Ponorogo tidak ada habisnya mengeluarkan destinasi wisata baru. Destinasi wisata kota reog yang tengah buming pada kalangan masyarakat adalah Sumorobangun flowers atau SBF. Beragam Keindahan destinasi wisata bisa pengunjung nikmati, menariknya banyak spot foto unik dan menarik.

Mengenal Sumorobangun Flowers

Mengenal Sumorobangun Flowers
Source : https://awsimages.detik.net.id/

Masyarakat Badegan dan Pemerintah setempat menyulap hutan belantara yang terdapat pada jalan raya perbatasan Wonogiri – Ponorogo menjadi wisata SBF. Destinasi wisata SBF mampu menarik perhatian berbagai pengunjung baik dari dalam maupun luar kota, terlebih kebersihan lokasi terjaga dengan baik

Pengunjung juga dapat menikmati hiburan campur sari yang masyarakat sekitar tampilkan, tujuan penggelaran seni adalah meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Pengunjung raya rata berasal dari Jawa Tengah, sebab menggunakan tempat wisata untuk istirahat saat melakukan perjalanan.

Beragam spot foto menarik bisa pengunjung nikmati saat tiba ke lokasi wisata, sebab lokasinya dekat dengan rest area. Jembatan gantung menjadi salah satu wahana yang sering pengunjung incar, sebab terdapat beberapa warna menarik. Pengunjung juga dapat menjadikan jembatan sebagai spot foto.

Sumorobangun Flowers Mulai Populer

 Mulai Populer
Source : https://awsimages.detik.net.id/

Destinasi wisata mulai populer sejak banyak media menyorotinya. Beragam konten creator banyak yang memanfaatkan destinasi wisata SBF sebagai bahan untuk membuat video. SBF yang memiliki pesona cukup indah, selalu menarik perhatian pengunjung dari dalam maupun luar daerah.

Spot foto menarik menjadi salah satu daya tarik kuat yang mampu mendatangkan pengunjung lebih dari 500 orang per hari. Menariknya wisata Sumorobangun flowers telah dapat penghargaan dari Gubernur Jawa Timur, sehingga tidak heran jika lokasi wisata tidak pernah sepi pengunjung termasuk hari biasa.

Selengkapnya >> Rekomendasi Tempat Wisata di Ponorogo Yang Lagi Hits 2023

Pengunjung juga mengalami peningkatan sebanyak 1500 orang pada saat weeked, sehingga hal ini mampu memberikan pengaruh terhadap sektor ekonomi bagi masyarakat sekitar. Hiburan berupa campur sari juga bertujuan untuk melestarikan budaya Jawa agar tidak punah keberadaannya.

Informasi Tambahan Sumorobangun Flowers

Informasi Tambahan
Source : https://disbudparpora.ponorogo.go.id/

Pengunjung yang berasal dari luar kota pasti sangat tertarik ketika melihat keindahan wisata SBF. Lahan lokasi yang sangat luas tentu membuat pengunjung nyaman, sebab tidak perlu berdesakan dengan orang lain. Berikut beberapa informasi tambahan yang perlu pengunjung perhatikan saat liburan ke SBF :

  • Alamat : Ds Binting Badegan, Kab. Ponorogo
  • Jam Operasional : Buka setiap hari mulai jam 07:00-17:30 WIB
  • Harga Tiket : Rp 5000

Lokasi Wisata di Google Maps >> https://goo.gl/maps/Y6HdqgjhDdhvpRPW8

Rute Menuju Lokasi Wisata

Rute Menuju Lokasi Wisata
Source : https://jatimnow.com/

Pengunjung yang akan mendatangi lokasi Sumorobangun flowers dapat mengambil rute dari jalan Niken Gandini menuju bundaran Batoro Katong. Perjalanan bisa pengunjung lanjutkan dari bundaran Batoro Katong belok lurus ke arah jalan Ahmad Dahlan. Jalan Ahmad Dahlan lurus terus ke Urip Sumoharjo.

Perjalanan dari Urip Sumoharjo dapat pengunjung lanjutkan ke jalan raya Ponorogo – Solo kemudian belok kiri. Lokasi wisata sangat mudah untuk pengunjung temui, sebab sudah terkenal pada kalangan masyarakat. Hamparan bunga seperti saat ke luar negeri, bisa pengunjung temui saat liburan di SBF.

Baca Juga : Serunya Bermain di Kraton Waterpark Ponorogo

Jalan menuju lokasi wisata cukup mudah sehingga pengunjung dapat gunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Lahan yang cukup luas bisa pegunjung manfaatkan untuk melakukan beberapa kegiatan seru. Pihak pengelola wisata mengelola tempat dengan baik sehingga pesonanya menarik wisatawan.

Daya Tarik Destinasi Sumorobangun Flowers

Daya Tarik Destinasi Sumorobangun Flowers
Source : https://lh3.googleusercontent.com/

Pengunjung mayoritas terdiri dari perempuan lantaran menyajikan keindahan dan pernak-pernik bewarna cerah. Daya tarik itulah yang menyebabkan wisatawan selalu padat pengunjung terlebih saat hari libur. Hal yang menjadi daya tarik dari Sumorobangun  meliputi beberapa hal seperti berikut ini:

1. Beragam Jenis Bunga

Aneka macam bunga berwarna-warni mampu membuat mata tidak jenuh memandang. Tanaman ini bisa menjadi spot foto andalan untuk hasilkan dokumentasi memukau semua orang. Menariknya bunga memiliki harum khas terlebih jika Anda datang saat pagi hari maka aroma menyatu di udara.

Warna-warni bunga membuat mata sedikit melepas penat sehingga lebih sehat. Pandangan juga lebih rileks jika sambil melihat beraneka ragam warna bunga. Jenis bunga di sini cukup banyak dan bisa berguna sebagai sarana untuk edukasi bagi anak kecil atau penelitian terkait tanaman.

2. Menara Eiffel

Menara khas Paris bisa Anda jumpai jika mengunjungi Sumorobangun. Tower Eiffel KW ini kerap jadi sorotan lantaran bentuknya cukup mirip. Mayoritas pengunjung akan manfaatkan keberadaanmenara untuk ambil foto bersama orang tersayang. Spot foto di menara Eiffel menjadi buruan pengunjung.

Baca Juga : Wisata Watu Semaur Ponorogo

Karakteristik pada menara Eiffel KW ini yaitu menjulang tinggi dan memiliki warna putih salju. Tidak jauh dari menara terdapat juga patung kuda terbang. Mayoritas keduanya kerap jadi perbincangan karena mampu menarik perhatian dari anak-anak saat mengunjungi lokasi secara langsung.

3. Spot Foto

Pernak-pernik dari beraneka macam bunga dan tanaman ternyata mampu berguna sebagai salah satu spot foto. Berlatar belakang tanaman mampu membuat hasil foto terlihat lebih jernih dan cerah. Nuansa alam akan begitu terlihat jelas jika latar belakang pengambilan foto memiliki pencahayaan tepat.

Spot foto dan wahana akan menambah kecantikan hasil fotografi. Pengambilan gambar unggulan terdapat pada menara Eiffel. Keberadaan menara kerap orang anggap sebagai ikon dari Sumorobangun flowers. Wisatawan akan merasa kurang afdol jika belum rasakan foto di menara Eiffel milik SBF satu ini.

4. Wisata Kuliner

Daya tarik lainnya yang ada pada SBF yakni beragam kuliner khas Ponorogo. Anda bisa menjumpai banyak tempat makan yang menyajikan kuliner khas kota reog mulai dari sedang, ringan hingga berat. Aneka makanan itu kerap jadi tujuan orang-orang untuk datangi lokasi karena terkenal sedap dan nikmat.

Wisata kuliner membuat orang merasa puas. Masyarakat sekitar juga bisa manfaatkan adanya kuliner sebagai konten food vlogger. Menikmati keindahan SBF sambil makan merupakan hal paling indah yang wajib untuk pengunjung coba. Kuliner juga dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh saat akan pulang.

5. Pertunjukan Campur Sari saat Minggu

Menyaksikan pertunjukan Campur Sari, tari-tarian dan hiburan lainnya terdapat pada wisata satu ini. Hari Minggu biasanya warga sekitar membuat pertunjukan sebagai hiburan kepada para wisatawan. Pengunjung bisa memberikan saweran dengan nominal seikhlasnya sehingga sangat efisien.

Campur sari sendiri masih kental dan kerap menjadi pertunjukan oleh warga sekitar. Daerah Badegan memang terkenal dengan kesenian dan kebudayaan masih kental. Tidak heran lagi jika dalam wisata turut terdapat pertunjukan sebagai saya tarik tambahan.

6. Jembatan Warna- Warni

Tidak sampai di situ, ternyata SBF memiliki Destinasi unggulan yang bisa memanjakan para wisatawan. Destinasi itu yakni jembatan warna-warni. Keberadaan jembatan kerap kali membuat orang penasaran sehingga selalu ramai pengunjung saat akhir pekan.

Bagaimana? Sudah tertarik untuk mengunjungi wisata tersebut? Keberadaan destinasi kerap jadi warna bagi warga karena menambah peluang perekonomian. Hampir semua orang pasti akan ketagihan dan tenang jika mengunjungi Sumorobangun flowers.

Bagikan: