Blitar memiliki taman terbuka hijau yang bisa dikunjungi oleh semua masyarakat secara gratis. Wisata Taman Kebon Rojo memberikan berbagai spot menarik seperti patung, area bermain, flora dan fauna. Bukan hanya taman namun pengunjung mendapatkan edukasi mengenai hewan dan tumbuhan.

Keindahan Taman Kebon Rojo

Keindahan Taman Kebon Rojo
Source : https://cdkmalang.dishut.jatimprov.go.id/

Baca juga : Wisata Taman Kebon Ratu, Ruang Terbuka Hijau di Tengah Kota Jombang

Taman Kebon Rojo adalah salah satu wisata keluarga yang sering menjadi tujuan menghabiskan waktu bersama. Tempat ini berupa ruang terbuka hijau yang memiliki banyak permainan menyenangkan. Ada banyak hal menarik dari keberadaan taman ini yang bisa pengunjung nikmati, antara lain:

1. Patung Binatang

Kebon Rojo memiliki banyak patung hewan yang ada di sekitar taman. Pengunjung bisa naik ke atas patung dan berfoto. Bahkan tahun 2020 ada 2 patung dinosaurus di taman ini menambah koleksi hewan. Kedua patung tersebut bisa mengeluarkan suara dan bergerak.

Hal ini sangat menarik perhatian dari anak-anak. Dengan hadirnya patung ini pengunjung semakin meningkat drastis. Banyak pengunjung penasaran dengan penampakan dari kedua patung tersebut. Cara patung bergerak dan mengeluarkan suara dengan pendeteksi laser yang ada.

2. Kebun Binatang Mini

Kawasan taman terdapat berbagai jenis hewan yang berada di dalam sangkar dan memang menjadi peliharaan seperti rusa, monyet dan burung-burung. Pengunjung juga bisa memberi makan hewan ini. Namun makanan harus menyesuaikan dengan gizi yang baik bagi tubuh hewan.

Pada setiap tempat hewan memiliki papan informasi yang tertulis pengetahuan mengenai satwa tersebut. Bukan hanya hewan saja namun beberapa tumbuhan juga memuat informasi. Selain bisa menikmati waktu bersantai pengunjung juga mendapatkan pengetahuan terkait flora dan fauna.

3. Taman Bermain

Taman Kebon Rojo memiliki banyak wahana yang bisa anak-anak maupun orang dewasa gunakan . Ada mobil listrik, skuter, lukisan, dan masih banyak lagi. Untuk mencoba permainan tersebut pengunjung perlu membayar sekitar 5 hingga 15 ribu.

Kawasan yang asri membuat semua orang betah menghabiskan waktu di kawasan ini. Pengunjung juga bisa memberikan makan burung merpati yang sering berterbangan di sekitar taman. Tidak perlu khawatir jika merasa lapar karena banyak penjual yang menyediakan berbagai jenis makanan.

Sejarah Taman Kebon Rojo

Sejarah Taman Kebon Rojo
Source : https://tempatwisataseru.com/

Taman ini awalnya berfungsi sebagai ruang hijau kota dan tempat rekreasi orang Belanda yang berada di Blitar. Keberadaan taman ini sudah ada sejak tahun 1890. Saat itu kawasan ini menjadi milik dari para pemodal Belanda sebagai perkebunan kopi, pabrik gula dan laboratorium tanaman unggulan.

Selama perkembangannya area ini sangat terawat dan terjaga kebersihannya. Namun pada zaman kependudukan Jepang kondisi taman mulai berubah. Jepang menggunakannya sebagai area militer. Keindahan taman mulai menurun dan rusak. Kondisi semakin memburuk sejak Orde lama dan baru.

Hal ini karena fungsinya sebagai wisata malam bagi para hidung belang. Maka dari itu pada masa kepemimpinan Djarot Saiful Hidayat, Kebon Rojo mulai berfungsi kembali sebagai ruang terbuka hijau. Pemberian pagar besi yang mengelilingi area taman serta pembangunan Tugu Satu Abad Bung Karno.

Versi Nama Kebon Rojo

Versi Nama Kebon Rojo
Source : https://mblitar.net/

Nama Kebon Rojo memiliki beberapa makna yang terbagi dalam 3 versi. Pertama memiliki makna dari kata Kebon Rojo yaitu taman raja. Kedua berdasarkan pelafalan Jawa sehingga huruf J dibaca menjadi Y. Maka Rojo mempunyai makna kebun raya. Terakhir disebut sebagai kebun praja atau taman kota.

Kota Blitar memilih versi pertama untuk menjelaskan keindahan taman. Istilah lain dengan nama Kebon Retjo yang merupakan arca Ganesha dan Prasasti Kinewu. Arca dan prasasti tersebut pernah ditempatkan di taman ini. Namun sekarang telah tersimpan dalam Museum Penataran.

Pada bagian taman diganti dengan arca ganesha yang baru. Perbaikan dilanjutkan oleh Samanhudi Anwar yang membuat taman menjadi wisata edukasi dan bermain. Pengunjung yang datang ke taman bisa mencapai seribu orang lebih setiap harinya. Dan terus bertambah saat akhir pekan.

Lokasi dan Tiket Masuk

Lokasi dan Tiket Masuk
Source : https://rimbakita.com/

Kebon Rojo terletak di Jalan Diponegoro nomor 12, Bendogerit, Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Tempat wisata ini memiliki keindahan alam dengan pohon menjulang tinggi yang rindang serta banyak tanaman menghiasi sekitar.  Untuk masuk ke lokasi taman pengunjung tidak perlu membayar.

Buka mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore setiap hari, wisata taman tidak pernah sepi pengunjung. Meskipun pada malam hari tutup namun di sekitar Kebon Rojo banyak yang masih menjajakan dagangannya. Bahkan banyak pembeli yang sekedar nongkrong di angkringan sekitar dan menikmati suasana jalan.

Hal ini karena Kebon Rojo sebagai fasilitas taman yang disediakan oleh pemerintah bagi masyarakat bersantai. Pengunjung hanya perlu membayar parkir kendaraan dan berbagai permainan yang ada di dalam area. Kebersihan taman selalu terjaga sehingga pengunjung diharapkan tidak mengotorinya.

Rute Menuju ke Taman Kebon Rojo

Rute Menuju ke Taman Kebon Rojo
Source : https://blitarkota.go.id/

Apabila pengunjung berangkat dari Alun-Alun Blitar maka akan menempuh jarak sekitar 1,5 km dalam waktu kurang lebih 5 menit. Lokasinya berada di pinggir jalan raya memudahkan pengunjung yang ingin datang ke taman ini. Ada petugas parkir yang akan membantu pengunjung menaruh kendaraan.

Banyak kendaraan yang bisa pengunjung gunakan mulai dari pribadi dan umum. Parkiran berada di luar mengelilingi Taman Kebon Rojo. Suasana asri cocok bagi keluarga dan teman untuk berkunjung ke sini menikmati pemandangan menyegarkan berupa taman hijau.

Di tengah taman terdapat kolam air mancur yang biasanya berfungsi sebagai tempat bermain mobil dan sepeda listrik. Pengunjung perlu menyewa permainan dengan harga cukup terjangkau. Begitu juga makanan yang ada di sekitar area taman relatif murah.

Apa Saja Aktivitas Selama di Taman Kebon Rojo?

Aktivitas di lokasi
Source : https://i.ytimg.com/

Taman Kebon Rojo memberikan suasana menyegarkan dengan banyaknya pohon hijau di sekelilingnya. Pengunjung bisa menikmati semua fasilitas yang tersedia. Ada banyak hal yang bisa dilakukan seperti memberi makan hewan dan piknik. Berikut beberapa kegiatan yang pengunjung lakukan di taman ini:

1. Piknik

Terdapat gazebo untuk bersantai atau piknik di beberapa titik kawasan taman. Pengunjung bisa membawa perbekalan bersama keluarga. Bisa juga memberi makan hewan yang ada di dalam taman seperti rusa dengan kangkung. Anak-anak akan senang bermain bersama temannya yang lain.

Biasanya Kebon Rojo menjadi tempat bagi sekolah PAUD, TK dan SD mengadakan suatu acara atau perlombaan seperti menggambar dan lain sebagainya. Ada berbagai permainan yang bisa pengunjung nikmati baik anak-anak atau orang dewasa.

2. Bersantai

Taman menjadi tempat yang bagus untuk bersantai menikmati kesegaran udara. Dengan pepohonan hijau memenuhi area ini sehingga memberikan ketenangan bagi siapa saja yang datang. Ada banyak gazebo dan kursi di bawah pohon yang membuat suasana menjadi rindang.

Tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menghabiskan waktu jika ingin sendiri. Berkunjung di Taman Kebon Rojo bisa menjadi pilihan. Kicauan burung dan taman bermain bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang. Waktu santai akan jauh terasa menyenangkan dengan berbagai permainan.

Baca juga : Wisata Pujasera Kebon Rojo, Lezatnya Berburu Kuliner Jombang

Demikian informasi seputar Taman Kebon Rojo yang bisa pengunjung datangi saat ingin bersantai bersama keluarga. Wisata ini sangat ramah bagi anak-anak untuk bermain. Ada banyak hal yang pengunjung bisa lakukan di tempat ini.

Bagikan: