Wisata Ilmu di Situs Bersejarah Nglambangan

Apakah Anda pernah mendengar situs bersejarah Nglambangan dari Kabupaten Madiun? Menjadi salah satu objek wisata edukasi terbaik dan seringkali dikunjungi oleh anak-anak sekolahan. Namun jika memang Anda tertarik untuk berkunjung, memang tidak ada salahnya.

Informasi Umum Situs Bersejarah Nglambangan

Destinasi wisata bersejarah ini bertempatkan pada RT./RW.09/02, Brubahan, Nglambangan, Kec. Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur 63181. Lokasinya juga sangat indah dan bahkan mampu memberikan sensasi berbeda ketika membandingkannya berlibur ke destinasi lain.

Memang sangat disayangkan sekali apabila Anda tengah berada di wilayah Madiun namun tidak mendatangi wisata situs bersejarah tersebut. Karena pastinya bisa mengisi kegiatan liburan panjang bersama dengan keluarga ataupun sahabat dekat.

Terkadang beberapa orang tidak mau jika harus mendatangi sebuah destinasi wisata dengan embel-embel situs bersejarah. Sementara itu, lokasi ini sendiri sangat indah sekali dan pastinya rugi apabila tak memasukkanya menjadi list berlibur.

Inilah Saya Tarik Situs Bersejarah Nglambangan Madiun

Seperti destinasi wisata lainnya, tentunya memiliki daya tarik tersendiri yang membuat banyak para pelancong merasa penasaran. Dengan demikian, sebelum Anda memutuskan untuk berkunjung ke sana maka lebih baik memahami seluruh penjelasan berikut ini:

1. Penduduk Lokal Sangat Ramah

https://instagram.com/explore_nglambangan/
https://instagram.com/explore_nglambangan/

 

Bukan hanya keindahan yang memang tak ada tandingannya, namun penduduk lokal dari daerah wisata situs bersejarah Nglambangan Madiun memang terkenal ramah sekali dengan wisatawan lokal ataupun dari mancanegara.

Inilah kenapa, menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang ingin diketahui langsung oleh para pelancong. Tentunya hal tersebut akan menjadi nilai plus dan membuat wisatawan asing mau datang kembali ke destinasi wisata tersebut.

Baca Juga : Pilihan Tempat Wisata Paling Hits di Kota Madiun

2. Terdapat Banyak Benda Peninggalan Sejarah

https://instagram.com/explore_nglambangan/
https://instagram.com/explore_nglambangan/

 

Pada objek wisata ini nantinya dapat melihat tempat yang menjadi lokasi peninggalan dari zaman kerajaan Majapahit. Contohnya saja seperti petirtaan, pura lambangsari, watu dakon dengan memiliki fungsi untuk menyimpan pusaka pada masa lalu.

Pusaka-pusaka tersebut antara lain adalah lumbung, sumur kuno, punden bahkan Sendang jambangan. Tentunya hal tersebut mampu menambah wawasan Anda, karena selama ini belum pernah melihat barang peninggalan dari masa kerajaan dahulu.

3. Melihat Ritual Secara Langsung

https://instagram.com/rakryan_patang_juru/
https://instagram.com/rakryan_patang_juru/

Apakah Anda pernah melihat ritual secara langsung? Biasanya upacara seperti ini akan berlangsung pada bulan tertentu seperti suro. Karena memang kebanyakan penduduk lokalnya mempercayai beberapa hal sejak dahulu hingga sekarang.

Biasanya ritual seperti itu akan berlangsung dengan adanya kegiatan memandikan atau membasuh seluruh barang pusaka. Pada waktu inilah benda-benda tersebut dikeluarkan dari tempat penyimpanannya.

Baca Juga : Jatim Park 3 Merupakan Pilihan Rekreasi Terbaik yang Harus di Kunjungi

4. Bisa Berfoto Ria

https://instagram.com/ryanferryhandoko/
https://instagram.com/ryanferryhandoko/

 

Karena situs sejarah ini memiliki desain yang cukup unik dan sangat menarik sekali. Bahkan pesona dari keindahannya pun juga cukup mengagumkan. Maka bukan hal mengherankan apabila akan jadi spot terbaik untuk berfoto ria bersama keluarga atau sahabat.

Momen-momen seperti inilah memang paling banyak dicari oleh kaum milenial. Tentunya adalah bukan hanya memperoleh foto atau gambar yang instagramable. Namun memperoleh ilmu ataupun wawasan, di mana sebelumnya belum pernah dipelajari.

Beragam Fasilitas dari Situs Bersejarah Nglambangan

Seperti yang telah diketahui oleh banyak orang apabila Fasilitas pada suatu destinasi wisata itu penting sekali diperhatikan dengan baik. Kenapa demikian? Karena memang hal tersebut bisa menunjang rasa aman dan nyaman dari setiap wisatawan.

Dengan demikian inilah penjelasan dari seluruh Fasilitas pada situs bersejarah Nglambangan:

1. Memiliki Area Parkir Khusus Kendaraan Pengunjung

https://instagram.com/explore_nglambangan/
https://instagram.com/explore_nglambangan/

 

Beberapa pengunjung pada destinasi wisata lain pernah mengeluhkan jika kondisi dari area parkirnya tak terlalu memadai dengan jumlah pengunjung. Namun hal itu tidak akan Anda rasakan ketika memutuskan ke situs bersejarah ini.

Karena memang pada area parkirnya juga lumayan luas dan akan disendirikan untuk kendaraan roda dua dan roda empat. Dengan demikian pada saat ingin mengeluarkan transportasi dari tempat parkir jauh lebih gampang.

2. Terdapat Tempat Istirahat atau Rest Area

https://instagram.com/ryanferryhandoko/
https://instagram.com/ryanferryhandoko/

 

Siapa bilang apabila tempat istirahat seperti ini tidak penting? Karena sebetulnya pengunjung dari luar kota lebih suka duduk santai sembari melihat pemandangan. Sebab hal tersebut juga secara otomatis bisa memulihkan energi atau kondisi tubuh.

Perlu Anda pahami, apabila perjalanan jauh itu memang membutuhkan tenaga. Karena nantinya para pengendara harus duduk selama berjam-jam untuk mencapai tempat tujuan. Jadi dengan adanya rest area ataupun tempat istirahat ini sangat-sangat membantu.

Baca Juga : Tempat Wisata Kusuma Agrowisata Paling Menyenangkan di Kota Batu

3. Memiliki MCK atau Kamar Mandi Bersih

https://instagram.com/pit.lempit.madiun/
https://instagram.com/pit.lempit.madiun/

 

Karena nantinya para pengunjung akan melihat area dari situs bersejarah dalam kurun waktu yang cukup lama bahkan sampai berjam-jam. Tentunya para pengelola destinasi pun telah menyediakan MCK atau kamar mandi terbaik. Alhasil tak perlu keluar dari lokasi wisata jika ingin bab atau bak.

Hal seperti ini penting, terlebih lagi para pengunjung yang juga membawa anak-anak atau balita. Karena biasanya si kecil itu akan membutuhkan tempat privasi guna buang air kecil ataupun mengganti pakaian dan pokoknya.

Rute Menuju Situs Bersejarah Nglambangan

Mungkin bagi wisatawan yang memang berasal dari kota Madiun tidak akan kebingungan jika ingin mendatangi lokasi wisata tersebut. Namun, jika merupakan para pelancong dari luar kota dan takut kesasar maka tak perlu khawatir karena ternyata akses jalannya sangat mudah.

Dari kota Madiun Anda harus menuju JL. Sombo, lalu melewati kawasan arung jeram dan belok menuju JL. Rimba Darma. Setelah itu ikuti jalan hingga ke Jl. S. Parman lalu masuk ke jalan Sri Rejeki dan Anda hanya perlu lurus hingga masuk JL. Pilang Dana.

Ikuti jalan hingga menemukan pertigaan dan belok kiri dan terus sampai Anda temukan Situs Bersejarah Nglambangan. Jika menggunakan kendaraan umum biasanya harus berhenti terlebih dahulu di Wungu. Lanjut perjalanan dengan menyewa jasa objek dan biayanya juga tak terlalu mahal.

Jam Buka Wisata Dan Harga Masuk Ke Destinasinya

Jika membicarakan jam buka dari wisata tersebut, sebetulnya bisa Anda kunjungi dari jam 08.00 dan tutup jam 18.00. Jika mau datang malam hari, tentu saja pengelola tak memperbolehkan. Sebab, takut jika ada hal-hal buruk.

Maka biasanya pihak pengelola tak memperbolehkan pengunjung datang pada malam hari. Kemudian, seluruh wisatawan juga bisa berkunjung pada hari apapun karena beroperasional satu minggu penuh.

Namun ketika Anda membicarakan masalah harga masuk menuju destinasi situs bersejarah Nglambangan ini. Sebetulnya juga tidak terlalu mahal, biasanya harus membayar per orang dan masalah parkir kendaraan saja.

Beberapa Tips Ketika Berkunjung ke Situs Bersejarah Nglambangan

Berkunjung ke salah satu destinasi wisata memang harus melakukan persiapan sejak beberapa hari sebelum keberangkatan titik apalagi jika berasal dari luar kota. Maka berikut ini adalah contoh dari persiapannya:

  • Membawa baju ganti.
  • Selalu membawa obat-obatan.
  • Membawa air mineral yang cukup.
  • Jangan lupakan untuk membeli cemilan seperti roti dan lain sebagainya.
  • Jika ingin lebih hemat bisa membawa bekal sendiri dengan menaruh makanan di tremos.

Demikianlah sekilas informasi tentang Situs Bersejarah Nglambangan dari Kabupaten Madiun. Apabila Anda penasaran tentang bagaimana bentuk-bentuk barang peninggalan prasejarah di sana, maka segeralah berkunjung ke destinasi tersebut.

Tinggalkan komentar