Rumah Coklat Trenggalek, Berwisata Sekaligus Belajar

Rumah Coklat Trenggalek merupakan destinasi wisata terbaru yang wajib Anda kunjungi. Setiap pengunjung nantinya dapat menemukan dan menikmati berbagai olahan makanan maupun minuman dengan bahan dasar coklat. Tentu sangat cocok sebagai tempat liburan sekaligus lokasi edukasi bersama.

Tentang Wisata Edukasi Rumah Coklat Trenggalek

Rumah Coklat Trenggalek
Source: https://dinaspertanianpangan.trenggalekkab.go.id/app/uploads/2019/09/WhatsApp-Image-2019-09-25-at-14.25.18-750×410.jpeg

Anda dapat berkunjung ke Rumah Coklat untuk melihat langsung seperti apa proses pembibitan tanaman kakao yaitu pohon coklat. Tentu saja bisa jadi salah satu wisata sekaligus edukasi yang sangat cocok untuk anak-anak sekolah. Tidak heran jika tempat tersebut selalu ramai oleh para pengunjung.

Bacaan Lainnya

Baik itu mereka yang datang dari daerah Trenggalek ataupun luar kota. Tentu tidak ada salahnya Anda datang langsung ke lokasinya untuk melihat seperti apa buah coklat diolah menjadi makanan maupun minuman lezat. Tentu bisa belajar sekaligus berwisata dengan cara lebih seru dan menyenangkan dari biasanya.

Baca juga :  Dam Bagong Trenggalek, Berwisata dengan Tradisi Unik

Kehadiran wisata Rumah Coklat ini sendiri sekaligus dapat memberikan dampak positif bagi perkebunan kakao di Trenggalek. Ada banyak UMKM yang menjadikan kakao sebagai bahan dasar pembuatan produk kuliner. Tentu saja sangat efektif dalam mendukung perekonomian masyarakat setempat secara langsung.

Sejarah Berdirinya Wisata Rumah Coklat

Rumah Coklat Trenggalek
Source: https://dinaspertanianpangan.trenggalekkab.go.id/app/uploads/2019/09/WhatsApp-Image-2019-03-01-at-08.27.41.jpeg

Jika melihat dari sejarahnya, pendirian Rumah Coklat yang ada di Trenggalek satu ini sebenarnya sudah berawal dari Dinas Pertanian Trenggalek itu sendiri. Tujuan pendiriannya tidak lain untuk membantu memajukan dan mensejahterakan kelompok petani kakao masyarakat setempat.

Hanya saja, pada saat itu proses pemasarannya mengalami kendala. Bahkan ada banyak anggota tani yang mulai berhenti menanam pohon kakao. Hingga akhirnya datanglah seorang pionir yang mampu menampung setiap hasil panen para petani lalu mengolahnya menjadi berbagai macam produk menarik.

Kemudian dari situ didirikanlah Rumah Coklat yang sampai saat ini menjadi destinasi wisata unggulan yang ada di daerah Trenggalek. Terlebih, pemerintah setempat juga kerap menjadikan lokasi ini sebagai tempat eduwisata. Tidak heran jika ada banyak sekolah datang ke lokasi ini untuk belajar mengenai kakao.

Lokasi Wisata Rumah Coklat Trenggalek

Anda dapat mengunjungi destinasi wisata ini di Desa Karangan, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur. Pengunjung dapat menikmati suasana liburan dengan konsep eduwisata bersama keluarga sehingga sangat seru dan menyenangkan. Lokasinya pun mudah untuk ditemukan.

Anda dapat berkunjung pada pukul 09.00 sampai dengan 17.00 WIB setiap hari. Dengan begitu, di hari libur pun dapat datang ke lokasinya jika ingin berwisata. Tentu bisa jadi rekomendasi lokasi terbaik saat ingin menghabiskan waktu liburan di Jawa Timur, khususnya di daerah Trenggalek bersama keluarga.

Tempat wisata ini sendiri melakukan pengolahan produk seperti di luar negeri. Termasuk dalam proses fermentasinya sehingga mampu menghasilkan produk yang berkualitas. Tentu saja hasilnya tidak akan kalah saing dengan hasil produksi dari luar negeri. Anda bisa mencoba beberapa produknya langsung.

Harga Tiket Masuk Wisata Rumah Coklat

Rumah Coklat Trenggalek
Source: https://dinaspertanianpangan.trenggalekkab.go.id/app/uploads/2019/09/WhatsApp-Image-2019-09-25-at-14.18.56-3.jpeg

Untuk mengunjungi destinasi wisata sekaligus tempat edukasi ini, maka pengunjung hanya perlu menyiapkan biaya tiket masuk sekitar Rp 4.000 saja. Akan tetapi, pahami bahwa harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu mengikuti peraturan yang ditetapkan oleh pihak pengelolanya.

Meski begitu, nominal tersebut terbilang sangat terjangkau. Tentu saja Anda tidak perlu menghabiskan banyak biaya saat ingin berkunjung ke tempat wisata ini. Ada banyak daya tarik yang bisa pengunjung nikmati saat berada di lokasinya. Tersedia area untuk beristirahat sambil menikmati produk coklat.

Selain itu, pengunjung juga bisa melihat langsung seperti apa proses pembibitan, budidaya, panen hingga teknik fermentasi kakao. Selain itu, terdapat pula kelas memasak hingga pengolahan coklat yang wajib untuk Anda coba. Tentu saja aktivitas tersebut sangat menarik sehingga cocok sebagai lokasi edukasi.

Daya Tarik Wisata Rumah Coklat Trenggalek

Source: https://dinaspertanianpangan.trenggalekkab.go.id/app/uploads/2019/09/WhatsApp-Image-2019-09-25-at-14.18.56-5.jpe

Ada banyak daya tarik yang bisa Anda dapatkan saat berkunjung ke wisata Rumah Coklat yang ada di Trenggalek. Destinasi wisata ini sendiri terbuka untuk umum termasuk para pengunjung dari luar kota sekalipun. Oleh sebab itu, ketahui beberapa daya tarik selengkapnya di bawah ini:

1. Melihat Kebun Mini Kakao

Berkunjung ke Rumah Coklat artinya Anda akan melihat langsung seperti apa tanaman kakao. Pengunjung juga bisa belajar mengenai proses pembibitannya sehingga akan sangat seru untuk berwisata sekaligus belajar. Tidak heran jika lokasi ini menjadi favorit para siswa untuk liburan sekaligus edukasi.

Tempat wisata ini sendiri terbilang cukup luas. Terdapat lanskap rumah coklat yang menjadi daya tarik utamanya untuk Anda kunjungi. Tentu saja kehadirannya dapat menjadi salah satu icon unik di Trenggalek. Tidak heran jika sangat direkomendasikan untuk datang langsung melihat kebun mini kakaonya.

2. Melihat Proses Pengolahan Kakao

Source: https://dinaspertanianpangan.trenggalekkab.go.id/app/uploads/2019/09/WhatsApp-Image-2019-09-25-at-14.18.56-1.jpeg

Selain melihat langsung kebun mini kakao, para pengunjung juga bisa belajar mengenai proses pengolahannya. Terlebih, destinasi wisata ini juga sudah menyediakan kelas khusus untuk memasak coklat dengan kualitas dan cita rasa terbaik. Sangat cocok apabila Anda memang tertarik di dunia kuliner.

Pengunjung bisa melihat proses pengolahan kakao tersebut menjadi produk-produk bahan dasar coklat yang bercita rasa lezat. Tentu saja bisa menjadi pengalaman yang mengesankan saat berkunjung ke Trenggalek. Anda bisa berwisata ke tempat ini secara rombongan agar lebih seru dan menyenangkan.

3. Temukan Berbagai Olahan dari Coklat

Setelah melihat langsung seperti apa proses pengolahannya, pengunjung juga bisa menemukan berbagai produk olahan dari bahan dasar coklat yang sudah jadi. Tentu saja ada banyak macamnya. Contohnya seperti pentol coklat, bakmi coklat pizza coklat, donat lumer coklat, dan masih banyak lagi lainnya.

Berbagai olahan tersebut memiliki harga yang sangat beragam. Umumnya mulai dari Rp 4.000 sampai dengan Rp 40.000 sehingga cukup terjangkau mengingat kualitas produknya sangat terjamin. Terlebih cita rasanya juga sangat lezat sehingga bisa jadi daya tarik tersendiri saat berkunjung ke tempat ini.

4. Berwisata Kuliner

Setiap pengunjung yang datang ke Rumah Coklat juga dapat menikmati langsung berbagai olahannya. Tentu sangat cocok bagi Anda ketika menyukai wisata kuliner. Jangan lupa untuk memilih sendiri kuliner atau olahan coklat di tempat tersebut agar bisa langsung merasakan kelezatannya.

Pengunjung dapat memilih beberapa spot khusus untuk duduk dan menikmati kelezatan cita rasa kuliner dari bahan dasar coklat tersebut. Tentu sangat cocok ketika ingin mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat tanpa perlu kecapekan.

5. Membeli Oleh-oleh Berbahan Coklat

Tidak hanya dapat melihat langsung seperti apa keindahan kebun kakao, pengunjung juga bisa langsung membeli produk-produk olahan dari bahan dasar coklat. Tentu saja bisa jadi pengalaman paling menarik mengingat semua kulinernya memakai kakao.

Anda bisa menjadikannya juga sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Tempat wisata ini tentunya menyediakan pengalaman menarik dalam menyajikan makanan berbahan dasar coklat. Anda bisa berkunjung kapan saja dengan harga tiket masuk terjangkau sehingga sangat cocok sebagai pilihan berlibur.

Baca juga : Gunung Prongos Trenggalek, Berwisata di Menara Pohon

Itu dia beberapa informasi lengkap mengenai wisata Rumah Coklat Trenggalek. Anda dapat berkunjung setiap hari sesuai keinginan. Akan tetapi, pastikan memperhatikan jam operasionalnya agar lokasinya masih buka. Pengunjung dapat mengajak keluarga ataupun anak-anak untuk belajar mengenai kakao.