Taman Budaya Sentul, Review, Paket Wisata, dan Fasilitas

Aktivitas beberapa waktu ke belakang menguras emosi dan menyebabkan stress? Jangan dibiarkan! Karena dapat mengganggu produktivitas kedepannya. Untuk warga Jabodetabek dan sekitarnya, ada Taman Budaya Sentul yang bisa menjadi opsi healing untuk melepas penat.

Tentunya tak sembarang melepas penat. Stress dan emosi yang menumpuk dapat disalurkan melalui kegiatan positif seperti outbond dan aktivitas fisik yang memacu adrenalin lainnya. Kocek yang pengunjung keluarkan akan setimpal dengan rasa puas yang didapatkan.

Bacaan Lainnya

Baca juga : Melakukan Kegiatan Liburan di Wisata Agro Glantangan

Yang pasti, jika ingin mengunjungi tempat ini bersama keluarga, teman-teman, ataupun untuk kegiatan kantor, tempat ini ramah untuk anak-anak. Nah, sebelum mengunjungi taman budaya yang terletak di Sentul ini, mari simak dulu ulasan mengenai tempatnya!

Informasi yang Harus Diketahui Sebelum Mengunjungi Lokasi

Ada beberapa hal yang harus diketahui sebelum pergi ke Taman Budaya Sentul City. Mulai dari lokasinya, kapan jam bukanya, hingga harga tiket masuknya. Jadi, pengunjung bisa tahu apa saja yang harus dipersiapkan sebelum mengunjungi lokasinya.

Perlu diketahui, tiket masuk ke destinasi wisata ini gratis. Hanya saja, jika ingin menikmati wahana-wahana yang tersedia, pengunjung wajib membayar sesuai tarif yang ditentukan. Lantas, informasi apalagi yang harus pengunjung ketahui? Mari simak pembahasannya!

  • Taman budaya ini berlokasi di Kabupaten Bogor. Lokasi tepatnya di Jl. Siliwangi No. 1, di daerah Sumur Batu, Babakan Madang. Letaknya sekitar 15-16 km dari Stasiun Bogor, dan jika berkendara, waktu tempuhnya sekitar 30 menit.
  • Tersedia kontak yang dapat dihubungi. Untuk mengetahui info seputar pricelist, calon pengunjung dapat menghubungi nomor telepon 021-87961579/80 dan 08571878234. Bisa juga menghubungi email cs@tamanbudaya.co.id atau mengisi formulir kontak melalui website milik taman budaya, yakni tamanbudaya.co.id.
  • Buka setiap hari. Wahana adventure buka pukul 09.00-17.00 WIB dan Food Street pukul 08.00-21.00 WIB. Selain kedua wahana tadi, semua dibuka hari Jumat-Minggu jam 09.00-17.00 WIB. Jadi, pastikan dulu wahana yang dituju buka atau tidak.
  • Tersedia banyak wahana dan kegiatan. Tersedia kegiatan outbond seperti high ropes, flying fox, dan kegiatan lapangan lainnya seperti trampolin, paintball, hingga archery war. Ada juga kegiatan clay making, kite painting, membatik, becak mini, dan lain-lain.
  • Banyak café, restoran, dan tempat lainnya. Ada 21 tempat lain yang dapat dikunjungi selain kegiatan/wahana. Tempat-tempat ini sebagian besar berupa restoran dan café. Ada juga satu tempat spa yang bisa pengunjung tuju setelah lelah beraktivitas.
  • Banyak promosi dan info yang bisa dilihat. Kunjungi website tamanbudaya.co.id, atau melihat informasi melalui media sosialnya, yakni Facebook Taman Budaya dan Instagram tamanbudaya_id. Informasi terkait dengan event atau promosi bisa didapatkan melalui platform informasi tersebut.

Paket-paket yang Disediakan oleh Pengelola

Sebagai salah satu tempat outbound/gathering terluas, Taman Budaya Sentul City menyediakan beragam paket khusus untuk para pengunjungnya. Harga yang tersedia untuk paket-paket ini bervariasi, namun semuanya belum termasuk biaya pajak dan pelayanan. Berikut rincian paket-paketnya:

  • Recreation program. Tersedia kegiatan luar ruangan seperti fun games, adult high ropes, camping adult, offroad, archery war, dan paintball & fun games. Tarif program rekreasi ini sebesar Rp 380.000-Rp 600.000/pax.
  • Education program. Pengunjung anak-anak bisa mengikuti wisata budaya, camping kids, kids army, dan juga kids high ropes di program khusus ini. Tarifnya sekitar Rp 280.000-Rp 580.000.
  • Development program. Dengan merogoh kocek Rp 420.000/pax, grup yang mengikuti kegiatan Team Building dalam Development Program sudah mendapat banyak fasilitas. Seperti program team building, flying fox, coffee break & lunch, dan sertifikat.
  • Meeting package. Tidak hanya berkegiatan outdoor saja, jika ingin mengadakan meeting berlatar alam, pengunjung bisa memanfaatkan meeting package. Ada program full day meeting dengan tarif Rp 420.000/pax dan half day meeting dengan tarif Rp 280.000/pax.
  • Wedding package. Taman Budaya Sentul menyediakan fasilitas lengkap untuk pelanggan yang ingin menyelenggarakan pernikahan. Ada paket wedding venue and catering, wedding organizer, hingga wedding organizer. Untuk harga paket ini, calon pengantin dapat menghubungi langsung sales-nya.
  • Gathering. Jika memiliki sebuah grup, komunitas, atau perusahaan yang ingin mengadakan gathering, taman budaya ini menyediakan fasilitasnya. Namun, berbeda dengan paket Team Building, untuk mengetahui harga paket Gathering, calon pengunjung harus menghubungi sales-nya terlebih dahulu.
  • Private hiking. Tersedia 6 paket dengan tarif Rp 200.000-Rp 500.000/pax. Rutenya bisa Hutan Pinus, Curug Cibingbin, Curug Hordeng-Kembar-Ciburial, Goa Garunggang & Leuwi Asih. Ada juga camping dan hiking Curug Cibingbin, serta Leuwi Hejo-Leuwi Lieuk-Leuwi Cepet.
  • Wahana retail. Yang dimaksud dengan wahana retail di sini adalah wahana-wahana tersendiri yang bisa saja tidak termasuk ke dalam paket. Contohnya trampolin, becak mini, serok ikan, mewarnai, magic sand, kereta mini, dan masih banyak lagi.

Fasilitas yang Tersedia di Lokasi Taman Budaya Sentul

Layaknya destinasi wisata lainnya, Taman Budaya Sentul City memiliki beragam fasilitas penunjang. Ada toilet, mushola, toko souvenir, bahkan tersedia petugas kesehatan dan keselamatan beserta ruangan kesehatannya. Jadi, tidak perlu khawatir urusan kesehatan dan keamanan ya!

Salah satu fasilitas penunjang yang tak boleh di lewatkan adalah adanya foodcourt, resto, serta café yang siap memanjakan lidah pengunjung. Pilihannya yang cukup banyak membuat pengunjung bisa berwisata kuliner sekaligus. Apa sajakah pilihannya? mari simak pembahasannya!

  • Kuliner mancanegara. Jika ingin mencicipi kuliner luar negeri, mengunjungi tempat ini adalah pilihan yang tepat. Di sini ada Terra Thai (kuliner Thailand), Three Uncles (kuliner Chinese), dan Fizza yang menjual pizza dengan cara masak otentik.
  • Coffeeshop. Tersedia berbagai coffeeshop dengan menu lezat sekaligus pemandangan estetik. Pengunjung bisa mengunjungi Popolo Coffee, Finch Coffee & Kitchen, atau Tujuh Cerita. ‘Ngopi with the view’ bisa menjadi ungkapan yang pas dengan coffeeshop di sini.
  • Restoran dengan menu nusantara dan internasional. Jika ingin santapan lokal maupun internasional, lokasi seperti East Arrow, Taste & See, Kapau Lapau, dan Dimitree bisa menjadi pertimbangan. Menu-menu restoran ini wajib untuk dicoba pengunjung yang datang.
  • Café. Ada banyak pilihan café dengan tema menarik di destinasi wisata ini. Sebut saja Ronde Mande, yang mengusung café dengan menu khusus wedang ronde. Selain Instagram-able, lokasi café-nya juga nyaman untuk orangtua yang membawa anak-anak.

Dengan melakukan kegiatan fisik di wahana outdoor, hormon bahagia dalam tubuh akan muncul dan menurunkan rasa stress. Belum lagi beragam makanan dan minuman yang tersedia, kuliner yang menggugah selera akan membuat perut kenyang sekaligus senang.

Review Singkat Taman Budaya Sentul

Program-program yang di rancang pihak taman budaya ini pun dapat memupuk kekeluargaan pengunjungnya, baik itu keluarga, grup pertemanan, maupun perusahaan. Hal yang patut di garisbawahi adalah tempat wisata ini ramah dan aman untuk pengunjung kecil alias anak-anak.

Baca juga : Agrowisata De Durian Park : Liburan Santap Durian di Jombang

Menghabiskan waktu healing dengan berbelanja di mall atau liburan ke tempat fancy tidaklah masalah. Selama bisa menuntaskan rasa penat, semua sah-sah saja. Namun, jika ingin mengentaskan penat dengan kegiatan positif, Taman Budaya Sentul City-lah jawabannya.