Tempat Healing dan Nongkrong Asik di Kediri Memorial Park

Libur akhir pekan yang akan tiba tentu membuat banyak pemuda kebingungan untuk menghabiskan waktu mereka karena ingin berlibur. Ternyata bagi sebagian besar anak muda di Kediri, mereka seringkali bermain, healing hingga nongkrong asik di Kediri Memorial Park.

Kediri Memorial Park Bikin Kediri Jauh Lebih Hijau

Kediri Memorial Park Bikin Kediri Jauh Lebih Hijau
Source : https://assets.pikiran-rakyat.com/

Bukan tanpa alasan apabila taman ini mengusung konsep pahlawan. Sesuai dengan namanya yakni Memorial Park, taman ini ternyata bisa membuat Anda mengingat para pahlawan di Kota Kediri. pengunjung di sini pun mungkin saja juga bisa merasakan betapa khidmatnya tema tersebut.

Taman Memorial Park berdiri diatas lahan seluas 2.350 meter persegi. Awalnya lahan ini tidak berguna dengan baik alias mangkrak. Sampai pada akhirnya Pemerintah Kota pun memiliki ide untuk memanfaatkan ruang kosong tersebut menjadi salah satu taman andalan di pusat kota Kediri.

Perancang desain taman tersebut secara langsung oleh Studio Teras Jakarta. mereka dengan sengaja mengusung konsep kepahlawanan. Sampai pada akhirnya, keindahan taman tersebut juga ikut berpadu dengan makna filosofi mengenai Kemerdekaan di Bangsa Indonesia.

Kediri Memorial Park untuk Kenang Jasa Pahlawan

Kediri Memorial Park untuk Kenang Jasa Pahlawan
Source : https://2.bp.blogspot.com/

Sesuai dengan namanya, Kediri Memorial Park memang bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan yang sedang gugur. Hal ini pun juga menyesuaikan lokasinya yakni tepat berada di Taman Makam Pahlawan. Langkah ini  merupakan rencana dari pemerintah kota khusus bagi warga lokal.

Secara lokasi, letaknya sangatlah representatif menghadap ke Taman Makam Pahlawan. Untuk itu, masyarakat yang berkunjung pun selain menikmati suasana di sekitar secara tidak langsung juga sekaligus mengingat pahlawan telah gugur di medan perang dan berani rela berkorban demi nusa bangsa.

Meski hanya lewat bangunan saja, pemerintah Kota Kediri patut mendapatkan apresiasi terhadap perjuangan yang telah mereka lakukan. Dari wujud bangunan ini, selain sebagai taman bersantai dan bermain, ternyata juga mengandung filosofi yang sangat besar yakni mengenang jasa perjuangan pahlawan.

Taman Memorial Park untuk Kopdar bagi Komunitas Muda

 Kopdar bagi Komunitas Muda
Source : https://i.ytimg.com/

Memorial Park Kediri hadir sebagai taman yang memiliki konsep kontemporer namun lebih modern. Lokasinya berada tepat depan di Taman Makam Pahlawan Kota Kediri. Berada di sebelah barat dari Stadion Brawijaya atau Jalan Pahlawan Kusuma Bangsa Kelurahan Banjaran Kediri.

Tidak hanya sebagai tempat bermain saja, tanaman ini ternyata unik juga bagi sekumpulan orang yang ingin melakukan kopi darat atau kopdar. Khususnya para komunitas muda yang berasal asli dari Kota Kediri atau luar daerah.

Selain Itu, taman ini juga seringkali jadi tujuan nongkrong bagi anak muda di malam hari. Hal ini karena desain tamannya terasa sangat nyaman apabila Anda berlama-lama di sana. Tidak heran jika di malam hari sekalipun masih banyak komunitas anak muda yang berkunjung ke sana.

Fasilitas Lampu Menawan di Taman Memorial Park

Fasilitas Lampu Menawan di Taman Memorial Park
Source : https://img.antaranews.com/

Bagi pengunjung yang sangat suka menikmati taman Memorial Park Kediri di malam hari, tentunya akan dimanjakan dengan berbagai tatanan lampu di sini. Sorot lampu yang mengenai air mancur pada kolam membuat merasa merasa betah lama-lama di sana.

Pembangunan taman ini sendiri memang sengaja guna menggambarkan perjuangan pahlawan dalam memeriahkan Kemerdekaan. Untuk itu, taman Memorial Park juga dianggap sebagai salah satu pengingat bagi warga Kediri atas jasa pahlawan yang sudah gugur.

Mereka yang mengunjungi Taman Memorial Park Kediri pun sebenarnya bisa kapan saja. hal ini karena pihak pengelola memang membuka jam operasional selama 24 jam. Anda dapat datang kapanpun tanpa harus takut tutup atau tidak dapat didatangi karena berbagai alasan.

Manfaat Kediri Memorial Park untuk Warga Kediri

Manfaat untuk Warga Kediri
Source : https://jatim.kabardaerah.com/

Tidak hanya sebagai taman untuk mengenang jasa pahlawan saja, ternyata keberadaan Memorial Park ini juga memiliki beberapa fungsi utama lainnya khususnya bermanfaat bagi lingkungan. Berikut diantaranya karena sudah banyak warga kota Kediri telah merasakannya.

1. Ruang Terbuka Hijau dengan Fungsi Ekologis

Sebagai salah satu paru-paru kota, tanaman hijau yang adai di Kediri Memorial Park pun memiliki fungsi ekologis. Pepohonan di sini mampu menyerap kadar karbondioksida sehingga dapat menambah kadar oksigen. Untuk itu, hal ini menjadi alasan mengapa orang-orang di sekitar akan selalu merasa segar.

Mengingat bahwa di sekitar Kediri Memorial Park juga memiliki banyak sekali pohon yang teduh dan rindang. Pepohonan seperti ini mampu meredam kebisingan akibat banyaknya kendaraan berlalu lalang di Jalan Pahlawan Kusuma Bangsa tepat di depannya.

2. Ruang Terbuka Hijau sebagai Lokasi Warga Kediri Silaturahmi

Meskipun bukan berdiri sebagai tempat wisata alam namun sebenarnya ada banyak warga lokal di Kediri yang menjadikannya tempat wisata secara sederhana. Tidak sedikit diantara mereka akhirnya saling mengenal satu sama lain karena tidak sengaja bertemu di sini.

Anak-anak juga seringkali mendapatkan ruang untuk bermain di sini sehingga mereka juga tidak terlalu banyak menghabiskan waktu di depan gadget dan TV. Warga lokal bisa berjalan kaki, bersantai, berolahraga, menyantap makanan dan kegiatan lainnya bersama orang-orang asli Kediri juga.

3. Ruang Terbuka Hijau dengan Fungsi Estetis

Ruang Terbuka Hijau dengan Fungsi Estetis
Source : https://polreskedirikota.com/

Tidak melupakan fungsi keindahannya, tentu sebagai warga asli Kediri menyadari perbedaan mendasar dari sebelum dan sesudah adanya Kediri Memorial Park. Saat ini Jalan Pahlawan Kusuma Bangsa terlihat lebih indah dan tertata setelah berdirinya taman hijau tersebut di depan TMP.

Adanya ruang terbuka hijau ini ternyata mampu memperindah permukiman, sekolah dan perkantoran. Mengingat bahwa Jalan Pahlawan Kusuma Bangsa menjadi jalan utama bagi banyak orang untuk mengawali paginya mulai dari mengantarkan anak sekolah hingga pergi berangkat ke kantor.

4. Ruang Terbuka Hijau dengan Fungsi Pendidikan

Ruang terbuka hijau satu ini ternyata juga memiliki fungsi sebagai sarana belajar khususnya bagi anak-anak. Orang tua dapat memberikan pelajaran kepada sang buah hati mengenai pentingnya menjaga kelestarian di lingkungan sekitar.

Apabila mereka sudah memahami dan mampu menerapkannya sejak dini, tentu saja akan terbawa sampai tumbuh dewasa. Untuk itu jangan ragu mengajak anak-anak pergi ke Kediri Memorial Park agar bisa mengajarkan berbagai hal.

5. Ruang Terbuka Hijau sekaligus Mengingat Jasa Pahlawan

Telah dibahas dalam beberapa kali penjelasan bahwa Kediri Memorial Park ini memang memiliki tujuan pembangunan utama berupa mengenang jasa pahlawan. Dengan bangunan berkonsep modern tersebut, nyatanya akan membawa pengunjung flashback ke masa lalu.

Mereka bisa mengenang jasa pahlawan karena lokasinya yang sangat tepat berada di depan Taman Makam Pahlawan. Selain itu tujuan dari pembangunan taman ini memang hendak memeriahkan momen Kemerdekaan Indonesia.

Kediri Memorial Park sebagai salah satu taman hijau yang ada di Kediri. ukurannya besar dan luas ternyata memiliki tujuan utama bagi para pengunjung yakni mampu mengenang jasa para pahlawan di masa kemerdekaan.

Tinggalkan komentar