Jombang, selain memiliki julukan sebagai Kota Santri nyatanya juga punya segudang destinasi wisata. Baik itu buatan maupun bernuansa alam yang sudah dikembangkan sedemikian rupa. Seperti Taman Ponggok Banjarsari yang berada di area persawahan.

Pesona Alam Taman Ponggok Banjarsari

Pesona Alam Taman Ponggok Banjarsari
Source : https://cdn.nativeindonesia.com/

Wisata alam Taman Ponggok bisa dibilang ramah untuk semua kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sekalipun akan terpukau dengan pemandangan di tempat ini. Tidak heran, taman Ponggok menjadi destinasi wisata paling populer yang ada di Jombang.

Seperti namanya, pengunjung akan disuguhkan dengan aneka bunga warna-warni yang tertata rapi. Mata menjadi segar menatap tumbuhan yang begitu indah. Tidak hanya tanaman hias, ladang penduduk pun seolah tidak mau ketinggalan menjadi latar belakang tempat tersebut.

Berlokasi di Desa Banjarsari, pengunjung bisa menikmati suasana asri khas pedesaan. Cocok sekali menjadi destinasi liburan keluarga di akhir pekan. Selain melihat puluhan bunga yang begitu cantik, ada berbagai kegiatan menarik yang bisa pengunjung lakukan di sini.

Daya Tarik Taman Ponggok Banjarsari

Daya Tarik Taman Ponggok Banjarsari
Source : https://3.bp.blogspot.com/

Bukan sekedar kabar burung kalau Taman Ponggok memang populer di kalangan wisatawan. Pemandangan alam yang indah, udara segar, dan masih banyak lagi. Daya tarik yang ia miliki tak segan menarik minat pengunjung yang mendambakan kedamaian.

1. Berenang di Kolam Renang Taman Ponggok

Ada kegiatan seru yang biasanya anak-anak sukai yaitu berenang. Nah, aktivitas tersebut juga bisa pengunjung lakukan di Taman Ponggok. Rasakan sensasi berenang di antara tanaman bunga yang berwarna-warni. Belum lagi pemandangan khas pedesaan yang begitu asri.

Lokasinya cukup strategis untuk menenangkan pikiran mengingat riuhnya jalan raya dan padatnya kendaraan. Berendam di air memang jadi aktivitas yang recommended. Apalagi jika melakukannya bersama keluarga.

2. Koleksi Bunga yang Berwarna Cerah

Seperti namanya, tanaman bunga memang mendominasi destinasi wisata ini. Sejauh mata memandang, Anda akan melihat gradasi warna yang indah. Mengingat bunga yang ditanam adalah jenis bunga Marigold atau Gumitir.

Di mana tanaman tersebut identik dengan warna kuning dan orange. Tentu saja view tersebut akan menjadi latar foto yang instagenik penghias sosial media. Bunga hias akan bermekaran dengan indahnya saat curah hujan stabil. Jadi pastikan Anda datang tepat waktu.

3. 200 Varietas Tanaman di Satu Lokasi

Perlu Anda ketahui bahwa selain spesies bunga Marigold, di Taman Ponggok sendiri kurang lebih ada 200 varietas tanaman. Selain itu, tidak hanya tanaman non pangan saja, tapi ada juga tanaman pangan. Seperti padi, jagung, kedelai, bunga Matahari, labu, dan lainnya.

Menjadi salah satu agrowisata terbaru, Taman Ponggok bertujuan sebagai sarana edukasi. Jadi, pengunjung bisa berwisata sambil belajar mengenai pertanian serta jenis tanaman pangan yang ada di sana. Seperti pepatah yang mengatakan sambil menyelam minum air.

4. Air Mancur Kolam Lele

Daya tarik lainnya dari Taman Ponggok adalah adanya kolam lele di bagian selatan. Di atas kolam juga terdapat geladak yang terbuat dari kayu untuk pengunjung mengamati banyaknya ikan di kolam tersebut. Bentuk bangunannya epik, seperti dermaga di tepi laut.

Untuk menambah kesan estetik, di bagian tengah kolam terdapat air mancur yang mengelilingi patung ikan lele. Pemandangan ini tentu unik dan cocok untuk penghias media sosial Anda. Jika merasa lapar pengunjung bisa mencicipi masakan di resto yang dekat dengan kolam.

5. Area Bermain Anak

Selain kolam renang di Taman Ponggok sudah tersedia area bermain untuk anak-anak. Itulah kenapa tempat ini cocok sebagai destinasi liburan keluarga. Untuk anak-anak bisa main di Playground, sedangkan orang dewasa menikmati pemandangan taman dari segala sudut.

Ada berbagai macam wahana main yang pastinya dapat melatih motorik anak. Salah satunya prosotan dengan beberapa macam ketinggian. Tentunya harus tetap dalam pengawasan orang tua ya.

6. Spot Foto Instagenik

Spot Foto Instagenik
Source : https://1.bp.blogspot.com/

Selama berada di lokasi wisata berfoto adalah kegiatan paling banyak dilakukan pengunjung. Ada banyak sekali spot yang mengedepankan estetika. Salah satunya adalah jalan setapak yang setiap sisinya terdapat bunga berwarna kuning.

Sedangkan di sisi seberang setelah jajaran bunga, ada ladang padi. Pemandangan ini membuat suasana menjadi semakin asri dan tentunya memanjakan mata. Taman Ponggok Banjarsari juga memiliki spot foto dengan payung warna-warni bergelantungan.

7. Gardu Pandang di Ketinggian

Bosan berkeliling lokasi taman dan ingin menikmati estetika dari sudut pandang yang lain? Tidak usah khawatir, Taman Ponggok dilengkapi dengan menara setinggi 3 meter sebagai gardu pandang untuk seluruh kenampakan bunga dan tanaman yang memukau.

Alamat dan Rute Taman Ponggok Banjarsari

Alamat dan Rute Taman Ponggok Banjarsari
Source : https://pinhome-blog-assets-public.s3.amazonaws.com/

Untuk Anda yang ingin menghabiskan liburan di tempat epik nan instagramable, bisa langsung ke Taman Ponggok. Alamatnya berada di desa Banjarsari, Bandar Kedung Mulyo, Jombang. Wisata menelisik alam Jombang yang akan memberikan sensasi segar untuk liburan Anda. Selain itu, perjalanan menutu lokasinya pun tidak banyak drama karena kondisi jalan bagus.

Apabila Anda memulai perjalanan dari pusat Kota Jombang tepatnya alun-alun. Perlu menempuh jarak sekitar 11 km menggunakan kendaraan pribadi. Untuk perjalanan lebih mudah Anda bisa menggunakan Google map di smartphone.

Setelah perjalanan panjang tersebut, sampailah di Taman Ponggok yang akhirnya lelahnya terbayar lunas. Untuk menempuh jarak tersebut hanya perlu waktu sekitar 20 menit saja.

Harga Tiket Masuk Taman Ponggok

Harga Tiket
Source : https://i.ytimg.com/

Guna proses perawatan yang optimal untuk berbagai tanaman yang ada di Taman Ponggok. Pihak pengelola memberlakukan HTM untuk pengunjung yang ingin masuk wilayah wisata. Apalagi dengan proses pengembangan yang tentunya membutuhkan biaya untuk agrowisata tersebut.

Harga tiket masuk untuk satu orang adalah Rp 5000. Namun jumlah tersebut belum termasuk spot gardu pandang menara dan parkir kendaraan. Bagi kendaraan roda dua akan dikenakan biaya Rp 3000. Sedangkan parkir mobil harus bayar Rp 5000.

Nah, khusus bagi yang ingin menikmati pemandangan Taman Ponggok dari menara dengan ketinggian 3 meter. Harus membayar biaya retribusi sebesar Rp 2000. Harga tersebut kiranya sepadan dengan berbagai spot untuk liburan menyenangkan.

Jam Buka Taman Ponggok Banjarsari

Jam Buka
Source : https://cdn.nativeindonesia.com/

Bunga warna-warni yang ada di Taman Ponggok saat cuaca sedang cerah. Itulah kenapa baiknya pengunjung datang saat cuaca cerah dan waktunya bunga bermekaran. Biasanya musim bunga Marigold terjadi saat curah hujan cukup tinggi.

Taman Ponggok buka mulai jam 07.00 sampai 19.00. Anda bisa datang di pagi atau sore hari. Sebab saat siang, tempat ini cenderung panas. Selain itu, pandangan juga menjadi silau sehingga tidak bisa maksimal menikmati indahnya bunga.

Selain jam buka yang lama, destinasi wisata ini menerima pengunjung setiap hari. Jumlahnya bisa membludak saat musim liburan tiba.

Itulah berbagai hal mengenai Taman Ponggok Banjarsari yang bisa jadi tujuan menghabiskan akhir pekan. Estimasi HTM bisa berubah-ubah sesuai ketentuan pengelola. Bagaimana, tertarik liburan keluarga edukatif?

Bagikan: