30 Pilihan Tempat Wisata di Bondowoso Yang Hits Abis!

Tempat Wisata di Bondowoso – Apabila Anda berencana datang ke Bondowoso dalam waktu dekat ini, Anda wajib mencoba berbagai macam tempat wisata di Bondowoso. Bondowoso dikenal sebagai salah satu kota di Jawa Timur yang kaya dengan wisata serunya.

Meskipun destinasi wisata di kota ini tidak memiliki objek wisata pantai, namun Anda jangan khawatir. Kawasan wisata yang Bondowoso suguhkan meliputi tempat wisata alam berupa pegunungan dan air terjun yang akan membuat pengunjung merasakan sejuknya alam.

Deretan Tempat Wisata di Bondowoso yang Wajib Anda Coba

tempat wisata di bondowoso
tempat wisata di bondowoso

1. Kawah Ijen Bondowoso

Wisata Bondowoso yang satu ini merupakan objek wisata paling populer yang ada di kota ini. Destinasi wisata ini menyuguhkan keindahan yang menawan berupa kawah gunung Ijen yang hingga kini masih aktif.

Lokasinya berada di Kecamatan Ijen, Bondowoso, tepatnya di Desa Kalianyar. Jika kondisinya normal, Kawah Ijen bisa Anda kunjungi kapanpun selama 24 jam. Untuk biaya masuknya sebesar Rp5000 pada hari kerja, dan Rp7.500 untuk akhir pekan.

2. Kawah Wurung

Kawah ini menjadi salah satu dari tempat wisata di Bondowoso yang jaraknya tidak jauh dari kawasan Kawah Ijen. Daya tarik utama dari objek wisata ini berupa kawah alam pegunungan dengan rerumputan hijau serta bunga yang mendominasi.

  • Cek : Kumpulan Informasi Wisata Terindah dan sangat rekomen

Kawah Wurung berlokasi di Desa Kalianyar, Kabupaten Bondowoso. Anda dapat mengunjungi tempat wisata ini kapan saja dengan membeli tiket masuk yang sangat murah, sebesar Rp3000 saja.

3. Kawah Ilalang

Anda wajib mengunjungi tempat wisata instagramable di Bondowoso yang satu ini. Objek wisata ini menyuguhkan pemandangan berupa kawah yang dipenuhi ilalang. Dari jarak jauh, lokasi ini terlihat seperti hamparan permadani berwarna putih dan hijau.

Tempatnya berada di Kalianyar, Kabupaten Bondowoso. Destinasi wisata ini bisa Anda kunjungi kapanpun selama 24 jam. Anda cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp5000 untuk membeli tiket masuknya.

4. Air Terjun Tancak Kembar Pakem

Kawasan ini bisa Anda jadikan sebagai tujuan wisata keluarga Bondowoso saat akhir pekan atau hari libur. Sesuai namanya, Air Terjun Tancak Kembar terbagi menjadi dua aliran dengan ukuran yang hampir sama. Tingginya mencapai 50 meter dan 77 meter.

Air terjun ini berlokasi di Desa Andongsari, Kecamatan Pakem. Jika Anda tertarik mengunjunginya, tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore. Untuk biaya tiketnya sebesar Rp5000 per orang.

5. Bukit Mahadewa

 

Bukit Mahadewa
https://www.instagram.com/febe_linda_/

Apabila Anda sedang mencari tempat wisata bondowoso terbaru, Anda bisa datang ke Bukit Mahadewa, karena tempat wisata ini terbilang cukup baru. Anda bisa menyaksikan keindahan alam seperti pegunungan Bondowoso dari atas bukit.

Objek wisata ini bertempat di Kecamatan Curahdami, Kabupaten Bondowoso, tepatnya di Desa Kupang. Anda hanya perlu membayar harga tiket sebesar Rp3000 untuk satu orangnya.

6. Batu Susun Solor

Jika Anda penasaran dengan wisata stonehenge di Inggris namun terkendala biaya, tidak perlu khawatir. Salah satu tempat wisata di Bondowoso juga memiliki objek wisata yang mirip dengan stonehenge. Batu susun solor berupa bebatuan besar yang seolah disusun.

Jika Anda tertarik, lokasi wisata ini ada di Tenggina, Solor, Kabupaten Bondowoso. Untuk jam operasionalnya, tempat ini dibuka setiap hari mulai pukul 6 pagi hingga 5 sore dengan biaya tiket sebesar Rp5000 per orang.

7. Gunung Raung

Anda menyukai kegiatan tracking? Wisata Bondowoso yang satu ini sepertinya cocok untuk dicoba. Anda bisa menyalurkan kegemaran tracking Anda sambil menikmati indahnya pegunungan.

Tempatnya berada di antara tiga kabupaten yakni Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Jember. Anda bisa mendakinya kapan saja selama statusnya masih aman. Untuk harga tiketnya menyesuaikan pilihan paket yang tersedia.

8. Puncak P28 Bondowoso

Destinasi wisata ini berada di ketinggian 1674 meter di atas permukaan laut. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti bersantai atau mengambil foto di beberapa ornamen yang disediakan.

Lokasi wisata ini ada di Dusun Patirana, Desa Wonosari, Kabupaten Bondowoso. Puncak P28 Bondowoso dibuka setiap hari mulai pagi hingga sore. Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp5000 untuk satu tiketnya.

9. Puncak Scorpio Wringin Bondowoso

Kawasan wisata ini diklaim sebagai salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan alam pegunungan di Bondowoso. Jika cerah, Anda bisa menikmati deretan gunung yang mengelilingi Kota Bondowoso.

  •  Baca Juga : Tempat wisata di Kabupaten Probolinggo

Berlokasi di Wringin, Bondowoso, tepatnya di Desa Sumber Canting, kawasan wisata ini bisa Anda kunjungi dengan menebus tiket sebesar Rp3000 saja per orang.

10. Air Terjun Pulo Agung Bondowoso

 

Air Terjun Pulo Agung Bondowoso
https://www.instagram.com/bondowoso_explore/

Air terjun ini mempunyai aliran air yang segar dan jernih. Selain itu, kondisi alamnya yang masih terjaga membuat kawasan wisata ini sangat nyaman untuk bersantai menikmati sejuknya alam.

Lokasinya berada 40 kilometer dari pusat Kota Bondowoso. Tempatnya berada di Desa Sukorejo, Sumber Wringin, Kabupaten Bondowoso. Apabila Anda menyukai petualangan, destinasi wisata ini sangat pas untuk Anda coba.

11. Air Terjun Blawan Bondowoso

Tempat wisata di Bondowoso berikutnya yang bisa Anda coba adalah Air Terjun Blawan. Selain memiliki air terjun yang menawan, kawasan wisata ini juga mempunyai fasilitas yang lengkap. Air terjun ini menjadi destinasi wisata favorit keluarga.

Air terjun ini berada di Desa Kalianyar, Sempol, Bondowoso. Jam operasionalnya mulai pukul 5 pagi sampai 6 sore. Anda bisa mengunjungi tempat ini setiap hari dengan harga tiket pada hari kerja Rp3000 dan pada akhir pekan Rp5000.

12. Air Terjun Gentongan

Bondowoso memang terkenal memiliki banyak air terjun, salah satunya yaitu Air Terjun Gentongan. Selain memiliki pemandangan alam yang sejuk, tempat wisata instagramable di Bondowoso ini juga sangat eksotis dengan tebing karst nya.

Jika Anda berminat, lokasinya berada di Kalianyar, Sempol, Bondowoso. Untuk biaya tiket masuknya sebesar Rp5000 per orang dan belum termasuk parkir. Tempat wisata ini dibuka setiap hari sejak pukul 8 pagi hingga 6 sore.

13. Air Terjun Belerang

Tempat wisata ini mempunyai daya tariknya sendiri. Sesuai namanya, aliran air di kawasan ini mengandung belerang dengan bentuk air terjunnya bertingkat. Kebanyakan pengunjung akan mandi di aliran air ini karena diklaim bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Untuk Anda yang berminat, objek wisata ini berada di Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso. Anda bisa datang kapan saja selama 24 jam. Menariknya, Anda tidak perlu membayar tiket masuk karena destinasi ini gratis.

14. Situs Megalitikum Bondowoso

Jika Anda pecinta situs sejarah, Anda bisa mengunjungi lokasi ini sekaligus untuk berwisata. Di sini Anda akan menyaksikan secara langsung berbagai macam dolmen dan sarkofagus peninggalan zaman batu.

Kawasan wisata ini berada di Gliseran, Wringin, Bondowoso. Situs Megalitikum Bondowoso dibuka setiap hari dari jam 7 hingga 4 sore. Untuk Anda yang ingin mengunjungi lokasi ini, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun karena tempat ini gratis.

15. Tasnan Forest

 

Tasnan Forest
https://www.instagram.com/eryebe/

Tasnan Forest menjadi tempat wisata di Bondowoso berikutnya jika Anda berkunjung ke kota di Jawa Timur ini. Hutan pinus tasnan ini bisa Anda jadikan sebagai tujuan wisata sekaligus tempat ber swafoto. Dilengkapi dengan ayunan kayu, lampion, dan banyak lagi.

Tempatnya ada di Desa Taman, Grujugan, Bondowoso. Tempat wisata murah ini bisa Anda coba dengan biaya Rp5000 saja per orang. Objek wisata ini dibuka setiap hari mulai jam 8 pagi sampai 4 sore.

16. Pemandian Tasnan Bondowoso

Tempat ini bisa Anda jadikan sebagai tujuan wisata keluarga Bondowoso. Ada berbagai macam aktivitas yang bisa dilakukan di sini seperti bermain air, berenang, bersantai, mengambil foto dan masih banyak lagi.

Berada di Desa Taman, Kecamatan Grujugan, Bondowoso, kawasan wisata ini bisa Anda masuki dengan harga tiket sebesar Rp10.000 per orang. Untuk jam operasionalnya dibuka setiap hari dari jam 8 pagi sampai 4 sore.

17. Perkebunan Kopi Arabika Kalisat Jampit

Salah satu objek wisata yang ada di Kota Bondowoso adalah Perkebunan Kopi Arabika. Luas kebun kopi ini sekitar 4000 hektar yang berada di ketinggian 900 mdpl. Di sini Anda bisa melihat proses menanam, memetik, dan pengolahan kopi secara langsung.

Anda juga bisa mencicipi secara langsung kopi Arabika di komplek perkebunan ini. Lokasinya berada di PTP Nusantara VII Kalista Jampit. Bagi Anda pecinta kopi, destinasi wisata ini sangat cocok dijadikan tujuan ketika Anda berkunjung ke Kota Bondowoso.

18. Bendungan Sampean Baru

Bendungan yang satu ini berbeda dengan bendungan lainnya karena memiliki tampilan serta arsitektur yang unik. Di bagian bawah atau belakang bendungan ini terdapat ratusan batu yang menyerupai tumpukan nisan.

Lokasi Bendungan ini berada di Dusun Tapen, Desa Pandak, Klabang, Bondowoso. Wisata ini bisa Anda kunjungi kapan saja secara gratis karena berstatus fasilitas publik. Pagi dan sore hari adalah waktu terbaik untuk mengunjunginya.

19. Alun-Alun Bondowoso

Alun-alun ini bisa Anda jadikan sebagai wisata keluarga Bondowoso karena menjadi salah satu tempat yang sangat populer di kota ini. Selain memiliki banyak kegiatan wisata menarik, di sini juga Anda bisa berwisata kuliner khas Bondowoso.

Jika Anda tertarik untuk berwisata di sini. tempatnya ada di Jl. Jaksa Agung, Kotakulon, Bondowoso. Anda bisa mengunjungi tempat ini kapanpun tanpa perlu membayar biaya tiket alias gratis.

20. Museum Kereta Api Bondowoso

Bagi Anda yang menyukai wisata museum, tempat ini patut dipertimbangkan selama Anda mengunjungi Bondowoso. Di museum ini Anda bisa belajar tentang sejarah kereta api di pulau Jawa semenjak zaman kolonial Belanda.

Tempat wisata ini ada di Kademangan, Bondowoso. Pada hari normal, objek wisata ini dibuka mulai dari pagi hingga sore hari. Menariknya, Anda tidak perlu merogoh kocek untuk bisa mengunjunginya karena wisata ini gratis.

21. Taman Bunga Villa Afdeling Jampit

Daya tarik utama yang dimiliki tempat wisata ini adalah taman bunga yang memiliki bangunan villa dengan mengadopsi gaya arsitektur indis. Lokasinya yang berada di dataran tinggi membuat wisata ini terasa sejuk.

Bagi Anda yang penasaran, kawasan wisata ini berlokasi di Jampit, Sempol, Bondowoso. Anda bisa mengunjungi tempat ini kapan saja. Khusus untuk memesan villa, Anda perlu merogoh kocek kurang lebih sebesar Rp2.000.000.

22. Kebun Stroberi Afdeling Jampit

Kebun Stroberi Afdeling Jampit
https://www.instagram.com/nugrostory/

Kebun buah ini milik PTPN XII yang berfungsi bukan hanya sebagai kebun produksi, tetapi juga agrowisata. Kawasan wisata ini sering dijadikan sebagai kunjungan instansi pendidikan. Anda bisa menyaksikan proses penanaman serta panen stroberi secara langsung.

Kebun ini berlokasi di Sempol, Kabupaten Bondowoso, tepatnya di Desa Jampit. Untuk jam operasionalnya dimulai dari pagi sampai malam dengan biaya tiket sebesar Rp6000 hingga Rp10.000. saja.

23. Pemandangan Arak-Arak Bondowoso

Pemandangan Arak-Arak termasuk tempat wisata bondowoso terbaru yang cukup hits. Selain menawarkan indahnya panorama perbukitan yang asri, Anda juga bisa melepas penat dan hunting foto di tempat ini.

Tempatnya berada di Desa Sumber Cating, Wringin, Bondowoso. Anda bisa mendatangi tempat ini setiap hari mulai pagi sampai sore hari. Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau, hanya sebesar Rp3000 per orang.

24. Taman Galuh Bondowoso

Kawasan wisata yang satu ini akan membuat pengunjungnya terpikat karena memiliki pemandangan yang indah dengan hamparan bunga yang dikelilingi oleh alam pegunungan. Anda juga bisa berburu foto di sini karena tampilannya yang instagramable.

Tempat Taman Galuh ini ada di Sumber Rejo, Kecamatan Ijen, Bondowoso. Anda bisa datang ke objek wisata ini kapan saja tanpa perlu membayar harga tiket alis gratis.

25. Air Terjun Niagara Mini

Jika Kanada mempunyai Air Terjun Niagara yang terkenal di dunia, Bondowoso juga memiliki air terjun mini ini bisa dijadikan sebagai spot foto yang kece. Disini juga terdapat jembatan yang bisa membuat pengunjung lebih dekat dengan sumber air terjun.

Lokasi Air Terjun ini ada di Kalianyar, Sempol, Bondowoso. Jam operasional kawasan wisata ini setiap hari selama 24 jam. Anda hanya perlu membayar biaya tiket masuk sebesar Rp5000 per orang.

26. Bukit Jabal Kirmit Ala Selandia Baru

Tempat wisata di Bondowoso yang tidak kalah menariknya adalah Bukit Jabal yang mirip wisata alam di Selandia Baru. Bukit ini mempunyai pemandangan indah yang menakjubkan seperti hamparan permadani hijau yang ditumbuhi banyak bunga.

Tempatnya berada di Bukit Jabal Kirmit, Desa Jampit, Ijen, Bondowoso. Bukit ini bisa Anda kunjungi setiap hari dengan estimasi harga tiket sekitar Rp3000 atau lebih.

27. Spot Foto Kece “Pohon Pelangi” di Hutan Bogor

Meskipun namanya hutan Bogor, namun destinasi wisata ini bukan di daerah Bogor. Di tempat ini, Anda akan menemukan pohon pelangi dengan bentuk serta warna unik yang beragam. Wisata yang satu ini sangat instagramable dan tentunya menarik.

Lokasinya ada di Desa Sumberwringin, Bondowoso. Tempat ini bisa dikunjungi setiap hari mulai dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore dengan harga tiket sebesar Rp3000 saja per orang.

28. Bukit Apetleppet si Bukit Berlapis

Bukit ini sesuai dengan namanya yang memiliki tampilan berlapis-lapis. Anda akan mendapatkan pemandangan hijau yang sejuk dan menenangkan. Selain itu, udaranya yang segar sangat cocok bagi Anda untuk melepas penat.

Objek wisata ini ada di Desa Kalianyar, Ijen, Bondowoso. Untuk jam operasionalnya, destinasi wisata ini dibuka setiap hari dengan biaya tiket sebesar Rp0 alias gratis.

29. Bosamba Rafting

 

Bosamba Rafting
https://www.instagram.com/febe_linda_/

Jika Anda menyukai wisata yang menguji adrenalin, wisata yang satu ini sangat cocok untuk dicoba. Anda bisa melakukan aktivitas arung jeram Bosamba Rafting untuk mengexplore alam Bondowoso.

Berlokasi di Jl. Ahmad Yani, Lumbung, Badean, Bondowoso. Bosamba Rafting buka setiap hari mulai jam 8 pagi sampai 4 sore. Untuk harga Rafting umum sebesar Rp175.000 per orang. Dan untuk harga pelajar Rp150.000 per orang.

30. Gunung Piramid

Puncak Gunung Piramid menjadi salah satu objek wisata yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Namun, untuk bisa mengunjungi destinasi ini, dibutuhkan nyali yang tinggi karena jalur pendakiannya cukup ekstrim.

Lokasi wisata ini ada di Renggano, Curahpoh, Curahdami, Bondowoso. Harga tiket masuknya sebesar Rp25.000 per orang dan belum termasuk biaya parkir. Objek wisata ini dibuka selama 24 jam setiap hari.

Ada banyak pilihan destinasi tempat wisata di Bondowoso yang bisa Anda coba. Semoga informasi di atas dari VisitPare.com mengenai pilihan destinasi wisata Bondowoso ini dapat membantu perjalanan liburan Anda bersama keluarga.

Rate this post

Tinggalkan komentar