Taman Jurug Goa Luweng Cahaya Surga dari Blitar

Goa Luweng memiliki destinasi lengkap mulai dari air terjun, jurug, dan sungai. Air yang mengalir di sekitar goa merupakan aliran dari air terjun utama. Nantinya aliran ini akan membentuk suatu jurug yang masuk ke dalam goa dari atas. Hal ini menjadi salah satu pesona yang dimiliki oleh Goa Luweng.

Keindahan Goa Luweng Dari Berbagai Sudut

Keindahan Goa Luweng Dari Berbagai Sudut
Source : https://mblitar.net/

Wisata Goa Luweng terkenal akan keindahannya sehingga memiliki sebutan Cahaya Surga atau Air Surga. Pesona dari gua yang mengalir air dari atas memberikan pemandangan yang tidak didapatkan dari wisata lain. Pada hari libur tempat ini akan ramai dengan pengunjung dari berbagai daerah.

Bacaan Lainnya

1. Terdapat Goa

Goa ini menjadi salah satu tempat yang populer untuk dikunjungi. Terdapat goa yang tidak terlalu dalam dengan dipenuhi bebatuan serta air dari sungai. Kedalaman goa ini mencapai 50 meter yang memiliki dua pintu untuk akses masuk. Ada pintu masuknya air dan keluarnya aliran.

Pengunjung bisa masuk melewati kedua pintu tersebut. Di dalam goa tidak terlalu gelap karena ada sinar cahaya matari dari atas goa. Pada bagian atas goa terdapat lobang besar yang bisa digunakan sebagai akses masuk pengunjung dan air sungai.

2. Air Terjun Utama

Air Terjun Utama
Source : https://mblitar.net/wp-content/uploads/

Goa Luweng berhubungan langsung dengan lokasi air terjun. Adapun di tebing air terjun ini memiliki bentuk yang berkelok-kelok sehingga menambah keindahan aliran. Air yang mengalir dari atas akan turun ke bawah seperti sungai dan masuk pada lokasi goa.

Aliran yang masuk inilah disebut sebagai jurug. Wisata ini akan terasa seru jika pengunjung menyukai tantangan dan petualangan melewati alam. Untuk melihat lokasi air terjun secara jelas harus menggunakan satu tali sebagai pegangan.

3. Jurug di Dalam Goa

Bagian atas goa yang memiliki bentuk lingkaran mengalirkan air sungai. Air sungai ini akan masuk ke dalam goa sehingga menjadi air terjun mini yang diberi nama jurug. Jurug ini yang menjadi keindahan sebagai air surga bagi para wisatawan.

Tempat ini akan lebih indah jika didukung oleh cuaca cerah yang memberikan efek kilauan pada air. Jika dilihat dari bawah goa akan sangat menakjubkan untuk menjadi sopt foto. Ditambah dengan sinar matahari yang masuk ke lubang tersebut memberikan gambaran akan cahaya surga.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Goa Luweng

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Goa Luweng
Source : https://i0.wp.com/

Goa Luweng terletak di Dusun Prodo, Desa Ngrejo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar. Wisata ini populer akan keindahan yang berbeda dengan tempat lainnya. Terdapat jurug dan aliran sungai diatas goa yang sangat indah jika terkena sinar matahari.

Tiket masuk ke tempat ini sekitar 5 ribu dan bisa bermain sepuasnya. Diperkirakan wisata ini dikelola oleh masyarakat sekitar serta dibuka mulai pukul 8 pagi hingga 4 sore. Biasanya pengunjung akan ditarik parkir oleh anak-anak dusun setempat. Dari tempat parkir tidak langsung menuju ke tempat goa.

Namun pengunjung harus berjalan kurang lebih sekitar 300 meter yang melewati jalan setapak. Pemandangan sekitar terdapat sawah dan sungai yang segar. Pengunjung tidak akan bosan selama menuju ke lokasi wisata karena kesejukan dan keindahan

Rute Menuju ke Goa Luweng

Rute Menuju ke Goa Luweng
Source : https://i0.wp.com/

Akses menuju ke wisata Goa Luweng cukup mudah sama seperti perjalanan ke Pantai Tambakrejo. Setelah itu bisa mengikuti petunjuk ke arah Trisula hingga mencapai Tirto Galuh. Nantinya kan ada petunjuk yang mengarahkan ke lokasi Goa Luweng.

Kendaraan roda empan dan dua bisa masuk ke kawasan Goa Luweng karena akses jalan yang mudah untuk dilewati. Di pinggir jalan akan ada banner yang bertuliskan Goa Luweng. Pengunjung bisa memarkirkan kendaraan di area yang telah disediakan.

Untuk mencapai lokasi goa, pengunjung harus turun dari arah atas atau tempat keluar air. Saat masuk ke dalam goa akan ada banyak hal menarik berupa aliran air yang nampak seperti kolam, jurug, dan bebatuan indah. Namun saat berjalan di sekitar batu harus hati-hati karena cukup licin.

Kegiatan Selama Berada di Goa Luweng

Kegiatan Selama Berada di Goa Luweng
Source : https://sanjayatour.com/

Selama berada di lokasi wisata Goa Luweng pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan yang menakjubkan dari berbagai sudut. Mulai dari goa yang estetik serta megah dibalut air sungai yang mengalir membasahi bebatuan di luar goa. Ditambah air terjun mini yang ada ditengah Goa Luweng.

1. Bermain Air

Wisata ini merupakan tempat yang dipenuhi oleh air sungai. Air disini sangat jernih dan bersih sehingga cocok bagi pengunjung yang ingin suasana segar. Aliran disini tidak terlalu deras dan memiliki kedalaman yang cukup rendah sehingga aman untuk dilewati.

Pengunjung bisa bermain air yang ada dalam goa berupa jurug atau dari aliran di sela bebatuan. Batu yang ada di dalam goa juga memiliki bentuk sangat cantik apalagi dipadukan dengan jatuhan air dari atas. Untuk sampai ke dalam goa pengunjung perlu berjalan menyusuri bebatuan dan aliran air.

2. Spot Foto

Bagi pengunjung yang suka mengabadikan momen saat berada di suatu tempat maka wisata ini sangat cocok. Ada banyak spot foto menarik yang akan membuat orang lain ingin datang kesini. Keindahan goa dengan air terjun di dalamnya memberikan nuansa baru.

Pengunjung bisa memasuki goa dari atas menggunakan tali. Ini bisa menjadi kegiatan yang menantang adrenalin pengunjung. Tali ini sudah terpasang dengan kuat sehingga aman untuk dilalui. Namun sudah seharusnya pengunjung juga waspada saat menuruni bebatuan karena cukup licin.

Tips Saat Berada di Wisata Goa Luweng

Tips Saat Berada di Wisata
Source : https://3.bp.blogspot.com/

Wisata ini merupakan tempat yang dikelola sendiri oleh masyarakat sekitar. Mereka saling berupaya memberikan fasilitas terbaik bagi pengunjung yang datang. Bahkan ada anak-anak yang menjadi penjaga parkir. Ada juga yang bertugas sebagai tour guide dengan menjelaskan keindahan wisata ini.

Keramahan warga sekitar juga membuat pengunjung menjadi nyaman dan tenang selama berada di area wisata. Dengan adanya pemandu akan mengantarkan ke lokasi Goa Luweng serta memberikan arahan untuk keselamatan pengunjung. Warga desa ini sangat mandiri dalam mengelola sumber daya yang ada.

  • Pakai sandal yang bisa digunakan melewati semua medan terlebih untuk mencegah diri terpleset bebatuan licin
  • Datang saat pagi atau siang hari untuk mendapatkan sinar matahari sehingga akan nampak keindahan dari dalam goa
  • Bisa membawa makanan atau minuman dari rumah karena minimnya warung yang buka
  • Pengunjung juga bisa membeli beberapa snack untuk menambah pendapatan warga sekitar
  • Bawa baju ganti karena pasti akan basah terkena air
  • Menjaga kebersihan goa dan air dengan membuang sampah di tempat yang telah disediakan
  • Tidak mengotori air dengan mandi di bawah air terjun atau kolam
  • Membawa pelindung anti air untuk handphone dan kamera agar tidak rusak dan basah

Demikian informasi mengenai Goa Luweng yang bisa pengunjung nikmati keindahannya baik dari luar atau dalam. Di luar goa ada air terjun yang mengalir dengan indah. Sedangkan di dalam juga terdapat air terjun mini yang terkenal akan keindahan cahaya serta bebatuannya.