Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan wisata alam satu ini. Ranu Gumbolo memang menyimpan banyak daya tarik di dalamnya. Tak heran apabila sampai saat ini memiliki banyak pengunjung dan tidak pernah sepi. Keindahan utamanya adalah hamparan air berwarna hijau dan hutan pinus di sekitarnya.

Daya Tarik dan Spot Menarik Wisata Ranu Gumbolo

Ranu Gumbolo menjadi wisata alam yang terkenal dengan keindahan airnya lantaran berwarna hijau. Selain itu juga memiliki hamparan pinus sangat luas sehingga memberikan pengalaman tak terlupakan bagi siapapun ketika berkunjung ke sana. Apabila Anda tertarik berkunjung, berikut beberapa daya tariknya:

1. Wahana Air

https://liburanyuk.co.id/wp-content/uploads/2022/10/Ranu-Gumbolo-4.jpg

Sesuai dengan namanya, Anda akan banyak mencoba wahana air di Ranu Gumbolo. Memungkinkan para wisatawan untuk menyusuri perairan dengan beberapa transportasi dan fasilitas yang tersedia di sana. Coba saja menaiki perahu bambu sekaligus menyusuri perairan  dan menikmati keindahan hutan pinus.

Bahkan kabarnya, Anda juga bisa menaiki sepeda air untuk mengelilingi hamparan air di Ranu Gumbolo. Dengan memanfaatkan wahana air yang tersedia, pengunjung dapat mencoba berkeliling sekaligus menuju ke area tengah danau. Tentu saja pengalaman seperti ini terasa tidak terlupakan.

Baca juga : 27 Rekomendasi Tempat Wisata di Tulungagung Khusus Untuk Anda

2. Hutan Pinus

Ranu Gumbolo
https://2.bp.blogspot.com/-cACl3MqKZLE/Wk8r7u2j1KI/AAAAAAAAG20/9bYuDK3UTZo4JI9SGIc2gzAMhycmQQdBQCLcBGAs/s1600/jalan%2Bmasuk%2Brute%2Branu%2Bgumbolo%2Bwonorejo.jpg

Seluruh wisatawan yang tertarik dengan keindahan alam pastinya juga akan betah berlama-lama di hamparan hutan pinus. Kali ini Anda pun bisa mencoba menikmati keindahan pinus di Ranu Gumbolo. Sebagai salah satu daya tariknya, tidak heran pengunjung justru menjadikannya sebagai tujuan utama.

Hutan Pinus menjadi salah satu spot kesukaan bagi pengunjung. Tidak jarang dari mereka akan menggelar tikar untuk bersantai bersama. Anda pun tidak perlu khawatir karena di sekitar area wisata, ada beberapa persediaan sewa hammock tanpa ada batasan waktu untuk menyewanya.

3. Flying Fox

https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2022/05/10/puncak-becici_169.jpeg?w=620

Pastinya Anda akan merasa lebih tertarik lagi ketika mendengar bahwa flying fox menjadi salah satu wahana menarik di Ranu Gumbolo. Meskipun dikenal sebagai aktivitas cukup menantang, namun tidak sedikit pengunjung pun mencobanya. Mereka pun justru menaikinya berkali-kali sekaligus menikmati pemandangan.

Menariknya lagi, wahana flying fox di Ranu Gumbolo ini terbilang memacu adrenalin. Pasalnya ketika Anda menaikinya, harus melintas pada ketinggian di atas danau. Tentu saja akan menjadi pengalaman yang sangat seru apabila berkesempatan mencobanya dengan pemandangan khas hutan pinus.

4. Gardu Pandang

https://phinemo.com/wp-content/uploads/2018/05/tiket-masuk-ranu-gumbolo-tulungagung.jpg

Ketika berkunjung di Ranu Gumbolo, Anda bisa melihat keindahan berupa pemandangan danau dengan lebih luas. Para wisatawan dapat naik ke gardu pandang yang lokasinya ada di hutan pinus. Jangan lupa untuk mengambil gambar berlatar belakang danau indah bersama teman-teman.

Salah satu spot menarik yang tidak boleh Anda tinggalkan saat berkunjung ke Ranu Gumbolo adalah mencoba hammock. Sama halnya seperti tikar, ada beberapa tempat penyewaan di sekitar hutan pinus sehingga pengunjung bisa menggunakan layanan tersebut.

5. Danau Pemancingan

Ranu Gumbolo
https://liburanyuk.co.id/wp-content/uploads/2022/10/Ranu-Gumbolo-3.jpg

Bagi beberapa pengunjung yang gemar memancing, maka bisa menjadikan danau Ranu Gumbolo ini sebagai spot pemancingan. Ada beberapa spesies ikan berukuran kecil hingga sedang ada di perairan tersebut. Tentunya akan menjadi pengalaman menarik sekaligus menikmati keindahan sekitar.

Anda bisa membawa perlengkapan pemancingan dari rumah untuk memancing di Ranu Gumbolo. Memancing dengan panorama indah dan udara sejuk pastinya akan memberikan kesenangan tersendiri.

6. Berkemah

https://liburanyuk.co.id/wp-content/uploads/2022/10/Ranu-Gumbolo-13.jpg

Wisata alam Ranu Gumbolo juga menarik untuk Anda jadikan sebagai tempat berkemah. Kawasannya sangat asri memiliki nilai plus apabila pengunjung hendak mendirikan tenda dan bermalam minimal satu malam saja. Saat malam hari, situasinya pun sangat tenang dengan panorma cantik di pagi hari.

Ketika pagi, Anda dan teman-teman bisa menikmati momen matahari terbit langsung dari area danau dan hutan pinus. Selain itu, pastinya masih ada kabut tipis yang menyelimuti pemandangan tersebut. Jangan  lupa untuk mengabadikan momen ini sebagai salah satu wisata alam khas Tulungagung.

7. Rumah Pohon dan Hutan Reboisasi

https://i.pinimg.com/736x/6e/4e/d9/6e4ed901e85cb8295ae506244e41d349.jpg

Jika Anda ingin menikmati pesona keindahan Ranu Gumbolo dari atas, maka bisa natik rumah pohon yang lokasinya ada di tepi danau. Dari atas ketinggian, pengunjung bisa mendapatkan jarak pandang lebih luas. Mungkin saja wisatawan juga dapat melihat Waduk Wonorejo dari ketinggian.

Bagi Anda yang pernah berkunjung ke Ranu Kumbolo, mungkin sudah tidak asing lagi dengan hutan alami. Lain halnya di Ranu Gumbolo karena merupakan hasil dari reboisasi. Tujuan awalnya adalah mencegah longsor di Waduk Wonorejo namun akhirnya meluas hingga saat ini menjadi hutan pinus.

Informasi Umum untuk Pengunjung Ranu Gumbolo

Bagi Anda yang hendak berkunjung ke Ranu Gumbolo maka bisa memahami beberapa informasi penting di bawah ini mulai dari lokasi, harga tiket masuk hingga fasilitas. Tujuannya agar selama berwisata di sana, tetap merasa nyaman dan aman.

1. Lokasi

https://liburanyuk.co.id/ranu-gumbolo-tulungagung/

Wisata Ranu Gumbolo berlokasi di Bantengan, Mulyosari, Kec. Pagerwojo Kab. Tulungagung. Lokasinya ada di Tulungagung sebelah barat. Memiliki jarak sekitar 25 kilometer dari daerah kota. Anda perlu menempuh waktu perjalanan antara 30 hingga 45 menit untuk sampai ke sana.

Ada juga objek wisata lain di dekatnya dan bisa Anda kunjungi yakni Waduk Wonorejo. Tentu bukan hal baru lagi bagi pengunjung Tulungagung dengan tempat wisata tersebut. Banyak wisatawan memilih untuk mengunjunginya di pagi hari dan bermalam di Ranu Gumbolo ketika sudah memasuki waktu petang.

2. Harga Tiket Masuk

https://liburanyuk.co.id/wp-content/uploads/2022/10/Ranu-Gumbolo-11.jpg

Untuk berwisata di Ranu Gumbolo, pengunjung harus membayar tiket masuk dengan harga paling terjangkau. Ada perbedaan antara hari biasa dengan hari libur atau akhir pekan. Namun tetap saja tarifnya pun sangat murah demi menikmati keindahan alam di kawasan danau dan hutan pinus.

Tiket masuk Ranu Gumbolo untuk hari biasa adalah hanya Rp 6 ribu per orang sementara Rp 8 ribu di hari libur atau akhir pekan. Tempat wisata ini buka setiap hari. Jangan lupa siapkan tiket parkirnya yakni Rp 2 ribu pada kendaraan roda dua dan Rp 5 ribu pada kendaraan roda empat.

3. Jam Buka

Ranu Gumbolo
https://storage.nu.or.id/storage/post/16_9/big/1638374189.jpg

Selain itu, Anda perlu memperhatikan jam buka dari Ranu Gumbolo. Tempat wisata ini beroperasi mulai dari pagi hingga sore tepatnya pada pukul 6 pagi hingga 5 petang. Banyak pengunjung memilih untuk mulai berangkat ketika masih sepi wisatawan sehingga belum ramai oleh orang-orang.

Anjuran dari pihak pengelola adalah menghindari keberangkatan ketika sedang hujan. Pasalnya jalanan akan licin sehingga meningkatkan resiko keamanan selama perjalanan. Hal ini karena rute yang ditempuh harus melewati tanah berundak-undak sehingga cukup berbahaya apabila turun hujan.

Baca juga : Pesona Keindahan Waduk Wonorejo Tulungagung

Ada banyak spot menarik dari Ranu Gumbolo yang bisa Anda jadikan sebagai salah satu tujuan wisata alam di Tulungagung. Lokasinya pun tidak cukup jauh dari daerah perkotaan sehingga tidak akan memakan waktu lama selama di perjalanan. Selain itu, harga tiketnya pun juga terbilang terjangkau.

 

Bagikan: