31 Tempat Wisata di Kabupaten Kediri Rekomendasi Terbaru

Tempat Wisata di Kabupaten Kediri – Provinsi Jawa Timur memiliki satu kota yang banyak diisi industri dan pesantren, namun terdapat pula potensi destinasi rekreasi di sana. Tempat Wisata di Kabupaten Kediri nyatanya ada beragam, mulai dari pemandangan alam, sejarah, family friendly, ekstrem, edukasi, religi, hingga wisata kuliner.

Rekomendasi Tempat Wisata di Kediri

Tempat Wisata di Kediri
Tempat Wisata di Kabupaten Kediri

Kediri, dengan wilayah kota dan kabupatennya, menyediakan lokasi-lokasi wisata yang tidak kalah beragam bagi Anda warga Kediri dan sekitarnya.

Bacaan Lainnya

1. Agrowisata Istana Jambu

Istana Jambu merupakan destinasi rekreasi keluarga berupa agrowisata yang menarik untuk Anda kunjungi, saat liburan akhir pekan maupun libur panjang. Sebagai objek wisata Kediri untuk anak-anak, Istana Jambu menghadirkan pemandangan cantik dari hamparan kebun jambu.

Selengkapnya >> 114 Tempat Wisata Jawa Timur di 38 Kota dan Kabupaten

Tempat wisata di Kabupaten Kediri yang lagi hits ini memiliki perkebunan dengan jenis buah berupa jambu kristal. Anda bisa sekaligus mengedukasi putra dan putri Anda sekeluarga sambil mengisi waktu liburan. Bagi pecinta fotografi atau sekadar ingin hangout, ada banyak spot juga yang dapat Anda abadikan di sini.

  • Fasilitas: Wahana bermain anak-anak, foodcourt, dan gazebo untuk nongkrong maupun istirahat
  • Letak: Jl. Raya Kediri-Nganjuk No.108, Sonorejo, Grogol, Kab. Kediri, Jawa Timur

2. Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo bukanlah nama yang asing bagi masyarakat Kediri pecinta wisata. Popularitas air terjun kebanggaan Kediri ini didukung oleh pesona keindahannya yang menjulang setinggi 125 meter. Suasana alam di sekitarnya pun begitu sejuk dan terjaga kelestariannya.

Tempat wisata di Kabupaten Kediri yang wajib dikunjungi ini bukan hanya menyuguhkan panorama air terjun dengan dinginnya air di sana, namun Anda juga bisa berenang. Anda pun dapat melakukan banyak aktivitas lain, karena ada berbagai fasilitas yang disediakan.

  • Fasilitas: Area jogging dan hiking, berburu kuliner khas Kediri, lahan camping, taman bermain, serta area berkebun
  • Letak: Dsn. Besuki, Ds. Jugo, Kec. Mojo, Hutan, Blimbing, Kediri, Jawa Timur, atau sekitar 25 km perjalanan dari pusat kota.
  • Buka: Mulai dari jam 6 pagi sampai pukul 17:30
  • HTM: Rp.3.000 per orang

3. Air Terjun Irenggolo

Air Terjun Irenggolo
https://www.instagram.com/info_seputar_kediri/

Kediri bukan hanya memiliki satu air terjun. Irenggolo pun terkenal memiliki keindahannya sendiri. Pengunjung berbondong-bondong meramaikan Tempat wisata di Kabupaten Kediri yang murah meriah ini di setiap kesempatan liburan.

Air Terjun Irenggolo memiliki daya tariknya sendiri dengan butiran halus di setiap aliran airnya. Jatuh ke kulit Anda sejak menginjakkan kaki di sana. Pepohonan di sekitarnya pun masih asri. Namun Anda mesti ingat, untuk menjaga kebersihan aliran air terjun dan sekitarnya agar tidak mencemari keindahan di sana.

  • Fasilitas: Area olahraga berupa jogging track, toilet dan kamar mandi, area parkir, musholla, kolam renang, hingga lahan camping untuk para calon pengantin.
  • Letak: Jln. Besuki, Sambiroto Lor, Jugo, Mojo, Kab. Kediri, Jawa Timur
  • Buka: Mulai dari jam 6 pagi sampai pukul 17:30
  • HTM: Rp.3.000 per orang

4. Bukit Dhoho Indah (BDI)

Kawasan di dataran tinggi perbukitan kabupaten ini telah menjadi Tempat wisata di Kabupaten Kediri yang favorit untuk rekreasi keluarga, kerabat, maupun rekan kerja. Bukan hanya bernuansa alam dan harga tiket masuknya yang murah meriah, BDI pun berisi berbagai wahana bermain anak-anak serta area hammock.

  • Fasilitas: Wahana bermain anak-anak, anak muda, hingga orang tua; serta kolam pemancingan
  • Letak: Ds. Tiron, Kec. Banyakan, Kab. Kediri, Jawa Timur

5. Bukit Gandrung Tanggulasi Medowo

Salah satu perbukitan sebagai tempat wisata Kediri terbaru 2022 ke belakang yang lagi hits ini cocok untuk Anda yang menggandrungi fotografi. Konsep Tempat wisata di Kabupaten Kediri ini adalah memaksimalkan berbagai pilihan bentuk titik foto kekinian berlatarkan asrinya panorama alam. Setidaknya disediakan lima spot.

  • Fasilitas: Lokasi foto yang terdiri dari gazebo tengah hutan, rumah hobbit, sepeda gantung, batang pohon raksasa, dan gardu pandang.
  • Letak: Ds. Medowo, Kec. Kandangan, Kab. Kediri
  • Buka: Senin sampai Jumat selama 24 jam

6. Bukit Kura-Kura Ongakan

Keindahan panorama alam yang ditawarkan oleh kawasan perbukitan tempat wisata di Kabupaten Kediri ini adalah pemandangan bak melihat punggung-punggung kura-kura. Warna hijau dari berbagai dedaunan pohon yang menutupi punggung raksasa tersebut juga menambah keeksotisan tempat ini. Apalagi dengan suasana sejuknya.

  • Letak: Area hutan di Besowo, Kepung, Kab. Kediri, Jawa Timur
  • Buka: Mulai dari jam 6 pagi sampai 5 sore
  • HTM: Rp.5.000/orang, lalu Rp.3.000 untuk parkir kendaraan, dan Rp.2.500 untuk Selfie Deck di spot Pohon Cinta.

7. Candi Surawana

Candi Surawana
https://www.instagram.com/vikry_viko/

Tempat wisata di Kabupaten Kediri tidak ketinggalan pula ada yang berupa percandian. Destinasi wisata edukasi sejarah ini telah ada sejak abad ke-14 Masehi. Peninggalan dari peradaban Hindu tersebut dapat dikunjungi saat Anda tengah berada di Kampung Inggris Pare, karena jaraknya yang dekat.

  • Letak: Canggu, Badas, Kab. Kediri, Jawa Timur
  • Buka: Selama 24 jam

8. Candi Tegowangi

Selain Candi Surawana, adapula Candi Tegowangi. Tempat wisata di Pare Kediri ini juga dapat sekaligus Anda kunjungi setelah Candi Surawana, karena jaraknya dekat. Kendati arsitektur bangunannya sudah tidak utuh, namun Anda tetap bisa merasakan nuansa peradaban masa lalu yang tertinggal di sana.

  • Letak: Candirejo, Tegowangi, Plemahan, Kab. Kediri, dengan jarak perjalanan 15 menit dari Kampung Inggris Pare
  • Buka: 24 jam

9. Hutan Pinus Kediri

Merupakan destinasi wisata terbaik di Kabupaten Kediri dimana para pengunjungnya bisa menawarkan pengalaman untuk menikmati hutan pinus baru. Saat berkunjung ke lokasinya Anda bisa menikmati suasana berlibur di hutan pinus yang masih baru.

Baik itu untuk sekedar bersantai ataupun menikmati kopi di kafe sekitarnya. Tentunya sangat cocok jika ingin berlibur dengan suasana asri dan teduh agar bisa melepas penat dan bersantai. Lokasinya sendiri sudah sangat populer di kalangan anak-anak muda setempat.

Terlebih sudah ada beberapa lokasi spot foto menarik sehingga bisa jadi tempat untuk mengabadikan momen selama liburan di tempat ini. Biaya tiket masuknya sendiri sangat terjangkau sehingga tidak perlu ragu berkunjung.

Jika ingin menikmati wisata kulinernya, Anda juga tidak perlu khawatir akan menghabiskan banyak uang. Pasalnya, harga menu-menunya pun tidak terlalu mahal. Adapun lokasinya berada di Tunggal Sunnah, Selopanggung, Semen, Kabupaten Kediri.

  • Letak: Tunggul Sunnah, Selopanggung, Semen, Kab. Kediri, Jatim
  • Jam operasional: setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 5.000 per orang

10. Pasar Jajan Sor Pring

Tempat wisata di Kabupaten Kediri juga ada yang bisa memuaskan hasrat para pecinta kudapan ringan, terutama jajanan pasar masa lampau. Desa wisata kuliner ini bernama Pasar Jajan Ndeso Sor Pring. Keunikan yang bukan hanya berasal dari jualannya, tetapi juga dari lokasinya.

Anda dapat dengan mudah merasakan suasana keramaian khas pasar tradisional masa lampau yang berdiri di tengah hutan di Sor Pring. Lapak-lapak penjual terbuat dari bambu. Jajanan tradisional yang dijual antara lain dawet, papeda, jamu, sego pecel, aneka kerupuk, es jeruk, dan kopi.

  • Fasilitas: Bangku bambu, pondok gazebo, iringan lagu-lagu daerah, alat permainan egrang
  • Letak: Desa Ngadi, Mojo, Kab. Kediri
  • Buka: Setiap Minggu mulai jam 8 pagi sampai 2 siang

11. Gereja Puhsarang

Kediri juga menawarkan wisata religi, lengkap dengan pesona dari arsitektur dan kisah-kisah di baliknya. Seperti Gereja Puhsarang yang dibangun pada tahun 1936 oleh Romo Jan Waolters serta Henri Mclaine Pont di Desa Pohsarang. Keduanya memadukan arsitektur Jawa dengan simbol-simbol Katekese Katolik.

  • Letak: Jalan Raya Puhsarang, Ds. Puhsarang, Kec. Semen, Kab. Kediri, Jawa Timur
  • Buka: 24 jam

12. Sumber Sirah Kediri

Merupakan destinasi wisata air dengan nama Sumber Sirah. Untuk air di dalam kolamnya sendiri berasal dari daerah pegunungan langsung. Dengan begitu, para pengunjung akan sangat puas menikmati kejernihan dan kebersihan airnya.

Tidak heran jika sampai saat ini pun masih menjadi pilihan masyarakat setempat maupun wisatawan luar kota untuk bermain air ataupun berenang di sekitarnya. Terlebih, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti snorkeling tanpa perlu lagi ke laut.

Jika Anda tidak bisa berenang, maka tidak perlu khawatir. Cukup manfaatkan saja penyewaan pelampung yang sudah tersedia. Hanya dengan membayar biaya sekitar Rp 5.000 pengunjung sudah bisa bermain air sepuasnya seperti berenang hingga mengambang di atas air memakai ban.

  • Letak: Desa Sukorejo, Kerkep, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, Jawa Timur
  • Buka: mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB
  • HTM: Rp 10. 000 per orang

13. Gumul Paradise Island

Tempat wisata di Kabupaten Kediri yang family friendly ini masih dapat dikatakan terbaru untuk target pengunjungnya. Gumul Paradise Island menjadi destinasi yang wajib dikunjungi bila Anda berniat menghabiskan masa-masa liburan bersama anak, keluarga, maupun sanak saudara.

  • Fasilitas: Wahana slide tubuh, slide kecepatan, bumerang, cetakan luar ruangan, flying fox, kolam tumpah, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • Letak: Kawasan Simpang Lima Gumul, Ds. Tugurejo, Gampengrejo, Kabupaten Kediri
  • Buka: Setiap hari dari jam 8 pagi sampai 6 petang
  • HTM: Rp.35.000 per orang

14. Gunung Klotok

Gunung yang terdiri dari barisan perbukitan ini begitu populer di kalangan anak muda Kediri. Area di pinggiran jalan beraspal di sepanjang kaki gunung dipenuhi warung-warung yang biasa digunakan untuk tempat nongkrong mereka. Anda dapat menyaksikan pemandangan Kediri dari ketinggian di sini.

Gunung dengan tinggi 536 mdpl ini sebetulnya juga memiliki jalur untuk didaki hingga ke salah satu puncaknya. Kendati bukan jalur pendakian resmi dengan basecamp sebagai pusatnya, karena dibuka oleh warga lokal dan lebih sering dipakai untuk keperluan latihan tentara.

  • Fasilitas: Area camping, serta berada di dekat Gua Selomangleng dan Gunung Maskumambang.
  • Letak: Area hutan di Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur
  • Buka: 24 jam

15. Candi Tegowangi

Termasuk salah satu destinasi wisata bersejarah di Kabupaten Kediri yang bisa Anda kunjungi. Terutama apabila sudah berada di Kampung Inggris Pare. Nantinya, pengunjung dapat memakai sepeda bersama di pagi hari agar bisa datang langsung ke area candinya.

Untuk aristekturnya sendiri tidak selengkap dan semegah Candi Borobudur. Akan tetapi, tentu tetap memiliki daya tarik tersendiri. Sekelilingnya berupa pepohonan rindang sehingga sangat cocok jika ingin bersantai menikmati suasana liburan.

Di sekitar areanya juga sering diadakan acara-acara bertema outdoor. Seperti pendi hingga pramuka sehingga bisa jadi wisata alternatif yang cukup menyenangkan. Adapun tiket masuknya sangat terjangkau tentunya cocok sebagai area liburan bersama keluarga.

  • Letak: Candirejo, Tegowangi, Plemahan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur
  • Buka: setiap hari mulai jam 07.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB

Harga tiket: Rp 5.000 per orang.

16. Hutan Joyoboyo

Hutan kota yang menempati area tengah Kota Kediri ini pasti cocok untuk warga yang ingin beristirahat sejenak tidak jauh dari pusat keramaian. Tersedia bangku-bangku taman yang dikelilingi pepohonan besar yang rindang. Anda bisa memanfaatkan tempat wisata ini untuk jogging atau berolahraga lainnya.

Terdapat jalur beralaskan semen yang akan memudahkan langkah kaki Anda di sana. Anda pun bisa mengambil banyak foto di logo utamanya, juga di lorong dengan hiasan corak batik di sisi pinggirnya. Sky bridge disediakan pula agar pengunjung bisa menikmati hutan dengan mengitarinya dari atas.

  • Fasilitas: Lahan parkir yang luas dan sejuk, dengan pengawas yang menjamin keamanan kendaraan; area bermain anak-anak, toilet umum, dan mushola.
  • Letak: Tengah kota di Jln. Banjaran, Kota Kediri

17. Kampung Anggrek

Satu lagi tempat wisata di Kabupaten Kediri yang kental dengan nuansa agrowisatanya adalah Kampung Bunga Anggrek. Kawasan kebun yang sudah buka sejak awal masa pandemi sebelum tahun 2021 ini berisi banyak sekali jenis Anggrek. Bukan hanya koleksi yang lengkap, udara disana pun sejuk.

  • Fasilitas: Area parkir, toilet umum, dan fasilitas umum lain yang melengkapi.
  • Letak: Kawasan lereng Gunung Kelud

18. Kampung Inggris Pare

Kampung Inggris Pare
https://www.instagram.com/dinsatyaning/

Ada satu destinasi wisata edukatif berskala besar yang unik di Indonesia, ada di Kabupaten Kediri. Perkampungan dengan para warganya yang fasih berbahasa Inggris ini menarik minat banyak orang, bukan sekadar berwisata tetapi juga belajar Bahasa Inggris di sana.

Anda dapat mempelajari dan memahami Bahasa Inggris dengan lebih mudah, lewat pengajaran yang andal di Kampung Inggris ini. Setiap pekerja seperti tukang becak, hingga para pedagang jajanan berbahasa Inggris saat menjual dagangan mereka.

  • Fasilitas: Area makan, belanja, belajar, parkir, dan penyewaan kendaraan.
  • Letak: Jln. Brawijaya No.58, Mangunrejo, Tulungrejo, Kecamatan Pare, Kab. Kediri, Jawa Timur
  • Buka: Setiap hari selama 24 jam di areanya. Aturan jam dikenakan untuk para “siswa” yang belajar Bahasa Inggris di sana, atau dari jam 8 pagi sampai 5 sore.
  • HTM: Gratis untuk memasuki areanya. Pembayaran dikenakan bila Anda bertujuan untuk belajar Bahasa Inggris atau sekadar belanja.

19. Kampung Korea Kediri

Anda tidak perlu jauh-jauh melintasi banyak negara pergi ke Korea untuk menikmati suasana khas Negeri Ginseng. tempat wisata di Kabupaten Kediri punya Kampung Korea yang lagi hits di kalangan anak muda kekinian. Setiap bagian dari tempat ini menyediakan spot foto yang bagus untuk media sosial Anda.

Arsitektur bangunan-bangunannya bernuansa tradisional Korea. Tersedia pula penyewaan hanbok, agar perasaan bak di Korea terasa lebih kental. Fasilitasnya sudah lengkap, dengan beragam wahana yang menarik.

  • HTM: Lebih kurang Rp.10.000 per orang

20. Pantai Kedung Tumpang

Apabila Anda ingin menikmati wisata pantai saat berada di Kabupaten Kediri, maka Kedung Tumpang bisa jadi pilihan tepatnya. Adapun daya tariknya berupa pesisir pantai dengan tebing batu karang yang sangat indah.

Tidak hanya itu, ada banyak spot wisata menarik sehingga para pengunjung akan betah berada di lokasinya. Jangan lewatkan juga pemandangan indah dari sunrise maupun sunset. Pada sudut-sudut tertentu, bisa jadi inspirasi foto bersama keluarga untuk mengabadikan momen liburan karena sangat indah.

  • Letak: Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Kediri
  • Tiket masuk: Rp 5.000 per orang

21. Kediri Eco Park

Anda perlu tahu mengenai tempat wisata dengan konsep alam, sekaligus juga menyediakan wisata edukasi ini. Kediri Eco Park menyuguhkan panorama alam yang menawan, dengan suasana asri dan kesejukan udara yang bikin betah.

Anda dapat sekaligus menambah ilmu di sana, dengan mempelajari cara-cara membudidayakan jamur, membuat kompos hijau, sampai sistem tanam hidroponik. Tidak sekadar rekreasi jalan-jalan semata.

  • Fasilitas: Area outbound, perahu kano, dan kolam pemancingan

22. Kediri Memorial Park

Taman ini dibangun dengan arsitektur dua lantai yang modern dan minimalis, serta diresmikan sejak tahun 2017. Bagian depannya ditempati air mancur dengan tulisan Kediri Memorial Park. Tersedia bangku-bangku taman untuk Anda bersantai, sambil dikelilingi pepohonan sekitar.

  • Fasilitas: Disediakan sumber-sumber listrik untuk mengisi daya ponsel para pengunjung.
  • Letak: Depan Taman Makam Pahlawan, Jl. Pahlawan Kusuma Bangsa No.93, Banjaran, Kota Kediri

23. Kediri Waterpark

Tempat wisata di Kabupaten Kediri yang sudah buka sejak lama ini sangat terkenal bagi para anak muda dan keluarga. Kediri Waterpark punya banyak wahana air yang bisa Anda nikmati seharian. Misalnya waterslide (seluncur air)-nya yang termasuk paling panjang se-Indonesia dan Asia.

  • Fasilitas: Monorail penghubung dua bukit yang beroperasi setiap malam untuk memandangi keindahan Kota Kediri.
  • Letak: Jalan Raya Pagung, Ds. Pagung, Semen, di lereng Gunung Wilis, Kediri, Jawa Timur
  • Buka: Senin-Minggu dari jam 10 pagi hingga 9 malam
  • HTM: Rp.50.000 saat hari biasa, sedangkan Rp.70.000 untuk hari libur

24. Konto River Rafting (Arung Jeram)

Wisata ekstrem susur sungai yang memacu adrenalin juga ada di Kediri. Tersedia banyak fasilitas pendukung agar Anda dapat menikmati aktivitas olahraga di sana. Selama beraktivitas, Anda bisa sekaligus mendapatkan panorama sungainya.

Disediakan minuman dan kudapan ringan bagi para pengunjung yang datang ke sana. Selalu ada instruktur yang mendampingi setiap pengunjung selama melakukan arung jeram, untuk meminimalisir risiko serta menjamin kenyamanan dan keamanan.

  • Letak: Ds. Kediri Siman, Kec. Kepung, Kab. Kediri
  • Buka: Senin-Minggu jam 9 pagi hingga 6 petang
  • HTM: Rp.199.000 per orang (sudah termasuk welcome drink, tour guide, teh, makan siang, snack, dll).

25. Monumen Simpang Lima Gumul (SLG)

Monumen Simpang Lima Gumul
https://www.instagram.com/nv.intann/

SLG merupakan monumen yang dibangun tepat di pusat lima jalan besar Kediri yang mempertemukan Gampengrejo, Pare, Pagu, Pesantren, dan Plosoklaten di satu titik. Bangunannya megah dan menawan, serta selalu ramai pengunjung di pelatarannya.

SLG dibangun terinspirasi dari Arc De Triomphe di Paris. Itu sebabnya mereka mirip. Pesona kegagahan monumen ini kian bertambah saat sore hari, dengan langit senja yang menguning. Rasanya ada pemandangan berbeda yang jarang dijumpai di banyak tempat lain.

  • Letak: Jalan Raya Dadapan, Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur
  • Buka: 24 jam

26. Crop Circle Kediri

Yaitu sebuah hasil karya kreatif dari para kelompok tani Kabupaten Kediri. Crop Circle tersebut diukir di atas lahan pertanian dengan luas sekitar 2.1 hektar. Sesuai dengan namanya, kehadirannya memang cukup mirip seperti UFO akan tetapi bukan termasuk bukti keberadaannya karena ini adalah buatan manusia.

Adapun dahulunya berupa rest area tetapi saat ini sudah dibangun sebagai mungkin sebagai wisata edukasi. Untuk daya tarik utamanya sendiri adalah bentuk hamparan sawah hingga padi yang tertanam secara rapi dan lebat. Tentu saja pemandangan tersebut sangat unik dan menarik.

Nantinya para wisatawan bisa memanfaatkannya sebagai spot selfie terbaik. Harga tiket masuk ke lokasinya sendiri gratis serta Anda bisa mengunjunginya kapan saja. Agar bisa mendapatkan hasil terbaik, maka pastikan berkunjung di waktu pagi maupun sore hari.

  • Letak: Desa Kedungmalang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri
  • Buka: Setiap hari

27. Goa Maria Pohsarang

Kabupaten Kediri termasuk daerah dengan ciri khasnya berupa destinasi wisata religi. Adapun salah satunya adalah Gua Maria Pohsarang sehingga cocok sebagai area liburan bagi umat katolik. Tepatnya di Desa Puhsarang, Semen sehingga masih termasuk di sekitar kaki Gunung Wilis.

Bangunan goanya sendiri terbentuk secara alami yang terdiri dari Batu Kapur. Tidak heran jika keindahan tersebut menjadi daya tarik utama karena memang terlihat sangat eksotis. Adapun tarif tiket masuknya hanya gratis. Akan tetapi cukup siapkan biaya parkirnya saja.

Ketika ingin berkunjung ke tempatnya, maka Anda tidak perlu pusing mengenai jam operasionalnya. Hal tersebut karena selalu terbuka selama 24 jam. Dengan begitu, setiap wisatawan bisa datang kapan saja sesuai keinginan.

  • Letak: Sukorame, Puhsarang, Kecamatan Semen, Kab. Kediri
  • Buka: Setiap hari 24 jam

28. Sumber Ubalan

Destinasi rekreasi ini adalah wisata Kediri untuk anak-anak yang family friendly. Anda dapat mengajak keluarga besar Anda liburan bersama ke Sumber Ubalan dan menikmati perpaduan wisata alam dan buatan di sini. Memanfaatkan kawasan hijau dari hutan lindung menjadi tempat wisata.

  • Fasilitas: Sepeda air, kolam renang, kolam pemancingan, dan panggung hiburan
  • Letak: Desa Jarak, Kecamatan Plosoklaten, Kediri, berjarak 18 km dari pusat kota
  • Buka: Mulai jam 9 pagi sampai 4 sore
  • HTM: Rp.5.000

29. Taman Agro

Sebelumnya dikenal dengan nama Taman Agro Margomulyo, taman terbuka hijau ini selalu ramai wisatawan pada hari-hari libur, karena terletak di kawasan Gunung Kelud. Tempat wisata di Kabupaten Kediri berupa taman buatan ini berisi banyak koleksi bunga yang indah dan cantik. Spot yang bagus untuk berfoto ria.

  • Letak: Berada di jalur wisata menuju puncak Gunung Kelud
  • HTM: Relatif murah, dengan hanya dikenakan Rp.7.000 per orang (sudah satu paket dengan tiket masuk wisata Gunung Kelud). Namun biaya masuk ini dapat berubah sewaktu-waktu, menyesuaikan kebijakan dari pengelola setempat.

30. Konto River Rafting

Apabila Anda ingin berwisata sekaligus memacu adrenalin, maka cobalah berkunjung ke Konto River Rafting. Nantinya ada banyak fasilitas yang bisa pengunjung dapatkan. Seperti konsumsi/snack gratis, hingga bermain rafting dengan dampingan instruktur terlatih.

  • Letak: Desa Kediri Siman, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Jawa Timur
  • HTM: Rp.199.000 per orang

31. Taman Hijau Simpang Lima Gumul

Taman Hijau Simpang Lima Gumul
https://www.instagram.com/desyelfarisy/

Tempat wisata di Kabupaten Kediri ini terletak cukup dekat dengan Monumen SLG. Jadi Anda bisa mengunjunginya sekaligus setelah dari sana. Termasuk baru dibuka, area wisata yang lagi hits ini menghadirkan ruang terbuka hijau di antara hiruk-pikuk jalanan besar di dekatnya.

Baca Juga : Pilihan Tempat Wisata di Kabupaten Blitar

Anda bisa kesana pada sore hari, untuk menikmati kesejukan suasana dan kenyamanan rerumputannya dengan lebih maksimal. Meski pada waktu-waktu tersebut juga akan lebih ramai pengunjung. Tersedia pula gardu pandang untuk melihat Kediri dari ketinggian.

  • Fasilitas: Air mancur, wahana bermain anak anak, dan gardu pandang.
  • Letak: Jalan Raya Kediri-Plosoklaten No.163, Sukorejo, Ngasem, Kediri, atau berada di dekat Monumen SLG
  • Buka: Setiap hari selama 24 jam

Keragaman tempat wisata di Kabupaten Kediri boleh jadi baru sebagian kecil saja yang sudah Anda ketahui. Menurut VisitPare.com, banyak diantara rekomendasi di atas yang wajib dikunjungi saat sedang berlibur, karena memiliki ciri khas tersendiri. Apalagi bila Anda adalah warga asli Kediri dan sekitarnya.