh agar tidak tersesat selama perjalanan.

Baca juga :  Keindahan Alam Wisata Kebun Teh Sirah Kencong Blitar yang Menakjubkan

Itu tadi informasi berkaitan dengan wisata alam Perkebunan Teh Gunung Gambir yang bisa Anda jadikan sebagai rekomendasi tempat liburan bersama keluarga jika berkunjung ke kota Jember. Nikmati keindahan alam di sekitar destinasi wisata untuk melepas penat sejenak setelah beraktivitas.

Iklan